Friday, June 24, 2011

Summary MPASI 10 bulan dan Menu 11 bulan

Bismillah


Ini adalah menu sebulan yang terakhir bunda susun, tapi kok ya males banget nulis dipostingan. Mood sedang tidak mendukung buat posting. Tapi karna ini yang terakhir mesti diselesaikan dong ya. Diliat dari judul yang ganti nama dari yang biasa ‘Summary BLW’ menjadi ‘Summary MPASI’, pasti udah ketebak kan alasannya? Yep, kita lagi dadah2 ke BLW sementara waktu.


Sedih yah ada dirasain juga, karna tadinya harapan bunda nerapin blw ini kan biar fatha lebih cepat mandiri makannya. Tapi bunda gak sekuat itu untuk membiarkan fatha gak makan disaat kesukaannya untuk main dan membebaskan diri dari hichair lebih tinggi dibanding kemauannya untuk mengisi perutnya. Jadi bunda loose control banyak banget. Akhir2 ini bunda sering banget nyuapin dia sambil duduk dipangku bahkan sambil main demi dia makan. Salah yak? Memang! Apalagi dibagian ‘makan sambil main’. Big NO sekali untuk bayi yang belajar makan. But again, disitulah lemahnya bunda. Bunda gak maksa mesti duduk disiplin di hichair. Kalo dipaksa mesti duduk dikursi, makanannya cuma diicip2 dikit, sisanya dimainin dan dibuang. Anak bunda udah mau setahun dan kalo gak makan makin kurang gizi kan? Karna mulai peralihan ke makanan yang menjadi kebutuhan utama, bukan asi lagi. Makanya bunda gak rela rasanya kalo makannya cuma seadanya. Biarin deh blwnya distop dulu aja demi dia makan. Jadi lumayan sih makannya, walo sering gak abis juga.


Sesekali kalo kelihatan suka sama makanannya, ada sih bunda dudukin dikursi dan biarin dia makan sendiri. Lumayan berhasil buat dia makan tapi gak sampe habis. Nah sisanya bunda suapin lagi deh. Yah begitu deh. Prinsip bunda mending pilih cara yang enak buat kita berdua, jadi fatha dan bunda bisa sama2 enjoy kegiatan makan ini. Pastinya juga sambil liat2 sikon kalo fatha suka makanannya ya diterapin lagi blwnya. Pokoknya gimana caranya biar anak bunda ini cukup gizi dan blw tetap sesekali diingetin ke dia supaya gak lupa.


Jadi begitu deh. Gak kerasa ini akan jadi bulan terakhir bunda nyusun menunya fatha. Setelah setahun nanti insyaAllah, fatha mau digabung aja menunya dengan kita karna udah boleh gulgar. Tapi tetep intake nya gak sebanyak kita. Apa aja yang mau dikenalin dibulan ini?

Sayur: kembang kol, jagung, kacang polong

Buah: anggur

Protein: udang, teri


Agak bingung mau ngenalin apa aja ke fatha dibulan ini. Dan jujur bunda males ngenalin apa2 yang susah nemuinnya (such as imported fruit). Setelah setahun nanti juga akan gabung menunya sama kita, boro2 deh bunda nyari bahan makanan yang susah2 itu hehe. Jadi seperti yang diatas aja yang dikenalin ke fatha. Kembang kol sebenarnya udah bisa dikenalin barengan sama brokoli sih ya, bunda aja yang baru ngenalin sekarang. Trus jagung dan kacang polong juga baru dikenalin karna kemaren pertimbangannya takut fatha keselek karna belum bisa ngunyah, kan blw gak diancurin makanannya. Trus ehem, udang dan teri itu juga kepengennya bunda aja. Baiknya diatas setahun kali ya buat ngenalin udang (disinyalir sebagai pemicu alergi), tapi bunda pengen ngenalin sekarang. Insyaallah aman semuanya. Jadi ini dia daftar menu yang sudah berjalan setengahnya haha :


Semoga ade fatha makin seneng makan ya sayang. Ade suka makan, ade suka makan! Aamiin.

0 comments:

Post a Comment

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates