Friday, August 26, 2011

Kue kering dimana2

Bismillah


Lebaran sebentar lagi. Udah berasa ya hawanya? Temen2 dikantor udah ada beberapa yang mudik duluan.


Gak kerasa ramadhan ini cepat sekali berlalunya. Bunda pasti akan merindukan saat2 nunggu buka dan bangun sahur. Jujur dibulan ini rasanya pol banget ibadahnya. Kalo ustad Jefry Albukhori bilang bulannya ngejar setoran, itu bener banget. Bunda dan ayah tancep gas pol buat tadarusan.


Gimana kabar tadarusan? Baru dapet 25 jus nih, tapi ini yang paling baik selama ini. Sebelumnya namatin Quran dalam waktu 9 bulan pas hamil fatha. Lama amat ya? Gak tau deh nih bisa khatam apa gak, soalnya (insyallah) sabtu mudik ke lampung. Kemungkinan (tapi mudahan enggak) bakal lebih lama dijalan dari yang biasanya. Namapun momen lebaran, pasti rame deh.


Persiapan gimana? Yah biasa sih, tapi bunda lebih fokus ke persiapan fatha. Dia kan lagi susah makan, jadi bunda siapin frozen food dari bebitang, in case dia males makan. Bunda pesennya yang nugget ayam dan seafood. Dan beberapa makanan kayak perkedel tahu ayam dan udang kaya yang pernah bunda posting disini. Pengennya lebaran gak ribet urusan masak memasak, lebih fokus ke nyuapin fatha aja. Biar gak rempong2 amat. Belum pernah nyobain makanan bebitang sebelumnya, mudah2an fatha suka.


Nyiapin kue gak nih? Hihii jujur sejak nikah sampe skarang pun bunda belum pernah loh beli kuker (kue kering, red) gitu. Abis males, mama di tempat kita mudik pasti udah sedia kue kering dan kue2 lain disana. Ada sih bawa kacang oven gitu, yang dibuat tanpa minyak jadi less-colesterol, yang dipesen sama temen kantornya ayah. Ini khusus buat para nenek biar aman dikonsumsi.


Kalo jaman dulu waktu masih kecil momen bikin kue ini slalu yang bunda tunggu2, skarang hitsnya beli jadi deh. Banyak yang jual dengan harga variatif, jadi ya ngapain capek2 bikin hihii. Agak kangen sih bikin2 kue lagi bareng mama kayak waktu dulu. Tapi ya sudahlah, kasian juga orangtua kan gak fit kaya dulu.


Kue kering favorit kita adalah nastar dan coklat2 gitu. Kalo nastar emang top dimana2 sih ya. Timeline twitter kayaknya juga ngehits banget PO nastar ini. Nah mamanya bunda dipekanbaru suka ngirim kue lebaran ini bahkan sebelum lebaran, nastar paling banyak hihiii. Kayak sekarang udah abis aja 1 toples nastar dalam 2 hari sama kita. Doyan semua sih. Nanti dilampung boyong kue2 lagi deh. Enyakkk kue gratis hihiii.


Rasanya gak afdol lebaran tanpa kue kering. Ya pastilah. Buat yang mudik atau pun enggak, semoga momen lebarannya berkesan yah. Sedihnya ramadhan akan pergi, mudah2an tahun depan ketemu ramadhan lagi aamiin ya Allah. Sehat2 dan bahagia ya semuanya. Doakan kita semoga perjalan mudik ke lampung dan balik laginya lancar ya :)


Taqobbalallahu minna wa minkum, taqobbal ya kariim

Selamat Idul Fitri 1432H

- Doni, Evy, Zikra, Fatha -
Continue lendo

Thursday, August 18, 2011

28+1 tahun di tanggal 28 juli

Bismillah


Mendadak pengen posting ulangtahun di akhir juli kemaren. Ishh udah basi kali ya? Buat sedikit alasan enggak lah, ini salah satunya.



Foto yang diambil minan ini bunda suka banget. Disitu ada ayah, zikra, fatha dan bunda yang posenya (terlihat) natural padahal sengaja diatur kaya gitu hahaha. Alhamdulillah usia 29 ada ayah dan anak2 yang yang meramaikan hari2 bunda. Cant ask for a better life, alhamdulillah. Alesan apa lagi yang pengen bunda tulis disini? Karna kuenya. Ahh kuenya enak sekali, tumben ayah pinter milihnya *gak tau terimakasih*. Hihihii makasih ya ayah buat kuenya, ayah is the best :*


Alasan lain lagi adalah karna tiket Harry Potter episode terakhir yang dicariin ayah buat bunda. Bunda request itu buat kado ultahnya *saking ngebet dan penasarannya sama endingnya si harpot ini* dan pengen nonton sebelum puasa mulai biar enak pergi2nya. Eh nemu dari temennya ayah yang punya card blitz megaplex hihii abis kita gak punya cardnya sih. Nontonlah kita hari sabtu di blitzmegaplex Grand Indo *perdananya hari jumatnya*. Syenang keinginan terkabul dan bisa ngedate berdua ayah walo cuma sebentar. Abis nonton langsung pulang gak kemana2 dulu karna kasian sama anak2 yang ditinggal dirumah *bohong padahal alesannya biar irit gak jajan diluar hahaha* *mohon maaf karna ada manusia maksa narsis berdua hehe*



Makasih ya ayah buat semuanya. Bener2 berkesan buat bunda. I love you :*


Ya Allah berilah umur yang panjang dan barokah buatku (juga buat suami dan anak2ku) agar aku bisa membesarkan anak2ku bersama suamiku. Beri aku kesehatan, rejeki yang halal lagi barokah, serta kemampuan memberi manfaat lebih banyak buat keluarga dan orang disekitar aamiin.
Continue lendo

Tuesday, August 16, 2011

MPASI setelah setahun dan GTM Fatha

Bismillah


Setelah umur setahun makan bukan lagi jadi pendamping tapi sudah jadi kebutuhan utama buat anak. Malah asi yang bukan jadi kebutuhan utama lagi, tapi tetep kalo bisa diteruskan sampe usia anak 2 tahun akan lebih bagus lagi sih ya. Urusan susu pun udah bisa dibarengi uht.


Fatha sekarang makannya udah sama kayak kita. Nasi udah normal, gak dilembekin lagi. Lauk udah bisa bareng sama kita tapi disisihin pedes2nya, etapi kadang ni anak mau loh dikasi pedes sedikit. Lebih praktis karna udah boleh konsumsi gula garam. Dulu bunda pernah bilang akan nerusin kasi keju aja, tapi ternyata si bocah lagi susah makan. Jadi deh beralih ke gulgar. Tapi tetep susah juga sih hahaha. Kalo bunda bilang ini masa kritisnya fatha belajar makan. Bener2 itu mulut ditutup serapat yang dia bisa. Tapi kalo dia lagi pengen, ya enak aja makannya. Cuma lebih sering gak pengennya. Biasanya yang dia lumayan mau, sesuatu yang bisa dipegang dan gigit2 sendiri. Model2 bakwan gitu deh. Nah jadi kadang bunda bikinin makanan kayak gini buat dimakannya kalo dia lagi ogah makan.


Bunda share disini ya resepnya, walo kedua menunya gak jauh dari yang namanya perkedel hihii.


Perkedel tahu ayam

Bahan:

75gr daging ayam giling, rebus +- 10 menit, saring untuk ambil dagingnya

½ kotak tahu sakura, hancurkan

1 telur ayam kampung, kocok lepas

¼ potong wortel, parut dengan parutan keju

1 batang daun bawang, cincang

2 siung bawang putih, haluskan

Tepung terigu dan garam secukupnya

Cara:

Campur semua bahan kecuali 2 urutan terakhir, aduk. Tambahkan garam dan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai kelihatannya adonan tidak begitu basah (kira2 tidak akan berceceran ketika digoreng). Goreng sampai matang dan sajikan.

Catatan: adonan ini bisa dipake untuk 4 kali makan fatha. Jadi adonan mentah itu biasa bunda simpen dikulkas untuk digoreng lagi besoknya.


Perkedel udang

Bahan:

1 buah kentang besar, kukus hingga lembut

8 potong udang ukurang sedang, kukus sampai berubah warna

Brokoli sepengennya, kukus sampai lembut

1 batang daun bawang, cincang

2 siung bawang putih, haluskan

1 kuning telur, kocok lepas

Putih telur untuk mencelup adonan yang akan digoreng

Garam secukupnya

Cara:

Haluskan kentang, udang dan brokoli yang telah dikukus, campurkan daun bawang + bawang putih + kuning telur + garam. Bentuk bulat lalu pipihkan (atau sesuai selera). Cemplungkan ke dalam putih telur, goreng hingga matang.


Lumayan sih 2 makanan ini jadi andelan. Andelan lain yang lebih simpel paling tahu atau tempe goreng hehe, dan buah2an juga buat dipegang fatha sendiri. Lumayan bikin tenang daripada gak masuk makanan sama sekali. Sempet liat resep chicken nugget mamanya zahra disini, jadi pengen nyobain juga. Sekalin pengen nyetok juga buat persiapan mudik nanti.


Sebisa mungkin kalo dia gak mau makan gak dialihkan ke susu atau makanan ringan kaya roti2 gitu. Anehnya si anak kayaknya ngebentuk pola sendiri, pagi&siang makannya lumayan mau. Tiba urusan makan malam jadi agak susah. Gak enaknya, ayah ngeliat fatha ini makan ya malem doang. Pagi siang si ayah kan kerja. Jadi tiap malam dia ngeliat anaknya susah makan jadi stres. Dia pikir anaknya gak mau makan, mulailah si ayah ngomel2 masalah berat badan yang susah naik yang bikin bunda panik juga *setipe banget dah sesama tukang panikan*.


Urusan makan makanan manis aja (kaya es buah yang kita bikin buat bukaan puasa atau cookies gitu), seneng deh dia makannya. Malah mangap mulu minta dimasukin ke mulutnya. Berat badan terakhir waktu imun varicella diumur 13m4d kemaren (tanggal 13 agustus) 9.5 kg dengan diaper dan tinggi 76cm? hahaha bisa lupa gitu berapa persis tingginya. Semoga bunda gak mati gaya dan gak dibawa stres deh ya ngadepin masa2 fatha begini. Ayo nak, lebih semangat lagi dong makannya biar ndutan dikit :)

Continue lendo

Resep MPASI 11 bulan

Bismillah


Beuh, ternyata resep mpasi 11 bulan belum diposting yah. Kemaren males2an nulisnya karna anaknya lagi susah makan, tapi dipikir2 ditulis aja deh sekarang siapa tau perlu lagi. Padahal anaknya udah 13 bulan aja hahaha telat banget. Yuk ah lanjut saja.


Btw resep ini juga nyontek lagi haha. Dapet dari blognya indah dan nana, makasih ya buibu cantiks :)


MSDK - Makaroni Schotel Daging Keju

Bahan:

1 buah bawang bombai (yang agak kecil), iris

3 siung bawang putih, iris halus

100 gram daging giling

50 gram macaroni, rebus kurang lebih 9 menit lalu tiriskan

2 butir telur ayam kampung, kocok

75 ml susu cair (bunda pake UHT ultra plain)

100 gram keju cheddar parut

½ sdt pala halus

Unsalted butter untuk menumis

lada secukupnya

Cara:

Panaskan margarine, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan masak hingga berubah warna.

Campur daging yang telah matang, macaroni rebus, susu cair, telur, 50 gram keju parut, lada, pala dan garam. Aduk rata. Tuang kedalam loyang tahan panas yang telah diolesi margarine agar tidak lengket. Taburi diatas adonan dengan keju parut yang tersisa.

Panggang dalam oven hingga matang dan berwarna kecoklatan (kalo pake oven tangkring kurang lebih 1 jam). Angkat dan keluarkan dari loyang. Potong-potong dan siap untuk disajikan.


PIK - Pepes Ikan

Resep dari nana, ibunya mikail dan naznin

Bahan:

Salmon/tuna/tenggiri sepotong yang biasa dihabiskan anak

Duo bawang haluskan, perbandingan 2:1 (lebih banyak b.merah)

1 batang serai, memarkan

2 daun salam

8 lembar kemangi

Cara:

Cuci bersih ikan, lumuri dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Setelahnya taro dipiring tahan panas dan lumurkan semua bumbu di sekitar ikan. Kukus hingga matang.


PUK - Pancake Ubi Keju

Resep dari member milis mpasirumahan Inta mama Bita
Bahan:
½ potong ubi merah, kukus dan haluskan
2 sdm tepung terigu
1 butir kuning telur
100 ml air kaldu ayam (kurang lebih)
2 sdm keju parut
1 sdm mentega cair
Cara membuatnya:
Campurkan semua bahan, masukkan air kaldu terakhir sedikit demi sedikit hingga tekstur adonan tidak terlalu kental, tidak terlalu encer. Panaskan wajan dadar mini, masak pancake hingga kedua sisi matang. Sajikan hangat.
Note : ubi bisa diganti kentang

SJBW - Sup Jagung Bola Wortel
Dimodif dari resep asli nestle
Bahan:
1sdm unsalted butter
½ bawang bombay, cincang halus
1 buah jagung manis, parut
1 sdm daun bawang, cincang
2 sdm kacang polong beku
Bola Wortel:
100 gram daging ayam cincang
100 gram wortel serut halus
1 kuning telur ayam
2 sdm tepung terigu
Air kaldu secukupnya
Cara membuat:
Bola wortel : Bentuk adonan menjadi kecil‐kecil
Tumis bawang bombay hingga bening
Masukkan jagung parut, air kaldu dan daun bawang. Didihkan
Masukkan bola wortel, masak hingga mengapung
Tambahkan kacang polong
Sajikan hangat
Tips:
Pilih jagung manis yang cukup tua sehingga rasa sup lebih legit
Bola wortel bisa direbus terpisah dalam air mendidih. Tambahkan ke dalam sup saat akan disajikan.

MPSJ - Mashed Potato Saus Jagung
Resep dari member milis mpasirumahan, Echie Bunda Kakang
Bahan:
1 buah kentang, potong kotak ² kecil
10 gram daging giling
½ buah wortel, iris tipis
1 btg daun bawang
1 btg seledri
1 siung bawang putih
5 gram keju, parut
½ buah tomat, kupas & iris
500ml air matang,
Jagung halus (blender dengan 1sdm air)
Cara membuat:
Didihkan 250ml air, masukan kentang, wortel, daging giling masak sampai semua bahan empuk, tiriskan.
Buat saus :
Didihkan 250ml air, masukan jagung, bawang putih, daun bawang dan seledri, aduk.
Terakhir masukan tomat dan keju, aduk rata sampai asat, tapi tetep sedikit encer menuju kental.
Tuang saus ke kentang yg telah dilumatkan.

SMS - Setup Makaroni Sayuran

Bahan:

50gr makaroni

75 gr daging ayam giling

100ml uht plain

1 sdm unsalted butter

Merica bubuk, pala bubuk

Duo bawang cincang, perbandingan 2:1

Keju cheddar, parut

1 kuning telur, kocok lepas

Cara:

Masak makaroni dengan air mendidih hingga empuk, tiriskan

Tumis duo bawang dengan butter hingga harum. Masukkan ayam giling, tambahkan air setengah gelas dan masak hingga matang. Sebelum air mengering, masukkan kuning telur dan aduk. Tambahkan merica dan pala, aduk lagi. Tuang susu segar dan biarkan mendidih. Taburkan keju parut. Tuang makaroni dan aduk lagi. Matikan api, sajikan hangat.

SBTS - Sup Bola Tahu Sayuran
Dimodif dari resep asli nestle
Bahan :
200 gram tahu putih, haluskan
50 gram bayam, iris halus
100 gram daging giling
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm sagu
1 liter air untuk merebus
Sup:
1 siung bawang putih, memarkan
1 buah wortel, potong dadu kecil
Kacang polong
Cara membuat :
Bola‐bola : Campur tahu putih, bayam, daging giling, daun bawang, sagu aduk hingga rata
Ambil sedikit adonan, bulatkan. Didihkan air, masukkan bola‐bola, masak hingga terapung dan matang. Angkat dan tiriskan.
Didihkan air untuk merebus bola‐bola, masukkan bawang putih, kacang polong dan wortel, masak hingga matang. Masukkan bola‐bola aduk sebentar. Angkat, sajikan hangat.

GBR - Garlic Bread
Bahan:
Roti tawar potong segitiga
Unsalted butter
Bawang putih (sedikit saja), haluskan
Keju/basil/oregano (optional)
Cara buat:
Aduk butter dgn bawang putih, oleskan tipis ke 2 sisi roti
Tabur parutan keju, basil, atau oregano bila suka
Panggang/masukkan toaster/goreng tanpa minyak
Angkat begitu keemasan
Tips: bawang putihnya sedikit aja biar gak pahit.

BTSK - Bola Tahu Salut Keju
Di modif dari resep asli Mother & baby edisi November 2008
Bahan:
250 gr tahu putih, haluskan
100 gr daging ayam cincang
1 sdm daun bawang iris halus
4 dm tepung terigu
1 kuning telur ayam, kocok lepas
¼ sdt merica bubuk
Minyak zaitun/kelapa untuk menggoreng
Topping:
2sdm mentega
150 gr keju cheddar parut memanjang
Cara membuat:
1. Campur tahu, ayam, daun bawang, tepung, telur, garam dan merica lalu aduk hingga rata.
Bentuk bola‐bola sebesar bola pingpong.
2. Goreng bola tahu dalam minyak panas diatas api sedang hingga matang, angkat, tiriskan.
3. Oles bola tahu dengan mentega, gulingkan diatas keju parut hingga tersalut rata,
sajikan.

Continue lendo

Friday, August 05, 2011

Alhamdulillah, Ramadhan lagi

Bismillah


Selalu suka bulan ramadhan karna :

  1. Seru nunggu waktu berbuka dengan segala macam takjil yang dipengenin
  2. Syahdunya sahur! Makan sahur sambil nonton lawakan di tv (sekarang seneng nonton OVJ aka Opera Van Java hihiii sukses ilangin ngantuk)
  3. Tanding tadarusan
  4. Kalo di pekanbaru slalu suka sama suara orang tadarusan dari toa masjid. Biasanya abis taraweh sampe tengah malam jam 11an dan menjelang waktu sahur.


Yang terakhir slalu sukses bikin kangen puasa dipekanbaru. Soalnya kadang yang tadarusan itu anak2, jadi kadang ngajinya pun diulang2 karna dikoreksi sama orang dewasa yang ngeliatin tajwidnya. Seneng aja denger anak2 semangat (belajar) ngaji di bulan ramadhan. Aduh, rindu bener rasanya suasana itu. Bener2 kerasa suasana ramadhannya disana. Sayang masjid depan rumah sekarang gak tadarusan abis taraweh.


Ramadhan tahun lalu bunda gak puasa sama sekali, setengah karna masih masa nifas abis ngelahirin fatha, setengahnya lagi memang karna rasanya belum kuat puasa. Ramadhan tahun lalu pertama kalinya bunda begitu, karna kalo dilihat 2 tahun sebelumnya dari tahun lalu waktu hamil dan gedein zikra, bunda tetep puasa. Yah karna waktunya sih yang mendukung. Hamil zikra bulan ramadhan jatuh waktu kandungan 4 bulan, jadi bisa puasa. Pas nyusuin zikra, ramadhan jatuh pas zikra udah 7 bulan, jadi bisa puasa juga. Tahun lalu deh yang bener2 gak puasa sama skali, karnanya pun jadi gak gitu semangat tadarusan. Ramadhan tahun lalu berasa hampa, sayang banget.


Alhamdulillah karna sekarang fatha udah setahun bisa diselingi uht, bunda bisa ikutan puasa tahun ini. Kemaren sempat kagok hihii. Kagoknya kemaren ini sebelum ramadhan datang, waktu ganti puasa 2 tahun lalu yang belum kebayar sebanyak 6 hari. Abisnya udah lama gak pernah dikerjain sih ya, tapi sekarang udah mulai biasa. Trus walo sebelum2nya gak pernah sukses khatamin Quran selama ramadhan, tapi alhamdulillah gak pernah patah semangat untuk berusaha khatamin hehee. Hari ke5 ini bunda udah dapet 4 jus, masih ketinggalan 1 jus sih tapi tahun ini udah mending banget tadarusannya dibanding yang lalu2.


Oiya, ngomongin takjil favorit sekarang ini tentu saja tak lain dan tak bukan adalah gorengan dan es buah. Gorengan yah standard sih, antara bakwan atau tahu isi. Atau bisa juga martabak telor *plis jangan ngences dong karna nulis beginian doang* dan es buah. Eh es buah apa es2an yak? Abisan gak jelas karna biasanya isinya cuma cincau hitam (yang rasa jeruk paporit banget) dan kelapa muda, disiram sirup marj*an yang cocopandan ditambah susu kental manis dan terakhir cemplungin es batu. Ah itu mah es2an maksa yak? Biarin yang penting enak seger hahaa. Dan beneran bikin semangat nunggu waktunya buka.


Salah banget nulis begituan pas puasa, jadi tak sabar pengen buka *loh* *abaikan*.


Teman2 bunda yang menjalankan ibadah puasa, Kami sekeluarga mohon maaf ya jika ada kata2 yang kurang berkenan selama ini. Bukakan pintu maaf plis, smoga Allah selalu memudahkan kita dalam beribadah aamiin.


Selamat berpuasa, ayo semangattt!! Semoga ibadah kita bisa maksimal yaa (dan semoga nenen tetap lancar) *wide grin*


Dan oh, semoga bunda bisa khatam ramadhan ini *aamiin yang kencenggg*

Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates