Monday, December 30, 2013

Kid's place is next to Their Parent

Pepatah bilang anak itu lebih baik tinggal sama orangtuanya, ketimbang sama kakek neneknya yang konon suka manjain mereka.


Terjadilah baru2 ini. Anak2 ngabisin waktu selama 40 hari dipekanbaru dikarenakan bundanya yang statusnya PNS Pemda Riau tapi ngantor di Jakarta, musti ngikut diklat selama 40 hari di pekanbaru. Ngikutlah anak2 ini selama emaknya diklat disana. Untungnya anak2 masih TK jadi bisa maksa off 40 hari (kalo udah SD mah boro2 ya). Trus untuk zikra, bu guru kasih PR berlembar2 untuk dikerjakan setiap hari selama off.


Di pekanbaru ada uci yang liatin, jadi bunda bisa tenang tinggal di mess yang ada ditempat diklat. Uci masukin anak2 ke TK deket rumah, biar anak2 juga ada kegiatan gantiin hari2 sekolah. Sebenernya ga perlu sih, kan udah dikasih PR, tapi ga papa jadi ada pengalaman sekolah di pekanbaru hehe. 40 hari kan lama juga ya? Uci udah mulai biasa ngeliat anak2 ini dengan segala kegiatan mereka. 2 mingguan mau pulang, mulai deh uci sedih, dan sering bergumam ‘Kapan ya anak2 ini bisa lama tinggal disini seperti ini lagi?’ – duh bikin mau mewek dah!


Mulai dari situ, mulailah uci sering bujuk2 zikra buat sekolah dipekanbaru aja. 


‘Abang sekolah disini aja ya. Nanti pulang pergi sekolah dianterin uci atau atok. Boleh pilih naik mobil apa.’


-- ‘Ga ah ci. Abang di jakarta aja, sama bunda dan ayah’


‘Kalo di jakarta sekolahnya jauh, nanti capek dijalan. Disini enak, pulang sekolah bisa main ke rumah teka atau pergi jalan2 kemana aja dekat.’


-- ‘Tapi abang sukanya sekolah di jakarta. Sama ayah bunda’ 


Trus uci masih aja bujukin nanti ada ini, ada itu kalo sekolah dipekanbaru, bla bla bla. Pokoknya ngeyakinin zikra kalo dipekanbaru sekolahnya bakal seneng, membahagiakan dan nyaman, tapi anaknya tetap gak mau.


Aneh ya zikra ini? Dikasih seneng malah gak mau. Malah maunya sama emak bapaknya, yang jelas2 lebih galak ketimbang ucinya. Padahal kalo sama emaknya suka dicerewetin, suka ditahan2 ngemilnya dimana kalo dia ngelanggar kadang emaknya suka ngasih hukuman. Sementara ucinya? Dih boro2! Yang ada suka beliin es krim, coklat dll, trus suka bujuk2 bunda buat stop marahin cucunya -__-


Sukur alhamdulillahhhh, bunda seneng banget dengernya. Semoga sampe gede gak brubah ya bang. 


Dan dilain sisi si emak ini sedih banget karna tau gimana para nenek pengen deket dan selalu ngeliat cucunya. Sungguh dilemma nan bikin sedih! Smoga kita bisa pulang terus liatin uci pekanbaru dan nenek lampung ya bang, dan moga2 bisa nambah frekuensi pulangnya.
Continue lendo

Tuesday, October 29, 2013

Kidzania for 2

Mau cerita soal kegiatan anak2 diskolah yang kunjungan ke kidzania. Ini field trip pertama sejak anak2 masuk sekolah tahun ajaran 2013-2014 ini yang diadakannya bulan september kemaren. 

Dulu jaman zikra di kelas PG, karna muridnya cuma 3 (walopun setelah kegiatan ini nambah 2 orang lagi hihi), orangtua tidak diwajibkan nemenin fieldtrip ke kidzania ini. Kalo mau nemenin boleh. Nah bunda ikutan waktu itu. Ceritanya karna penasaran. Itu fieldtrip pertama zikra, kalo bisa ngikutin masa bunda mau lewatin? Gak kan ya. Tahun ini murid PG ada 8 orang. Orangtua diminta nemenin anaknya yang kelas PG ini. Tentu saja kita gak nolak.

Dan ini adalah fieldtrip pertama fatha. Pengen jugalah bunda nemenin seperti abangnya dulu.

Ke kidzania kali ini akan jadi satu2nya kunjungan dimana abang dan adek perginya barengan. Tahun depan gak bisa lagi dong, kan abang udah sd. Jadi makin niat banget pergi nemenin anak2. Walo ini judulnya mendampingi fatha yang kelas PG (anak kelas A dan B gak boleh lagi didampingi), sekalian lah ya liatin abangnya juga. Biar ada sesi foto bareng sekalian buat kenang2an. 

Kita pribadi kalo mau main2 yang rada jor2an sih males ya ngajak anak2 main kesini, mending main di ancol. Selain outdoor dapet udara seger, juga karna banyak pilihan. Emak bapak bisa seseruan juga, kalo kidzania yah, emak bapak nonton aje yee liatin anak2 main peran. Tunggu anak2 yang request aja deh, tapi jangan sering2 juga ya nak LOL.

Balik lagi,

Nah nah oh lala, mendadak kantor ga bisa ditinggal. Kita mau kedatangan pemeriksa besok harinya. Jadi musti siap2in dokumen segala. Ga jadi deh bunda ikut. Duh kuciwa berats! Hati dan pikiran udah bayangin liat anak dua ini main disana. Hiks :(

Akhirnya adek ditemenin sama Kakak Ima. Dengan perasaan gak rela, titip foto2 sajalah sama kima, ngomongnya sambil ditekanin nadanya ‘yang banyak fotonya ya kima, jangan lupaaa!’.


Setelah sampe dirumah abis ngantor, ‘Mana fotonya kima?’

Foto sih banyak ya, tapi kok foto adek semua ini yaa? Foto abang mana kima? Sama sekali ga ada foto abang. 

Kata kima, begitu nyampe anak2 langsung digrup lalu misah. Ketemu lagi pas mau pulang. Makanya ga ada foto mereka barengan. Huu sedih juga kok bisa begitu ya?

Eh ternyata gak lama bu Etty, guru kelasnya zikra selain bu Yani, kirimin foto zikra sama temennya. Cuma 3 biji, itu pun gak fokus. Tapi ya cukuplah. Dari wajahnya keliatan seneng anaknya. Ah sukurlah. Bunda juga seneng liatnya nak. 

Jadi apa cerita yang didapat?

Jadi abang cerita kalo dia jadi pemadam kebakaran. Kayaknya itu jadi highlightnya deh, scara itu mulu yang diceritain gimana apinya gede banget trus bisa mati karna disiramin rame2. Berasa jadi superhero dia. Selain itu abang masuk pabrik wafel dan bedak bayi. 

Trus apalagi bang? 

Gak ada lagi bunda!

Lha kok dikit amat?

Ngantrinya panjang kak. Kidzanianya rame banget. Mau masuk ke 1 tempat aja lama nunggunya -- kata kima.

Oh! Makin rame ya kidzania pas weekdays. Dulu waktu zikra gak lama deh nunggunya. Ngantri juga sih tapi cuma nungguin yang lagi didalem aja trus langsung masuk anak2 ini.

Trus kalo adek ngapain? Menurut kima (adek mah suka males aja kalo dajakin cerita, jadi nanya kima aja) adek sukanya jalan2. Bolak balik dia minta naik taksi dan bis mulu. Padahal kerjanya cuma sekali, masuk ke pabrik waffle doang. Uangnya langsung abis buat jalan2. Trus lainnya nebeng temen kalo ada yang lagi mau jalan2 juga *hadeh dek!*. Coba ya ketemu abang, puas jalan2 deh adek. Abang bawa banyak uang kidzoucht loh pas pulang sampe 132. Ongkos naik bis 5, naik taksi 10. Sayang banget ga ketemu abang ya dek!

Dipikir2 kok bisa banyak amat uang abang? Padahal kerjanya cuma dikit karna ngantrinya lama. Ternyata itu uang dikumpulin dari tahun2 lalu haha. Pantes!



Selain masuk pabrik waffle, adek main piano, nyusun puzzle trus nonton show. Yah, yang penting udah ngerasain dulu ya dek main2 kesini.




adek on red carpet ciehhh :D


lha ini kiri kanan temen2nya abang, tapi abangnya malah entah kemana :(

.... abangnya manaaa?




Yang foto abang ngeblur yah. Gapapa deh. Yang penting kliatan dianya hehe.

Glad to know that both of you had fun. That was all matters.
Continue lendo

Friday, October 18, 2013

Seminar ‘Pede Bicara Sex Pada Anak’

Ini seminar ketiga saya berkaitan ilmu parenting tapi yang pertama buat suami. Suami iya-in aja waktu saya ajakin ke seminar ini, tapi pas lagi diperjalanan menuju ke venue seminar baru ngeh beberapa hal macam ‘Lama amat sih seminarnya sampe 3 jam’ atau ‘Bunda ini lebay banget anak baru 5 tahun udah ikut seminar soal sex’.

Sempat terjadi adu argumen tuh dimobil. Tapi akhirnya saya ngalah aja dulu, biar nanti ayah liat sendiri seminarnya gimana. Entah gimana saya yakin kalo seminar ini akan menarik dan gak akan disesali buat diikuti.

Memang gak nyesal sama sekali dan 3 jam itu gak berasa banget. Mungkin karna bu Elly Risman sangat ahli dalam topik ini dan pinter dalam menyampaikan materi. Yang jelas ayah dan bunda ini dapet banyak pencerahan dan ilmu disini, jadi ayah pun gak komplen lagi hehe.

Omong-omong soal seminarnya sendiri,


Kita dipaparkan lah betapa sekarang sex itu begitu mudah dilakukan. Bahkan ada anak yang melakukannya didalam kelas (udah pernah dengar lah ya kalo ini) dan dibawah stage orang nikahan. Udah gila! Teknologi pun punya andil yang besar sehingga hal beginian mudah sekali untuk diakses dan dipelajari. Kalo anak2 mempelajarinya dengan cara yang salah tanpa bimbingan yang benar, fatal sekali akibatnya. Dibawah 17 tahun saraf2 yang belum bersambungan akan susah dikendalikan bila terkontaminasi pornografi. Anak2 akan kehilangan minat belajar dan kecanduan untuk melihat bahkan melakukannya sendiri. Mau nangis gak sih mengingat kita orangtua gak selalu ada disamping anak kita sementara bahaya ini mengancam sedemikian dekat?

Amit2 cabang bayi *sambil ketok2 meja* 2 anak laki dirumah sampe kena beginian.

Pertama sekali kita perlu berubah. Gak bisa lagi seperti orangtua kita dulu yang menganggap pembicaraan seputar ini sebagai sesuatu yang tabu. Tapi untuk mulai juga ada step by stepnya. Perhatikan umur anak, karena pemahaman anak kan berbeda dari segi umurnya. 

Notes dari Bu Elly, kalo anak sampe menanyakan perihal seputar sex kepada kita, ini dia langkah yang harus kita lakukan:
  1. Calm down, tarik nafas sampe 2-3 kali.
  2. Tangkap inti pertanyaan.
  3. Cek pemahaman anak (karna anak bertanya ada 2 sebab: dia beneran gak tau, atau ngetes doang).
  4. Jawab dengan pendek dan sederhana (sesuaikan bahasa dengan umur anak), kalau tidak tau tunda tapi beri deadline dan penuhi deadline jangan pura2 lupa.
  5. Kunci jawaban berdasarkan agama/keyakinan yang kita anut.

Gampang? Tergantung kesiapan orangtua sebenarnya. Kalo ortu siap tentu tidak susah menjawabnya. Tapi banyakan sih belum siap mengingat semakin kecil usia anak2 sekarang kenalan dengan hal2 berbau sex.

Jadi untuk mempersiapkan anak sejak dini perihal sex ini bisa dimulai dari hal2 berikut :
  • Bisa mulai dengan memperkenalkan anak akan 2 jenis kelamin ciptaan Tuhan waktu melihat temen yang baru melahirkan. Ketika temen mengganti popok anaknya, ajak anak kita untuk ikut melihat. Kalo kebetulan bayinya berbeda kelamin, disini bisa dijelaskan ke anak kita kalo Tuhan menciptakan manusia itu dengan kelamin laki2 dan perempuan.
  • Ketika anak semakin mendekati masa baligh. Siapkan penjelasan yang bisa diterimanya untuk menghadapi tibanya hari ini. Pake bahasa yang sesuai dengan umurnya tentu saja. Ini sebaiknya dilatih didepan kaca supaya waktu nanti ngomong sama anak bisa lancar dan mimik muka terlihat menyenangkan. Apa yang disiapkan? Misal seperti dibawah ini untuk anak laki2 yang muslim ya.


    Siapin pisang dan anggur seperti gambar diatas (itu saran bu Elly siapin pake buah yang gampang didapat, kalo saya kayaknya males deh nyiapinnya haha jangan ditiru yang bandel). Lalu mulai dengan kalo kita sudah melihat anak kita yang makin gede maka kita perlu menjelaskan sesuatu. Penjelasan tentang perubahan masa dewasanya seorang anak, yang namanya masa baligh. Jelasinlah ciri2 anak yang akan baligh misal dengan tumbuhnya bulu dada, suara yang membesar dll. Kalo dalam islam, menjadi baligh artinya kita akan bertanggungjawab terhadap diri kita sendiri. Segala amal ibadah akan dihitung pahala bagi diri sendiri, sementara berbuat salah/dosa akan menjadi dosa sendiri. Menjadi baligh ditandai dengan adanya mimpi basah. Mimpi tentang sedang bermesraan dengan perempuan yang dikenal maupun tidak dikenal. Dan pada saat bangun, kita akan mendapati cairan yang disebut mani/sperma (beri contoh dengan cairan tepung kanji yang masih ada butiran tepungnya). Lalu nanti ada juga yang namanya madzi (contoh bisa dari lem uhu). Bedanya mani dan madzi bla bla bla.

    Perlu dijelasin juga tentang cara bersucinya karna ini akan berkaitan dengan solat juga. Kalo seseorang mengeluarkan mani cara membersihkannya cukup dengan mencuci kemaluan, cuci tangan lalu berwudhu (kalo akan solat kan perlu wudhu). Sementara kalo seseorang mengeluarkan madzi/sperma maka dia harus mandi besar/junub baru selanjutnya berwudhu dan bisa solat.

    Nah begitu sekilasnya. Tentu lebih ribet dari ini ya kalo mau nyiapin bahannya lebih dulu. Mau referensi untuk penjelasan lebih detail ada disini :)

Kalo anak sudah tau soal menjadi baligh itu gimana, kayaknya akan mudah ya menjelaskan asal muasal bayi itu darimana dan bagaimana *kayaknya sih, ga yakin juga karna belum coba*. Tapi kalo dipikir2 kita sendiri bakal malu gak ya ngebahas ini sama zikra? Yang jelas tugas menjelaskan mimpi basah jadi tanggungjawab ayah. Bunda tinggal beres dah haha *begini enaknya kalo anak laki semua mihihi*, nanti kita latihan ya Ayah biar dapet mimik yang pas. Kalo menjelaskan soal menstruasi ke anak perempuan tentu jadi tugasnya ibu. 

Eniwe kata bu Elly juga penting kita sering2 menyentuh anak dan memeluknya. Puji2 dia sebelum dia dipuji oleh lawan jenisnya nanti. Jangan ngobrolin PR mulu dirumah. Dan buat orangtua jangan kebanyakan ‘me time’ *jleb banget!*. Habiskan waktu sebanyak dan sebaik mungkin dengan anak. Buat yang punya anak cowok ataupun cewek perlu inget2 yang dibawah ini :
  • Jangan bosen bagi para bapak untuk ingetin anak perempuannya ‘Anak ayah yang cantik, kamu sekarang sudah besar nak. Jaga diri ya nak ya. Jangan mau dipegang laki2 manapun! Awas kalo ada yang berani sentuh2 kamu, akan ayah kejar kemanapun dan ga ada ampun buat dia’.
    Buat para ibu juga ke anak lakinya ‘Anak bunda yang ganteng, bunda senang sekali punya anak yang ganteng seperti kamu nak. Belajar yang bener ya nak. Jangan ganggu anak perempuan orang ya nak. Jangan sentuh2 ya nak. Kamu gak mau kan kalo bunda/kakak/adik kamu sampe dibegituin sama orang?’
  • Jangan bosen nasehatin yang ini juga ‘Kalo ada yang ngajak untuk lihat yang gak baik (gambar/film porno) tahan pandangan ya nak, jangan biarkan mata lihat ya nak. yang kayak gitu bikin otak rusak nak. Kalo otak rusak, kemaluan gak bisa dikontrol lagi. Akan susah mengejar cita2 nak.’

Semakin ikut seminar semakin pusing dan kuatir deh. Plus merasa bersalah juga. Tapi sisi baiknya kita jadi tau kesalahan sih, dan early alert karna jujur aja waktu nikah kita gak dibekali hal2 beginian juga. Smoga si ayah bunda ini bisa mencegah dan membekali anak2 biar gak terjerumus hal2 yang dapat merusak masa depannya. 

Dear God, please please please help us to raise the kids well. Aamiiin.
Continue lendo

Monday, October 07, 2013

A Letter to My Sons

Anak2 bunda, zikra dan fatha yang ganteng, luar biasa dan semoga selalu dalam lindungan Allah,

Bunda sudah lihat kalian sejak hari pertama kalian dilahirkan
Kalian bunda susui 2 tahun lamanya, bunda peluk, bunda cium, bunda sayang
Perubahan yang bunda saksikan dari tahun ke tahun
Dari yang gak bisa apa2 sampai pintar seperti sekarang

Rasanya cepat sekali kalian besar
Kalian adalah anak2 bunda yang manis
Yang selalu ada didalam doa bunda
Yang selalu bunda mohonkan kepada Allah kesehatannya, kebahagiaannya dan keselamatannya
Yang selalu bunda mintakan perlindungan Allah atas kebaikan kalian
Karna bunda gak tau bahaya apa yang mengancam diluar sana

Bunda tau bunda gak selalu ada buat kalian
Bunda takut sekali nak, kalian dibuat cedera oleh teman disekitar kalian
Kalo cedera fisik yang masih bisa disembuhkan, bunda bisa ikhlas
Tapi bunda lebih takut lagi kalo kalian dipengaruhi hal2 yang tidak baik oleh teman kalian sendiri
Yang merusak otak dan kepribadian kalian yang polos dan tidak berdosa
Jangan biarkan orang2 merusak itu ya sayang
Jangan ikutan tren atau teman beken yang gak jelas kemana arahnya
Biarlah kita menjadi orang yang biasa saja

Berteman boleh sama siapa aja, tapi pilih teman yang baik untuk dijadikan sahabat ya nak
Yang mengingatkan saat kita salah, yang ikut senang disaat kita senang dan slalu mengajak kepada kebaikan
Tapi jangan lupakan bunda untuk diajak diskusi ya sayang  
Diskusikanlah semuanya dengan bunda juga
Ajaklah bunda ngomong apapun yang kalian inginkan
Jadikanlah bunda teman kalian yang paling dekat

Jaga diri kalian ya nak, disaat bunda sedang tidak disamping kalian
Jadilah laki2 yang baik dan bertanggung jawab, jangan sentuh yang bukan muhrim kalian
Tahan pandangan dari hal2 yang dapat merusak otak agar mudah bagi kalian mengejar cita2
Dan setelahnya carilah wanita sholehah sebagai pendamping dunia akhirat kalian

Jangan pernah tinggalin agama ya sayang, berpatoklah pada alquran dan assunnah
Sampai akhir jaman itulah pegangan yang benar
Mari kita sama2 mohon pada Allah, agar kita selamat di dunia yang semakin gila ini
Mari kita minta sama2 pada Allah, agar kita bisa berkumpul lagi di kehidupan di akhirat nanti

Tertanda,
Bunda yang kuatir dan teramat sayang kepada 2 anaknya
Continue lendo

Tuesday, October 01, 2013

Compic at Gunung Putri Lembang

Acara tahunan kantor suami yang biasa disebut compic (company picnic) udah saya tunggu2 sejak tengah tahun kemaren. Duile lama amat yak. Iya biasanya acara ini diadakannya sebelum puasa sekitar juni juli gitu. Nah tahun ini karna puasanya sendiri udah bulan juli, jadi mefet banget ya. Makanya deh jadinya abis lebaran tanggal 14-15 september kemaren.

Seru? Kalo gak seru gak bakal ditunggu kan ya. Kurang lama karna cuma nginep semalam doang hihi. Ini compic kita yang ke-4. 1 kali skip karna mau melahirkan fatha waktu itu. Kalo mau tau yang sebelumnya ada di pertama, kedua, ketiga.

Yang keempat ini diadakan di… Lembang Bandung. Dari  keempat compic yang pernah kita ikut yang ini yang paling jauh destinasinya. Mudah2an tahun depan pake acara naik pesawat yah *haha gilingan si bunda!*. Compic ini spesial sekali deh karna uncu ikutan. Kak ima juga ikutan. Hiyah ber6 aja deh kita haha. Padahal ini compic sebenernya buat keluarga inti, yang ga keluarga sih boleh ikut tapi ya kena charge.

Acara dimulai dengan ngumpul dikantor ayah. Jam 7.15 ada 5 bis gede yang brangkat dituntun 1 mobil voorijder. Voorijder ini memang ada gunanya untuk momen2 seperti ini, tapi kalo tiap hari dipake untuk nerobos macet disaat jam kerja ngebetein yah. Jam 12 kita udah nyampe Bandung. Wihii thanks to voorijder deh ya, jadi prediksi panitia yang ngeset acara buat makan siang dilembang gak meleset. Dan berhentilah kita di resto Sindang Reret Lembang. Disini buat maksi aja sih, jadi barang2 ya ditinggal dulu dibis. Karna menu sudah diatur dan disiapkan jadi ya kita milih dari yang ada. Biasa aja sih rasanya. Tapi cendol pembukanya enak. Tempat enak. Toilet bersih dan ada mushollanya juga.



Selesai makan semua diarahin buat foto bareng. First photo shoot together. Susah ya ngarahain karyawan ratusan orang, belum lagi dengan pasangan dan anak2nya. Rusuh ajegile tapi fun. Keliatan kalo karyawan2nya kompak. Yang satu ngelucu, yang lain nimpalin trus ketawa rame2. Udah kayak keluarga besar beneran deh.


Dari sini kita naik bis lagi dan melanjutkan perjalanan ke Hotel Gunung Putri. Tampak depan hotel biasa aja. Begitu masuk baru deh keliatan manisnya hotel ini. Hotelnya asri. View poolnya keren dengan dikelilingi pohon kelapa apa pinang itu yah, trus disekatarnya juga banyak pohon dan taneman lain. Rapi dan bersih. Karna kita ber6, kita dikasih 2 kamar. Kamar kita model bungalow 2 tingkat gitu, kamar atas bawah terhubung tangga diteras. Kita ber4 dikamar bawah, uncu dan kima diatas. Di kamarnya sendiri ada living room dan diatas ada balkon. Kamar kita yang dibawah dikasih extrabed. Jelas maksudnya buat anak2 yah. Detail banget deh panitia sampe ke urusan extrabed udah diurusin duluan. Yang bikin kurang sreg dari kamar ini adalah toiletnya yang showernya nempel dinding. Agak susah mandiin bocah yang ga bisa diam. Trus sedikit keluhan di saluran air yang kurang lancar dibawah shower. Harusnya bisa sih manggil housekeeping tapi karna kita sering diluar jadi males manggilnya hihi.

hotel surroundings

our rooms look like
Setelah beberes barang dikamar kita pun turun ke area paling bawah. Area paling bawah ini semacam padang rumput luas yang kayaknya memang buat kegiatan macem2. Jadi siang itu panitia ngadain games buat yang semua peserta compic. Buat anak2 juga dikasih kegiatan biar bisa seru2 juga. Dikasih buku, peralatan tulis dan crayon buat nulis2 dan mewarnai. Trus games buat yang gede2 ga tau deh apa. Yang jelas itu lapangan berisik banget sama teriakan dan ketawa. Si bunda, uncu dan kima mah sama anak2 aja liat rusa dan ikutan lari2an ngejar bola.


Lumayan nguras keringat sih siang itu. Gak niat olahraga padahal. Abis mandi dan solat kita ke Bale-Bale yang letaknya deket pool buat makan malam. Enak makan malamnya. Lebih enak dari makan siang yang Sindang Reret tadi. Gak inget menunya apa aja yang jelas ada sop kepiting trus ayam goreng dibumbuin apa gitu ya. Yang jelas sih buat buffetnya ada pilihan 4-5 lauk, trus dengan buah dan es cendol.

Lagi makan ada live band. Asik! Waktu kita hampir selesai makan (kecuali adek yang emang suka susah makan kalo lagi diluar) tetiba ada suara mc yang ngasih tau acara kekerabatannya akan dimulai (ini asli ngarang deh nama acaranya haha). Jadi ceritanya vice presdir kantornya ayah akan balik ke jepang. Maka dibikinlah acara farewell buat vice presdir sekalian bareng dengan acara ini. Acaranya itu nonton video yang isinya pesan&kesan dari vice presdir sendiri dan beberapa orang, trus ngasih cenderamata deh tiap2 departemen ke vice presdir biar gak lupa sama tempat kerja dan timnya disini. 

Penutup acara farewellnya adalah kembang api! Lumayan ada berapa kali itu kembang api ga putus2. Dibarengin lagu Fireworknya Katy Perry jadi mood booster banget deh malem itu. Lalu ada doorprize. Gak ngarep banyak sih kita soalnya ayah udah kasih statement kalo dia ga pernah hoki begini2an trus si bunda ini juga. Dan kenyataannya malam itu… emang gak dapet apa2 LOL. Tapi tunggu dulu.. ee ternyata ada bagi2 voucher carrefour gratis. Ibu2 yang mau silakan maju ke depan. Dan si bunda ini maju dong. Awalnya sempet ragu bakal dikerjain apa nih sama panitia? Si uncu ngomporin ‘Serius gak nyesal kalo gak maju kak? Maju doang loh ini, ga ngapa2in’. Masa sih maju doang? Gak mungkin kayaknya. Tapi akhirnya maju jugalah si bunda ini. Dan…. bener kan dikerjain disuruh joged ala caisar! Siaul! Tapi untung ramean yak, ada 10 orang yang joged bareng, jadi ya cuek saja si bunda ini. Pun jogednya ngasal haha. Seneng deh dapet voucher cepek. Lumie yak. Ah lupa, sebelumnya diperjalanan ayah berhasil jawab kuis dari panitia dapet flashdisk. Jadi 2 ini deh oleh2 compicnya hihi.

Buat anak2 malam itu ada sulap oleh Kak Aldi. Kak aldi sungkar ini dulu ikutan acara The Master pesulap itu dan masuk ehm, 10 besar apa ya? Malam itu zikra ikutan nonton (tapi adek gak karna udah tidur duluan) dan jadi salah satu penonton dibarisan paling depan hihi. Beneran ya sulap itu hebat banget. Bunda melototin kak aldi banget loh gimana dia bisa nyembunyiin payung didalam guci, tapi emang beneran gak kliatan manipulasinya sama sekali. Belum lagi dia bisa nyimpan air didalam buku, trus airnya ilang dan diganti susu. Belum lagi uang seribuan jadi limapuluhribuan. Kok bisa yaa? Pengen tanya triknya tapi malu haha. Selain malu juga karna udah ngiler sama kambing guling, camilan rebus2an (ubi, kacang) dan minuman anget yang udah disediain hihi. 

Malem itu tidurnya bahagia skali deh. Akibat badan capek tapi hati senang dan perut juga kenyang *hamdalah*. 
Pagi besoknya acaranya adalah sarapan, berenang, mancing dan makan siang. Abis sarapan sebenernya panitian nyiapin bis buat ke Flea Market, tapi karna kita mikir kalo kita kesana kita gak bakal bisa renang, akhirnya batal. Soalnya ke Flea Market itu tiketnya ga disediain panitia, alias bayar masing2. Ogah ah, mending yang ada gratis didepan mata aja dulu, berenang! Seru juga kok! Ada pool khusus anak2 juga disini.


Kalo mancing sih ga gratis. Tapi karna ayah pengen ngajak zikra kenalan sama mancing. Ayah juga baru soal mancing. Jadi deh kita semua belajar dulu sama mas2nya. Sewa pancingan 1nya 50ribu/3jam. Baik banget dikasih waktu 3 jam ya, tapi kemaren kita cuma sejam aja karna musti beberes juga sebelum pulang. Trus kalo mau bawa ikan hasil pancingan dihargai  80ribu/kilos. Onde mahalnyo. Mancing aja deh kita, ga usah bawa ikannya haha *ga mau rugi*.

Setelah solat dan makan siang kita balik ke jakarta. Sempat berhenti di KM 97 buat pipis dan beli oleh2. Tahun depan kira2 masih ikut lagi gak ya? Hehe. Alhamdulillah yang jelas senang sekali bisa jadi bagian dalam compic kali ini. 



view didepan hotel yang bikin mata seneng
Trimakasih ya panitia yang udah repot nyusun acara dan kantornya ayah yang sudah kasih kita liburan satu malam. Bravo!
Continue lendo

Sunday, September 22, 2013

Puncak Getaway (2)

Cerita sebelumnya ada disini.

Rencananya balik kejakarta abis makan siang, skalian nungguin jadwal jalanan dibuka khusus buat kendaraan ke arah jakarta. Kalo mau ngabisin wiken dipuncak better tau jadwal buka tutup jalan deh ya, jadi bisa meminimalkan kebetean karna kena macet parah. Cari digoogle ketemu deh info ini dari sini :
Sabtu: jam 09.00 – 11.30 satu arah ke puncak, jam 15-17.00 satu arah ke bawah (ke ciawi/jakarta)
Minggu: jam 09.00 – 11.30 satu arah ke puncak, jam 15.00-18.00 satu arah ke bawah (ke ciawi/jakarta)

Oke sip. Nah selanjutnya sekarang mau review hotel tempat kita nginep dan kegiatan sebelum pulang. 

3.      The Poencer Hotel

Setelah compare beberapa hotel untuk nginep disekitar cisarua, dipilihlah hotel ini. Dari gambar di web agoda kayaknya oke, harga apalagi. Oke banget! Kirain kita dapet best deal lah dari hotel ini.
 
Ternyata harga emang gak bisa bohong. Hotel ini agak mengecewakan setelah kita datengin. Harga memang gak bisa bohong yah. Tapi dari beberapa hotel dicisarua yang ada di web agoda, harga yang masuk budget kita ya hotel ini. Hotel yang lebih bagus lagi malah diatas budget banget. Jadi ya sudahlah terima saja.
 
Sebenernya tempatnya cukup oke, cuma lagi direnovasi nih hotelnya. Dan tempat renovnya pun deket kolam. Malesin gak sih? Makanya deh pagi besoknya sebelum sarapan saya udah mandi dulu karna mikir gak bisa berenang dikolamnya. Pun sama housekeeping kita dikasihtau kalo tukang udah kerja dari jam 7 pagi. Buset pagi amat! Kenapa gak dari jam 5 sekalian biar barengan sama ayam berkokok *bete*. Eh ternyata abis sarapan zikra dan ayah ngecek kolam tukangnya belom ada. Lha ini housekeeping gak bisa dipegang omongannya ternyata *pijat2 kepala*. Nyesel deh kenapa tadi mandi. Coba liat dulu aja ya? Walo tempat agak berantakan tapi masih bisa dipake sih poolnya. Tapi males kalo basah2an dan mandi lagi. Jadi sutralah direlakan saja kesempatan renang kali ini. Liat ayah dan anak2nya hepi, turns out hepi jugalah si bunda ini *cieh yang akhirnya hepi padahal sebelumnya ngedumel terus haha*.


Trus soal sarapan. Karna udah ngeliat keadaan hotel jadi gak menghayal bakal dapat sarapan aneka jenis. Dan emang bener sih. Sarapannya cuma ada nasi goreng, kwetiaw goreng, ayam goreng, omelet, roti tawar (dengan selai dan margarin), beberapa kue (croisant dan muffin) dan minuman (kopi, teh, jus orange dan air putih). Bener2 itu aja. Kecewa? Ternyata enggak loh. Karna yang saya makan enak semua. Nasi goreng+omelet+ayamhoreng enak, kue2 enak semua (asli sampe saya bungkusin buat anak2 ngemil dijalan haha). Kopinya juga cucok sama saya. Duile happy berat deh kalo urusan lidah dan perut sesuai selera.

Intinya adalah tidak berharap banyak sih ya. Hahaha. Alhamdulillah sarapannya juga cocok sama ketiga nenek, mereka suka sama makanannya. Ah senang sekali diri ini!

Sebelum pulang anak2 sempat main diplaygroundnya. Dan pemandangan sekitar dari hotel ini bagus ternyata. Sebelumnya gak begitu memperhatikan hihi.



Jadi kesimpulannya, kalo lagi gak direnovasi hotel ini lumayan jadi tempat menginap yang on budget.

4.      Hotel Royal Safari Garden dan Bumi Aki Restaurant

Kita ke hotel safari garden ini cuma buat main. Jadi tau hotel ini dari Motiq yang posting cerita disini. *makasih ya Motiq*. Bingung abis check out mau ngapain sementara kita pengennya makan siang di bumi aku puncak pas, akhirnya melipirlah kesini yang lokasinya gak jauh dari hotel kita.
 
Hotelnya bagus dan disini bisa pilih mau nginap di kamar hotel atau bongalow. Pengaturan dan tata letak nan ciamik bener2 bikin hotel ini cantik. Hotelnya bagus deh pokoknya. Eh udah dibilang tadi ya? Hihi abisan setelah liat2 jadi mupeng nginep disini. Waktu cek diagoda hotel ini ada, tapi bok lumayan harganya lebih dari 2x lipat kamar kita, mana mau dikali 3 kamar lagi haha *ketawa miris* *sayang uangnya mending buat jajan atau beli baju LOL*

Trus seperti yang Motiq bilang, disini emang banyak permainan. Ada outbound juga. Kedua anak kicik main farmer kart, mini golf (zikra dan ayah doang), mini train, trus nonton pertunjukkan burung dan anjing pintar bareng2 kita. Terakhir ditutup dengan mandi bola sementara kita gantian solat. Tiap naik permainan bayar 10ribu. Nonton pertunjukan dan ngeliat taman burung gratis hihi. Lumayan deh ngabisin waktu disini. Tempatnya adem, anak2 hepi .


yah kok udahan? gak bisa nambah lagi ya Om? *kuciwa anaknya*

mana ini oom-nya? *gak sabar naik minitrain* *saking sukanya sampe 2 kali naik*

yang sekali naik adek ditemenin sama bunda, uncu dan kima *sekalian bernarsis ria*



kelakuan!! kalo dibiarin bakal lompat itu *sigh*


nonton pertunjukan burung dan anjing pintar
Selesai dari sini kita beranjak ke bumi aki. Sebelum ini pernah makan disini sama temen2 kantor. Eh ternyata enak dan baca2 kuliner sekitaran puncak digugel resto ini termasuk yang banyak direkomendasikan. Jadilah kepengen ngajak uncu, nenek dan semuanya makan disini lagi. 

Agak macet ya siang itu karna disebelah udah panjang mengular antrian mobil yang akan balik ke jakarta. Kita mulai berangkat itu jam 2 siang. Masih sejam lagi itu jadwal buka-tutup dimulai. Jadilah jalanan udah macet. Harusnya sih gak terlalu jauh ke restonya dari hotel safari garden, tapi karna macet hampir sejam deh kita nyampe ke restonya.


Yang mana layak ditunggu. Ini view didekat meja kita.






Udah kelaperan banget lah ya nyampe sana. Beruntungnya tadi bawa perbekalan hehe *sujud sukur*. Bersukur nunggu pesanan gak begitu lama. Kita pesen 2 porsi sayur asem, 2 gado2, ikan bakar, cumi bakar, sop buntut, lalapan dan sambel cobek. 


Semua enak! Geng nenek pun bilang begitu. Ayah, uncu, anak2 dan ima juga semangat makannya. Kita sampe nambah nasi dan beberapa lauk. Yang diatas udah semua, awalnya mah ga ada yang 2 porsi. Sayang cumi bakar kelamaan nunggu jadi kita batalin tambahan 1 porsi lagi. Alhamdulillah perut kenyang lidah senang.

Jadi uci gak makan padang sama sekali nih? Ada dong pastinya, gak tega lah ya sama uci. Balik dari tsi kita makan malam di rm padang namanya Pondok Indah Raya. Kata uci yang asli padang disini enak. Nah! Bagus deh. Senenglah si anak ini karna liat emaknya seneng setelah makan malam itu. 

Kalo ditanya apa highlightnya? Bisa dibilang semuanya sih. Alhamdulillah semua dilancarkan dan dikasih sehat sama Allah. Namanya juga jarang liburan ke tempat lain selain pulkam. Pulang kampung tentu menyenangkan dan ngangenin, tapi kan itu tempat gede kita. Beda serunya dengan pergi ke tempat lain. All in all, alhamdulillahirobbil’alamin. Seems like we all had a good time. Semoga ada lagi yang berikutnya seperti ini *aamiin dalem hati sekusyu-kusyunya*
Continue lendo

Saturday, September 21, 2013

Puncak Getaway (1)

Hip hip huray. Alhamdulillah dikasih kesempatan menghabiskan waktu 2 hari di puncak bersama Uncu (adik ipar) dan Geng Nenek (ada Mama dan 2 Tante yang emang deket) dari pekanbaru.

Tadinya cuma mau ngajakin uncu liburan semalam yang tempatnya gak jauh dari jakarta. Trus mendadak ucinya anak2 kasih kabar kalo mau datang ber3 dan mau ikutan ke puncak sama kita. Beruntung kamar dihotel yang kita pesen masih ada. Jadilah kita pergi ramean. Mobil pas banget bangkunya keisi semua. Untungnya fatha gak pake carseat lagi, jadi muat semua. Cuma ya spacenya jadi maksimal banget karna ditambah barang segala. Full deh mobilnya hehe.

Alhamdulillah walo space mobil maksimal, semua sehat dan senang. Terutama si bunda ini yang jarang2 ketemu emaknya. Even jaman2 single sekalipun dan masih tinggal dipekanbaru, jarang juga jalan2 seperti ini. Makanya deh bisa pergi bareng uci, 2 nenek dan uncu ini seneng banget rasanya. Alhamdulillah. 

1.   Cimory Riverside
This was our first stop. Karna berangkat dari rumah jam setengah 8 dan cuma bawa kue2 ringan aja, rasanya gak nendang. Jadi niatnya sarapan lah disini. Baca2 reviewnya juga bagus. Restoran baru dan banyak direkomendasikan orang2. Eh uci agak kuciwa dong, malah nanya kok gak ke rumah makan padang aja? Haha kebiasaan deh uci. Masa jalan2 padang lagi padang lagi? Dari dulu sampe sekarang loh ini. Udahlah dipekanbaru makannya itu2 aja. Dulu banget waktu atok masih sekolah di malaysia, pas kita kunjungan atok jadi berusaha banget nyari resto padang demi memuaskan selera uci haha. Dan kalo gak ke resto padang, atok pasti nyarinya tempat2 yang masakannya mengarah ke selera minang. Hahaha *sungkeman sama uci*

Balik lagi. Akhirnya uci mau ikut ke resto ini. Hehe. Dan ternyata, ihhh tempatnya keren sekali yah. Indah banget view river dengan bebatuannya.


anak2, uncu dan kima langsung turun begitu kita dapat meja



 
Uci jadi senang mampir kesini, walo pas liat daftar menu uci manyun LOL. Lalu uci nanya makan apa ini disini? Si bunda ini udah takut uci gak bakal makan cuma minum jus aja, tapi beruntung ada nenek ar yang bantuin liat2 dan kasi masukan yang mana kira2 enak. Akhirnya uci pesan nasi goreng. Nenek yut mau bareng uci aja jadi gak pesan apa2. Trus nenek ar pesan mi goreng yang akhirnya dua makanan ini dimakan bertiga sama nenek2. Eh trus uci ngeliat pramusaji bawa fish n chip pesenan orang, lalu bilang mau pesan itu juga. Huahaha. Alhamdulillah kemajuan. Senang ih kalo liat uci begini. Karna uci biasanya seleranya mentok banget sekitaran makanan padang dan (beberapa) makanan melayu. Menurut uci nasi goreng dan fish&chip nya lumayan, tapi mi gorengnya gak begitu enak. Nenek2 juga nyobain es cincau kacang merah *lupa nama persisnya* yang menurut mereka enak. Lalu para anak dan cucu pesen cheese burger, 2 piring nasi goreng seafood, zuppa soup, jus strawberry dan es cincau kacang merah. Semuanya enak terutama cheese burger nya, puas makannya.





Selesai makan kita turun ke bawah. Ternyata ada playground geda disini. Wihh gila, betah banget deh disini. Langsung norak sendiri!










Ayah mulai bawel. Ini jadi mau ke taman safari gak sih? Apa batal aja? Ihh jangan dong Yah, kan anak2 mau liat hewan dan main2 disana. 

Jadi mari capcus ke taman safari kita. Sampe ketemu lagi ya sungai dan batu2. Yang jelas kalo main ke puncak lagi kita akan mampir kesini *officially addict*.


2.   Taman Safari Indonesia
Ini requestnya zikra. Perpisahan sekolah kemaren yang pergi jalan2 ke TSI berkesan banget buat abang, bolakbaliklah dia minta supaya pergi kesana lagi. Eh kesampean juga kemaren ini.

Yang seneng kemaren ini adalah fatha. Ini pertama kali fatha kunjungan dimarih. Waktu liat singa dan harimau sumatra, tiba2 berdiri dan nunjuk2. Udah deh rusuhlah mobil yang sempit itu.



Sayang karna kita nyampenya udah siang, jadi gak maksimal mainnya. Zikra masih pengen main di playground tau2 udah pada berenti main semua. Padahal tiketnya terusan tuh.  Gak papa ya nak.

Jadi kemaren setelah nonton binatang yang ada di zoo dan solat dulu, baru kita main ke playground. Lumayan deh waktunya buat 2 kegiatan ini. Zikra udah gak sabar banget dan begitu semua selesai solat, dia buru2 ngacir ke tempat yang dia inget dia senengin. Fatha pun gak kalah semangat. 

sok gak mau barengan kapalnya *okesip*
Yang seru ya pas kita naik ride dimana orang dewasa dan anak2 bisa naik barengan. Jadi bisa teriak dan ketawa bareng2 hihi.

ini lagi pada ngeliatin orang naikin gajah
entah apa namanya kayaknya sih kita naikin Planeride *ngarang*

 







Trus kita nonton show. Cowboy show, globe of death dan dolphin show. Mau nonton yang tiger show udah gak keburu. Sayang sekali zikra udah nanyain mulu. Itu juga yang dolphin hampir gak keburu, beruntung deh sempet liat jadi seneng juga anak2. 

Air terjun mini deket gedung cowboy show itu menarik banget deh. Buktinya adek langsung ngacir pengen main air. Dilarang biar celananya gak basah juga gak mempan. Sukses lah celananya basah semua. Tapi ngeliat adek kok seru ya? Akhirnya ikut2anlah kita main air juga. Haiyah!





 





Jalan sama nenek dan anak kecil kan gak bisa cepet ya. Jadi yang dapet disukuri, yang gak dapet belum rejeki berarti. Yang penting ga ada acara tantrum dan tangis2an adek, udah bahagia banget lah si bunda ini. Apalagi foto2nya banyak huahaha *ketauan narsis tingkat parah*, jadi yang ga dapet udah gak dipeduliin lagi. Bisa kumpul2, jalan2 dan foto2 udah precious banget lah. Alhamdulillah.

to be continued here
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates