Tuesday, July 22, 2008

finally.. zikra's early circumcision

bismillah

alhamdulillah zikra udah disunat:) bunda leganyaaa setengah mati. kenapa? hehehe.. ini dia ceritanya..

setelah atuknya zikra dateng ke jakarta insist kita buat nanya second opinion tentang tititnya (maaf gak papa ya masih bayi ini hehe) zikra ini, kita pun segera buat janji sama dsa-nya zikra. padahal waktu itu zikra pipisnya udah lumayan lancar dan gak ngeden lagi karena ayah bunda jadi sering ngebersihin dan narik kulit luarnya itu ke arah pangkal biar lubang pipisnya agak membuka. pipisnya juga udah bagus gak berwarna lagi.

nah sesampenya diklinik diperiksalah titit zikra ini dengan gunting yang kepalanya bengkok gitu. waktu itu zikra kesakitan sekali sampe nangis jejeritan kayak orang melahirkan. bunda gak tahan sampe nangis dan keluar ruangan. beneran deh.. ngiluu bener rasanya bunda.. kasian anak bunda masih bayi udah kesakitan seperti itu. tapi ya udah.. akhirnya dsa-nya bilang kalo anatomi titit zikra ini agak gak normal which is lubangnya itu kecil banget (hampir gak ada lubangnya) dan nempel pula. jadi HARUS SEGERA disunat. komplikasinya adalah beberapa tahun ke depan kemungkinan gagal ginjal dan cuci darah. dalam waktu dekat kakinya bisa bengkak karena dsa-nya sudah menemukan kasus seperti itu. karna lubang yang kecil itu pipisnya bisa tertahan gak keluar semua waktu dia pipis. trus balik lagi ke ginjal yang akhirnya ginjal ini bisa dipenuhi sama urine yang gak jadi keluar. bisa jadi juga nanti dia trauma pipis karena gak lancar ini. oh no way.. anakku sayang jangan sampe yah nak.. biarlah sakit sebentar daripada masa depan jadi taruhan. bunda gak berani ambil resiko se
perti itu. jadi begitulah pertimbangannya ayah bunda akhirnya memutuskan zikra disunat dini aja.
akhirnya disunatlah zikra dirumah sang dsa-nya. dr. Yulchair Ramli SpA ini praktek dibeberapa tempat. jadi cuma bisa ngeluangin waktu hari minggu aja dirumahnya. kebetulan rumahnya deket di matraman. waktu sunat ayah bunda ditemenin neneknya zikra dari lampung, sama sepupunya bunda yang tinggal ditangerang. alhamdulillah ada yang nemenin kita.

pas disunat zikra dibius lokal. entah karna dsanya yang langsung kerja tanpa nunggu bentar setelah zikra dibius ato karna orang rame ngelilingin dia, zikra udah nangis aja sebelum sunatnya mulai. dan berlanjut terus sampe sunatnya selesai. kalo kata suaminya sepupu bunda, itu karna zikra kesakitan karna biusnya blum kerja. ya ampun kasiannya anak bunda.
. ini bunda taunya belakangan setelah sunatnya selesai. bunda pikir zikra takut karena dikelilingi banyak orang. bunda jujur aja cuma sebentar diruang sunat. pas awal sunatnya baru mulai trus udah mau selesai. gak kuat ngeliat zikra disunat trus nangis kejer gitu. zikra sampe abis suaranya karna nangisnya kenceng banget dan sesegukan gitu. ya Allah nak.. bunda udah gak tahan lagi mau meluk zikra saat itu juga.. ngapusin air matanya.. nyium2in dia.. kasi nen ke dia biar dia tenang. duh nangis lagi bunda ngebayanginnya:( kasian bener anak bunda masih bayi gini udah ngerasain sakit digunting:( semoga semuanya kebayar ya sayang dengan kesehatan, kepintaran dan kebahagiaan sampai besar. amiinn..

buat semua yang udah ngedoain zikra.. bunda ngucapin terimakasihhh sekalii:) lukanya udah mulai kering dan udah bisa senyum lagi. udah gak sabar banget dia mau guling2an sana sini. alhamdulillah cepet sembuh ya sayang..

oiya perkembangan zikra yang terakhir :
bb: 7.35 kg (naik 350 gram dari bulan lalu)
tb: 67 cm (naik 3cm dari bulan lalu)
lingkar kepala gak dicek karena ayah bunda udah keburu ngebahas sunat menyunat ini..

ps: mau tau gak buat yang punya baby boy.. selain sunnah rasul ada dokter yang bilang kalo sunat dini ini bagus banget buat perkembangan titit si bayi setelah dia besar nanti. lebih sehat dan lebih b*g. hahaha got the point?:p

16 comments:

  1. Duuh kok gw jadi gemeteran pih bacanya..
    alhamdulillah yg penting zikra dah mule baikan yaaa....
    Mudahan zikra sehat terus yaaa....

    ReplyDelete
  2. Pointnya yg mana pi, sehat ato b*g nya? :D
    Aku jg gk tega ngeliat anak "tersiksa" gt. Wong pas afkar imunisasi aja aku suka malingin muka :p
    Zikra sayang...smg cepet leluasa guling2an lg yaaa

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah finally..Aybun ngambil keputusan yang tepat buat zikra.Subhanallah ketentuan Allah itu tdk pernah salah..terbukti sunat salah satunya..Kebersihan sebagian daripada iman..
    siip dah sunatnya zikra sukses..moga selalu sehat yah nak'..

    ReplyDelete
  4. salut buat perjuangan dede zikra yang masih kecil...tapi kasihan juga ya?tapi kan sementara ya dik...mudah2an selalu sehat dan jadi anak soleh...

    ReplyDelete
  5. Waaaaa.. hebat! zikra masih kecil udah berani di sunat.. ga sabar nih nungguin zikra guling2an lagi..

    Oiya zikra, tolong bilang bunda.. makasih ya .. Alhamdulillah di bilang cantik *ge er mode on*

    ReplyDelete
  6. Zikra.. semoga cepat sembuh ya...

    ReplyDelete
  7. zikra..cepet sembuh yaa..kan demi kesehatan juga yaa..
    mami juga mau nih bawa bang samy buat disunat walopun di agamanya samy gak wajib sunat..tapi kan bagus buat kesehatan n bonus b*gnya itu kayak kata bunda evi..hehehe..tapi ntar aja kalo bang samy udah gede..gak siap nih mami,ngebayanginnya aja udah ngeri.. gak kayak bunda yg tegar..hehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah.. Zikra dah Sunat.. dah baikan juga kan sayang..? salam sayang dari Shasa..

    ReplyDelete
  9. Hmm...jadi ntr zikra punya bakal b*g dong...Mantabbb...

    Hehehe..cepat sembuh ya sayang, terharu baca cerita bunda zikra.

    ReplyDelete
  10. anakku juga pernah kek zikra gitu..sakit waktu pipis, sampe jejeritan gitu..
    untungnya ga harus sampe disunat segala...

    met sembuh zikra ya...

    ReplyDelete
  11. DUUHHH....ngilubgt bunda mama ita denger-nya. Tapi gpp yah zikra demi kesehatan zikra jg nantinya. Sekarang udh sembuh belum? msh senut-senut yah :)

    ReplyDelete
  12. Evie, di sini malah biasa lho saat bayi disunat. Malah ada temen Nia yg anaknya udah disunat dulu sebelum dibw plg ke rmh. Ktnya sunat sedari kecil/bayi lbh bgs.

    ReplyDelete
  13. setelah atuknya zikra dateng ke jakarta insist kita buat nanya second opinion tentang tititnya (maaf.. gak papa kan masih bayi ini) <--- ahahaha...aduh bunda, aq jg ngakak2 ni baca ini...

    **bagus mbak, sapa tahu bermanfaat buat ibu2 lain yg punya anak laki2...

    zikra ga nangis lg kan sekarang... cepet baek ya..

    ReplyDelete
  14. Zikra udh sembuh kan sekarang. Cepet sembuh ya nak... :)

    ReplyDelete
  15. Aduuh.. kacian banget Zikra dah ngerasain sakit begitu. Cepat sembuh ya... mudah2an ntar gedenya tambah sehat dan cerdas.

    Anyway, thanx dah berbagi ya Bund. Soalnya baru tahu nih sama yang beginian.

    ReplyDelete
  16. semoga cepat sehat ya sayang....wah,baca ceritanya jadi ikut ga tahan bayangin tangisnya zikra...

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates