Thursday, May 22, 2014

Kunjungan ke TMII dan Outbound di Situ Gintung

Pengen cerita soal fieldtripnya anak2 deh. Nih FT udah 2x, dan keduanya bunda yang jadi pendamping buat fatha. Kebeneran kakak yang baru di rumah masih kurang dipercaya gitu buat jadi pendamping anak2, jadi ya si bunda yang jadi pendamping.

Fieldtrip pertama ke TMII. Acaranya kunjungan ke Pusat Peragaan Iptek TMII (disingkat jadi ppiptek tmii aja ya). Dari namanya iptek udah ketauan lah ya kalo isinya science dan teknologi semua. Tadinya bunda mikir bakalan bosen kali ya anak2 kesini, etapi enggak loh. Peragaan disana mengakomodir semua usia mulai dari TK sampe SMA. Kreatip2 dan lucu deh. Ketauan lah ya kalo kita belum pernah kesana haha. Asli ini bagus banget untuk menarik minat dan memotivasi anak2 untuk berkarya di bidang iptek.


di lobby ppiptek, mau masuk dikasih gambaran sekilas dulu

Nah buat anak TK apa aja yang bisa diliat? Yang paling menarik kemaren itu ada model dinosaurus yang dibuat bergerak sedikit2. Jadi kesannya gak mati diem gitu dinonya, makanya anak2 seneng banget. Anak2 saking terkesimanya jadi susah banget diajak perginya. Apalagi fatha deh ya, jangan tanya. Orang2 udah pada bubar dia masih ngeliatin aja itu si dino. Padahal kita cukup lama loh disana. Trus ada pertunjukan keluarga boneka yang ceritanya itu tentang kesehatan. Yang diceritain sederhana aja kaya rajinlah cuci tangan untuk menjaga kebersihan biar ga kena kuman yang bisa bikin kita sakit. Selanjutnya lanjut ke rumah gempa. Ini semacam simulasi gempa gitu ya. Jadi ngenalin ke anak2 kalo gempa itu kayak gimana. Ada peragaan robot, beberapa permainan science termasuklah permainan dokter2an dan masih banyak lagi. Yang terakhir kita liat disini pertunjukan roket yang dibuat dari botol coke ukuran 2L. Wihh seru dan bikin nagih banget ini. Gak cuma anak2, emak2nya pada nagih dan pada ikutan minta ulang mulu. Stafnya baik banget karna mau meragain sampe 3 kali. Seneng deh penonton!


story telling, guess who stands in front?
berbagai macam peragaan iptek keren
peragaan roket dari botol, can u spot the rocket?

Fieldtrip ke TMII ditutup dengan kunjungan ke museum serangga. Hmm buat ngeliat warna dan bentuk aneka serangga yang macem2 lumayan menarik perhatian sih ya buat anak2 TK ini, tapi ya sebatas itu aja. Tentu mereka gak tertarik lah buat tau lebih detail macam jenisnya, siklusnya dll, yang sebenernya infonya disediakan disana.

Fieldtrip kedua outbound ke situ gintung. Ngeliat outbound anak2 ini jadi kepengen deh bunda kapan2 outbound yang bisa barengan gitu anak dan orangtua. Kegiatan outbound kemaren itu meliputi nyanyi dan bermain dalam kelompok, meniti jembatan putus2, melatih keseimbangan di atas jembatan yang dibawahnya ada kolam air, memanjat lalu meniti jembatan tali yang akhirnya meluncur di flying fox, juga mandi bola di kolam berair. Semua permainan seru ini aman bagi anak2, selain memang dipandu juga oleh staf yang gesit, ramah dan pinter ngarahin anak2. Orangtua tinggal ngeliatin dari saung sementara ibu guru ikutan masuk ke dalam arena outbound. Seneng banget deh bunda gak perlu ikutan masuk, jadi ga perlu cape kan ngejar2 adek kesana kesini haha. Yah gimana deh, anak bunda yang kecik ini belum mau join grup. Dia masih sesukanya lari sana sini yang membuat 1 orang guru sendiri khusus ngejar2 dia *tepok jidat*.


in the bus, on our way to Situ Gintung :)
barisan kereta api tut tut tuuuttt .....
main apa ini ya? yah pokoknya ini games kocak2 gitu deh
hiyyaa, dia main kejar2an dengan ibu guru sementara yang lain sibuk berkelompok

Ini tempatnya. Enak deh. Asri dan adem!

Ini foto kegiatan outboundnya yang berhasil dijepret dari saung tempat bunda nonton.
titian tali, zikra ada di atas itu pokoknya dan fatha ada di kolam bawahnya:D
untuk zikra yg gak bernyali besar, mau jalanin ini bikin bunda bangga sekali :*
jembatan keseimbangan
ups hampir aja nyebur si abang :p

Dan terakhir nyebur ke kolam ini basah2an dan lempar2an bola karet. Mereka guling2, lempar2, ketawa2 dan teriak2. Serunya dunia anak2! Kebayang fatha gak seneng karna dari awal dia maen disitu basah2an sama temennya berdua doang. Kedatengan semua anak jadi gak bebas lagi deh si adek maen bola sambil guling2an di air haha. Selesai dari sini semua anak keluar untuk makan siang. 


IMO nyenengin banget tempat ini. Selain tempat renang dengan berbagai ukuran kedalaman, ada juga saung dan tempat duduk buat pengunjung makan. Kece deh. Udah ketebak lah ya, abis outbound anak2 makan siang trus lanjut berenang. Tapi sayang kemaren itu anak2 baru sebentar renang turun hujan. Yaaa gagal deh bunda renang padahal peralatan perang udah siap banget. Si adek yang kasian, udah ganti baju renang (sementara bundanya baru mau ganti baju) hujan keburu turun.

Kesimpulannya dari kedua FT ini, yang terakhir lebih nyenengin. Kalo FT yang pertama ditutup dengan tantrumnya adek, yang kedua alhamdulillah ga ada drama. Yah begitulah, tantrum itu menguras emosi sekali, bisa bikin si emak ini langsung pengen meledak sampe ke ubun2. Ya Allah, alhamdulillah waktu itu bunda gak sampe meledak sih. Haha. Allah masih menyelamatkan muka bunda dari aib yang memalukan. Huhu jangan sampe ya Allah. Sisi positifnya ikut FT ini bunda sekalian bisa sosialisasi dengan emak2 orangtua murid juga, slain nambah pengetahuan, lumayan bisa skalian ketawa ketiwi sambil nontonin anak2 :) 
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates