Thursday, November 12, 2009

Zikranya bunda, 21 bulan

Bismillah

Frekuensi posting udah makin jarang, keliatan dari jumlah postingan antara ulang bulan yang cuma ada 2 cerita sejak sebulan lalu haha.

Zikra 21 bulan, 3 bulan jelang ultah ke2. Hmm mo ngapain ya ntar pas ultah? Banyak yang dipengenin tapi yaa.. tau lah haha. Yang jelas keinginan paling besar bunda adalah nyekolahin zikra. Biarin deh gak ada acara buat zikra, asal nemu sekolah yang cocok bunda pasti gak mikir 2x buat alokasiin dana kesana. Para moms sekalian ada yang tau gak ya toddler school di sekitar jatinegara yang bahasa pengantarnya bahasa ibu? Bunda udah nanya2 sekitar sini dan nge-google juga, tapi belum nemu. Any mom knows please let me know yaa...

Zikra sekarang udah makin pinter makan sendiri, pake sendok. Walo masih belepotan banget. Tiap ngejus, ngeyoghurt atau makan telur ¾ mateng, suka banget nyendokin makanannya sendiri. Kecuali sesi makan besar ya, ntah kenapa dia ogah haha.

Udah tau beberapa binatang. Udah tau nunjuk binatangnya kalo ditanya yang mana kucing, ayam, kelinci dan sebagainya. Tapiii, kalo kita nunjuk satu binatang yang dia udah tau trus nanya itu apa, dia mah diam aja. Intinya masih males ngomong. Tau sih tau, tapi kalo udah soal ngomong kayaknya pekerjaan berat deh buat zikra. Sejauh ini sih dari buku kumpulan binatangnya udah tau: kelinci, kucing, ayam, anak ayam, burung, lebah, angsa, domba, kuda, anjing, kupu-kupu, tikus, kodok, semut. Kalo seputar buah udah tau: jeruk, apel, pisang, dan nenas. Buah yang lain masih suka bingung. Yah pokoknya binatang2 yang ada dibuku itu *yang emang banyakan gambar binatangnya dari buahnya* hampir semua udah dikuasai zikra alhamdulillah. Kalo buah entah kenapa gak begitu tertarik zikranya. Mungkin gambar binatang lebih menarik kali ya. Tinggal ngomongnya aja lagi nih. Ini video iseng bunda yang ngerecord tingkah anaknya di usia 21 bulan. Masih ogah ngomong, banyakan gaya doang haha:)



Udah mulai seneng dan pinter sikat gigi sendiri. Ahh senangnya.. tapi acara sikat giginya yang rutin baru tiap malam aja sebelum tidur, tiap mandi pagi mah masih belum rutin nih. Tadinya susah bener ngajakin zikra sikat gigi, ujung2nya gak urung bikin bundanya jadi stres dan males. Gak mau banget giginya disentuh. Trus bunda akalin, diajakin sikat gigi bareng bunda. Gak bareng juga sih, bunda duluan baru zikra. Jadi pas bunda sikat gigi, zikra ngeliatin sambil ngerecokin berusaha megang sikatnya terus. Trus zikra yang gerakin sikatnya haha, berusaha ngatur irama gerak tangan bunda. Repot bener deh, udah gitu pastinya odol sikatnya bunda jadi kemana2 *jangan dibayangin yaa* nyahaha. Tapi ya lumayan bikin fun, gak ngobosenin ngajakin zikra sikat gigi tiap malam dan yang penting berhasil bikin zikra mau sikat giginya abis itu.

Seputar makan

Zikra sedang dalam program peralihan ke nasi bulet. Pelan2 aja sih, dari 3 kali makan dalam sehari, makan nasi buletnya 1 kali. Sampe saat ini udah jalan semingguan.

Sebenernya sejak umur setahun, zikra udah bisa makan krupuk. Kalo dicobain makan nasi orang dewasa selalu dilepehin. Peralihan ini udah pernah dicobain beberapa kali sebenernya, tapi zikranya selalu gak mau. Dia males banget ngunyah trus ngelepehin makanannya. Kalo krupuk, peyek dan semacamnya yang malah lebih keras, mau ngunyah dan doyan. Rada aneh memang haha. Jadi ya daripada gak makan, mending bertahan aja dulu kan.

Alhamdulillah makin kesini nasi buletnya makin bisa diterima zikra. Emang sih awal2 hampir semua dilepehin dan lama bener makannya, tapi bunda pantang mundur lah. Orang nasi buletnya cuma 1 kali sehari, jadi okelah sesi sekali itu agak dikorbanin. Tapi alhamdulillah makin hari frekuensi ngelepehnya makin berkurang. Tadi pagi sesi nasi buletnya cuma nyisa 1 sendok lagi dan gak ada yang dilepehin. Alhamdulillah deh. InsyaAllah dalam 1-2 hari lagi, jadi 2 kali makan sehari. Ah moga2 berhasil ya sayang peralihan yang pelan2 ini. Udah gede ini anak bunda, mau 2 tahun masa nasinya belum nasi orang dewasa hihi.

Hmm begitu aja dulu deh. Oya minggu lalu ke Carrefour iseng nimbang zikra ditimbangan digital yang kebetulan sengaja dibuka buat contoh, BBnya 13,1 kg. Alhamdulillah, yang penting sehat terus ya nak. Doain bunda ya, biar nemu sekolah yang bagus dan cocok buat zikra, biar zikra makin pinter ngomong, bergaul dan segala-galanya deh. Buat zikra apapun deh pokoknya. Selamat ulang bulan sayang.
Continue lendo

Monday, November 02, 2009

Sup Krim Ayam Jagung (12m+) - Makan Sendiri Pake Sendok

Bismillah

Mau bagi2 resep yang gampang tapi enak. Yakin deh, pasti ada diantara ibu2 yang udah tau banget cara bikin ini, tapi gak papa lah ya bunda tulis ulang versi bunda sendiri, sekalian nyeritain reaksi zikra makan sup buatan bunda hehe.

Ceritanya bunda bikin sup ini gara2 kita bertiga dateng ke acara masyarakat riau di sahid beberapa waktu lalu dan nemu makanan ini. Pernah nyobain beberapa kali sih sebenernya, cuma waktu itu tanpa zikra. Jadi ya biasa aja. Dan kemaren, jadilah menu itu favorit kita bertiga. Zikra apalagi, kalo disuapin mulutnya mangap terus. Ahh harus bisa bikin juga nih, pikir bunda. Nah dari sini nih, bunda mulai cari2 resepnya diinternet. Pas nemu, langsung dipraktekin. Tapi resep bunda ini gak murni nyontek abis, bumbu dan bahannya ada yang diganti dan ditambah, sesuai sama isi kulkas saat itu juga sih hehe.

Sup Krim Ayam Jagung

Bahan:
2 sdm mentega (salted)
1 buah bawang bombay agak besar, cincang kasar
1 buah jagung manis, sisihkan jagungnya
¼ ekor ayam, potong-potong (atau suwir, sesuai selera)
2 sdm tepung terigu
750 ml susu segar (bunda pake UHT merk indomilk
150 ml air
2 batang daun seledri, potong panjang sekitar 5cm
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
garam
secukupnya

Topping: roti bakar (optional)

Cara membuat:
Rebus ayam hingga setengah matang, angkat ayam dan sisihkan kaldunya kurang lebih 100ml. Sisanya bisa digunakan untuk masakan lainnya.
Lelehkan mentega, tumis bawang Bombay hingga layu.
Masukkan jagung, aduk rata.
Tuang air kaldu, aduk rata.
Tambahkan paha ayam dan tepung terigu aduk hingga rata.
Tuangkan susu, aduk-aduk hingga licin.
Tambahkan air dan masukkan bumbu lainnya. Didihkan.
Angkat, sajikan hangat. (Lebih enak dengan tambahan roti bakar, jika suka)

--

Diliat dari semua bahan dan bumbu yang dipake, sup krim ini bisa buat anak diatas setahun. Di bawah setahun belum bisa karna ada susu UHTnya. Dan bisa juga buat variasi makanan kalo anak lagi GTM, tinggal tambah kentang dan wortel yang dipotong dadu. Dapet deh gizinya:)

Makan Sendiri Pake Sendok

Abis masak sup ini, bunda cobain ke zikra. Dituangin ke mangkuk sambel yang ukurannya gak terlalu gede, sup krimnya abis blas sama zikra sendiri. Awalnya bunda suapin, pas penghabisan zikra pengen pegang sendoknya sendiri. Anak bunda emang lagi seneng2nya makan sendiri pake sendok. Kalo makanannya aga kering sih bunda biasanya gak terlalu masalah karna ngeberesinnya gampang. Mau duduk dikarpet juga zikranya, oke aja. Kalo makanannya kuah semua, yah mau gimana deh. Daripada dia teriak2 dan nangis bombay gara2 gak dikasih, biarin deh kita repot2 ngeberesin tumpahannya. Asal gak dikarpet aja hehe. Makanya kalo makanannya basah, biasanya bunda minta zikra duduk diatas lantai aja, gak diatas karpet biar gampang ngebersihinnya hehe.


Sayang supnya sendiri gak kefoto. Gak papa deh yang penting ada video zikra makan sendiri hehe. Seneng deh pokoknya, kalo masakannya bunda disenengin sama zikra (dan ayah juga). Kapan2 bunda buatin lagi ya sayang.
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates