Tuesday, May 28, 2013

Gak gede-gede

Bosen kali ya anaknya tiap diingetin buat ngalah sama adek alesannya itu2 aja. Alasannya selalu ‘kasian adek bang, adek itu kan lebih kecil dari abang.’

And once he replied ‘ini adek kok kecil terus, gak gede2 adeknya ini ya?’

*ngakak keliling dapur 10 putaran*

Err, bener juga sih si abang. Kali dia pikir kenapa sih ini adek kecil terus? Selalu dibelain terus. Kapan dong gedenya biar gak perlu dibelain lagi?  

Ya abis, gimana dong bang? Bunda kan bener juga selamanya juga adek itu akan selalu lebih kecil dari abang. Ih ini emak gak kreatip amat ya kasih penjelasan ke anaknya -___-
Continue lendo

Wednesday, May 22, 2013

Lain anak, lain cerita

Kalo diinget2 dari dulu sampe gede kayak sekarang, zikra ini sungguh anak yang manis. Memang ada masanya dia nguji kesabaran minta diperhatikan lebih, tapi rasanya gak pernah ada masa2 dia tantrum marah2 gak jelas yang gak kekontrol. Makanya waktu emak2 lain pusing ngadepin anaknya yang tantrum, bunda percaya gak percaya sih ya, tapi akhirnya percaya karna anak itu beda2. Yap jadi waktu itu bisa dibilang bunda termasuk yang beruntung, didn’t have to deal with that kind of tantrum thingy to zikra. 

So until fatha came with this issue. Ngerasa deh gimana capeknya ngadepin anak ngamuk. Belom lagi timingnya, fatha sering banget ngamuk waktu mau tidur. Biasanya ngamuk karna gak suka diajak tidur. Kalo dipikir2 kenapa yah karna beginian doang bisa ngamuk kejer rasanya gak masuk akal bener deh, tapi ya begitulah. It did happen many times! Dan kalo malam pas tidur dia kebangun, bakal nangis lagi dan gak jarang juga nangis pake ngamuk. Tebal muka ya tebal muka deh ya sama tetangga. Semoga pada maklum dan gak mikir yang aneh2 ngirain kita nyiksa anak sendiri. Gak bisa ya dek marahnya gak usah begitu banget? Bikin cemas dan kuatir ngeliat urat lehernya nonjol2 gitu. Takut banget ada efek2 yang gak diharapkan karna tantrum begini, semoga sih gak ada perkembangan atau pertumbuhan yang terganggu ya.

Bunda gak bilang kalo adek bukan anak yang manis. Kalo lagi gak tantrum adek juga manis sekali. Suka tiba2 datengin bunda trus nanyain ‘bunda ngapain?’ atau tiba2 suka datang dan meluk. Yes bunda kadang memang ngerasa direpotin dengan tantrumnya adek, tapi bukan berarti di abang ga ada kerepotan. Masing2 dengan kelebihan dan kekurangan masing2.

Oya ngomongin masa2 down selama jadi ortu, jadi inget kalo dulu si abang pernah gtm parah banget. Tingkat parahnya itu sampe membuat bunda sampe stres tiap waktu makan tiba. Bener2 segala macam daya upaya, bikin kreasi makanan, ganti suasana, you name it, tetep anaknya susah sekali makan. Gara2 ini juga waktu itu sempet deg2an mengira2 si adek bakal ngalamain masa2 begini juga apa enggak. Alhamdulillah walo kadang gak napsu makan, tapi si adek gak pernah gtm yang gimana banget kayak abangnya dulu. Gak sampe bikin emaknya stres tiap mau makan. Hihi. Ah trus satu lagi, inget banget dulu gimana sedihnya bunda waktu tau ujung saluran pipisnya zikra yang kecil banget yang membuat dia  harus ngeden tiap mau pipis bahkan sempet ngeluarin bercak darah, dan akhirnya ngikutin saran dokter untuk sunat dini. Alhamdulillah sudah terlewati dan anaknya sekarang baik2 aja. 

Balik lagi ke tantrum.

Intinya sih ya soal tantrum ini bunda percaya akan lewat dan selesai dengan baik, insyaAllah. Dan 1 catatan disini, tega dan kekehnya kita sama anak yang lagi tantrum bukan berarti kita gak sayang. Justru itu demi kebaikan dia. Semoga anak bunda baik2 aja dan bisa lebih baik ngatur emosinya.

Jadi, 
Lain anak lain cerita. Mudah2an si bunda makin kenal sama anaknya dan makin pinter ngadepinnya.
Continue lendo

Monday, May 13, 2013

Jangan marah maka Surga bagimu!

Hola! Been quite a while gak nulis2 disini. Mood ngeblog sementara ilang ntah kemana, padahal ngeblog itu harusnya bikin hepi kan ya? Baiklah baiklah, mari mulai lagi.

Mau cerita soal zikra kali ini. Berawal dari kejadian dimana zikra secara gak langsung diludahi sama seorang anak waktu lagi main di playground KFC jatinegara xtainment. Jadi diludahi gak langsung itu caranya si anak bawa2 sedotan pas lagi main trus niup2in orang disekitar dia sampe kena muncratan air liurnya. Memang bukan kekerasan fisik, tapi kalo anak itu lagi sakit kan kemungkinan bisa nularin sakitnya. Yang bikin agak kaget anak tadi berani loh nyemprotin bunda, sebelum akhirnya dia semprotin ke zikra. Langsung dikasihtau kalo itu gak baik dan manisnya ternyata anak itu nurut sambil manggut2.

Nah jadi waktu di jalan pulang ke rumah diceritain deh ke ayah karna ayah gak liat kejadiannya. 
Trus ayah nanya ‘abang tadi dinakalin ya? abang marah gak?’
Kata zikra ‘gak, abang gak marah’

Ndilalah si ayah lagi datang isengnya, malah ngomporin zikra kalo ada yang nakal dipukul aja. Ni ayah kadang suka rada2, maksudnya sih bunda tau kalo dinakalin jangan tinggal diam aja. Lalu bunda berusaha ambil penjelasan yang lebih baik: kalo ada temen berbuat gak baik, dikasihtau bang kalo itu gak bagus, tapi kalo ternyata ada yang nakal banget sampe mukul2, boleh dibalas dengan mukul juga. 

Abis itu mikir, err bener gak ya ngajarin anak begini? Ah kenapa enggak, kan itu membela diri namanya. Pokoknya jangan sampe dia ditindas temennya seenak jidat deh *emak gak rela*

Gak lama setelah itu, zikra ngomong ‘la latop wa lakal jannah – janganlah kamu marah maka surga bagimu’

‘Eh apa bang?’

‘la latop walakal jannah – jangan kamu marah maka surga bagimu”

DZIGGG!!

Ih abang, bunda dan ayah berasa diskak dan ditampar ditempat. Maluuuuu!! Ternyata anak 5 tahun ini jauh lebih baik dan lebih mulia dari orangtuanya yang sudah hidup 30an tahun. Subhanallah *nangis* 

Apa yang tadinya adalah obrolan santai dan ringan, langsung berasa berat dan bikin speechless. Dicek deh hadisnya, ternyata bener, cuma lafaz zikra masih kepeleset. Harusnya bunyi hadisnya ‘LA TAGHDOB WALAKAL JANNAH, jangan marah maka surga bagimu’. Ok then, we'll fix it later ya bang soal lafaznya. 

Here it is, a lesson from your kid, bunda!  

*terimakasih ya abang :)*
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates