Friday, February 25, 2011

Zikra’s 3rd Birthday Celebration *updated*

Bismillah

Kita pikir diumurnya zikra yang udah 3 tahun, zikra udah ngerti kalo dibikin perayaan buat ultahnya. Dan memang dia juga pengen, karna pas ada temennya ultah dan bunda tanyain, dia bilang dia mau dirayain. Dan sepertinya the universe juga berkonspirasi buat terlaksananya acara zikra ini, ada sumbangan dari uci dan atoknya buat terlaksananya acara ini haha.


Acara kita sengaja bikin di Hoka Hoka Bento Plaza Kalibata. Pertimbangannya kemaren biar gak ribet ngatur menu dan acara, selain juga depan ru
mah kita yang rada susah buat parkir banyak kendaraan. Kalo undangan, kita ngundang saudara, temen2 kuliah deket ayah dan bunda, plus beberapa temen2 blogger bunda yang udah kenal deket sejak umur zikra masih itungan bulan sampe sekarang. Total sih gak gitu banyak, mengingat ini pertama kalinya kita ngadain birthday party jadi pengen cari2 pengalaman dulu.


Acara yah lumayanlah ya. Udah diatur sama hokbennya lumayan bikin anak2 pada smangat karna dikit2 dapet hadiah.
Anak2 pada rebutan nampil jadinya. Seneng ih ngeliat temen2 zikra pada nampil, sementara zikranya cuma sibuk melototin kuenya.


Jadi kue itu memang sesuai request zikra yang pengen ada gambar singanya. Pesen diholland dengan tema Disney The Lion King. Gemes sih awalnya, tapi dibiarin aja karna mikir ini acara kan buat nyenengin dia juga. Anaknya seneng ngeliat kue, ya udah deh, emaknya pasrah. Padahal sebelum ultah itu, dia udah nyanyi lagu ‘selamat ulang tahun’ bolak balik. Pas acara, dadah2 sama itu lagu, gak inget sama sekali dia.


Selain kue, kita juga nyiapin goodiebag. Senengnya kalo nyerahin acara ke resto gini, kita tinggal urus kue ultah dan goodiebag aja haha. Isi goodiebag ada tas (dibedain buat cowok dan cewek) dan cemilan kayak susu uht, wafer coklat dan snack2 ringan. Penampilannya kayak begini:


Alhamdulillah acara lancar. Yang jelas dokumentasi perlu diperbaiki. Maklum kita serumah pemula semua soal take photo. Tapi ya sudahlah, yang penting ada video amatiran selama acara yang bisa ditonton zikra kapan dia pengen hehe.


Makasih ya buat semuaaa yang udah dateng. We really appreciate it. Smoga Allah membalas kebaikan semua yang udah ngeramein acara zikra kemaren. Un
tuk temen2 blogger yang dateng @sallyfauzi, @NikeDwiV dan @momsnmine, makasi banget ya. Semoga terhibur dengan acara ala kadar kita kemaren dan gak kapok hehe.



Bener ya, ngumpul sama temen2 itu (terutama sesama emak yang obrolannya gak jauh2 dari anaknya) bikin nagih. Ayah, haruskah kita nanti bikin acara kecil2an buat ngerayain ultah ade fatha? Ayah juga seneng kan ngumpul2 kemarin? Apa? Nabung aja dulu? Oh iyaa dehh (>,<”)


Update - the other party

Ada mamanya alika @Ntalika dateng ke rumah hari sabtu kemaren (26/2) karna tante shinta ini gak bisa dateng pas acara. Jadilah tante shinta dateng kerumah bareng alika dan om adi. Seneng karna tante shinta mau jauh2 ngunjungin kita dari pondok aren, bintaro.



Biar tamu jauh gak sia2 dateng, bunda siapin siomay, blueberry cheesecake dan homemade makaroni panggang. Alhamdulillah gak ada yang bikin tante shinta eneg (tante shinta lagi hamil soalnya). Makasih ya alika, tante shinta dan om adi udah dateng main2 ke rumah zikra. Semoga lain kali alika dan zikra bisa
main bareng lagi ya, trus kita doain hamilnya tante lancar sehat terus sampe lahiran amin.
Continue lendo

Monday, February 21, 2011

Tukang pijet pribadi

Bismillah

Adek fatha seneng banget nempelin abangnya, apalagi kalo si abang lagi megang mainan. Wihh dipepetin deh si abang biar kayak perangko juga.


Iseng lagi kumpul berempat dikamar, adenya beraksi kayak tukang pijet. Tadinya gak ngeh, tiba2 ayah nyeletuk ‘ade pijetin abang ya?’. Ahaha bunda liat iya juga. Dari aksinya ade, persis banget kaya mijetin abang. Si abang seneng gak? Hehe si abang sih pasrah aja, tapi lama2 merasa keberatan juga abangnya. Kasian si ade, masih pengen mijet tuh kayaknya hihi.



Ya kan? Gitu deh gaya tukang pijet pribadi abang zikra, ditanggung memuaskan haha *apa sih bunda*. Cuma 1 kata, SURGA!! ^_^

Continue lendo

Thursday, February 17, 2011

Rekap BLW Fatha 6 bulan dan Menu 7 bulan

Bismillah

Sebulan (lebih, karna telat posting) sudah fatha mpasi metode blw yang full cheat sana sini. So far bukannya gak berhasil yah, tapi bunda pengen fatha lebih banyak makan, mengingat berat badannya yang gak naik2 selama 5 minggu. Itu timbangan hampir 3 minggu lalu loh (well, pas nimbang tanggal 11 feb kemaren akhirnya naik juga 200gr, alhamdulillah). In the end, let’s just say half-BLW.

Kemampuan motorik tangan dan mengunyah fatha dalam sebulan ini bisa dibilang lumayan. Dia udah bisa ngambil makanan sendiri, walo seringnya jatoh abis digigit. Ini juga yang buat bunda akhirnya kadang nyuapin saat2 terakhir makan, biar gak banyak yang mubazir karna jatuh. Makanan yang berhasil masuk udah bisa dikunyah dengan lidah dan langit2 mulutnya. Lumayan kan. Kemaren ini jujur bunda sering nyuapin fatha bukan saat2 terakhir makan aja. Bunda pengen fatha makan lebih banyak, buat ngejar ketinggalan BB yang gak naik2 selama 5 minggu sebelum tau timbangan terakhir tanggal 11 kemaren. Makanannya disisihin dikit sebelum dia makan. Nah setelah selesai eksplorasi, baru deh disuapin. Yah kadang saat eksplorasi juga disuapin sih, karna memang dari makanan yang bunda kasih, yang masuk gak seberapa, banyakan jatohnya.

Memang sih makanan jelang setahun cuma megang peranan 20%, selebihnya masih dipegang ASI. Tapi fatha kadang mood nenennya drop, jadi bunda rada susah buat ngandalin asi doang. Padahal udah segala cara dicoba. Dibujuk2, sambil diajak main dan bec
anda, diajak nyepi biar gak diganggu abang zikra, cuma tetep yah kalo dia lagi gak mau tetep gak mau. Makanya deh, bunda cheating nyuapin dia pas makan biar lebih banyak asupan yang masuk.

Alhamdulillah semua yang dika
si fatha doyan2 aja. Semua aman dan gak ada tanda2 alergi. Cuma fatha sempet sembelit 2x. Kalo kemaren pas posting 7 bulan bunda masih belum ngerti penyebabnya, sekarang bunda feeling penyebabnya umbi2an. Cuma masih rancu nih, antara singkong atau ubi jepang. Nanti dites lagi deh diumur 7 bulan buat mastiin. Ya Allah, sedih banget ngeliatnya. Mukanya merah karna ngeden. Dan dia nangis tersedu2 dan sesekali menjerit. Ya Allah, gak tega ngeliatnya. Ayah sempet marahin bunda karna ayah ngira fatha sembelit karna metode blw ini. Praise twitter, karna disini bunda dapet banyak ilmu. Ada temen yang kasitau untuk kasi pepaya, ada bilang diolesin babyoil di an*snya. Dan bunda pun minumin fatha lebih banyak air putih tiap selesai makan. Alhamdulillah sejak ditreat yang kayak barusan bunda sebut dan stop dulu singkong+ubi jepang, gak dateng2 lagi sembelitnya.

Next, untuk menu 7 bulan yang udah jalan beberapa
hari. Makanan ditreat masih dengan cara dikukus (atau rebus) dan no gula garam. Gampang banget deh, gak repot ngalusinnya, yang penting dikukus/direbus lembut hehe. Yang dikenalin masih seputar karbo, sayur dan makanan tapi di umur 7 bulan ini fatha udah boleh dikenalin sama protein. Kurang lebih ini makanan baru yang akan dikenalkan, selebihnya masih dikombinasi dengan yang udah lolos aturan 3 hari di umur 6 bulan.

Karbo: nasi putih (dimasak lembut tapi gak sampe bubur)

Sayur: labu parang, timun

Buah: mangga, jeruk baby

Protein: tahu sutra, tempe, hati&daging ayam


click to enlarge

Menurut bunda idealnya perhari itu ada asupan karbo, sayur dan buah. Tapi diawal 7 bulan menunya ngaco banget karna bunda kelamaan mikir haha *malu*. Kelamaan mikir hati dan daging ayamnya enaknya diapain. Lama2 diputusin dibuatkan sup aja dari daging ayam giling. Jadimungkin nanti fatha akan disuapin aja biar dapet kuah kaldunya hehe. Gak papa deh disuapin juga. Ntar pelan2 baru deh disuwir2. Namanya juga half-BLW yah. Yah sudahlah.

Semoga fatha suka semua yang bunda sajikan dan gak ada alergi2an plus sembelit2 , amin. Wish us luck. For any input, monggo ya. Trimikisi.

Continue lendo

Friday, February 11, 2011

May Allah always bless you, my 3yo Zikra *updated*

Bismillah

Alhamdulillah hari ini abang zikra genap 3 tahun. Makin besar, makin dewasa. Kalo liat2 fotonya kecil dulu, selalu sukses bikin bunda mewek. Anak bunda bertambah besar dengan cepatnya.



Hari ini 3 tahun yang lalu, zikra lahir

Hari ini 3 tahun yang lalu, bunda resmi jadi ibu

Hari ini 3 tahun yang lalu, bunda pun seperti terlahir kembali menjadi orang yang baru

Banyak senyum dan tawa sejak ada zikra

Semuanya berharga dan bunda pun merasa jadi orang paling beruntung sedunia

Makasih ya zikra, pembawa bahagianya ayah dan bunda


Doa orangtua adalah doa yang paling didengar buat seorang anak, tapi kalo ada yang mendoakan anak kita, siapa yang gak seneng yah? And this, is a blessing counted today for my dear zikra (twitter, last count 12 feb, dini hari*). May last forever. Thank you so much for any of you mommies (uncu+friends), really appreciated.

click to enlarge

(*) Dan dari facebook. Makasih ya, zikra (dan bunda pastinya) seneng banget buat semua ucapannya. Buat sodara dan tante2 yang ngucapin lewat telpon, sms dan bbm, makasih ya semua:)



Selamat ulangtahun ya sayang. Semoga Allah senantiasa membimbing jalan zikra ke arah yang benar, pembawa kebaikan untuk ummat, menjadi orang yang sukses, bahagia dan selamat di dunia dan akhirat. Amiin.

As always, we love you abang
Ayah, bunda dan ade fatha:)

note: * - updated
Continue lendo

Wednesday, February 09, 2011

7 bulan Fatha: Duduk, Merangkak dan Berdiri Pegangan

Bismillah

Alhamdulillah anak kecik bunda udah 7 bulan hari ini. Tumben ya bunda posting ulbul fatha gak telat hehe. Diniatin ah mulai dari sekarang gak telat2 lagi.



Makin pinter dan ngeborong milestone banget di bulan ini. Bayi memang beda2 ya. Sama emak bapak, bisa beda perkembangannya. Yang jelas bunda dan ayah udah kommit gak akan banding2in mereka. Karena anak bunda semuanya hebat, semuanya bintang dihati ayah bundanya.

Surprised!! Badan boleh kecil tapi semangat besar dan gak mau diam. Ada figur idola sih si ade ini, siapa lagi kalo bukan abangnya yang suka atraksi heboh (loncat2, nari2 ala robot, lari2) di depan dia. Dan fatha ini tipe yang main terobos aja. Sradak sruduk blass. Untung gak cengeng2 banget. Kita yang repot jaganya. Kalo dulu abangnya tipe yang ati2 banget. Tiap mau ngapain, diraba2 dulu hehe.

Rumah jadi makin rame. Alhamdulillah fatha ini seneng senyum. Abang zikra seneng banget kalo ngapa2in adenya senyum dan ketawa. Si abang pun jadi makin semangat demi adenya ketawa. Bener2 surga buat bunda, alhamdulillah. Mari deh dilist perkembangannya fatha dibulan 6+ :

  • Duduk sendiri udah steady. Mandiin jadi lebih gampang, tinggal didudukin di bak mandinya, gak dipegangin lagi. Tangan bunda bebas deh nyabun2in dan megang shower. Terakhir tinggal diberdiriin buat bilasan terakhir.
  • Merangkak dan berdiri berpegangan udah lumayan sering walo kadang masih jatuh2an.
  • Buka lebar tangannya kalo pengen digendong tiap ada yang deketin. Plus senyum lebar dan gerak2in badannya. Bikin gemes bundanya banget kalo dia begini mah.
  • Ocehan masih babling seputar ‘dadada’, ‘tatata’ dan ‘yayaya’. Tapi bener deh, sama kayak bulan lalu itu kadang kedengeran ‘aya’, ‘ada’, ‘ade’. Dan sekarang kedengeran sesekali ‘buda’. Apakah itu maksudnya ‘ayah’, ‘adek’ dan ‘bunda’ nak? *halusinasi bunda kali yah* hahaha.
  • Suka merhatiin apa yang dipegang sama yang ngegendongnya, trus gak lama pasti pengen ngambil. Mau nyicip sih dia tepatnya, hehehe lucu banget.

Kalo ditwitter orang bilang no pic = hoax. Kalo berdiri udah ada difoto atas ya, nah ini video fatha lagi ngerangkak. Langsung videonya biar makin valid hehe.


Urusan makan alhamdulillah sejauh ini fatha menunjukkan minat terhadap makanan. Makan fatha masih 2 kali sehari dan nikmatin banget waktu makannya. Kemaren sempet sembelit 2 kali. Masih belum tau apa penyebabnya, soalnya sejauh ini fatha makannya kan kombinasi karbo, buah dan sayur. Ada temen yang ngingetin buat kasih pepaya ke fatha, alhamdulillah manjur (makasih ya Ai). Selain pepaya usaha bunda buat cegah sembelit juga dengan ngolesin an*s fatha dengan baby oil dan banyakin air putih abis makan. Maklum karna makan pake metode blw, mungkin si anak bunda jadi kurang minum. Alhamdulillah sembelit gak datang2 lagi. Pup lancar lagi tiap hari. Semoga seterusnya, amin.

Urusan nenen, anak bunda ini paling gak bisa nenen dalam keadaan berisik. Biasa abang zikra suka gangguin kalo fatha nenen, bubar jalan deh nenennya. Mesti hening adem ayem banget deh. Dan ada kebiasaan baru nih kalo nenen. Lagi nenen trus dia mau ngeliat kemana gitu, tetep nenennya dimulut sambil kepala clingak clinguk. Rasanya yah, alhamdulillah gak terlalu nyeri karna belum ada gigi. Duh nak, kalo ntar numbuh gigi jangan begini ya sayang. Sementara belum ada nih tanda2 gigi mau nongol di mulutnya fatha.

Alhamdulillah, sehat selalu dan makin pinter ya sayang. Ayah, bunda dan abang zikra sayang banget sama adek fatha :)
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates