Friday, June 26, 2009

Berat badan & Nyanyi bareng

Bismillah

Bunda was totally surprised. Gimana enggak, pas nimbang di Posyandu selasa kemarin BBnya zikra nambah 3.5 kg dalam sebulan seminggu. Agak gak percaya sebenernya, dan terus bertanya2 bahkan sampe sekarang. Bener gak sih timbangannya? Well pas nimbangnya juga karna kaget diulang sampe 2x sih. Tapi jarum timbangannya tetep berenti diangka yang sama hihi. Emang timbangannya bukan yang digital, timbangan manual yang berdiri itu loh. Jarumnya hampir nyentuh angka 14, jadi bunda pikir sekitar 13.8kg lah. Timbang sebelumnya di tempat yang sama sebulanan lalu itu beratnya 10.3kg, jadi naiknya kurang lebih 3.5 kg.

Kok bisa nambah banyak? Jawabannya simpel, nafsu makan dan minum susunya lagi bagus. Emang nyusunya gak pernah langsung abis, biasanya malah pake istirahat dulu sampe 10-15 menit, tapi alhamdulillah selalu abis. Berapa banyak nyusunya zikra perhari? Pernah bunda bahas di postingan ulbul ke-16 kemaren. Gak terlalu banyak sih tapi makannya yang banyak. Tapii dipikir2 lagi kok bisa ya naik sampe segitu banyaknya? Kalo naik sekiloan masih masuk akal, tapi ini naik sampe 3.5 kg? Hmm mencurigakan memang hahaha. Seperti mimpi rasanya. Tapi kalo emang bener, bunda jadi kuatir juga, takut malah jadi overweight zikranya. Gila aja dalam sebulan 3,5kg? Mungkin karna kebetulan makan minumnya lagi bagus aja nih. Tapi kalo diliat2 dia emang gak gendut2 amat, cuma emang jadi kerasa berat banget sekarang. Jadi PR bunda sekarang adalah mastiin lagi berat badannya dan ngeliat perkembangannya. Kalo BBnya bener segitu, berarti bunda mesti liat perkembangannya lagi nih. Kalo makin menggila seperti yang terjadi dalam sebulan ini, berarti porsi makannya mesti diatur lagi biar gak kegendutan.

Nyanyi Bareng

Zikra kan emang perkembangan kosakatanya jalannya kayak keong. Tapi alhamdulillah walo kayak keong masih ada kemajuan yang dibuat. Jadi kita sebisa mungkin nyemangatin dia buat ngomong, ngomong dan ngomong. Gak maksa juga sih, yah dibawa fun aja lah. Kayak misalnya sekarang pas lagi ngumpul bareng zikra, bunda dan ayah, pasti kita stelin dvd lagu anak buat zikra. Trus kita nyanyi2 kayak orang gila biar zikranya ikutan. Lucunya kadang yang sibuk nyanyi emak bapaknya doang, zikranya sendiri malah sibuk joget2 jadi penggembira hahhaa.

Nah ini video pertama. Keliatan kan yang nyanyi itu cuma emak bapaknya doang. Zikranya? Cukup joget2 aja hehe...


Kalo yang ini kebeneran banget bunda sempat ngeshoot yang joget2nya zikra lagi heboh2nya. Angguk2in kepala, entak2in badan kuat2 kayak cacing kepanasan hihi. Ups diujung lagu ada suara bunda yang fals hahaha maluu dehhh:p



Hmm ngeliat zikra lucu begini bunda seneng minta ampun. Biarin deh perkembangan bahasanya mau jalan kayak keong juga, yang penting tetep ada kemajuan, selalu ceria dan sehat begini...
Continue lendo

Saturday, June 20, 2009

Pengalaman pertama nangis karna temennya

Bismillah

Bunda pernah beberapa kali mengkuatirkan ini, yang akhirnya terjadi juga. Tapi bunda harus membiasakan diri karna ini proses pembelajaran buat zikra dan bunda juga.

Ceritanya gini...
Kamis sore, seperti biasa bunda ngajakin zikra keluar
rumah ketemu temen2 sekitar rumah. Ceritanya di deket rumah memang banyak anak, tapi yang kurang lebih seumuran zikra tuh cuma 2-3 orang. Baru-baru ini ketemu lagi yang lebih muda gak sampe sebulan sama zikra. Sama2 cowok namanya Nabhan. Ini nih yang paling deket sama zikra sekarang. Sebelum nabhan, yang deket sama zikra itu anak udah lumayan gede, kelas 1 SD. Cewek, namanya Icha.

Jadi kamis sore kemarin abis main dirumahnya nabhan, di jalan pulang zikra dan bunda ketemu Icha. Kak icha ngikutin kita pulang ke rumah. Kak icha emang udah beberapa kali main ke rumah, walo zikra masih kecil tapi si icha ini sukaa banget main sama zikra. Emang ni icha kata orang2 suka ama anak kecil. Trus di rumah, dia langsung nyamperin mobil kecilnya zikra, seperti biasa. Zikra pun sibuk mau ikut2an. Trus mereka sibuk ketawa2. Asiknya ni anak 2 walo gak sebaya tapi bisa cocok.

Nah ini selanjutnya yang bikin gak enak ati. Si icha tuh lagi dateng isengnya. Emang sih bunda liat icha suka banget becanda, tapi sore itu agak2 gimana gitu becandanya. Dia becandanya pura2 ngebentak zikra gitu, kayak mau nakut2in zikra, tapi abis itu dia ketawa. Agak kasar sih bunda bilang. Intinya bunda rada shock ngeliatnya. Bunda bilang ‘kak icha jangan galak2 dong, nanti zikra takut’. Ehh kebeneran, pas bunda tinggal bentar buat ngambil sendok mau nyuapin jusnya zikra, tiba2 zikranya nangis. Bunda liat, zikra lagi nangis sambil duduk hadap2an sama icha. Duh kejadian juga yang gak enak begini. Pas disamperin, icha bilang zikra nyolokin matanya. Trus icha ngambil bantal strawberrynya zikra buat ngelindungi mukanya. Nahh ini ni yang bunda miss, bunda masih gak ngerti gimana ceritanya zikra bisa nangis. Kali ni zikra karna dibentak2in mulu jadi iseng nyolokin matanya icha. Trus icha mungkin ngedorong zikra ampe kedududuk begitu karna mau ngelindungi matanya. Kali yaa, gak tau juga deh. Ichanya juga hampir nangis, bunda gak enak mau nanya2 lagi. Sambil meluk2in zikra, bunda pun sibuk nenangin icha biar gak nangis. Ternyata bunda salah, si icha malah beneran nangis jadinya. Kali karna malu ketauan nangis buru2 dia pamitan pulang dengan alesan mau ngaji. Gak enak banget kan endingnya.

Apa yang bunda takutin yang akhirnya terjadi juga?

  • Bunda gak suka zikra dapet pengaruh buruk dari temennya. Well gak bisa dihindari sih, secara kan kita gak bisa ngatur anak orang. Selama ini icha emang baik banget yang bunda liat, cuma mungkin karna pengaruh temen2nya becandanya juga bisa agak kasar sesekali.
  • Bunda gak suka ngeliat anak bunda dan anak orang sampe berantem apalagi sampe ada acara nangis2an. Gak enak aja, sedih ngeliat anak sendiri nangis karna orang lain, juga gak enak banget anak orang sampe nangis di rumah sendiri.

Kayaknya bunda harus ati2 lagi, gak boleh ninggalin zikra gitu aja kalo mau main sama temennya. Tapi kan gak bisa juga terus2an bunda liatin, ya gak sih? Serba salah deh jadinya:(
Continue lendo

Thursday, June 11, 2009

Ulang bulan ke-16

Bismillah

16 bulan alias 1 tahun 4 bulan. Alhamdulillah zikra masih asi, walau makin sedikit tapi bunda masih berbangga hati anak bunda masih dapet cairan emas itu sampe sekarang.

Gak kerasa zikra udah 16 bulan, makin gede. Makin gak kuat ngegendongnya, tapi anak bunda ini suka banget minta gendong dan manja2an ke kita. Kalo diliat udah kayak orang gede. Jalan udah lancar, lari udah mulai, cuma ngomongnya aja yang masih kurang. Tapi alhamdulillah yang penting zikra sehat, ceria, yang belum2 biarin deh.

Gimana perkembangan anak soleh bunda?

  • Udah bisa nyocokin shape2 segitiga ke bloknya. Ini mainan baru buat dia dari datuk nenek lampung. Udah bisa nyusun sih, tapi masih gak beraturan suka2 dia. Yang penting dia udah bisa nyocokin bentuknya, karna ini mainan kata label dikotaknya untuk 3tahun+. Gak tau deh tu bener apa enggak? Heheh...
  • Bisa goes2 kakinya ke mobil kecilnya. Ini mobil juga dari datuk nenek lampung waktu maen ke sini. Yang diutak-atik lah klaksonnya, pad musiknya, naro maenan ke bagasinya sampe goes2in kakinya buat jalanin mobil itu.
  • Kalo dibilangin ‘no no no’ telunjuknya suka digoyang2 niruin gaya bunda kalo lagi bilang no, gitu juga kalo bunda bilang ‘sssttt...’’ telunjuknya jadi ditaro ke bibir niruin gaya bunda.
  • Gigi udah 14, tapi yang 6 masih sedikit2 keluarnya, belum nongol semua.

Gimana zikra nyusun trianglenya? Seru sih sesuka dia aja, bunda juga ikut bantuin biar makin seru hehe..




Perkembangan bahasa
Zikra sekarang tiap sore bunda ajakin main keluar. Ini emang program bunda biar dia lebih sering sosialisasi dan moga2 bisa jadi sisi positif buat dia semangat ngomong. Kurang lebih udah jalan 10 harian lah keluar rumah tiap sore ini. Apakah cukup efektif? Yah lumayan walo gak pesat banget, zikra masih suka malu2 nih ketemu temen baru kalo lagi rame, kalo berdua sih gak takut zikranya.

Udah bisa jawab kalo ditanya: ‘anak bunda namanya siapa? ziii?’ ‘Kaaa’ atau ‘daaa’; ‘satu dua tiii?’ ‘gaaa’ atau ‘jaaa’; 'ci luk?' 'baa...'

Tambahan kosakata: ‘kakak’, ‘udah’, ‘no’

Soal asi dan temen2nya
Dalam sehari paling TOP zikra dapet 200ml asi sekarang, itung2an bunda yah dari ‘glek’nya dia tiap nenen. Bunda suka bandingin dari susu dibotol, sebanyak apa trus abisnya berapa lama? Yang normalnya 180ml lah, tapi moga2 aja bisa lebih dari itu. Who knows? Trus, pendampingnya asi ada apa aja?
UHT ultra: 300ml (abis makan pagi 1 kotak 200ml, sebelum tidur 100ml)
Chilkid platinum: 180ml (pagi abis makan yoghurt 80ml, abis makan siang 100ml)
Yoghurt yoplait petit miam atau yummy plain: + 60gr (bangun pagi pertama sekali yang dikonsumsi)
Jus apa aja yang dicampur sama UHT: 1 gelasnya zikra (abis main sore2 kurang lebih 160ml)

Kadang kelewat nih 1 sesi nyusu atau jus kalo kita lagi jalan, tapi kalo uht dan yoghurt insyaAllah tetap begitu.

Soal MPAsi
Udah lama gak cerita perkembangan mpasinya zikra. Zikra makannya masih semi2an, gak kasar gak halus. Soalnya waktu umur 14 bulanan, zikra dicobain potong agak kasar sayurnya (waktu itu wortel) eh diBABnya keluar bulet2 gitu juga. Jadi rencananya bunda akan coba lagi lebih dikasarin lagi setelah umurnya 16 bulan ini. Moga2 dia mau ngunyah. Tapi jangan salah, biar makannya begini zikra udah gape banget makan krupuk dan sejenisnya. Kayaknya kalo lagi makan besar doang dia jadi malas ngunyah hihihi. Udah bunda kenalin ke cabe juga, tapi masih jarang banget. Dia gak suka. Udah bunda cicipin martabak telor yang suka dibawain ayah sepulang kantor, eh dia doyan, padahal kan agak pedes tuh. Intinya bunda suka nyicipin dia apa yang bunda makan. Tapiii... porsinya masih sangat dibatasi untuk makanan2 tertentu, seperti martabak telor tadi karna gak sehat. Cara makan juga masih sambil main. Bunda belum tau kapan mau disiplinin dia lagi untuk makan sambil duduk, soalnya udah dicobain dan hasilnya lamaa banget dan kita juga capek karna dilepehin mulu sama dia. Ya udah yang penting mamamnya abis walo sambil main.

Hobi terbaru
Minta dibacain buku ceritanya tiap
kali ngeliat buku itu.

Yang jelas bunda seneng banget zikra sekarang lagi mau2nya makan dan minum susu. Masalah BB belom tau, terakhir nimbang diposyandu sebulan yang lalu 10.3 kg. Padahal sebelum nimbang diposyandu, beda 3 hari doang dipekanbaru bulan lalu dapet 10.7kg. Gak tau mana yang bener. Selamat ulang bulan anak bunda, doa ayah bunda selalu menyertai zikra:)
Continue lendo

Monday, June 08, 2009

dilemma antara UHT dan Susu Formula

Bismillah

Sebagian ibu mungkin dipercaya total oleh suaminya urusan gizi anak, bisa menyoal makan bisa juga urusan menyusu. Enaknya kalo emang begini si ibu bisa bebas sebebasnya memilih apa yang akan dikasi ke anaknya *yang terbaik yang bisa diberikan dong pastinya*, gak perlu pusing ada yang mengkomplain. Nah kalo suami selalu mau ikutan nimbrung, mau tau dan ikutan nentuin soal gizi anaknya, bisa jadi lebih asik karna ada tempat sharing dan diskusi atauu... bisa juga jadi nightmare bagi sang istri hahha.

Ceritanya mau share sedikit pengalaman bunda karna belakangan bunda sering adu argumen sama ayah soal susunya zikra. Ayah pengen disamping asi, zikra dikasih sufor karna alasan ini itu, sementara bunda pengennya zikra minum asinya didampingi sama uht. Kalo asi bunda masih banyak mungkin ini bukan masalah besar ya, nah apa mau dikata karna asi bunda menurun produksinya mau gak mau minum susunya zikra harus didampingi.

Mungkin sebagian ibu-ibu ada yang mengalami ini, harus kasi penjelasan ke suami soal keputusannya memberikan uht sebagai pendamping asi *bagi ibu2 yang pro ke UHT tentunya*. Selama ini memang bunda kasi penjelasan ke ayah ‘ala kadar’ aja, jadi ayah kurang puas. Zikra setahun, bunda positif kasih uht sebagai pendamping. Gak ada sufor2an. Alhasil sejak 14 bulan, karna ayah bawel pengen ngasih zikra sufor juga, akhirnya zikra kena sufor lagi. Sufornya merk chilkid platinum, bodo deh mau nyebut merk juga, alhamdulillah zikra lumayan doyan. Jadi sejak itu zikra minumnya asi, uht dan sufor. Bunda karna males debat dan males nyari info lebih dalam lagi, jadi nurut2 aja *emang malas gak ada bagus2nya kan?*. Cuma belakangan kok ya kuantitas sufor lebih banyak ketimbang uht, walo asi masih jalan terus. Wahh gak bisa nih, pikir bunda. Jadilah bunda bertekad mencari lebih banyak keunggulan uht ketimbang sufor *setelah kemarin siang debat sama ayah dengan sangat serunya hiks*. Jadi berikut inilah yang bunda dapat dari hasil googling hari ini (di artikel ini dan di artikel ini):

  • UHT (Ultra High Temperature) diolah dengan pemanasan suhu tinggi (135-145'c) dan dalam waktu singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh semua mikroorganisme dan spora, sementara waktu pemanasan yang singkat tujuannya untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang gak jauh beda dari susu segarnya. Sementara susu formula, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya udah gak alami lagi, melainkan buatan. Unsur alaminya rusak dalam proses pembuatan yang panjang untuk menjadi bubuk, jadi harus ditambahkan dari unsur buatan sebagai pengganti vitamin dan mineral yang hilang.
  • Sekarang susu UHT dikemas menggunakan 6 lapir kertas plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar dan bakteri. Susu UHT dalam kemasan ini tahan disimpan dalam suhu kamar sampai 10 bulan TANPA BAHAN PENGAWET, sementara susu formula yang tahan disimpan maksimal dalam 2 tahun HAMPIR PASTI ada pengawetnya.
  • Susu formula banyak yang diperkaya dengan AA DHA dan segala macamnya, makanya banyak yang tertarik dengan kandungannya ketimbang susu UHT. Padahal anak di umur setahun hanya membutuhkan kalsium dari susunya. AA DHA bisa didapat dari makanan, misal kandungan AA DHA yang paling tinggi ada pada ikan2 laut. Jadi kalaupun anak malas minum susu, ibu bisa ganti menu ke yang banyak produk susunya, misalnya keju. Atau perbanyak minum produk susu seperti yoghurt. Kalau anak malas makan gimana? Bisa divariasiin menunya biar anak tertarik atau diganti suasana makannya. Atau mungkin pake krupuk dan sejenisnya? Hahaha pengalaman pribadi nih.
  • Masalah harga. Mungkin kalo dihitung2 memang UHT lebih murah dari segi harga. Tapi kenapa enggak kalo ada yang lebih murah tapi lebih baik? Uangnya bisa ditabung buat keperluan lain, buat stok ikan salmon atau yoghurt misalnya? Jauh lebih baik kan pastinya. Wah kalo masalah yang murah2 tapi oke bunda demen banget lah hahaha.


Kalo mau dibilang, it's worth for everything lah UHT ini. Sebenernya kalo mau lebih baik lagi ada fresh milk. Tapi kekurangannya yang fatal buat bunda adalah masa simpannya yang singkat. Duh nanti dulu deh, zikra juga gak jor-joran banget minum susunya, bisa2 keburu basi tuh susu. Intinya bunda gak mau lagi zikra lebih banyak dapat susu formula. Yah moga2 ayah bisa nerima penjelasan bunda jadi bisa balik total ke UHT lagi hehe. Monggo ya ibu2 kalo mau ikutan sharing disini :)
Continue lendo

Tuesday, June 02, 2009

Selamat ulang tahun, dear Ayah :)

Bismillah

2 Juni 2009, nambah 1 lagi umur ayahnya zikra. Eh apa kurang 1 tahun lagi ya jatah umurnya. Yah yang jelas, hari ini ultahnya ayah zikra.

Gak ada ucapan tengah malam, karna kita semua udah terlelap di istana kapuk indah. Pas bangun solat subuh, juga bunda gak ngucapin apa2. Ayah selesai mandii malah bunda kerjain, pura2 ada yang nyariin di luar. Dengan alesan bunda malas pake jilbab buat keluar, bunda minta ayah yang keluar. Si ayah kebingungan, tapi komentar juga. Ayah ngirain itu orang yang minta uang bulanan sampah, jadi dia pun sibuk nyari uang 20ribuan. Bunda manggut2 aja hahaha *bad wife*. Pas ayah keluar kamar dengan bawa uangnya dan sibuk nyari2 orang diluar, bunda malah bilang dengan juteknya kalo ayah kelamaan. Ehh ayahnya diem aja, trus baru deh bunda ucapin selamat ultah lengkap dengan cipika cipikinya hehehe.

Ayah ayah.. kalo dipikir2 bunda ini emang istri yang jail dari dulu. Suka banget bikin ayah kaget bin jantungan dan bunda seneng aja ngeliat ayah begitu hehehe. Well, i’m a bit psycho i guess haha, do a bit tricky to have some fun. Ofkors there’s a lot of prayer buat ayah zikra tercinta. Si ayah juga kalo bunda begitu palingan ngomentarin bilang 'bunda gilo' hahaha. Semoga ayah diberi kesehatan, umur panjang lagi barokah dan kekuatan agar bisa jadi pemimpin yang baik buat keluarga kita. Doa yang lain cukup bunda aja yang tau ya Yah hehe :)


Happy birthday ayah sayang, bunda dan zikra sayang ayah, sekarang dan selamanya..

Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates