Thursday, December 25, 2008

going on Vacation

bismillah

libur tlah tiba:) waktunya mengunjungi kakek-neneknya zikra yang lain. gini deh kalo kakek-nenek jauh semua, jadi dijatah ngunjunginya. pokoknya dalam setaun mesti dapet kunjungan dari anak cucunya minimal sekali *dengan harapan kunjugan ke pekanbaru bisa berkali-kali kekeke*.

kali ini kita mau ngunjungi datuk-neneknya zikra yang ada di lampung. ke pekanbaru udah kemarin pas idul fitri. harusnya kita idul adha ke lampungnya. tapi karna kita liat ada long wiken pas natal-taun baru, ya udah kita ganti jadwalnya biar bisa lamaan dikit disana.

datuk-neneknya zikra udah gak sabar banget pengen ketemu cucunya. secara ini masih cucu satu2nya. begitu nyampe di sana pasti langsung direbutin deh, sementara zikra ini sekarang kalo digendong orang asing biasanya langsung nangis ketakutan *payah nih jagoan bunda*. kemarin uci-atuknya datang juga begitu, eh kecuali uci sih *mungkin karna uci agak mirip bunda ya - eh bunda yang mirip uci ding*. udah sejam dua jam baru deh jadi temen. ditowel2, dipegang2, di-eh eh-kan sama zikra *zikra manggil orang biasanya bilang eh eh:p*. baru deh mau diajakin toss tanda temenan hehe.

wah diriku bakal merindukan ngeblog dan ngeplurk nih selama liburan kita, secara di rumah lampung gak nyambung internet hiks:( terpaksa deh cerita liburan kita dirapel setelah pulang nanti. barang2 dah siap, malam ini kita berangkat. met liburan yah semuanya. mau mudik kek, mau di rumah aja kek, semoga libur panjangnya menyenangkan;)
Continue lendo

Thursday, December 18, 2008

first word

bismillah

finally he said a word! i mean a word with meaning:) wah senangnya bunda:) selama ini anak bunda emang males ngoceh. jarang banget zikra ngeluarin suara. sukanya diam, mainpun sambil diam. cuma sesekali ngeluarin suara. cuma sejak 10bulannya mulai mau ngeluarin suara2. wah bunda senang gak ketulungan:)

hari itu hari minggu. dari pagi zikra (10m 3d) sibuk ngoceh ini itu. 'wah mulai cerewet nih anak bunda', pikir bunda. kadang sambil ngarep balasan kita, ngajakin kita ngomong. lain waktu dia sibuk main dan ngoceh sendiri gak jelas. siangnya mulai deh 'papapapa' sesekali. tapi masih jarang banget. nah begitu sore.. mulai deh 'papapapa..' terusss, sampe hampir gak ada ocehan yang lain. wah kebeneran nih, sekalian aja bunda videoin saking girangnya *biasa deh emak2 norak yang terharu ngeliat momen pertama anaknya* bunda juga bingung, emak bapaknya kan dipanggil ayah bunda. kita pun gak pernah ngajarin nyebut 'papa' ato 'mama'. yang ada juga 'mam'. ntah darimana dia dapat inspirasi nyebut 'papapapa' mungkin karna itu yang paling mudah buat diucapkan kali yah. yah apapun itu yang jelas bunda senang banget:)

video

nah abis itu kita semua sibuk ngajarin dia nyebut 'mama':p dan sekarang ocehannya pun berlanjut jadi 'mamamama'. waw.. so fast:) *plis deh, udah 10 bulan gitu loh bunda* hehe ngucapinnya selalu dua kali begitu. jadi sekarang kadang 'papapapa', di lain waktu 'mamamama'. kayaknya dia gak ngerti maksudnya sih *orang emak bapaknya dipanggil ayah bunda*, cuma sibuk ngoceh aja. gak papa lah:p dan kalo ngeliat cicak pun jadi 'puh.. puh..' ato 'heh.. heh..' hihi lucu ngeliatnya.

ah senangnya:) alhamdulillah... love you, jiklabu:*
Continue lendo

Thursday, December 11, 2008

my 10 months zikra

bismillah

my zikra's 10 months. 2 months to his first birthday. gosh! it feels like yesterday the day he was borned. and now he becomes smarter and bigger, no more longer being a kid:)

anak bunda ini udah bisa masukin telunjuk ke idungnya, trus masukin telunjuk itu ke mulutnya. hihi jorok ni anak bunda, bikin parno bunda aja. tapi biar gitu tetep lucu ngeliat tampang polosnya. hobi barunya maen petak umpet dan kaget2an, kalo maen ini bisa ketawa ampe kikik2 saking serunya. badannya diputar depan belakang depan belakang jadi kayak kejang2 gitu.

apa yang terbaru dari zikra? kurang lebih begini:
  • - being the explorer, pengen tau ini itu. masukin telunjuk ke idungnya trus dirasain ke mulutnya, which is jorok banget hihi, masukin telunjuknya ke lubang telinga orang2 yang ada didekatnya. nempelin lidahnya ke pipi kita, bahkan gak jarang juga digigit sama dia. gigitin pundak kita cuma buat tau gimana rasanya. masukin telunjuknya ke colokan listrik *ini yang bikin bunda paranoid banget, tapi udah diantisipasi dengan nempelin chargeran hp kita*, mencetin semut ampe itu semut nempel terkapar ditelunjuknya, mencetin tombol lampu sampe nyala, dll. kayaknya telunjuknya jadi andalan dia banget deh.
  • - crawling udah laju banget. udah bisa jalan dengan berpegangan, tapi masih jalan pelan dan meraba2. masih blum niat jalan kayaknya. sementara kalo lepas dari pegangan paling cuma tahan 1 detikan abis itu langsung duduk ato terduduk huhu.
  • - kalo posisinya bagus pas lagi di ujung matras, udah bisa turun dengan sempurna dari matras trus duduk di lantai. tinggi matras kurang lebih 25cm lah.
  • - giginya udah 8 biji. 2 gigi terakhir di bawah baru tumbuh 3 hari yang lalu. by this time udah bisa makan kerupuk. waktu itu ayah iseng banget, lagi makan kerupuk ikan apa gitu, dia liat anaknya melet mulu jadi gak tega akhirnya digigitin aja krupuknya ke zikra. what a surprise zikra bisa makannya dan ditelan dengan sempurna. gak aneh jadinya dia minta lagi dan lagi sampe abis 1 krupuk itu (krupuknya ukuran kecil). pas dia gigit krupuk bunyinya 'kriukk' hahaha sok gede nih anak bunda:)
  • - udah bisa ngacungin telunjuknya, yang kadang bisa nunjuk2 pake telunjuknya. bisa ngecross telunjuk dan jari tengahnya, kayak yang biasa dilakuin orang2 kalo lagi ngomong bohong:p
  • - udah bisa toss pake satu ato dua tangan. udah bisa niruin kita ngejulurin lidah keluar (kalo yang ini masih mood2an)
  • - bisa ngebedain kata 'mam' dan 'minum'. keliatan kalo lagi malas makan tapi mau minum air putih. kalo dibilang 'mam' ogah banget buka mulutnya, tapi kalo dibilang 'minum' langsung dibuka lebar deh tu mulut. kalo dibilang 'cicak' langsung liat ke atas.
  • - untuk sekarang lebih tertarik sama buku daripada mobil2an. udah bisa tenang sebentar kalo dibacain buku cerita bergambar. rekor terlama 5 menitan, lumayanlah. biasanya cuma bertahan 3 menit doang. menurut yang bunda baca, di umur segini kalo anak dibacain buku ternyata dia gak suka, bukan hal yang aneh karna itu buku masih dianggap mainan. buktinya bukunya zikra juga udah setengah hancur hehe.
gimana perkembangan mpasi anak kesayangan bunda ini? yah.. walo udah bisa makan krupuk, anak bunda ini masih susah kalo dikasih makan yang agak keras. kalo gitu yang ada makannya cuma dikit dan lamaa, kalo udah bosan tutup mulut sampe kita yang nyuapin nyerah. kadang bunda balikin lagi ke tim semi kasar. yah sama aja hasilnya, kadang mau kadang enggak. untuk sekarang ini, makanan keseharian zikra biasanya nasi yang dilembutin plus sayur (biasa wortel dan brokoli - kesukaan zikra) yang dipotong dadu. sementara untuk daging ayam/sapi/ikan masih diblender sebentar bersama air kaldunya. yah bunda harus sabar aja kayaknya dan pinter2 nyiptain menu yang variatif biar zikra gak bosan. mudah2an mood mamamnya cepetan bagus lagi kayak dulu ya sayang, amin.

hey zikra, selamat ulbul ke-10 ya sayang. bentar lagi anak bunda ultah nih. tau gak, bunda selalu bersukur Allah nitipin zikra ke bunda? karna zikra makhluk terindah buat bunda sekarang dan selamanya. no wonder babe, i'll protect you with my
life and my heart. always give you the best i could give.

bunda, who's always proud of and loving you..

Continue lendo

Tuesday, December 09, 2008

as the old minan goes..

bismillah

dengan hari ini udah 3 hari aja minannya zikra yang lama - minan lis, pergi dari rumah dan pulang ke kampungnya. dia pulang karna ingin berobat bersama ortunya disana. 3 hari ini emang rada berat buat bunda karna minan lis ini emang gape banget nanganin zikra. selain tentunya karna dia suka anak kecil (banyak keponakan katanya), juga karna dia terbiasa kerja sebelum ikut kita. nah sekarang tanpa dia, bunda pun mau gak mau membiasakan diri. yah namanya ganti orang tentu ada penyesuaian lagi. memang dua2nya sama2 sodara jauh ayahnya zikra dari lampung. sengaja memang kita datangkan dari lampung dan notabenenya masih sodara, soalnya ini minan tugas utamanya buat ngejaga zikra pas ayah bunda lagi ngantor. paling enggak karna masih sodara dia akan nganggap zikra sebagai ponaannya sendiri.

so how's this new minan - minan mel doin? dia emang gak segape yang lama, lebih pendiam dan lebih betah di dapur. emang bunda fokusin dia buat masak dan jagain zikra aja. tapi bunda wanti2 selama bunda dan ayah ngantor, dia gak boleh pegang yang lain kecuali zikra aja. gak boleh masak, apalagi ikutan zikra tidur. takutnya zikra udah keburu bangun dan grasak grusuk keliling rumah, dianya masih tidur *jangan sampe deh* masalah nyuci dan beres2 rumah bunda nyari orang sekitar sini yang pulang pergi aja. gak mau ribet, gak mau pusing, yang penting zikra beres.

jadi emang butuh kesabaran juga ngelatih minan barunya ini. sebelum ikut kita,
dia cuma sekolah dan main aja. karna gak ada biaya ngelanjutin kuliah, makanya dia ikut kita. yah what bunda expect lah? emang dia gak biasa kerja, jadi inisiatifnya kurang. cuma anaknya rajin dan nurut. tadinya bunda sempat pesimis dia gak bisa ngurus zikra kayak minan yang lama. bunda sempat mikir juga kalo mel ini gak suka sama anak kecil *duh suuzon aja nih bunda:(* nyuapin zikra aja lama bener, bikin geregetan ngeliatnya. trus dia juga suka jijay ngebersihin pupupnya zikra. untungnya minan yang lama mau stay bentar dirumah buat ngelatih dia. walo zikra ditinggal dari jam 9-4 yang pas istirahat masih bisa bunda tetein bentar, mau gak mau dia kan harus bisa nyuapin zikra makan yang kadang suka mood2an. dan sekarang alhamdulillah, alhamdulillah banget udah ada kemajuan. dia keliatannya udah lebih sabar dan bisa ngadepin zikra yang sekarang lagi 'agak' males makan *mudah2an gak lama*, udah gak jijik lagi sama pupnya zikra dan udah keliatan lebih sayang sama zikra. alhamdulillah, gradually i believe the situation will be back to normal.

nasib tinggal diperantauan jauh dari ortu dan sodara. alhamdulillah kemudahan dari Allah selalu ada. bunda sih gak expect banyak, yang penting buat bunda zikra sehat dan ceria, bunda dan ayah otomatis ngikut aja:)
Continue lendo

Thursday, December 04, 2008

one cloudy day

bismillah

beberapa sore yang lalu bunda seperti biasa jalan pulang dari kantor ke rumah. buat pulang ke rumah ini ada dua jalan yang bisa bunda lewati. mau lewat jalan kecil alias gang yang sempit yang berkelok2, dimana jalurnya lebih pendek ketimbang lewat jalan gede yang jalannya lebih panjang namun simpel, tinggal lurus belok sekali nyampe rumah. biasanya bunda lebih milih lewat jalan kecil biar lebih cepat sampai di rumah.


sore itu bunda pulang lewat jalan gede, lagi pengen ganti suasana karna bosan lewat gang terus. hari agak mendung seperti mau hujan. terlihatlah seorang ibu yang menggandeng anaknya jalan dari kejauhan berlawanan arah dengan bunda. dari jauh terlihat si anak, bunda comes to a surprise..
"wah air mukanya mirip zikra,
mungkin 1-2 taun lagi zikra bakal mirip dia"
kontan bunda langsung inget zikra, mikir zikra lagi ngapain. jadi makin kangen pengen cepat ketemu, bunda pun percepat langkah. bunda pun semakin dekat dengan si anak tadi..
"hmm, anak ini versi tingginya zikra dan mukanya lebih tirus.."
si anak berjalan semakin tergopoh2 karna si ibu mempercepat jalannya, karna mau hujan mungkin...
"bentar lagi pas2an nih"
"oh mereka belok ke gang itu, gak jadi pas2an deh.."
sempat terlihat sama bunda si anak memakai singlet dan celana pendek.
"kenapa gak dipakein baju yah? kan hari a
gak dingin daritadi" kemudian...
"astaghfirullah gak pake sendal??"
"ibunya pake.. si anak
kok gak pake? kasiannya..."

kontan bunda terharu banget ngeliatnya. kasian bener ngeliat si anak. hari dingin, dia cuma pake singlet dan celana pendek, dan gak pake sendal. ya Allah.. alangkah teganya si ibu. gimana kalo si anak masuk angin? keinjek paku ato serpihan kaca? dan jalan tergopoh-gopoh pula. bunda bukannya menyalahkan si ibu, entah itu beneran ibu si anak ato enggak bunda juga gak tau. tapi apa salahnya si ibu melihat ke anak itu, melihat ke sekitarnya. karna jalan yang dilalui itu tidak mulus, aspalnya udah rusak dan lubang dimana2. ya Allah.. sedihnya melihat anak itu. dia sempat melihat ke bunda sebelum berbelok, tatapannya polos dan lugu. lagi-lagi ingat zikra, jadi berasa zikra yang jalan disitu. ya Allah sedihnya hati ini, air mata bunda pun netes ngeliat hal kecil begitu:(

zikra anakku,
bunda pastikan hal begitu tak akan terjadi padamu nak..
bunda akan menjaga zikra sekuat tenaga bunda
dari bahaya yang mengancam

kecuali Allah yang berkehendak lain

ya Allah, mohon jagalah dia, lindungi dia dari segala mara bahaya. karena hanya Engkau sebaik-baik pelindung dan penjaga, tiada yang lain lagi. sekuat-kuatnya diri ini menjaganya, Engkaulah yang memutuskan, dan hanya Engkau, tiada yang lain. selamatkanlah dunia dan akhiratnya ya Rabb, amin.

hey dear baby,
one day you read this
always remember that bunda really loves you

and she will always be...

Continue lendo

Thursday, November 27, 2008

bunda nakal

bismillah

alhamdulillah, zikra udah lumayan sekarang. walo masih ada sesekali batuk dan pileknya. muda2an bisa pulih gak lama lagi biar bisa segera imunisasi campak.

sekarang bunda mau cerita tentang zikra. zikra tu ya sekarang hobi banget rebutan barang sama bunda, hobi ngeliat cicak ampe gak berkedip matanya, sama satu lagi hobi mencetin semut di lantai *duh*. trus balik ke rebutan barang sama bunda, semua yang bunda pegang mau dipegang juga sama dia. barang yang berhasil dipegangnya gak boleh diambil sebelum dia bosan. kalo enggak, siap2 aja dengan teriakannya. untuunngg.. kamar kita di belakang nak, kalo enggak bisa dateng orang2 ke rumah ngirain bunda ngapain anak bunda aja *ngurut2 dada*. gak boleh dipegang deh tu yang udah jadi mainannya.

jadi ada buku yang lagi bunda baca sekarang ini. zikra demen banget sama buku ini. mungkin karna warnanya yang cerah makanya dia suka. ini buku dikasi sama sepupu bunda pas bunda hamil zikra dulu. dah lama banget ya? saking lamanya makanya bunda berniat nuntasin ini buku. eh sekarang, jangankan liat bunda baca buku, dari jauh aja dia dah tau kalo itu mainannya. langsung dikejar sampe manjat nungging2 pun dia jabanin. zikra zikra.. heran bener apa yang dia mau mesti dapat kayaknya. gak bisa banget liat buku itu.




nah tu liat deh komiknya. saking gemesnya kadang bunda isengin juga anak bunda ini, sampe nangis hihi:p abis gak tahan buat gak ngusilin. nakal bener yak si bunda ini? hehe.. zikra kan kadang jadi mainan juga buat bunda, jadi hiburan. ini nih yang bikin bunda betah banget di rumah *selain internet juga tentunya huehe* maapin bunda ya nak, kalo nanti zikra baca postingan ini, ini adalah salah satu bentuk keusilan bundamu hehe:) susah ya punya emak usil?:p
Continue lendo

Friday, November 21, 2008

anak GTM + sakit = stres + sedih emaknya

bismillah

ibu mana sih yang seneng kalo anaknya gtm dan sakit? gak ada pastinya. yang ada malah stres dan sedih berkepanjangan.

nah inilah yang terjadi sama bunda belakangan ini. sakitnya zikra udah 4 hari belakangan, sementara gtm-nya udah hampir semingguan. tadi malam dibawa ke dokter akhirnya. tadinya badannya sempat panas (sampe 39'), tapi udah gak lagi. cuma batuk dan pileknya tambah parah. memang di rumah pada sakit semua. bunda nyerah sama hometreatment, kaya diuapin, dijemur dan makan yang banyak. zikranya udah keburu rewel seharian kemarin. bawaannya kuyu, matanya agak merah dan berair. dianya pun mewek terus dan maunya digendong terus. gak tega bunda ngeliatnya:( muntah udah beberapa kali tapi gak ada lendir yang keluar. mungkin ada tapi sedikit. kebayang kan gimana pusingnya pas anak sakit dianya susah makan pula? pas lagi butuh2nya banyakin nutrisi buat ningkatin imun badannya, dianya malah susah makan. duh bunda pusing banget muter otar dan ningkatin kualitas sabar belakangan ini.

bunda sih tetap berusaha gimanapun caranya biar ada makanan yang masuk ke tubuhnya. bunda jabanin deh setiap waktu makan yang kadang sampe 2 jam lamanya. itu pun gak sampe abis. dengan banyak hiburan jadi badut, ngamen sana sini, niru suara binatang, jadi story teller juga.. wah pokoknya apapun juga deh. memang bunda sempet stres dan kesal juga gara2 zikra bunda ini susah makan. bunda kan juga manusia, bosan dan capek pastinya. tiap waktu makan tiba bunda mikir 'wah perjuangan panjang lagi nih..' tapi ini lah cobaan jadi ibu yang harus dijalanin. siapa lagi yang berusaha kalo gak orangtuanya sendiri? mau anaknya makin sakit? ya enggak lah. dan jangan sampe juga zikra nanti trauma dikasi makan sama bunda gara2 bunda galakin karna gak sabaran. duh alhamdulillah masih bisa sabar kalo inget ini.

dan akhirnya kesabaran itu berbuah juga. bunda yang udah mati kutu mikirin menu anak bunda ini akhirnya mendapatkan jawaban. alhamdulillah:) dengan menu ini zikra yang gtm akhirnya kemarin mulai normal lagi nafsu makannya. makannya lahap habis tak bersisa. cuma ya dengan beberapa gaya karna dia masih rewel karna sakit. dengan digendong dan diajakin cerita. tapi intinya dia M
AU makan dan lumayan cepat, apapun gak jadi masalah.

nah ini bunda share menunya zikra. di zikra sih mempan buat dia mau makan lagi. mungkin zikra memang lagi bosan sama menu sebelumnya. intinya disini adalah beras/nasi yang bunda ganti jadi kentang. memang nasi mengandung lebih banyak kalori, tapi kandungannya kan sama dengan kentang, sama2 ada karbohidratnya. cuma rasanya otomatis jadi beda kan?


tim kaldu kentang

rebus ayam/ikan/sapi dengan air secukupnya selama kurang lebih 15 menit


di wajan lain rebus kentang dengan sayuran (brokoli/wortel/bayam) dengan irisan baw
ang putih, bawang merah/bombay, daun bawang, seledri dan jahe. untuk zikra sekali makan porsi kentangnya 1 buah yang ukuran agak gedean. untuk sayur disesuaikan kira2 setengah porsi kentangnya. bisa juga ditambahkan dengan tempe/tahu/kacang merah semaunya.

setelah matang semuanya, blender ayam/ikan/sapi dengan
air kaldu dari kentang sayuran tadi. setelahnya baru dicampur dengan kentang dan sayurnya, blender lagi bersamaan. ini supaya daging tadi bisa sama kekasarannya dengan kentang dan sayurnya. lama blender keseluruhan disesuaikan dengan kebutuhan (kemampuan makan si bayi), kecuali jahe tidak ikut diblender.

terakhir siapkan wajan dengan air kaldu dari ayam/ikan/daging. masukkan 1/2 porsi telur ayam kampung plus margarin/keju parut. aduk telur sedemikian rupa sehingga ada teksturnya (atau halus sekalian). setelah matang masukkan hasil blenderan ke dalam wajan ini. jerang sebentar, tuang ke wadah dan sajikan hangat.

--

sehabis dari dokter, bunda lumayan lega. abis ngeliat dia seharian kemarin gak semangat dan mewek terus, bunda jadi takut zikra kenapa2. tadi pagi sempat muntah lagi yang alhamdulillah akhirnya keluar juga itu lendir2 jahatnya. tadi malam ditimbang bb-nya berkurang 100 gram jadi 7.9 kg, sempat sedih juga tapi gak papalah. mudah2an bb-nya bisa dikejar lagi secepatnya.

cepat sembuh ya bunayya. moga-moga nanti mau lagi dengan nasi ya sayang. mudah2an Allah selalu kasih kita kesehatan, lindungi kita dari mara bahaya amin.
Continue lendo

Tuesday, November 11, 2008

9 bulan, nasi lembek dan berdiri:)

bismillah

wah posting bunda kali ini kelamaan didraft (hari ini 13/11). brubung baru mulei pake spidi jadi susah ngaplod video, jadinya mejeng didraft ampe 2 hari hehe.

gak berasa ya hampir tiap bulan nulis beginian sekarang udah itungan ke 9 aja. zikra emang udah 9 bulan (11/11). bunda liat duh.. apa iya dulu zikra ada di perut bunda. kok gede banget? haha ya iyalah anak bunda kan udah 9 bulan, ya tumbuh makin gede dong. emang punya anak bener2 kebahagiaan luar biasa. lagi ribut sama ayah.. ngeliat zikra jadi langsung feeling guilty. dengan polosnya dia ngeliat ayah bundanya berdebat. alhamdulillah bunda yang mau tereak jadi redam ngeliat zikra merhatiin kita. marahnya bisa ketahan paling enggak, jadi adem:) hahaha bunda kok jadi curhat colongan sih disini?hihi..




back to zikra, alhamdulillah banget bulan ke-9 ini is the greatest milestone he ever achieved. umur 8.5an mulei bisa ngerangkak, beberapa hari udahnya (2 days exactly) bisa langsung berdiri. wah kebeneran deh kata orang kadang anak bayi tu gak bisa ketebak. bagi bunda ini kayak miracle aja deh. ok deh di list aja biar singkat yah..


1. udah mulai makan nasi lembek. pertama coba sengaja dibanyakin airnya, jadi kayak berkuah gitu. porsinya? jadi lebih sedikit sih, tapi selama makan mulutnya mangap terus setelah nasinya diemut2 dan ditelen. mangapnya itu minta lagi, jadi makannya lumayan cepat lah. tapi cepat selesai juga, mungkin cepat kenyang kali yah. nasinya disembur2in sama dia, pertanda kenyang. kalo dipaksa yang ada zikra malah ngamuk tereak2 hehe. alhamdulillah gak muntah. yah mudah2an bb nya gak turun karna porsinya jadi lebih sedikit:(
2. ngerangkak udah laju banget. dari ruang makan bisa masuk ke dapur ato kabur ke dalam kamar. beneran jadi area bermain deh seputar ruangan itu.
3. udah berdiri walo masi blum lama, dengan pegangan tentunya. udah mulei nungging tinggi banget kayak mau berdiri gitu tapi akhirnya duduk juga karna blum bisa hehe. oiya akhirnya zikra dibeliin baby walker buat latian jalannya. selain buat aman kalo minannya lagi ngapain2 di dapur sementara ayah bunda kerja, lumayan juga buat ngelatih kakinya. nah sekarang dengan baby walker ini zikra bisa keliling rumah. jalan dengan ruang satu ke ruang lain dengan celoteh ala zikra.
4. celoteh zikra masih gak jelas:( dia celoteh tapi mulutnya ditutup gitu. jadi ngomong tapi mingkem. nah gimana coba? bunda pikir zikra pendiam, abis biasanya bayi kan umur segini udah pinter ngomong 'maam' ato 'neenn', nah zikra masih belum bisa. tapi ternyata gak pendiam juga karna kalo diperhatikan dia lumayan sering bergumamnya. jadi bunda sabar aja deh. mungkin zikra masih belum mau usaha buat ngomong, cukup puas dengan bergumam saja. ntar dibawah ada video zikra yang lagi ngobs bareng ayah, zikra lagi gak jelas hehe:)
5. mandinya udah duduk di kursi dan pake air dingin. sejak pindah ke rumah ini, zikra resmi ninggalin bak mandi bayinya. langsung duduk dikursi di bawah pancuran kamar mandi. awalnya masih pake air anget, pelan2 bunda latih pake air dingin. mulai dari bilasan terakhir sampe sekarang startnya udah air dinging. kecuali kalo hari lagi ujan sih, mandinya tetep air anget.
6. giginya sampai saat ini udah ada 6 yang nongol. 4 diatas dan 2 di bawah. alhamdulillah kegiatan nen sama bunda masih lancar.
7. makin gak bisa diam, maunya gerak terus. terutama pas acara pake/ganti baju dan ganti popok/diaper. harus sabar2 makeinnya, itu aja udah adu tenaga sama zikra yang ternyata kuat banget. gila ya how come bayi bisa sekuat itu?
8. minumnya udah makin jago pake gelas. dah makin dikit yang tumpah. alhamdulillah ya nak..

oiya nih video zikra lagi ngobrol bareng ayah, bunda ambil dimalam ulbulnya sebelum zikra tidur:)

video

gitu deh perkembangan anak bunda. moga2 besok2 bunda gak telat lagi bikin postingan ulbul ini ya sayang. 3 bulan lagi mau ultah. waktu serasa terbang, beneran deh. sehat selalu sayang.. semoga Allah selalu menjaga dan melindungi zikra amiinn.

Continue lendo

Sunday, November 09, 2008

meal time! :)

bismillah

zikra makannya udah mulai mud2an nih. udah bosen kali ya dengan rasa bumbu yang itu2 aja. bunda harus nyari resep baru nih. bumbu yang biasa bunda pake itu bawang merah+putih, daun bawang dan seledri. lagi mikir mau kasih ketumbar, jahe dsb tapi gak tau nyampurnya gimana secara si bunda gak ahli masak. suggestion anyone?:) kalo yang biasa bunda pake itu kan udah umum banget, makanya bunda tau nyampurnya:p nah kalo yang lain lagi, bunda belum tau nih. ntar yang ada jadi aneh rasanya kan gak lucu. duh puyeng juga.. mesti googling2 nyari resep baru kayaknya..

sekarang zikra ada 2 kali waktu ngemilnya. pagi dan sore/malam. kalo pagi waktunya setelah bangun tidur sebelum makan pagi. ini biasanya biskuit setengah sampe satu keping. ngasinya dikit2 karna takut malah nyisa. biskuitnya dipegang sendiri sama zikra. jadi terserah dia kapan mau dimasukin ke mulutnya. kadang pake acara jatoh juga kalo dia lagi tertarik sama sesuatu jadi lupa sama biskuit di tangannya hehe. nah ini dia videonya, check it out:)

video

nah kalo sore/malam ngemilnya buah, waktunya sebelum/sesudah makan malam. sekarang ngemilnya barengan bunda hehe. tiap bunda lagi ngemil mangga/pepaya/jeruk, zikra juga ikutan sama bunda. bunda potong kecil2 trus disuapin ke mulutnya pake sendoknya dia. kalo jeruk bunda ambil sarinya aja. duh dia demen banget. sampe dibukain mulutnya lebar2 pertanda minta lagi. kenapa bunda gak blender aja buahnya? nah ini dia.. selain karna giginya udah ada 6 biji, jadi bunda berani kasih makanan yang lebih kasar. mungkin karna lebih kasar dari jus biasa juga makanya dia lebih seru makannya. selain itu, zikra tuh suka banget ngeliatin bunda makan sambil melet2in lidahnya. kayak pengen gitu. gak pas bunda ngemil aja, pas bunda makan berat juga. nah kalo pas makan berat kan bunda gak bisa ngasi ke zikra, pas ngemil buah inilah momennya. zikra dan bunda ngemil bersama, saling berbagi *duile bahasanye* hehe:) jadi kloplah.. sekalian buat latihan makan makanan yang lebih kasar. bentar lagi mau bunda coba kasi nasi lembek aja buat coba2 pas umur 9 bulannya zikra. mudah2an zikra gak masalah. biar cepet bisa makan makanan rumahan bareng kita:)

video

itu videonya zikra lagi makan mangga sama bunda. pas banget bunda bisa dapet momennya dia lagi nganga minta mangga lagi hihi:p bunda lagi seneng2nya videoin anak bunda nih. selain untuk ngobatin rasa rindu mamasho-nya zikra yang ada dipekanbaru, juga karna anak bunda lagi lucu2nya.. menurut ayah
bunda tentunya hehe:) love you sweetheart:)
Continue lendo

Sunday, November 02, 2008

Alhamdulillah, kelar juga...

bismillah

malam minggu lalu kita udah ngelaksanain sukuran ala kadar dirumah ini. cuma ngundang jamaah masjid depan rumah aja sih sekitar 35an orang. insyaAllah nanti kalo ada rejeki lagi baru deh bunda dan ayah ngundang temen2 kantor ngeramein rumah kita. bunda liat sejak sukuran kemarin malam zikra jadi antengan tidurnya. alhamdulillah moga2 berkah:) jam 9 udah pasti bobo. tadi sih jam 9.15 padahal sebelumnya baru bangun tidur itu jam setengah 8nya. dikasih nen trus makan eh jam 9.15 blas lagi tidur sampe sekarang hehe.

cerita soal sukuran kenapa kita maksain ngadain secepatnya padahal depan rumah masih berantakan banget alias blum beres juga, karna zikra beberapa malam kemarin suka agak gelisah gitu. ya pas bangun ato pas tidur. rumah ini kan udah 2 bulan kosong. kata orang2 tua itu gak baik. jadi harus 'dihangatkan' gitu biar penghuni rumah yang baru pindah ngerasa lebih tenang dengan cara berdoa bersama. bunda sih gak ada masalah sama sekali, biasa aja rasanya, cuma ya ngeliat zikra begini makanya kita jadi berpikir-pikir. niat ngadain sukuran memang ada, tapi ya nanti setelah rumah beneran selesai. ayah bunda sih udah ngaji tiap hari insyaAllah. cuma menurut uci atuknya zikra, kemungkinan ada yang bikin zikra ngerasa gak nyaman dirumah baru ini. dan katanya anak kecil bisa ngeliat inilah itulah.. percaya gak percaya yah. dibilangin begini bikin kita jadi gak tenang juga kan? dan yah ini semacam ikhtiar kita lah ngadain sukuran di awal dan berdoa bersama mohon ketenangan dan keberkahan dari Allah, hasilnya cuma Allah yang menentukan. moga2 berkah ya Allah aminn.

mumpung uci disini jadi bisa bantu2in bunda deh nyiapin sukuran. biasa banget sih, cuma ada besek alias nasi kotak dan kue2 ringan. secara kita gak ada barang pecah belah yang mau dipake, ya udah biar gak ribet pesen nasi kotak aja beres hehe. bunda juga baru pertama kali nih jadi tuan rumah. biasanya kalo dulu uci ngadain acara beginian, bunda mah bantuin ngabisin makanannya doang hehe. walo ada uci gak mungkin dong uci bunda repotin buat bikin menu yang lumayan heboh, makanya cari cepet dan simpel aja. lagian uci kesini pastinya kan mau ngeliat dan main sama cucunya. jadi deh ala kadarnya yang penting hajatan terlaksana:) cuma ya yang bikin bingung yang dateng hajatan kita kok bapak2 semua, gak ada ibu2nya. ya sudahlah gak papa, bunda liat yang dateng ke mesjid disini juga laki2 semua, gak ada jamaah perempuannya solat berjemaah. beda tempat beda cara deh:p

hari ini zikra udah mulei bisa berdiri sendiri. beneran hari ini perdananya, tepatnya tadi siang. bunda orang pertama yang menyaksikan *horayy* karna zikra berdirinya manjatin kaki bunda yang lagi baringan. 2 hari lalu *eh apa kemarin yah?* zikra baru mulei lancar ngerangkak 5-7 langkah ke depan eh tau2 tadi siang pas main ditempat tidur, dia manjat ke badan bunda, berlutut trus berdiri deh. what a surprise:) beneran bikin kaget, soalnya baru kemarin tambah lancar ngerangkak, eh hari ini udah berdiri. ayah juga excited ngeliat perkembangan zikra hari ini hehe. baru sebentar sih berdirinya, sekitar 2-3 detikan lah. tapi tadi sore zikra bunda tatah udah nyampe 10 detikan bertahannya jalan tatah ke depan. hehe... usaha terus ya nak, moga2 bisa cepat jalan biar ntar bunda ajakin jalan2 sama ayah:)


(updated on Nov 3)

video

oiya, itu rekamannya zikra kemarin waktu baru lancar ngerangkak 5-7 langkah ke depan:) nanti menyusul video lainnya yang berhasil diambil insyaAllah hehe:)
Continue lendo

Saturday, October 25, 2008

sedih dan bahagia bunda

bismillah

akhirnya kejadian juga. ini benar2 yang tidak diharapkan ayah bunda. zikra senin malam lalu jatoh dari tempat tidur. kejadiannya pas kita siap2 mau tidur, yang waktu itu ayah bunda dalam keadaan ngantuk sementara zikra masih segar bugar. hiks.. beneran nyesel banget bunda kenapa sampe ketiduran sementara anak bunda ini masih semangat ngajakin main.

jadi emang zikra belakangan susah banget tidurnya. ntah karna mungkin pas siangnya udah bobo lumayan lama, ato gimana, tapi ya gitulah susah bener diajakin tidur awal waktu. jadi malam itu posisinya zikra ditengah diantara ayah bunda. hari udah larut udah hampir jam 11. kita berdua gak sadar sejak kapan tidurnya, tau2 bunyi dug dan kedengeran tangis zikra yang kencang. bunda kaget setengah dan beneran gak nyangka waktu itu zikra ada disana. dilantai dikaki tempat tidur dan mulai nangis kencang. sedih dan nyesel banget kenapa bunda bisa ketiduran. biasanya zikra tidur dulu ato gak udah melayang di nen bunda, baru bunda tidur. jadi ritual tiap mau tidur seringnya begitu. zikra bunda ajakin nen sambil tiduran sampe dia tidur. malem itu zikra udah dapet nen sih, tapi dasar dia masih pengen maen, gak mau tidur deh.

ayah begitu sadar pun begitu. keget, nyesel dicampur juga dengan marah karna kita berdua udah lalai ngejaganya. ya Allah, padahal udah capek ngejaganya biar gak jatoh. minannya juga diwanti2 tiap hari pas ayah bunda ngantor supaya total ngejaganya. biar deh gak sempet masak asal zikra aman. tapi ya Allah, justru zikra jatohnya disaat dia dengan emak bapaknya sendiri. kesal, sebal, nyesal campur jadi satu. padahal malam itu dibawah tempat tidur itu ada bedcover yang tebal yang rasanya gak mungkin kelewat sama dia. soalnya zikra kan baru bisa mundur trus duduk sebentar, blum bisa ngerangkak dan manjat. tapi ternyata bisa juga dia ngelewatinya. bener2 salah perhitungan bunda.. nyesel banget gak aware terhadap hal ini.

besok paginya zikra dibawa ke tukang urut deket sini yang udah biasa megang bayi. sempet nangis kejer karna ada yang keseleo dibagian pinggang, paha dan leher. ibu urutnya bilang gak perlu lagi dibawa ke dokter karna semuanya udah gak papa. emang sih malam itu begitu zikra jatoh dan nangis, langsung bunda angkat dan nenenin. abis itu bunda baringkan biar dia tenangan, eh malah gak mau. dianya malah ngajak maen lagi instead of nangis. ya udah bunda dan ayah jabanin deh sampe zikra puas mainnya malam itu buat nebus rasa bersalah kita yang udah lalai ngejaganya. yang masih bunda sukuri, zikra setelah jatoh gak muntah ato panas badannya sampe besok paginya dibawa ke tukang urut. ya Allah, terima kasih zikra masih baik2 aja. mudah2an gak ada yang berbahaya. ya Allah, tolong lindungilah zikra. jangan sampe jatuh lagi ya Allah, hamba mohon padaMu. maapin bunda ya nak, karna udah lalai ngejaga zikra.

ini jadi pelajaran buat ayah bunda untuk segera nurunin tempat tidur dari ranjangnya. padahal udah diingetin dari dulu sama ucinya zikra, tapi kitanya kepedean dengan bilang zikra selalu dijaga ketat kok. gak lagi2 deh.. cukup sekali ini aja mudah2an.

nah sekarang gimana zikra? anak bunda ini semakin gak mau diam. sekarang udah bisa ngerangkak 2-3 langkah ke depan. huaa senengnyaa bunda ngeliat anak bunda semangat latian. sekarang juga udah bisa duduk lumayan lama dan steady dari posisi tengkurep. mundur2.. nungging.. kaki dilurusin.. trus duduk deh hehe..


video


trus sekarang giginya udah ada 6. keliatan kan yang putih kecil baru tumbuh diatas paling kiri? baru numbuh seminggu setelah ulbulnya kemarin. dan bunda udah 'lumayan' sering kena gigitannya. cuma zikra udah lumayan ngerti, karna tiap dia ngetes giginya ke nen bunda, bunda ajakin ngobrol. 'zikra jangan gigit bunda ya sayang. bundanya sakit. zikra mau kalo nanti gak nen lagi dari bunda? zikra sayang bunda kan?' nah gitu deh sambil pasang tampang serius trus akhirnya senyum biar zikra gak takut. dan ternyata lumayan mempan nih walo kadang zikra suka iseng gigitin tapi gak begitu kuat hehe..
Continue lendo

Wednesday, October 22, 2008

Entering our New house

bismillah

and finally we're here, we're safe and we're happy. hehe.. gila bo baru 5 bulanan pindah dari pekanbaru ke jakarta dengan barang yang gak sedikit, sekarang pindahan lagi dengan barang yang lebih bejibun. demen banget pindah2 ya? huehe gak banget.. secara kemaren itu rumah kontrakan dan sekarang insyaAllah ini rumah yang akan kita tempatin selamanya.


alhamdulillah beneran gak nyangka banget, udah bisa punya rumah. lebih deket dengan
kantor bunda ketimbang kontrakan yang dulu. jadi kita pindahnya gak jauh2, daerah sini juga cuma beda RT hehe. jalan kaki ke kantor gak sampe 5 menit. alhamdulillah.. beneran semua Allah yang punya rencana. dulu bunda jiper banget pindah ke jakarta ngikut ayah yang kerja disini. udah mikir aja.. bisa punya rumah dalam waktu dekat dipinggiran jakarta kayaknya udah bersukur banget. jujur aja, ayah bunda gak punya tabungan cukup buat kredit rumah dalam waktu dekat. boro2 beli kendaraan. sementara dipekanbaru, semuanya ada dan tersedia. gak pake repot. bunda udah dapat tanah warisan disana hehe tinggal nyicil bangun rumah. ada mobil yang bisa dicomot, pake mobil uci atuknya zikra yang ada beberapa. jomplang banget ya situasinya? life's fair ya, musti balance jangan keenakan terus tinggal bareng ortu haha. mau pinjem uang sama kedua kakek nenek zikra gak enak banget, karna ayah bunda sama2 punya adik yang masih kuliah dan sekolah. gak tega minta sama ortu kita masing2. tapi ternyata.. si mama2 pada nolongin tanpa diminta. blom lagi ada tantenya bunda yang ngebantuin kita nalangin rumahnya kita sampe setengah harga. alhamdulillah gak perlu ngurus kpr ke bank, cukup nyicil dengan orangtua dan tante tanpa bunga. terharu dan sangat bersukur
:)

udah seminggu lebih dirumah baru. pindahannya hari senin subuh tanggal 13. barang udah
mulai dicicil dari sabtu, menyusul minggu dan terakhir senin sama orang2nya. kita sengaja pilih hari senin buat pindahan karna hari senin itu kan hari baik yah selain hari jumat tentunya, hari lahirnya nabi Muhammad saw. pindahan hari jumat kayaknya gak mungkin karna rumah barunya blum redi. jadi sengaja deh bunda dan ayah ijin gak ngantor hari senin buat pindah2an ini. harapannya mudah2an berkah, aamiin. 


eh ternyata bahkan sampe sekarang pun rumah kita blum beres juga renovnya. masih debuan banget karna tukang masih kerja dibagian depan rumah. walo bagian dalam udah beres tetep aja debu masih bisa masuk lewat lubang angin. jadilah bunda dan zikra bolak balik tangerang semingguan ini buat ngungsi. maksudnya menghindarkan zikra dari debu dan bau cat yang masih blum hilang.

gitu dulu deh buat update sekarang. masih gak enak banget ngenetnya karna spidi masih
blum disetup lagi. sekarang sih pake telkomnet instant. gak bisa lama2 nih takut tagihan telpon jadi ngebludak:( maapin bunda kalo
untuk sementara ini blum bisa mampir2 ya..
Continue lendo

Saturday, October 11, 2008

8 bulan, gigi 5 dan berlutut

bismillah

hari ini anak soleh bunda udah 8 bulan. udah mulai pinter buka tangannya kalo bunda doain sebelum makan. tiap mau makan kan bunda selalu bacain doa makan buat zikra. tadinya tangannya cuma dikepal doang pas doa dibacain, sekarang udah mulai membuka kadang2 hehe. pas amin, tangannya disapukan ke muka trus zikra ketawa deh hehe kayak lucu aja.



udah 2 bulan mpasi. alhamdulillah nafsu makan zikra bagus. zikra udah punya buah kesukaan, yaitu jeruk. jeruk manis pastinya. dan menu kesukaan zikra sekarang adalah nasi tim yang bunda buat pake kaldu. kaldunya ya macam2 yang udah dicobain. ada kaldu ikan, daging sampe ke cumi hehe. semuanya doyan dan baik2 aja untuk zikra insyaAllah. bumbu untuk kaldunya ada bawang putih, daun bawang dan seledri plus tomat. bunda pernah nyobain rasanya, enak juga ternyata hehe, walo gak ada garem dan gula. wah zikra demen banget menu beginian. mudah2an cepet gede dan makin pinter ya sayang:)


perkembangan zikra yang paling mencolok bulan ini adalah giginya. kemarin pas 7 bulan ada 2 yang nongol diatas walopun masih dikit muncul dipermukaan, eh sekarang udah ada 5. 3 diatas dan 2 dibawah. gigi 2 diatas dan 1 dibawah udah gede banget nongolnya, sementara sisanya masih sedikit yang keluar hehe. bisa dilihat di video dibawah, tapi gigi terakhir yang baru nongol diatas gak ke shoot karna zikranya gak mau diam. walo giginya udah banyak dan tajam banget, bunda jarang banget kena gigitnya. padahal hobinya sekarang gigit semua yang ada didekatnya loh. bunda pernah digigit sekali dua kali *sakit banget pastinya*, selebihnya enggak lagi. alhamdulillah.. sempet jiper juga bunda waktu itu mau nyodorin nen setelah kena gigit zikra hihi. mudah2an terus begini ya sayang:)

video

duduknya udah steady banget, tapi kalo didudukin. udah lumayan bisa ngangkat badannya dari posisi tidur telentang ke posisi duduk. duduknya nyamping dan tangan menyangga badan. sekarang zikra udah mulai ambil ancang2 ngubah posisi untuk duduk dan merangkak dari posisi tengkurep dikasur. lututnya zikra juga udah mulai kuat karna sekarang zikra bisa berlutut dengan bantal untuk nahan badannya dengan tangan biar gak jatuh. mudah2an bentar lagi bisa berdiri sendiri ya nak.. ayo semangattt:)


udah gede ya anak bunda. udah 8 bulan aja. cepet pinter dan sehat selalu ya cinta. doa bunda selalu menyertaimu nak:) semakin hari semakin sayang aja bunda sama anak bunda ini.. kabahagiaan yang luar biasa:) alhamdulillah..
Continue lendo

Thursday, October 09, 2008

mudik pun berakhir

bismillah

kita udah di jakarta lagi nih. nyampe hari minggu sore kemarin dari pekanbaru. alhamdulillah penerbangan kali ini lancarr selancarnya. kita pake airasia lagi jam 11 teng take off dari pekanbaru. ini airasia makin ngelunjak aja. masa bagasinya dicharge per item 30 ribu? blum lagi kita bagasinya ada 3 dan gede2. jadi buat bagasi aja plus kelebihan beban in total kita keluarin biaya 150rb. rese banget ya? huh.. gak rela gini buat bagasi doang bayar segitu. nah asiknya sekarang udah ada nih penerbangan baru dari jkt-pku ato sebaliknya yang best price kayaknya. baru banget dibuka pas H-7 sebelum lebaran kemarin. sayang kita udah pesen airasia jauh2 hari sejak bulan juni. maskapainya RAL ato Riau Airlines. khusus jalur penerbangan ini pesawatnya import dari eropa. wow.. pesawatnya masih baru banget nih. temen kantor bunda udah ada yang nyobain. katanya pesawatnya oke banget dan harganya gak terlalu mahal. bandaranya di halim pulak. gak terlalu jauh dari rumah kita ketimbang ke sukarno-hatta. sipp deh. lain kali kita coba pake ini deh. daripada airasia nyebelin kayak gitu..

apa kabar zikra setelah nyampe sini? alhamdulillah baik2 aja. sempet agak anget dan pilek sehari setelah nyampe. tapi insyaAllah gak papa. oiya kemarin zikra di pekanbaru sempet dibawa ke spesialis fisioterapi dan tukang urut. hoee.. banyak bener ya? kalo fisioterapi ini tempat ucinya zikra terapi pinggangnya 3 kali seminggu. kebetulan si dokter temennya uci dan karna si uci liat banyak bayi dan balita jg yang jadi pasiennya, isenglah si uci nanya2 ke dokter itu ngapain aja bayi2 dibawa ke sana. jadi bu dokter bilang bayi2 dibawa ke dia untuk diterapi kalo2 perkembangannya lambat dari yang seharusnya. dokter itu pun nyaranin supaya zikra dibawa aja buat diliat. toh gak ada salahnya buat diliat doang? nah akhir kata dibawa jugalah zikra kesana. dites beberapa kekuatan otot tangan dan kaki dia bilang semua ok. alhamdulillah.. bunda sempat cemas juga:p cuma zikra aja yang blum mau gerak katanya hehe. zikra waktu itu ditimbang juga disana, bbnya waktu itu 7.7 kg. trus bu dokter ngasih beberapa cara terapi buat zikra yang bisa bunda praktekan tiap hari dirumah. exercise ringan gitu buat ngerangsang otot2nya zikra biar cepat kuat.

trus zikra juga dibawa ke tukang urut nih. baru kali ini zikra diurut. wah zikra nangis kejer persis kayak waktu dia disunat. hikss.. kasian banget ngeliatnya. kenapa dibawa ke tukang urut? ini karna banyak banget neneknya zikra yang komplain bilangin zikra kurang respon, kurang gerak dsb.. pokoknya bikin pusing bunda banget.. gini deh kalo punya banyak nenek dan kakek. banyak pendapat ini itu ini itu.. akhirnya dibawalah zikra ke tukang urut. eh si ibu urut bilang banyak banget urat yang keseleo karna bawaan lahir. lah? kok bisa ya? katanya pas hamil bunda kebanyakan duduk. emang kalo dikantor bunda duduk tapi kan gak duduk terus juga. jadinya pas diurut menjelang itu urat2 lurus zikra nangis terus. untungnya cuma 15menitan urutnya. eh tau apa yang terjadi? sekarang zikra kakinya udah bisa napak loh. ihh cepet banget padahal waktu itu blom exercise banyak setelah dari dokter itu hehe. takjup deh bunda:p biasanya kalo berdiri kakinya blum bisa napak langsung kayak mau jatoh gitu. sekarang udah lumayan. duduk juga bisa lebih lama. trus dia juga udah mulai nungging, naikin turunin pantat ambil ancang2 kayak mau ngerangkak *apa mau duduk ya?* gitu. tapi sejauh ini masih belum bisa dua2nya sih dari posisi nungging itu. baru naik turun doang pantatnya hehe. alhamdulillah ya nak. yang penting latian dan semangat ya sayang.

wah alhamdulillah gak sia2 banget ke fisioterapi dan tukang urut itu. makasi ya ucinya zikra:) knih ya bunda liatin beberapa teknik exercise yang diajarin spesialis fisioterapinya..



intinya zikra gak boleh terlalu sering digendong lagi dan perbanyak mainan seperti bola warna warni. teknik bantal tinggi itu buat nguatin lututnya. terus ada juga teknik dudukin zikra dengan lutut ditekuk dibawah pantat. terus lagi ada juga beberapa teknik pijat pada kaki dan punggung buat nguatin ototnya. mudah2an zikra jadi cepet deh progressnya amiin:)
Continue lendo

Friday, October 03, 2008

cerita lebaran dari pekanbaru

bismillah

Pekanbaru, Idul Fitri 1429H
Taqobbalallahu minna waminkum, taqobbalallahu ya karim

selamat lebaran dari Pekanbaru:)
maaf lahir batin yaa...

alhamdulillah kita ngerayain lebaran dipekanbaru tahun ini. sempet ngerasain puasa juga disini dengan menu buka yang heboh, udah biasa sih disini kalo buka heboh trus makan malamnya baru abis taraweh deh. cerita diperjalanan ke pekanbaru lumayan seru. mulai dari berangkat sebelum subuh sampai di pesawat yang alhamdulillah lancar. kita semua aman, zikra baik2 aja. pas take off zikra nenen dengan lancarnya, cuma pas mo landing mungking karna udah kenyang dengan nen sebelumnya, jadi agak susah ngasinya. nah terus ada kejadian pas mo landing yang waktu itu udah hampir berhasil, tapi gak jadi malah pesawatnya naik lagi dan muter2 diatas selama 10 menit, baru landing dengan sempurna. yang ini ni yang bikin bunda rada jantungan, blum pernah ngalamin selama ini. mana kali ini bawa zikra lagi:( kita gak tau awalnya kenapa pesawat naik lagi padahal itu bandaran udah keliatan jelas, bener2 jelas saking udah dekatnya. stres kan kenapa malah naik lagi? ayah malah mikir roda pesawat gak bisa keluar alias macet. kalo bunda mikirnya mungkin karna pesawatnya ngelewatin landasan buat start landing makanya gak jadi landing soalnya landasan dibandara pekanbaru emang rada pendek, kalo kelewat bisa keluar jalur deh itu pesawat. kan gawat! duh pokoknya bunda dan ayah udah doa2 aja, sambil bunda juga sibuk bujuk zikra supaya mau nen. dan alhamdulillah akhirnya pesawatnya landing juga. belakangan baru tau gagal landing tadi karna angin yang terlalu kencang di area sekitar bandara. mudah2an pas balik ke jakarta gak begini lagi, insyaAllah.


berat badan bunda udah dipastikan naik lagi. udah nambah 2kilo loh sejak disini. emang kesini buat perbaikan gizi dan nyari kesejahteraan hehe. menu lebaran hari pertama ada lontong dengan gulainya khas buatan ucinya zikra plus rendang dan opor. selain itu ada juga menu tambahan dipesan dari luar kayak pempek, sate ayam, sate padang, dan bakso. menu hari kedua ada roti jala dan soto. hmmff.. gimana bunda gak menggila ngeliat semua makanan kesukaan bunda tersedia? hehe.. alhamdulillah nafsu makan terpuaskan disini:)

yang lucu zikra disini jadi agak pendiam. kerjanya cuma ngeliatin orang, jadi pengamat hehe. mungkin karna disini rame sama sodara, banyak om tantenya. ya adik2 bunda lah ato sepupu2 bunda dari pihak mama. sementara di jakarta cuma ada ayah, bunda dan minannya. semuanya pada rebutan pengen gendong zikra. zikra gak ada saingannya sih, tapi tunggu aja bentar lagi bakal ada 3 bayi yang insyaAllah waktu lahirannya deketan. ada 3 sepupu bunda yang lagi hamil. zikra bakal dicuekin kali yah karna dah mulai gede hehe. zikra nyengirnya jarang banget, mood2an gitu deh. tapi sekali moodnya datang bisa heboh banget. belakangan sih udah mulai mau diajakin becanda sama siapa aja, mulai jadi dirinya sendiri hehe.


lebaran kali ini beneran fokus buat keluarga dan zikra aja. ternyata susah mau jalan2 karna gak ada yang bantu bunda megangin zikra, paling om dan tantenya sesekali. soalnya pada sibuk semua dan karna minannya zikra juga mudik ke lampung, akhirnya cuma bunda yang megang zikra kebanyakan waktu. alhasil zikra nempel terus deh sama bunda. gak papa deh biar zikra makin deket sama bunda mumpung lagi libur ini. sempat sih jalan ke mall sebelum lebaran, tapi ya cuma sekali itu. ke rumah teman cuma satu temen doang bisanya. trus sempat ke bangkinang ke tempat neneknya zikra yang lain, kakak ucinya zikra. selebihnya dirumah deh. gak kerasa bentar lagi hari minggu udah mau balik lagi ke jakarta. duh bunda dah mulai sedih nih. soalnya baru 2 tahun lagi kita lebaran disini, karna tahun depan jatahnya ke tempat lahir ayahnya zikra di lampung. lamanya nunggu 2 tahun lagii:( hiks.. kenapa kalo libur begini waktu terasa cepat banget lewatnya yaa? bunda pengen lebih lama lagi disini:((
Continue lendo

Saturday, September 27, 2008

jelang mudik

bismillah

jakarta. pukul 1.53 dini hari.

bunda gak bisa tidur nih. takut gak kebangun sesuai dengan yang diharapkan. udah 3 hari belakangan kita gak pernah sahur lagi. semuanya bablas kecolongan tidur. jadi bunda trauma gak kebangun lagi. sejauh ini mata masih tahan. jantung dag dig dug menjelang subuh sampe tiba waktu berangkat. ini perjalanan yang spesial buat bunda. karna ini perdana bunda, ayah dan zikra terbang bersama:)

kata ayah ini hari bakal rame banget yang mudik. soalnya senin kan dah mulai libur. jadi kemungkinan bandara akan rame banget dan jalan akan macet juga. so kita GAK BOLEH TELAT, apalagi gak kebangun!! wadoh bisa2 gak mudik nih.


bunda udah 3 hari gak puasa karna gak sahur. makanya bentar lagi bunda mau sahur aja, biar aman. ayah udah sahur duluan. barusan beres. barang2 udah well-packaged. tinggal berangkat. mudah2an gak ada yang tinggal. minannya zikra udah balik duluan tadi malam jam sembilan. tinggal kita bertiga dirumah. sejak minannya pergi bunda dan ayah bareng2 beresin barang kita, yang ternyata masih banyak walo sehari sebelumnya bunda udah start packing. aduh.. walo capek banget ngurusin ini itu tapi bunda seneng. ada ayah yang bantuin bunda dengan setianya:) yang bikin bunda lebih seneng lagi kali ini bunda bisa terbang bareng ayah. ini kali kedua kita terbang bareng sejak nikah. biasanya kita terbang sendiri2 karna ayah yang di jakarta, bunda di pekanbaru. sekarang kita terbangnya gak hanya berdua lagi, bertiga bareng zikra. alhamdulillah:)

buat semua yang ngerayain lebaran, semisal bunda gak sempat posting disana karna sibuk jalan2 hehe, bunda mo ngucapin:
Selamat IDUL FITRI 1429H
Minal Aidin Walfaidzin.. Mohon maaf lahir batin..

Smoga segala amal, ibadah dan doa2 kita diterima dan dijabah Allah SWT
smoga kita bisa bertemu lagi dengan ramadhan tahun depan.. aminnnn..
maafkan bunda sekeluarga yah, terutama bunda pribadi yang mantain blog ini. untuk semua yang sengaja maupun tidak, jika ada yang tidak berkenan mohon dimaafkan:)
doain perjalanan kita lancar sampe pekanbaru yah;)

Continue lendo

Monday, September 22, 2008

puasa selagi menyusui

bismillah

gak kerasa puasa udah memasuki hari ke-22 yah. rasanya baru kemarin ramadhan datang. alhamdulillah puasa bunda lancar hehe. emang bener kalo udah niat apapun pasti jadi lebih mudah rasanya. emang sih bunda bawaannya pengen makan mulu tapi sejak puasa ini waktu makannya ya ganti jadi pas malam dan saur. wah pokoknya bunda gila deh begitu buka puasa sampe saur lagi kayak orang kesetanan makannya hehe berlebihan banget yak:)

asi bunda gimana? yah sama aja kayak yang biasa. hasil perahan tetep seperti biasa. bunda sebelumnya juga udah konsultasi sama dsa zikra gimana kalo bunda puasa sementara asi pas2an banget. as he agreed me to do fasting during ramadhan, jadilah bunda pede aja. lagian zikra udah makan ini. jadi bunda ngakalinnya pas siang dan sore zikra dikasih makan agak banyakan plus aer putih yang banyak juga, buat jaga2 pasokan asi yang mungkin 'agak' kurang. nah setelah buka sampe pagi baru deh bunda kejar nenennya. tapi tetep sih, kalo zikra lagi gak pengen juga ditolak sama dia. lama2 bunda mikir, apa ini karna zikra yang udah gak gitu doyan nen lagi yah makanya asi bunda pas2an gini? ato emang bunda aja yang kurang usaha kasih nen ke dia lebih sering? padahal kemarin2 bunda rajin merah sampe botol itu ditempelin tiap bentar, hampir tiap jam disela-sela nen bunda perah dikit2. teorinya kan kalo sering dinenenin ato diperah produksi asi akan makin banyak sesuai demand. tapi yang ada kok hasil perahan segitu2 aja? ga maju2.. padahal makan minum bunda normal. pikiran normal, gak stres. makanya sekarang bunda jadi malas merah terus terang. gak semangat ngeliat hasil yang sedikit itu. merahnya sekarang ngeliat sikon. kalo udah 'berasa' berat PDnya ato karna bunda lagi pengen merah ngeliat stok yang mulai kosong. sekarang karna mulai makan zikra minum asinya berkurang setengahnya setiap harinya. makan insyaAllah lumayan banyak, minum air putih juga. dan alhamdulilah zikra blum dapet sufor lagi sejak kejadian alergi ini. hmm kalo ada yang mau kasih pendapat ke bunda mengenai ini monggo ya.. gimana biar bunda semangat dan hasil perahan banyak? i really appreciate it:)

hari ini (iya hari ini, 22/09/08) bunda gak puasa. loh kenapa? karna subuh sebelumnya bunda gak sahur. smua dirumah pada bablas gak ada yang kebangun. kasian zikra kan (dan bunda juga dong hehe) nanti asi yang udah seret makin seret lagi karna emaknya maksain puasa. ya udah.. jadi hari ini bunda gak puasa deh. soalnya malam sebelumnya bunda sekeluarga buka bareng sepupu2 bunda dari pihak mama. udah pada bekeluarga juga. sepupu bunda yang ikut semunya cewek. yang satu udah punya anak satu (rifqie, yang pernah bunda ceritain disini), sekarang lagi hamil anak kedua. yang satunya lagi hamil anak pertama. kita bubar di the buffet plaza semanggi. karna udah kebiasaan kalo udah ketemu susah buat misahnya, jadilah kita ngobs sampe agak malaman. nyampe rumah hampir jam 11 deh. beresin barang2 belanjaan *sempet belanja dikit dong* trus solat isya + taraweh + witir, baru bobo kayaknya jam 12an. karna emang dasar badan pegel2 semua, alarm dah gak mempan lagi bangunin kita. bablas semua gak ada yang sahur. beruntungnya bunda dapet dispensasi karna lagi menyusui hehe.



minggu depan udah mudik. mesti siapin perlengkapan perang dari sekarang nih. ada bayi yang udah mpasi yang mau dibawa soalnya. mesti bawa peralatan masak mpasinya, feeding setnya, blum lagi pakaian dan tetek bengek keperluan zikra laennya. ribet yah? ntar bunda coba buat sepraktis mungkin biar perjalanan mudik kita gak terganggu. ntar kalo ada yang kurang tinggal beli aja dipekanbaru hehe:)

Continue lendo

Thursday, September 18, 2008

teman-teman disini

bismillah

sudah 4 bulan
zikra dan bunda pindah ke jakarta tinggal bareng ayah. ssstt.. bunda udah kerasan loh tinggal disini walo tadi agak gamang juga balik kesini karna jauh dari sodara. takut kita kenapa2 trus gak ada yang nolongin:p ada sih sodara disini tapi jauh semua, di tangerang lah di bogor lah. sementara di pekanbaru isinya dimana2 sodara. bahkan teman dan tetangga juga jadi sodara disana.

nah kalo disini lingkungan bunda ini lingkungan orang betawi campur arab. kayaknya kalo ngeliat arab berkeliaran disini gak aneh lagi. banyak banget.. bahkan yang punya rumah bagus disini orang arabnya, orang betawinya tersingkir di bagian gang. kasian juga orang betawi kegusur dilingkungannya sendiri. yah tapi mau gimana lagi.. orang betawinya sendir
i yang jual2in rumah mereka.

tapi ya orang betawi dan arab disini bisa nyampur, gak ada gap. malahan orang arab ngomong betawi disini *ya iyalah kan tinggalnya bukan diarab:p* trus yang hebatnya disini orangnya ramah2. suka saling sapa, saling kenal. apalagi tetangga belakang bunda, ada satu ibu tuh suka banget main ke rumah. ngeliatin menu kita hari ini hehe, gangguin zikra, 'minjem' zikra buat diajak main ke belakang. soalnya dibelakang rumah kita banyak banget anak2nya. pokoknya ada2 aja deh. tapi dia suka nolongin kita, ngajakin ke posyandu buat nimbang zikra doang, dateng ke rumah ngeliat zikra yang waktu itu muntah hebat. baik yah? alhamdulillah.. udah nemu orang yang baik disini.

tadinya pas awal2 bunda agak risih juga sering didatangin sama ibu itu. soalnya kan bunda baru banget ya tinggal disini, dianya suka cuek aja masuk2 rumah. palagi si bunda tipikal orang yang agak susah nyambung ke ibu2.. suka bingung mau ngomongin apaan. secara bunda kan baru jadi ibu, jiwanya masih muda banget *halah*, blum terbiasa pula ngurusin rumah, masak dan tetek bengeknya *kebiasaan hidup enak di pekanbaru*. tapi bunda cuek aja gak tau apa2 hehe. gak malu gak tau ini itu hehe *duh si bunda ini*. eh malah si ibu itu yang suka nyerocos jadi bunda terbawa suasana deh hihi. kadang bunda ngomongnya dengan gaya yang sama dengan bunda ngomong sama temen bunda yang seumuran lagi hihi. lupa kalo itu tetangga udah punya anak 4:) tapi buat si ibu kayaknya gak masalah karna si ibu itu makin sering main kesini hehe. jadilah lama2 bunda berasa kayak punya sodara disini:)

zikra sendiri juga udah punya teman-teman disini. rata2 udah gede semua sih. yang paling kecil udah mau 3 tahun. tapi hehe.. yang paling sering main kesini temen yang cewek. zikra mah seneng2 aja rumahnya ramai. kadang dia diem ngeliatin orang baru. kadang bisa semangat juga ikutan celoteh. cuma ya bunda suka takut aja, yang namanya anak2 kan lagi suka main sana main sini. nah bunda takutnya ada kotoran yang kebawa. kalo udah ketemu zikra, anak2 itu pasti deh pada nyiumin zikra. udah gitu megang tangan zikra juga. zikra kan suka banget nyomotin tangannya masukin mulut. otomatis begitu mereka pulang bunda cuciin tangan anak bunda ini, buat jaga2 aja biar zikra gak terkontaminasi virus atau bakteri jahat. nih ada foto zikra sama teman2nya:)



sebentar lagi kita mau pindah rumah. gak tau deh ntar disana lingkungannya gimana. walo pindahnya gak jauh, tapi kan otomatis
tetangganya beda. baru nemu yang cocok eh udah pindah lagi. sayang banget ngelepas teman disini. tapi kita udah janjian bakal sering main ntar hehe. mudah2an zikra dan bunda dapat teman yang baik juga disana :)
Continue lendo

Thursday, September 11, 2008

sang jagoan 7 bulan

bismillah

hari ini zikra genap 7 bulan. alhamdulillah sehat dan makin suka bikin bunda geregetan hehe. udah sebulan mpasi otomatis bunda udah tau dong makanan kesukaan anak bunda ini. nah kesukaan zikra itu:
  • Dari menu pagi: zikra doyan banget bubur beras atau kentang yang dicampur sama buncis atau wortel. doyan juga sama ubi jalar. tetep menu pagi dicampur asi dan minyak ikan. ini cepet banget abisnya. minannya gak repot deh ngasi makannya.
  • Kalo menu siang: doyan kacang ijo, dan tepung pisang. ehm kalo kepepet dikasih cerelac gold juga dia doyan aja hehe.
  • Menu malam yang biasanya bunda siapin buah, doyannya cuma sama buah pir. pepaya dan melon udah dicoba beberapa kali cuma berhasil masuk beberapa sendok aja. bunda masih belum ngerti nih, emang zikra yang gak doyan makan malam atau memang gak suka buah.
yang bikin bunda bingung, kenapa zikra gak suka buah ya? padahal bunda suka banget loh pepaya sama melon. kok zikra gak suka yah? kalo buncis dan wortel, bunda emang doyan banget dibikin sayur mix kedua bahan ini. no wonder kalo anak bunda juga suka. nah kalo pepaya melon, si bunda suka makan ini kok anaknya gak suka? padahal asi bunda rasanya kan mirip2 makanan yang dimakan emaknya, ya gak sih?

zikra perkembangannya belum begitu banyak dibulan ini. masih 'agak' mirip dengan yang bulan lalu. huhu masalah bunda maksain zikra duduk sih enggak terlalu lagi ya, cuma bunda dudukin aja dia dibantal buat sandaran pas dia kecapean abis main di tempat tidur. gak terlalu maksa kan? hehe.. zikra udh bisa negakin badannya dari posisi sandaran itu. tapi karna emang blum bisa duduk mantep ya jatoh ke depan deh jadinya. paling duduknya tahan 5-10 detik doang. liat deh video yang sempat bunda rekam dihari ulbul ke-7 nya. bunda masih takut2 nih ngelepasnya.. soalnya zikra masih labil banget duduknya.

kalo dilist perkembangan zikra sekarang kurang lebih begini:
- Gerak ditempat tidur semakin aktif. maunya guling-guling melulu. sekarang zikra dari kiri kanan, tengkurep telentang semua udah oke. alhamdulillah ya sayang.
- Kalo lagi fokus mencapai suatu objek yang menarik perhatiannya, zikra guling2 sampai ke tempat objek yang ditujunya. campuran antara merayap dan guling2 sih. tapi banyakan gulingnya. gulingnya itu tengkurep dan telentang sambil miring2in badan sehingga badannya bergeser sedikit demi sedikit.
- Sudah bisa negakin badan dari posisi bersandar ke posisi duduk walo duduk masih belum settle. duduk sendirinya bisa bertahan kurang lebih dalam 5-10 itungan. check out the video:)
- Suka ngajakin becanda. kadang sesuatu yang bikin zikra ketawa suka diulang2 sama zikra biar dianya ketawa terus. misal pas lagi nenen dia copot nennya dan ngeliatin reaksi bunda, si bunda pura2 kaget eh dia kira lucu trus ketawa lebar. ya udah ini bisa diulang terus nen..copot..nen..copot.. sampai dia cape sendiri dan gak lucu lagi hehe.
- Sudah merayap mundur tapi masih jarang banget.
- Makin gila jambakin rambut orang-orang yang lagi dekat dengannya. makin rontok tok tok berguguran deh rambut bunda hiks. rela deh bunda asal bisa nyiumin anak bunda ini:)
- Dua gigi atas zikra mulai ngintip dipermukaan. yang satu udah nongol dikit, yang satu lagi masih berbentuk kerangka gigi digusi hihi.

video

begitulah anak bunda di 7 bulannya. kalo uci atuknya bilang zikra kurusan *cape deh bunda dengernya:p*, banyak tetangga yang bilang zikra ndut sampe nanya2 makannya apaan? huhu sempet geer juga si bunda:p buat bunda yang penting zikra sehat selalu ya nak. cepet pinter.. cepet gede.. biar bisa main lebih seru lagi sama ayah bunda:)

Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates