Friday, January 07, 2011

MPASI-BLW, Peralatan Perang dan Menu 6 bulan Fatha

Bismillah


Yap, posting mendadak! Why? H-2 jelang MPASI! I’m in hurry planning all this thingy huhu.


Bener2 demen waktu mepet nih emak satu. Ehm gak juga sih, sebenernya butuh waktu banget baca sana sini, nimbang2 menu dan mutusin metode yang akan dipake. Dan akhirnya setelah proses semedi dan diskusi sama ayahnya anak2, diputuskan lah fatha mpasinya pake metode BLW (Baby Led Weaning).


Sekilas blw sudah pernah bunda ceritakan disini. Keuntungan belum disebutkan waktu itu. Nah ini dia keuntungannya:

· Membuat waktu makan menjadi menyenangkan bagi si anak karna dibiarkan mengeksplor makanannya sendiri

· Membuat anak lebih cepat mandiri karna dari awal dibiarkan makan makanannya sendiri

· Mengurangi kemungkinan anak mengalami fase GTM (Gerakan Tutup Mulut)

· Mengurangi kemungkinan anak menjadi picky eater

· Alat perang yang diperlukan tidak terlalu banyak karena semua makanan dibuat model soft-cooked (rebus/kukus) dan tidak ada model puree/bubur sama sekali


Yah begitu teorinya (entah ya prakteknya hehe). Dan dari hasil baca2 pengalaman ibu2 yang udah nerapkan blw memang banyak benernya sih keuntungan diatas itu. Mudah2an berlaku juga buat fatha. Yang bikin bunda semakin yakin milih blw ini adalah karna bunda liat fatha sebulanan ini sukaaaaaa (saking sukanya) banget masukin segala macam barang yang bisa disentuhnya ke mulutnya. Kalo kita ambil dia pasti marah (nangis teriak2). Nah kan, demen masukin apa aja ke mulut ini kayaknya bakalan cocok sama metode blw, dimana bayi dibiarkan mengeksplor makanannya sendiri, gak disuapin. Tapi gak tau ya nanti prakteknya hihi. Semoga saja fatha makannya pinter dan doyan sama semua jenis makanan yang dikasi emaknya. Ahh gak sabar liat ekspresinya.


Persiapannya apa aja? Yah gak seribet nyiapin peralatan mpasi konvensional sih, dan Alhamdulillah barang2nya zikra masih ada yang bisa dipake fatha.

· Piring makan + sendok yang BPA free

· Training cup

· Bib bahan plastik

· Panci+sutil

· Kukusan

· Talenan+pisau

· High chair (punya abang zikra)


Kurang lebih itu sih, lumayan gak ribet ya hihi. Blender kalo sekiranya diperlukan untuk bikin kaldu2an udah ada dirumah. Tapi sementara ini kayaknya itu aja yang perlu. Yang penting basic2 udah ada, kalo ada yang kurang nanti menyusul. Namanya juga belum pengalaman dengan metode baru ini hehe.


Trus menu apa aja nih yang akan dikenalin ke fatha selama bulan ke 6 ini? Kalo tanya acuan bisa mengacu ke wholesomebabyfood. Tapi bunda gak terlalu ngacu kesana juga sih, survey ke pengalaman ibu2 di TUM juga. Yang akan dikenalkan ke fatha di 6 bulan ini berbagai jenis karbo, sayur dan buah (no protein and dairy for 6mos). Sengaja diurut dari non-sweet ke sweet. Istilahnya save the best for last hehe. Karna kan yang manis2 (ex: buah2an) cendrung enak ya ketimbang sayur dan karbo, makanya ditaro belakangan. Pilihan menu blw ini jadi terbatas karna cara masaknya yang dikukus/rebus, skip deh bubur gasol yang dulu pernah dikenalin ke zikra. Pilihan menu blw 6 bulan kurang lebih seperti ini:

Karbo: kentang, ubi-ubian (singkong, ubi jalar, ubi manis jepang, dll)

Sayur: buncis, brokoli, zucchini, labu parang/kabocha, butternut squash, kacang polong

Buah: pear, apel, papaya, alpukat, pisang


Dari pilihan menu diatas gak semua sih yang akan dikenalin ke fatha sebulan ini, karna gak cukup waktunya haha. Ada ibu2 pake metode blw ngenalin wortel kukus ke anaknya di usia 6 bulan ini, tapi bunda skip dulu . Alasannya sempet baca dari milis dan blog mpasirumahan katanya wortel mengandung nitrat yang tinggi (juga bayam). Aturan 3 hari tetep dipake, sama seperti metode konvensional, untuk melihat apakah makanan tersebut aman buat si bayi. Nah setelah pusing bolak balik ganti menu, bismillah, ini dia menu mpasi-blw 6 bulan fatha.

klik to enlarge


Semoga fatha suka semua dan gak muncul tanda2 alergi sama sekali sebulan ini (amin). Masukan sangat diterima yaa ibu2 (ofkors dong). Wish us luck yaa.

22 comments:

  1. he.he..anak ayah udah bisa makan sendiri..walou masih kacau.

    gpp ya nak, semoga program bunda ini berhasil.

    tapi yang paling penting adalah, bagaimana kebutuhan makan adek bisa dipenuhi, cara makan adalah prioritas kedua.

    semoga keduannya bisa berjalan baik.


    luv u all (bunda, abg,adk)...

    ReplyDelete
  2. haa? gimana sih ayah, kan udah sepakat cara makan dulu yang penting. food is for fun, until one *ngutip dari seorang temen* karna sampe setahun asi 80% masih mencukupi kebutuhan bayi:))

    tampak ayah gak konsen waktu bunda meracau kemarin:p ya sudahlah, yang penting ayah gak komplain haha:))

    ReplyDelete
  3. nyontek menu-nya ya mabk... Anakku Fatih seminggu lagi mo makan, rencana mo pake metode BLW. thanks ya..

    ReplyDelete
  4. ijin copy menunya ya, mbak..
    2 pekan lagi hanif mau mulai MPASI, sepertinya lebih cocok dg blw krn hanif aktif sekali belajar banyak hal baru. terima kasiiih.. wish us luck too ^^

    ReplyDelete
  5. dear Princess & Nitifia,

    silahkan saja, senang kalo bisa bermanfaat.
    Smoga mpasinya lancar ya:)

    ReplyDelete
  6. Nyontek menunya ya mom? Soalnya anakku baru mulai mpasi dan mw coba metode blw. Krn dia hobby bgd masukin apapun ke mulutnya dan digigit2 (meskipun blom tumbuh gigi) sampe2 pas aq mau kenalin dot malah buat mainan itu dot digigit trus ditarik -__-

    ReplyDelete
  7. halo, silakan aja. Smoga anaknya sukses ya dengan blw dan makannya lahap :)

    ReplyDelete
  8. Bun..nyontek yaa. Saya deg2an nih Asha mau mulai makan 2 minggu lagi. So better start with veggies and karbo ya? Btw 1 hari makan cuma sekali dan satu macam menu sajakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bisa dua2nya soalnya dua itu yang kadar alerginya paling rendah kalo gak salah. Kalo aku sih start dengan karbo. Tapi boleh aja kalo mau sayur duluan.
      Hari pertama cuma sekali aja kok dan 1 menu saja, kan pengenalan. Pengenalan baiknya memang dicoba satu2 dan selama 3 hari berturut2 buat ngeliat reaksi anak ada alergi apa tidak :)

      Delete
  9. Bun.. Nanya dnk itu menuny dikukus or direbus kan ?
    Kalo buah juga dikukus yaa ? Pear, apel, pepaya, alpukat ? Thanx bfore.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 dikukus kalo aku, tapi bisa juga kalo mau direbus. Cuma hati2 kalo dimakanan mengadung vitamin yang larut di air better dikukus aja ya, unless airnya mau diminumin ke anak. Kalo buah aku sih gak dikukus/rebus, langsung dikasih aja setelah dipotong2in. Smoga lancar ya makannya :)

      Delete
  10. wah artikelnya keren bun...btw, saya ni ibu baru bun. sekarang usia anak saya udah 5 bulan, tapi dari usia 2bulan udah suka ngemut tangannya. sampe sekarang kalo dikasih mainan langsung aja dimasukin mulutnya. apa bisa ya bun, langsung dikasih finger food? soalnya si kecil makannya masih ASI eksklusif, lum makan apapun selain ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai makan setelah 6 bulan kan ya ma? Bisa dicoba metode BLW atau metode konvensional, tergantung gimana cocoknya bayi dan ibunya. Kadang bayinya cocok BLW, ibunya gak cocok, atau sebaliknya. Imo, ada plus minusnya sih masing2 metode bagi ibu dan anak. Semoga apapun nanti jadinya, anaknya seneng makan ya :)

      Delete
  11. Hallo bun... Boleh nyobain menunya? Btw mau tanya, waktu pertama blw th 2011 yaa, apa bisa konsisten blw nya? Dan skrg gmn hasilnya ke anak? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Mila,
      Blwnya bisa konsisten sampai... umur 11 bulanan apa ya? Menjelang setahun deh. Karna bb fatha makin lama makin turun, aku dan ayahnya jadi kuatir. Akhirnya kita mix. Ga full blw lagi.
      Sekarang fatha lebih banyak disuapin justru, karna dia tipe yang gak terlalu tertarik makan dan banyak gerak :p

      Delete
  12. Oya, gmn ngatasin anak yg ga sabaran. Sy udh pernah nyobain blw ke anak saya umur 6 bulan, tp biasanya ga ada 5 menit megang2 makanan, dia udah jerit2. Kaya gemes atau ga sabar... Pernah ngalamin ga bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo fatha jelang setahun begitu. Walo masih ada yang masuk mulutnya, banyakan yang dilempar. Makanya bbnya jadi turun terus dan akhirnya saya sadar mungkin gak bisa full blw lagi.
      Soal metode enaknya emang yang cocok buat ibu DAN anaknya ya, bukan salah satunya. Biar semua enjoy ngejalaninnya :)

      Delete
    2. Oh iya ma, aku ada tulis disini bagaimana perkembangan blw fatha menjelang setahun.

      http://dovyhouse.blogspot.com/2011/06/summary-mpasi-10-bulan-dan-menu-11.html

      Delete
  13. ijin nyontek menunya ya bun, 2weeks to go moga my baby cocok blw

    ReplyDelete
  14. Nyontek menu yaa bun, setengah bln lgi mau mpasi

    ReplyDelete
  15. Nyontek menu yaa bun, setengah bln lgi mau mpasi

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates