Thursday, November 27, 2008

bunda nakal

bismillah

alhamdulillah, zikra udah lumayan sekarang. walo masih ada sesekali batuk dan pileknya. muda2an bisa pulih gak lama lagi biar bisa segera imunisasi campak.

sekarang bunda mau cerita tentang zikra. zikra tu ya sekarang hobi banget rebutan barang sama bunda, hobi ngeliat cicak ampe gak berkedip matanya, sama satu lagi hobi mencetin semut di lantai *duh*. trus balik ke rebutan barang sama bunda, semua yang bunda pegang mau dipegang juga sama dia. barang yang berhasil dipegangnya gak boleh diambil sebelum dia bosan. kalo enggak, siap2 aja dengan teriakannya. untuunngg.. kamar kita di belakang nak, kalo enggak bisa dateng orang2 ke rumah ngirain bunda ngapain anak bunda aja *ngurut2 dada*. gak boleh dipegang deh tu yang udah jadi mainannya.

jadi ada buku yang lagi bunda baca sekarang ini. zikra demen banget sama buku ini. mungkin karna warnanya yang cerah makanya dia suka. ini buku dikasi sama sepupu bunda pas bunda hamil zikra dulu. dah lama banget ya? saking lamanya makanya bunda berniat nuntasin ini buku. eh sekarang, jangankan liat bunda baca buku, dari jauh aja dia dah tau kalo itu mainannya. langsung dikejar sampe manjat nungging2 pun dia jabanin. zikra zikra.. heran bener apa yang dia mau mesti dapat kayaknya. gak bisa banget liat buku itu.




nah tu liat deh komiknya. saking gemesnya kadang bunda isengin juga anak bunda ini, sampe nangis hihi:p abis gak tahan buat gak ngusilin. nakal bener yak si bunda ini? hehe.. zikra kan kadang jadi mainan juga buat bunda, jadi hiburan. ini nih yang bikin bunda betah banget di rumah *selain internet juga tentunya huehe* maapin bunda ya nak, kalo nanti zikra baca postingan ini, ini adalah salah satu bentuk keusilan bundamu hehe:) susah ya punya emak usil?:p
Continue lendo

Friday, November 21, 2008

anak GTM + sakit = stres + sedih emaknya

bismillah

ibu mana sih yang seneng kalo anaknya gtm dan sakit? gak ada pastinya. yang ada malah stres dan sedih berkepanjangan.

nah inilah yang terjadi sama bunda belakangan ini. sakitnya zikra udah 4 hari belakangan, sementara gtm-nya udah hampir semingguan. tadi malam dibawa ke dokter akhirnya. tadinya badannya sempat panas (sampe 39'), tapi udah gak lagi. cuma batuk dan pileknya tambah parah. memang di rumah pada sakit semua. bunda nyerah sama hometreatment, kaya diuapin, dijemur dan makan yang banyak. zikranya udah keburu rewel seharian kemarin. bawaannya kuyu, matanya agak merah dan berair. dianya pun mewek terus dan maunya digendong terus. gak tega bunda ngeliatnya:( muntah udah beberapa kali tapi gak ada lendir yang keluar. mungkin ada tapi sedikit. kebayang kan gimana pusingnya pas anak sakit dianya susah makan pula? pas lagi butuh2nya banyakin nutrisi buat ningkatin imun badannya, dianya malah susah makan. duh bunda pusing banget muter otar dan ningkatin kualitas sabar belakangan ini.

bunda sih tetap berusaha gimanapun caranya biar ada makanan yang masuk ke tubuhnya. bunda jabanin deh setiap waktu makan yang kadang sampe 2 jam lamanya. itu pun gak sampe abis. dengan banyak hiburan jadi badut, ngamen sana sini, niru suara binatang, jadi story teller juga.. wah pokoknya apapun juga deh. memang bunda sempet stres dan kesal juga gara2 zikra bunda ini susah makan. bunda kan juga manusia, bosan dan capek pastinya. tiap waktu makan tiba bunda mikir 'wah perjuangan panjang lagi nih..' tapi ini lah cobaan jadi ibu yang harus dijalanin. siapa lagi yang berusaha kalo gak orangtuanya sendiri? mau anaknya makin sakit? ya enggak lah. dan jangan sampe juga zikra nanti trauma dikasi makan sama bunda gara2 bunda galakin karna gak sabaran. duh alhamdulillah masih bisa sabar kalo inget ini.

dan akhirnya kesabaran itu berbuah juga. bunda yang udah mati kutu mikirin menu anak bunda ini akhirnya mendapatkan jawaban. alhamdulillah:) dengan menu ini zikra yang gtm akhirnya kemarin mulai normal lagi nafsu makannya. makannya lahap habis tak bersisa. cuma ya dengan beberapa gaya karna dia masih rewel karna sakit. dengan digendong dan diajakin cerita. tapi intinya dia M
AU makan dan lumayan cepat, apapun gak jadi masalah.

nah ini bunda share menunya zikra. di zikra sih mempan buat dia mau makan lagi. mungkin zikra memang lagi bosan sama menu sebelumnya. intinya disini adalah beras/nasi yang bunda ganti jadi kentang. memang nasi mengandung lebih banyak kalori, tapi kandungannya kan sama dengan kentang, sama2 ada karbohidratnya. cuma rasanya otomatis jadi beda kan?


tim kaldu kentang

rebus ayam/ikan/sapi dengan air secukupnya selama kurang lebih 15 menit


di wajan lain rebus kentang dengan sayuran (brokoli/wortel/bayam) dengan irisan baw
ang putih, bawang merah/bombay, daun bawang, seledri dan jahe. untuk zikra sekali makan porsi kentangnya 1 buah yang ukuran agak gedean. untuk sayur disesuaikan kira2 setengah porsi kentangnya. bisa juga ditambahkan dengan tempe/tahu/kacang merah semaunya.

setelah matang semuanya, blender ayam/ikan/sapi dengan
air kaldu dari kentang sayuran tadi. setelahnya baru dicampur dengan kentang dan sayurnya, blender lagi bersamaan. ini supaya daging tadi bisa sama kekasarannya dengan kentang dan sayurnya. lama blender keseluruhan disesuaikan dengan kebutuhan (kemampuan makan si bayi), kecuali jahe tidak ikut diblender.

terakhir siapkan wajan dengan air kaldu dari ayam/ikan/daging. masukkan 1/2 porsi telur ayam kampung plus margarin/keju parut. aduk telur sedemikian rupa sehingga ada teksturnya (atau halus sekalian). setelah matang masukkan hasil blenderan ke dalam wajan ini. jerang sebentar, tuang ke wadah dan sajikan hangat.

--

sehabis dari dokter, bunda lumayan lega. abis ngeliat dia seharian kemarin gak semangat dan mewek terus, bunda jadi takut zikra kenapa2. tadi pagi sempat muntah lagi yang alhamdulillah akhirnya keluar juga itu lendir2 jahatnya. tadi malam ditimbang bb-nya berkurang 100 gram jadi 7.9 kg, sempat sedih juga tapi gak papalah. mudah2an bb-nya bisa dikejar lagi secepatnya.

cepat sembuh ya bunayya. moga-moga nanti mau lagi dengan nasi ya sayang. mudah2an Allah selalu kasih kita kesehatan, lindungi kita dari mara bahaya amin.
Continue lendo

Tuesday, November 11, 2008

9 bulan, nasi lembek dan berdiri:)

bismillah

wah posting bunda kali ini kelamaan didraft (hari ini 13/11). brubung baru mulei pake spidi jadi susah ngaplod video, jadinya mejeng didraft ampe 2 hari hehe.

gak berasa ya hampir tiap bulan nulis beginian sekarang udah itungan ke 9 aja. zikra emang udah 9 bulan (11/11). bunda liat duh.. apa iya dulu zikra ada di perut bunda. kok gede banget? haha ya iyalah anak bunda kan udah 9 bulan, ya tumbuh makin gede dong. emang punya anak bener2 kebahagiaan luar biasa. lagi ribut sama ayah.. ngeliat zikra jadi langsung feeling guilty. dengan polosnya dia ngeliat ayah bundanya berdebat. alhamdulillah bunda yang mau tereak jadi redam ngeliat zikra merhatiin kita. marahnya bisa ketahan paling enggak, jadi adem:) hahaha bunda kok jadi curhat colongan sih disini?hihi..




back to zikra, alhamdulillah banget bulan ke-9 ini is the greatest milestone he ever achieved. umur 8.5an mulei bisa ngerangkak, beberapa hari udahnya (2 days exactly) bisa langsung berdiri. wah kebeneran deh kata orang kadang anak bayi tu gak bisa ketebak. bagi bunda ini kayak miracle aja deh. ok deh di list aja biar singkat yah..


1. udah mulai makan nasi lembek. pertama coba sengaja dibanyakin airnya, jadi kayak berkuah gitu. porsinya? jadi lebih sedikit sih, tapi selama makan mulutnya mangap terus setelah nasinya diemut2 dan ditelen. mangapnya itu minta lagi, jadi makannya lumayan cepat lah. tapi cepat selesai juga, mungkin cepat kenyang kali yah. nasinya disembur2in sama dia, pertanda kenyang. kalo dipaksa yang ada zikra malah ngamuk tereak2 hehe. alhamdulillah gak muntah. yah mudah2an bb nya gak turun karna porsinya jadi lebih sedikit:(
2. ngerangkak udah laju banget. dari ruang makan bisa masuk ke dapur ato kabur ke dalam kamar. beneran jadi area bermain deh seputar ruangan itu.
3. udah berdiri walo masi blum lama, dengan pegangan tentunya. udah mulei nungging tinggi banget kayak mau berdiri gitu tapi akhirnya duduk juga karna blum bisa hehe. oiya akhirnya zikra dibeliin baby walker buat latian jalannya. selain buat aman kalo minannya lagi ngapain2 di dapur sementara ayah bunda kerja, lumayan juga buat ngelatih kakinya. nah sekarang dengan baby walker ini zikra bisa keliling rumah. jalan dengan ruang satu ke ruang lain dengan celoteh ala zikra.
4. celoteh zikra masih gak jelas:( dia celoteh tapi mulutnya ditutup gitu. jadi ngomong tapi mingkem. nah gimana coba? bunda pikir zikra pendiam, abis biasanya bayi kan umur segini udah pinter ngomong 'maam' ato 'neenn', nah zikra masih belum bisa. tapi ternyata gak pendiam juga karna kalo diperhatikan dia lumayan sering bergumamnya. jadi bunda sabar aja deh. mungkin zikra masih belum mau usaha buat ngomong, cukup puas dengan bergumam saja. ntar dibawah ada video zikra yang lagi ngobs bareng ayah, zikra lagi gak jelas hehe:)
5. mandinya udah duduk di kursi dan pake air dingin. sejak pindah ke rumah ini, zikra resmi ninggalin bak mandi bayinya. langsung duduk dikursi di bawah pancuran kamar mandi. awalnya masih pake air anget, pelan2 bunda latih pake air dingin. mulai dari bilasan terakhir sampe sekarang startnya udah air dinging. kecuali kalo hari lagi ujan sih, mandinya tetep air anget.
6. giginya sampai saat ini udah ada 6 yang nongol. 4 diatas dan 2 di bawah. alhamdulillah kegiatan nen sama bunda masih lancar.
7. makin gak bisa diam, maunya gerak terus. terutama pas acara pake/ganti baju dan ganti popok/diaper. harus sabar2 makeinnya, itu aja udah adu tenaga sama zikra yang ternyata kuat banget. gila ya how come bayi bisa sekuat itu?
8. minumnya udah makin jago pake gelas. dah makin dikit yang tumpah. alhamdulillah ya nak..

oiya nih video zikra lagi ngobrol bareng ayah, bunda ambil dimalam ulbulnya sebelum zikra tidur:)



gitu deh perkembangan anak bunda. moga2 besok2 bunda gak telat lagi bikin postingan ulbul ini ya sayang. 3 bulan lagi mau ultah. waktu serasa terbang, beneran deh. sehat selalu sayang.. semoga Allah selalu menjaga dan melindungi zikra amiinn.

Continue lendo

Sunday, November 09, 2008

meal time! :)

bismillah

zikra makannya udah mulai mud2an nih. udah bosen kali ya dengan rasa bumbu yang itu2 aja. bunda harus nyari resep baru nih. bumbu yang biasa bunda pake itu bawang merah+putih, daun bawang dan seledri. lagi mikir mau kasih ketumbar, jahe dsb tapi gak tau nyampurnya gimana secara si bunda gak ahli masak. suggestion anyone?:) kalo yang biasa bunda pake itu kan udah umum banget, makanya bunda tau nyampurnya:p nah kalo yang lain lagi, bunda belum tau nih. ntar yang ada jadi aneh rasanya kan gak lucu. duh puyeng juga.. mesti googling2 nyari resep baru kayaknya..

sekarang zikra ada 2 kali waktu ngemilnya. pagi dan sore/malam. kalo pagi waktunya setelah bangun tidur sebelum makan pagi. ini biasanya biskuit setengah sampe satu keping. ngasinya dikit2 karna takut malah nyisa. biskuitnya dipegang sendiri sama zikra. jadi terserah dia kapan mau dimasukin ke mulutnya. kadang pake acara jatoh juga kalo dia lagi tertarik sama sesuatu jadi lupa sama biskuit di tangannya hehe. nah ini dia videonya, check it out:)



nah kalo sore/malam ngemilnya buah, waktunya sebelum/sesudah makan malam. sekarang ngemilnya barengan bunda hehe. tiap bunda lagi ngemil mangga/pepaya/jeruk, zikra juga ikutan sama bunda. bunda potong kecil2 trus disuapin ke mulutnya pake sendoknya dia. kalo jeruk bunda ambil sarinya aja. duh dia demen banget. sampe dibukain mulutnya lebar2 pertanda minta lagi. kenapa bunda gak blender aja buahnya? nah ini dia.. selain karna giginya udah ada 6 biji, jadi bunda berani kasih makanan yang lebih kasar. mungkin karna lebih kasar dari jus biasa juga makanya dia lebih seru makannya. selain itu, zikra tuh suka banget ngeliatin bunda makan sambil melet2in lidahnya. kayak pengen gitu. gak pas bunda ngemil aja, pas bunda makan berat juga. nah kalo pas makan berat kan bunda gak bisa ngasi ke zikra, pas ngemil buah inilah momennya. zikra dan bunda ngemil bersama, saling berbagi *duile bahasanye* hehe:) jadi kloplah.. sekalian buat latihan makan makanan yang lebih kasar. bentar lagi mau bunda coba kasi nasi lembek aja buat coba2 pas umur 9 bulannya zikra. mudah2an zikra gak masalah. biar cepet bisa makan makanan rumahan bareng kita:)


itu videonya zikra lagi makan mangga sama bunda. pas banget bunda bisa dapet momennya dia lagi nganga minta mangga lagi hihi:p bunda lagi seneng2nya videoin anak bunda nih. selain untuk ngobatin rasa rindu mamasho-nya zikra yang ada dipekanbaru, juga karna anak bunda lagi lucu2nya.. menurut ayah
bunda tentunya hehe:) love you sweetheart:)
Continue lendo

Sunday, November 02, 2008

Alhamdulillah, kelar juga...

bismillah

malam minggu lalu kita udah ngelaksanain sukuran ala kadar dirumah ini. cuma ngundang jamaah masjid depan rumah aja sih sekitar 35an orang. insyaAllah nanti kalo ada rejeki lagi baru deh bunda dan ayah ngundang temen2 kantor ngeramein rumah kita. bunda liat sejak sukuran kemarin malam zikra jadi antengan tidurnya. alhamdulillah moga2 berkah:) jam 9 udah pasti bobo. tadi sih jam 9.15 padahal sebelumnya baru bangun tidur itu jam setengah 8nya. dikasih nen trus makan eh jam 9.15 blas lagi tidur sampe sekarang hehe.

cerita soal sukuran kenapa kita maksain ngadain secepatnya padahal depan rumah masih berantakan banget alias blum beres juga, karna zikra beberapa malam kemarin suka agak gelisah gitu. ya pas bangun ato pas tidur. rumah ini kan udah 2 bulan kosong. kata orang2 tua itu gak baik. jadi harus 'dihangatkan' gitu biar penghuni rumah yang baru pindah ngerasa lebih tenang dengan cara berdoa bersama. bunda sih gak ada masalah sama sekali, biasa aja rasanya, cuma ya ngeliat zikra begini makanya kita jadi berpikir-pikir. niat ngadain sukuran memang ada, tapi ya nanti setelah rumah beneran selesai. ayah bunda sih udah ngaji tiap hari insyaAllah. cuma menurut uci atuknya zikra, kemungkinan ada yang bikin zikra ngerasa gak nyaman dirumah baru ini. dan katanya anak kecil bisa ngeliat inilah itulah.. percaya gak percaya yah. dibilangin begini bikin kita jadi gak tenang juga kan? dan yah ini semacam ikhtiar kita lah ngadain sukuran di awal dan berdoa bersama mohon ketenangan dan keberkahan dari Allah, hasilnya cuma Allah yang menentukan. moga2 berkah ya Allah aminn.

mumpung uci disini jadi bisa bantu2in bunda deh nyiapin sukuran. biasa banget sih, cuma ada besek alias nasi kotak dan kue2 ringan. secara kita gak ada barang pecah belah yang mau dipake, ya udah biar gak ribet pesen nasi kotak aja beres hehe. bunda juga baru pertama kali nih jadi tuan rumah. biasanya kalo dulu uci ngadain acara beginian, bunda mah bantuin ngabisin makanannya doang hehe. walo ada uci gak mungkin dong uci bunda repotin buat bikin menu yang lumayan heboh, makanya cari cepet dan simpel aja. lagian uci kesini pastinya kan mau ngeliat dan main sama cucunya. jadi deh ala kadarnya yang penting hajatan terlaksana:) cuma ya yang bikin bingung yang dateng hajatan kita kok bapak2 semua, gak ada ibu2nya. ya sudahlah gak papa, bunda liat yang dateng ke mesjid disini juga laki2 semua, gak ada jamaah perempuannya solat berjemaah. beda tempat beda cara deh:p

hari ini zikra udah mulei bisa berdiri sendiri. beneran hari ini perdananya, tepatnya tadi siang. bunda orang pertama yang menyaksikan *horayy* karna zikra berdirinya manjatin kaki bunda yang lagi baringan. 2 hari lalu *eh apa kemarin yah?* zikra baru mulei lancar ngerangkak 5-7 langkah ke depan eh tau2 tadi siang pas main ditempat tidur, dia manjat ke badan bunda, berlutut trus berdiri deh. what a surprise:) beneran bikin kaget, soalnya baru kemarin tambah lancar ngerangkak, eh hari ini udah berdiri. ayah juga excited ngeliat perkembangan zikra hari ini hehe. baru sebentar sih berdirinya, sekitar 2-3 detikan lah. tapi tadi sore zikra bunda tatah udah nyampe 10 detikan bertahannya jalan tatah ke depan. hehe... usaha terus ya nak, moga2 bisa cepat jalan biar ntar bunda ajakin jalan2 sama ayah:)


(updated on Nov 3)



oiya, itu rekamannya zikra kemarin waktu baru lancar ngerangkak 5-7 langkah ke depan:) nanti menyusul video lainnya yang berhasil diambil insyaAllah hehe:)
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates