Sunday, October 28, 2012

Fab Weekend Recap (part 1)

Selamat idul adha bagi semua yang merayakan. Semoga segala amal, ya puasa, ya tilawah, ya kurban, semua yang dilakukan mulai dari awal bulan zulhijjah dapet balasan yang berlipat2 oleh Allah swt. Aamiin.

Niat awal kita mau lebaranan kurban dilampung. Lumayan deh liburnya karna hari idul adha-nya jatuh hari jumat. Tapi apa daya sebulanan ini ayah lembur terus hari sabtu. Musti achieve target awal bulan november. Terpaksa deh ke lampungnya diundur tahun baru aja. Smoga gak ada halangan lagi nanti. 

Walo tiap sabtu ayah kerja kayak biasa, alhamdulillah 2 wiken terakhir ini menyenangkan sekali. Kita dikasih kesempatan kumpul sama keluarga sepupunya bunda yang ditangerang. Kita dari dulu punya kebiasaan nginep di tangerang sekali sebulan atau paling lama sekali dalam 2 bulan. Kesini slalu menyenangkan karna sepupunya bunda ini kedua anaknya cowok smua. Umurnya 7 dan 3 tahun, gak jauh beda lah ya sama zikra dan fatha. Cuma belakangan karna mamanya rifqi dan rafa ini kembali kerja, frekuensi kita nginep pun makin jarang. Mama wati sering keluar kota, jadi ya udah otomatis aja gitu jarang ketemu. Malah terakhir kali kita nginep sebelum yang barusan ini, itu sebulan sebelum puasa kayaknya deh. Udah lama ya? Makanya deh kemaren ngumpul itu rasanya seneng banget!

Semoga ayah juga sama senengnya kayak kita. Karna ayah baik sekali mikirin gimana biar kita seneng disela2 jadwal sibuknya *cium2 ayah dan berdoa biar targetnya tercapai juga sehat selalu*

Weekend 20-21 oktober

Berangkat ketangerang sabtu malem jam 8. Sorenya bunda sempet2nya pasang IUD di hermina ditemenin sama zikra dan pulangnya dijemput ayah hehe *kayaknya gara2 ini deh kita kemaleman perginya*. Dijalan ke tangerang anak2 ketiduran. Tumbyen! Biasanya juga tidurnya jam setengah 11an. Sampe sana jam 9an si abang rifqie masih melek. Nungguin kali yak. Dia dibolehin begadang karna abis terima rapor hari jumatnya hihi. Dia protes kok malem amat datengnya *as usual lah bang haha*. Tapi dasar anak2 ya, kok ya kebangun aja gitu pas si abang rifqie bolak balik nanyain ‘ih kok udah pada tidur sih?’ Begitu digantiin baju tidur, jadi bener2 melek dua anak ini. Langsung segerrr! Errr.. emak kuciwa kirain tadi bisa langsung pergi midnite. Mereka langsung heboh dan girang banget main bertigaan. Rafa udah tidur dikamar mamanya jadi aman dari gangguan hihi.

The show must go on lah ya. Jarang2 nginep nih masa gak midnite? Anak2 pun tampak gak peduli emak bapaknya pada pergi hihi. Akhirnya setelah kasih segambreng instruksi ke ima, off we went to mall Living World. Sayang ga jodoh, parkirnya susyeh malem itu dan kita pindah ke Summarecon Mall Serpong (SMS). SMS ini cantik banget ya, konsep outdoornya ciamik sekali. Apalagi kalo malem, makin cantik mallnya. Berasa kayak lagi diluar negeri macem korea gitu deh hihi. Cocok buat nongkrong. Disitu tiap malem minggu slalu ada live music sampe jam 3 pagi dan itu rameee banget! Sampe anak kecil pun lumayan banyak juga keliatan. Gak mau komen ortu yang ngajakin anaknya begadang ya, tapi kasian gak sih kalo anaknya ikutan ngirup asap rokok yang banyak berseliweran dimana2 selama nongkrong?

Eh kemaren itu Nidji lagi live disitu loh. Kalo aja kita gak rencana midnite, pasti langsung cari tempat dan nongkrong cantik disitu.

Jadi malem itu kita nonton Chernobyl Diaries. Filmnya bergenre thriller, jadi pas deh nontonnya gak pake ngantuk. Ceritanya sendiri berangkat dari kejadian nyata. Jadi chernobyl ini adalah reaktor nuklir yang meledak di unisoviet yang termasuk dalam kecelakaan nuklir terparah dalam sejarah. Orang yang selamat diungsikan dan sejak itu daerah sekitar tempat terjadinya ledakan ini kosong. Nah tempat inilah yang jadi latar film ini. Di film itu gak jelas siapa yang jadi musuhnya. Yang jelas kota yang dikira kosong ini ternyata gak kosong juga. Jadi disitu kayaknya ada yang masih hidup paska ledakan nuklir itu, tapi gak ikut diungsikan, jadi mereka kayak binatang buas gitu memakan apapun yang bisa dimakan. Nah ceritanya ada serombongan orang yang penasaran, tur kesini dengan cara ilegal. Mereka berhasil masuk dan sempat ambil beberapa gambar disitu tapi gak bisa pulang semudah mereka datang. Lumayan seru sih ceritanya. Nontonnya deg2an terus. Minuman paporit tiap nonton iced capucino hampir gak kesentuh. Mama wati lupa sama popcornnya, bruntung si papa audi udah ngabisin hotdognya sebelum film dimulai. Semua sibuk megangin kuping karna takut kaget haha, eh ayah enggak sih kayaknya, biasa aja dia mah. Malah ikutan ngisengin bunda yang suka ngumpet disebelahnya. Abis nonton masih aja ngebahas betapa tangan masing2 sibuk megang kuping dan mata selama nonton haha. Cuma agak kuciwa sama endingnya. Kalo ditanya skor buat ceritanya bunda kasih 7 out of 10.

Besoknya dari pagi sampe siang kita dirumah aja. Anak2 main sambil teriak dan ketawa2. Alhamdulillah  fatha makannya gak susah. Fatha ini tipe yang lebih gampang makan dirumah. Jadi kalo pergi2, yang ditakutin malah dia ogah makan karna kesenengan main.



Jam 11an mama wati ngajakin beli es krim dan makan bakso. Jadi kita diracunin es krim baru deh sama dia. Apa yah kemaren? Lupa namanya, pokoknya kombinasi kacang ijo dan coklat. Es krim walls sih. Memang lebih enak kalo gratis aja hahaha *dijitak*. Sorenya kita diajak ke tangcity mall yang deket banget dari rumah buat ngajakin anak2 main. Main diplayground geda *beda sama yang biasa kita kunjungi dikalibata hihi*. Untung nih zikra dan fatha mainnya sebagian permainan aja. Pinter deh nak, yang penting bisa lari2an lah ya hihi.


Alhamdulillah, anak2 seneng bunda seneng dan semoga ayah juga seneng. Mudah2an yang disana juga sama seneng kayak kita. Senengnya lagi minggu depannya pas idul adha kita mau ketemuan lagi. Di bogor. Ditambah bonus teka mau dateng dari pekanbaru, tambah rame deh kumpul2nya.

Bersambung ya.
Continue lendo

Thursday, October 18, 2012

Tes Kepribadian untuk Zikra

Jadi kemaren ini ada lembaga tes kepribadian, namanya STIFIn, dateng ke skolah zikra nawarin tes sidik jari buat murid2 disana. Mereka presentasi dan kalo berminat dengan bayar 200ribu (harga khusus sekolah kayaknya sih) anaknya bisa dites buat tau belahan otak dominannya. Belahan otak dominan ini menentukan sistem operasi otak, dengan kata lain disini bisa kliatan jenis kecerdasan dan kepribadiannya. Jadi kalo bunda simpulkan tujuan tes ini kurang lebih buat tau kira2 si anak akan diarahin kemana biar bakat dan minatnya gak sia2.

Bayar 200ribu gak terlalu mahal ya, bandingannya tes IQ yang sampe sejutaan. Tapi mungkin beda sih yang dites. Kalo yang ini, sekilas bisa dilihat disini. Setelah dicek juga kayaknya bisa dipercaya, mereka punya sertifikat dan sudah punya cabang di beberapa kota di indonesia (tau dari bukunya sih). So discanlah kesepuluh jari zikra hari itu.

Hasilnya? Zikra ini Feeling Introvert.

 
Feeling Introvert : limbik kanan (posisi belahan otak bagian kanan bawah)
Kecerdasan yang merujuk pada perasaan yang membuat pemiliknya pandai memahami oranglain. Kecerdasan itu dikemudikan bergerak dari dalam ke luar (introvert) sehingga pemiliknya memancarkan pengaruh kuat dalam memimpin.
Cara belajar dengan mendengar dikelas, rekam ke mp3, dengar ulang sampai dapat feel-nya.
Keutamaan sekolah dibidang politik, kepemerintahan, hukum dan kesenian.
Atau profesi pilihan lain: psikolog, komunikasi, diplomat, humas, promotor, investor, trainer/public speaker, seniman, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikolog, personalia, lawyer, dll.

Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai:
- semangat tinggi namun dibalik itu ingin dimanja dan diperhatikan,
- halus dan lembut namun kadang menyengat,
- pemimpin yang berkharisma namun kebiasaan buruknya mudah tersinggung,
- penolong namun menghitung nilai balas budi,
- komunikator yang mempengaruhi oranglain namun komitmen terhadap ajarannya lemah,
- mampu berempati namun kadang lamban bereaksi.

Mempengaruhi oranglain lalu komitmen dia sendiri rendah? Big no no ya nak, pantangan bunda banget itu. Apalagi kalo jadi pemimpin tapi modelnya begini? Bunda yang mecut pertama kali *bunda galak* *biarin* *kan kalo jadi pemimpin* *aamiin*

Tadinya gak mau percaya2 banget sama hasilnya zikra ini, etapi setelah dibaca dan liat2 lagi bukunya, jadi ihh kok kayaknya bener juga ya sifat2 yang disebutin banyak kejadian di zikra. Apa bisa dijadiin patokan tuh buat milih sekolah dan bidang ilmu setelah gedenya? Masih belum tau sih ya. Kan anaknya masih TK, masih belum kliatan jagonya dimana. Mungkin ini bisa dijadikan panduan, tapi liat nanti perkembangannya zikra lah ya. Mungkin bakat gak bisa berubah, tapi minat? Mungkin gak berubah juga kali ya *bingung bin labil*.

Well yang jelas sifat jelek mudah2an bisa dikurangi dengan mempelajari ilmu agama kayak menghitung nilai balas budi biar Allah saja yang melakukan. Dan lamban bereaksi, mudah2an dengan latihan bisa ya. Makanya bun, kalo mau anaknya gak ngikut perbaiki diri dulu *ngomong sama kaca* *tertampar*.
 
Harapan bunda banget bisa mengarahkan zikra lebih kepada kemampuan dominannya, membuat dia happy dan bersemangat dalam belajar. Semoga bunda (dan ayah) bisa sepakat dengan bidang yang dipilihnya *takutnya enggak, semoga gak begitu*. Smoga zikra nanti sukses meraih passionnya (gak kayak emaknya) yang mudah2an bisa kasih manfaat ke orang banyak. Semoga Allah memudahkan si bunda dan ayahnya ini, dan selalu memberi petunjuk.
Continue lendo

Tuesday, October 09, 2012

One day at Kota Kasablanka

Mall ini bisa dibilang deket rumah. Isenglah minggu kemaren main kesana. Kok baru sekarang ini mampir? Yah udah kebayang sih gak ngapa2in juga disana mengingat mallnya keren hihi. Tapi penasaran juga. 

Gambar dari sini

Yang udah pernah kesana pasti tau ini mall mewah. Bagus emang ya, tapi buat shopping? Enggak deh makasih. Yah seperti bayangan udah tau sih kalo bakal liat2 aja hihi. Kalo the most-visited mall versinya kita ada di kalibata hihi okelah buat shopping disini, harga masih ramah kantong. Depstorenya matahari sih ya, aku bisa punya banyak pilihan disini hehe. Tempatnya sekarang makin cakep karna baru direnov. Kalo di kota kasablanka, entah ya belom keliling yang bener2 sih. Ya gimana, si ayah gak terlalu suka ngemol, yang namanya muter2 tanpa tujuan pasti bikin dia males.

Tapi seneng disini ada home solution, informa dan ace. Yah paling kalo liat2 furniture rumah sih enak bisa lebih deket sekarang. Biasanya kalo mau liat barang2 begitu kita ke informa atau ace dimall artha gading. Trus kemaren alhasil ngider ke home solution, jadi ngiler sendiri sama set tempat tidur anak cowok. Sepaketnya ada tempat tidur, lemari baju, lukisan dinding dan meja belajar/komputer. Ya ampun cakep banget, mana harga paketnya jatohnya jauh lebih murah dibanding kalo beli satuan. Sayang zikra belom mau pisah tidurnya, pun kamarnya belom dibenahin. Yah semoga nanti kalo pas udah siap ketemu lagi yang kayak ini. 

Anak2 gak main apa2an disini. Mereka cuma main rebutan balon dan lari2an. Yang balonnya sempet jatohlah ke lantai bawah, karna mereka main dibatasan daerah void begitu. Yang si adek nih, kekeh banget mau turun escalator demi dapetin balonnya lagi. Begitu balonnya berhasil dapet, dijatohin lagi sama abang. Abangggggg, seneng banget ngerjain adeknya %^*#^@*&#^! Tapi ni anak 2 hepi2 aja main kayak gitu. Bagus deh, gak pusing musti ke playground haha.

Niat awal abis ngemol mau ngajakin ayah makan mie aceh dicondet. Tapi gak jadi, si ayah mendadak pengen ngemil dan nongkrong dimall. Batal deh mie aceh *padahal udah ngiler dari kapan tau*, jadiin minggu depan ya yah :p

Abis ngemol niatnya mau blanja bulanan ke kerfur mt haryono, eh disini ada kerfur juga ternyata. Seneng yah bisa hemat waktu dan bahan bakar hihi. Klimaksnya waktu mau keluar mall, waktu mau bayar parkir dikasih tau parkirnya gratis. Masih terhitung baru dong ya kalo parkir masih gratis? Kita pikir malah bukan mall baru lagi. Si ayah nih saking surprised-nya, ‘Gratis? Alhamdulillaaaah….’. Nadanya dong, bak dapet lotre sejeti hahaha *tutup muka* *muka ayah* *lanjut dengan sungkeman*

One fine sunday alhamdulillah, setelah sabtunya bengong dirumah karna ayah lembur *perlu ya disebut disini?* hihi.
Continue lendo

Monday, October 01, 2012

Janji #1: Gak Boleh Marah dan Gak Nakal sama Adek

Fatha makin gede, makin seru main sama abangnya karna udah bisa ngungkapin keinginan mainnya kayak gimana. Beda tinggi fatha dan zikra pun makin kecil jaraknya. Mungkin makin lama zikra ngerasa fatha itu temennya yang kekuatannya sama, jadi gak jarang dia memperlakukan adeknya rada semena2, gak pake mikir seakan adeknya sama gedenya dengan dia. Namapun anak laki ya, sukanya lari2an dan adu otot beraksi bak pahlawan. Alhamdulillah seringnya sih kompak, kalo main lagi kompak begini suka sharing dan gantian. Atau kalo misalnya si abang maunya mendominasi, adek ngerti dan ngalah. Jadi gak ribut. Suka terharu sama adek kalo dia ngertiin abangnya *lap air mata*. 


Jadi kisaran main mereka tuh gak jauh dari lari2an yang berakhir dengan dorong2an, trus lari lagi, dorong2 lagi begitu terus sampe capek atau bosan. Kalo enggak ya main apa gitu yang gantian, kalo lagi gak mud gantian ya rebutan *ujung2nya pasti adek yang ngalah*. Atau yang lainnya ya main perang2an yang pake adu tangan dan kaki sampe tepuk muka (tepuk muka ini zikra sih karna dia somehow suka gemes sama adeknya). Kalo udah main seru2an begini emaknya suka sutris liatnya. Mereka sih seru aja sambil ketawa2. Kalo si abang mulai rada2 membahayakan adek nih ya, otomatis si adek dibelain dong. Kan dia kecil. Tapi kadang mikir, ini adeknya kalo dibelain terus ntar jadi manja gak sih? Si adek gak cengeng juga sih, malah jarang banget nangis dia. Cuman emaknya yang lebay, ngirain anaknya udah sakit kayak apaan nanyanya sampe pake nada kayak mau nangis segala, sementara anaknya nyantai *deu dasar emak2*. Pengennya gak mau terlalu kebawa sutris sih ya, tapi juga tau batas aman mereka main sampe mana.

Tapi kayaknya belum bisa nerapin sih. Tetep yang ada bunda slalu cemas
*bawaan dari lahir kayaknya haha* si adek kenapa2. Kadang saking sutrisnya ngeliat tingkahnya zikra yang suka rada2 jadi gak sadar ngebentak zikra *sayang volume suara masih kalah ketimbang suara mereka haha kasian yah*. Zikra sih selalu dikasihtau baik2. Kalo main jangan keras2 sama adek karna adek kan badannya tetep lebih kecil dari abang. Cuma namapun anak2, pasti sering lupa kalo lagi main. Hari itu kepergok lah zikra mukul2in muka adeknya. 

'STOP BANG!'

Gak ngaruh, malah lanjut mukul2in kepala adeknya pake bantal. Ya Allah, gimana ini cara ngasihtaunya zikra kalo main kayak begini tuh bahaya buat adeknya? *kadang suka putus asa sendiri*. Tiap hari kita kasihtau kalo itu bahaya seakan gak ngaruh di dia. Hari itu, kita rada jengkel ngeliat zikra yang udah dikasihtau baik2 tapi tetep lanjutin aksi pukul bantal ke adeknya. Akhirnya? Dipeganglah tangan zikra trus gak lama suruh dia mukul mukanya sendiri pake tangan dan lanjut pake bantal. Dia nurut sih, mungkin takut kali ya liat emak bapaknya udah melotot. Trus bunda nanya, 'Gimana rasanya? Enak gak?'

Udah ketebak sih gimana reaksinya. Zikra yang notabenenya anak perasa jawab 'Enggak' dan langsung mewek. Dia mewek, adiknya santai trus ngedeketin sambil nyentuh tangannya si abang 'aban aish' (abang nangis) sambil ikutan sedih. Bagusnya si adek ini slalu sayang abangnya. Dia sering jadi korban tapi abangnya tetep nomer 1 buat dia.

Kalo udah begini jadi bingung sendiri, keterlaluan ga ya tindakan tadi? Si adek nyantai aja kok, knapa dibuat susah sih abangnya? Malah yang ada nyakitin si abang karna akhirnya dia nangis. Tapi kalo dibiarin kan ngeri juga si abang jadi kesenengen 'nyiksa' adeknya. Sebenernya si abang ngarepin perlawanan sih, jadi kayak main berantem gitu. Yang si adek kadang bereaksi dengan tangkisan atau malah menghindar, tapi kadang malah diam aja. Lha kalo diam dan pasrah aja kan bahaya. Bingung gak sih?

Dari diskusi ayah bunda sepakat sih itu bahaya dan gak boleh dibiarin. Berarti ini anak2 harus slalu diawasi, gak boleh dibiarin dua2nya main tanpa ada yang liatin. Soalnya zikra juga kan masih 4 tahunan, belum bisa ngerti bener mana yang bahaya padahal sebenernya dia pengennya main aja gak maksud nyakitin. Jadi ya orang dewasa di sekitar mereka yang gak boleh lalai. Musti sabar2 deh ya sampe mereka.. SD mungkin? *semoga*

Selesai diskusi. Mendadak denger suara protes. Eh si abang abis nangis minta penjelasan kenapa dia dimarahin? 

'Abang dimarahin karna abang nakal sama adek. Kalo baik tentu gak dimarahin, malahan ayah bunda makin sayang sama abang.'
'Kalo abang nakal berarti ayah sama bunda juga nakal karna marahin abang. Jadi ada 3 nakalnya' *mendadak ketawa sebentar dengar dia ngitung total orang yang nakal*
'Kok bunda dan ayah jadi nakal? Bunda itu marahin supaya abangnya gak gitu lagi sama adek. Supaya abangnya jadi anak baik'
'Iya tapi kenapa abangnya dimarahin? Abang itu disayang dong. Kalo abang dimarahin, ayah sama bunda nakal sama abang'

Muter begituuuu aja penjelasannya gak kelar2. Dia kekeh banget kalo ayah bundanya marahin dia apapun masalahnya dan walopun dia yang salah, itu ayah bunda juga sudah terhitung nakal. Ini gimana ngejelasinnya sih buat anak 4 tahun 7 bulan?

Akhirnya...

'Trus abang maunya gimana?'
'Abang mau ayah sama bunda gak marah sama abang'
'Oke, ayah sama bunda gak akan marah lagi sama abang. Tapi abang janji gak boleh nakal sama adek ya? Gak boleh pukul pake tangan atau kaki, dan gak dorong2 adek lagi ya? Janji?'
'Iyaaa...'
'Oke, sepakaatt!'

Nah, mari kita lihat how well this promise works. Oh Tuhan, semoga anak bujang ini slalu ingat janjinya.

--

Itu sebenernya cerita minggu lalu. Progresnya sampe saat ini? Memang janjinya gak melulu diinget zikra sih, tapi tiap diingetin pas dia mulai rada2, alhamdulillah brubah baik tingkahnya. Sejauh ini lumayan bagus hasilnya *nyengir*
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates