Monday, July 14, 2008

early circumcision?

bismillah

setau aku dulu bayi cewek emang disunatnya waktu masih bayi. bayi cowok udah gedean aja baru disunatnya. gak tau deh kenapa dibedain begitu? nah setelah punya anak baru deh aku tau kalo ada bayi cowok yang disunat pas masih bayi karna ada masalah dengan saluran buang air kecilnya. aduh ngilu bener ngebayanginnya.

zikra juga disuruh sunat nih sama dsa (dokter spesialis anak) 'kepepet'nya. duh istilah bunda:p hell no.. bunda gak mau zikra disunat pas bayi gini. gak tahan bunda ngebayanginnya. bunda masih inget sakitnya digunting pas lahiran dulu:p

zikra tuh sabtu kemarin pipisnya berwarna gitu. merah kecoklatan. sampe 3 kali pipis berturut2 begitu bunda jadi kuatir. dulu jg pernah beberapa kali tapi bunda cuekin. soalnya ilang sendiri. trus pipisnya pake ngeden lagi seperti mau BAB. nah tambah kesini bunda jadi mikir. apa ini gejala penyakit ya? bunda jadi takut dong. ya udah langsung cabs ke dokter. daripada nyesel nanti gede anak bunda kenapa2. karna dsa-nya zikra lagi gak praktek, kita ke dsa yang dadakan deh di rs hermina jatinegara.

ternyata oh ternyata.. saluran pipisnya zikra tersumbat karna lubangnya keciilll banget kata dsa-nya. dan bener aja pas dibersihin banyaaakk banget kotorannya. astaghfirullah. selama ini bunda gak aware sama yang satu ini. secara bunda perempuan dan ayah juga 'gak ngeh' ngasih tau ke bunda. jadilah zikra disuruh sunat. kontan bunda nangis dengernya. keinget bunda sakitnya mo ngelahirin zikra *jauh bener compare-nya* kata dokternya 'iih ibu kayak bayinya mau diapain aja..' enak aja..ni anak anak gue..ya iyalah jadi berasa banget di emaknya. bener banget..dsa-nya galak dan 'agak' cuek. masa yang ngebersihin dan yang nanganin segala macam si susternya. si dsa-nya sibuk nulis resep obat dan surat pengantar ke dokter bedah anak. kesel deh kita. si ayah sampe bilang jangan lagi lah sama dsa yang itu.

jadi setelah kami konsul sana sini.. nanya mama n mertua.. nanya tetangga n sodara.. kesimpulan kita jatuh pada zikra GAK usah disunat dulu. cukup dibersihin aja tiap hari. caranya kulit luarnya ditarik kearah pangkal sampe lubangnya agak membuka trus dibersihin deh pake kapas basah. jadi selama ini gak dibersihin bagian itunya zikra? hahaha to be honest GAK. duh bunda ini malu2in aja. bunda ngebersihin bagian luarnya aja pas lagi mandi. gitu doang.. yah mau gimana orang bunda juga blum pengalaman jadi ibu:p

maapin bunda ya sayang. bunda akan terus belajar jadi THE BEST MOM buat zikra:)

8 comments:

  1. Dipikir2 aku jg sering dpt nilai merah di "pelajaran" merawat anak :p. Namanya jg new mom *bela diri :p*
    InshaAllah nanti bs jd ibu yg hebat yaa... :)
    Tdnya aku cenderung ke early circumcision, tp abinya afkar sugest nanti aja klo udh gede. Krn klo ada apa2 anak udh bs ngasi tau... trus itung2 uji nyali anak. Yasud,manut deh :p.
    Utk kasusnya zikra, gmn klo cari 2nd opinion... Buat jaga2... InshaAllah zikra gk knp2. Syafakallah ya nak...

    ReplyDelete
  2. aduuh kasihan yah dd zikra..sabar ajah yah mom..namanya juga baru jadi ibu,..
    kalo disini mom semua bayi laki yg baru lahir dianjurin utk circumcision *yg muslim pastilah*sedini mungkin..ya itu tadi..dgn alasan kesehatan.aku punya temen yg anaknya malah lebih muda usianya waktu itu dr dd zikra udah disunat..emang seminggu awal ortunya gak bisa tidur krn si bayi rewel.dah gituh seger bugar tuh anak mana "potongannya"jadi cakep kata mrk;)
    kalo buat cewe; tuh sepengetahuan aku dr referensi segala buku islam tuh gak diwajibkan..cuman masalahnya mazhab kita di indo tuh sepertinya jadi wajib juga kaya kpd lelaki,padahal nggak..
    ex case:di afrika cewe' disunat biar nambahin libidonya..
    back to dd zikra..ya terpulang lagi pd kesiapan bunda juga sih.
    tetep semangat yah bun!

    ReplyDelete
  3. hihihi... aman aman, ngga sendirian yg masih suka minus ngurus anak. hihi.. bisa jadi baru tau bsia jadi ga telaten. tapi mom, iya, aku juga pernah baca kalo anak laki2 emang musti dibersiin gituh. yg rutin ya mom....

    caiyo!

    ReplyDelete
  4. Gpp mom, wajarlah, mgkn krn kita ce jd ga begitu ngeh wkt ngurusin bayi co. Di ktrku ada mom yg bayinya kena infeksi saluran kencing, kt dsa-nya ada kemungkinan bakteri dari pupie masuk ke lubang penis si bayi, jd emg ini jd peringatan jg utk kita ibu2 agar cepet2 bersihin si baby klo hbs pupie. **apalagi klo babynya ce kan...tahu sendiri kuman lbh gampang masuk!

    tp aq sebel jg mbak, itu DSA kok diem aja, knp bkn dia yg kerja ngebersihin zikra? dasar dokter skrg maunya kejar target aja.

    ReplyDelete
  5. Bun, saluran pipisnya jgn dikasih bedak yah... mungkin karena itu jadi agak tersumbat.

    hmm... kita memang perlu banyak belajar kok buat jadi Ibu, namanya juga anak pertama :)

    Young Mother, Bunda hhihih...

    ReplyDelete
  6. Everything has a first time.. Bunda Zikra juga kan baru pertama punya anak,lelaki pula.. Jadi wajar aja belum ngerti.. Insya Alloh akan lebih baik ke depannya..

    ReplyDelete
  7. betul bun....sunatnya ntar aja kalo dah besar. sekarang cukup dibersihkan tiap pagi dan jangan kena bedak. emg aku blum pengalaman punya anak cowok , ini kata papanya anak-anak :-P

    ReplyDelete
  8. Oo gitu alasannya..baru baca ini stlh baca yg di atas. Iya vy, dsa fico waktu Fico tiap bulan kontrol sekaligus imunisasi, selalu aja tit*tnya diperiksa. Diingetin supaya dibersihin n ditarik kebawah. Pernah suatu kali, sm dokter ditarik, ga nangis si, cm smp rmh kok kyk berdarah gt, jadi kyk sedikit luka akibat tarikan dsa yg dilakukan pas tit*t lg kering kulitnya. Lgsg deh telpon suster kenalan di RS t4 Fico periksa, ktnya gpp. Emg si, ga ada pengaruh apa2 n Fico jg ga merasa tergangu, perih ato apa.. Jarang02 qta dpt dsa yg kasi tau hal2 kecil tapi berarti bngt bgt si vy.

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates