Monday, January 31, 2011

Zikra ke Fatha, antara cemburu dan gemesnya

Bismillah


Setelah kurang lebih 2 tahun 5 bulan menjadi pusat perhatian dan gak ada saingan, rasanya surprised banget zikra gak nunjukin rasa cemburunya diawal adenya lahir. Tapi mungkin dia cemburu, cuma mungkin gak keliatan dari luar. Belakangan, mungkin sejak ade fatha umur 4 bulan dimana si ade mulai lancar tengkurep dan guling2, si abang mulai menunjukkan tanda cemburunya.


Gimana sih bentuk cemburunya zikra? Kalo dia kesel karna bunda tegor gak boleh begini begitu ke fatha, dia pukul adenya. Kadang pake tangan, kadang kaki. Iya adenya ditendang, tapi pelan jadi gak nangis. Fatha gak pernah nangis memang kalo abangnya mukul/nendang dia. Jadi zikra gak pernah buat adenya nangis nih? Pernah! Dan ini bikin bunda miris banget. Dia ngegigit adenya!! Sampe berbekas dan fatha nangis sampe jejeritan. Pilu banget dengernya dan miris banget liat bekas gigitan abangnya dikulitnya.


Zikra pun dimarahin. Dari 3 kali dia gigit adenya sampe nangis, sekali pernah dia dipukul sama ayahnya sampe dia juga nangis. Ihh sedih banget bunda liatnya walo lagi kesel juga. Saking sedihnya liat mereka nangis berdua, bunda pun ikutan netesin air mata. Dilemma banget deh bunda. Kasian liat yang kecil masih bayi udah diperlakukan begini sama abangnya, semantara ngeliat ke si abang kasian juga karna dulu dia adalah segalanya. Yang bisa bunda buat palingan nyodorin nen buat fatha biar dia rada tenangan trus kasi pengertian ke zikra setelah dia reda dari nangisnya.


Zikra kalo kesel sama fatha pasti mukul/nendang kaya yang bunda ceritain barusan. Tapi dia ngegigit ini gak ada angin apa2, tiba2 aja gitu. Jadi bunda gak tau maksudnya zikra apa. Cemburu kah atau gemes? Bisa jadi dua2nya. Biasanya dia sayang sama adenya. Perhatian iya, diajak main iya, diajak becanda dan ngobrol bahasa dia juga iya. Nah mungkin ini salah satu cara dia ngajak main adenya tapi gak ngerti dan malah nyakitin adenya.


Kalo bunda lagi kesel banget sama zikra, sebisa mungkin bunda gak marahin atau nyakitin dia secara fisik. Bunda tinggalin sebentar, melipir kemana dan ngapain gitu biar reda. Tapi bunda juga gak munafik, karna bunda (tentunya) pernah marahin dia. Bunda pernah ngebentak zikra, bahkan mukul tangannya juga pernah. Yah abis itu bunda nyesal, dan (kadang) jadi ikutan nangis sama dia. Abis itu bunda minta maaf (yap bunda selalu minta maaf kalo bunda ngerasa nyesal) dan bicara serius 4 mata sama dia. Sejauh ini alhamdulillah gak ada drama karna gigit menggigit ini lagi. Smoga seterusnya.

Bunda selalu mengikutsertakan keduanya kalo bunda bilang sayang. Lagi bareng fatha, bunda ngomong 'Bunda sayang banget nih sama adek.. sama abang juga'. Tetep abangnya disebut walo abangnya gak ada disana. Atau sebaliknya kalo lagi bareng zikra aja. Pokoknya di bunda gak ada istilah berenti manjain anak, asal gak kelewat batas sih ya. Zikra masih suka minta gendong sesekali, biasanya abis mandi nih. Tetep bunda gendong (plus cium2 sayang juga) walo sanggupnya cuma sebentar hehe. InsyaAllah cemburu2nya bisa ilang karna tetap ngerasa disayang.


The art of motherhood. Sayang sama keduanya. Gak pengen mereka berdua nangis dan saling menyakiti. Pengennya mereka akur, saling sayang, support satu sama lain. Siapa yang gak pengen yah? Smoga bunda (dan ayah) bisa jadi orangtua yang baik buat kedua anak ini, amin.
Continue lendo

Wednesday, January 26, 2011

MPASI-BLW Perdana Fatha

Bismillah


Fatha kecilnya bunda udah makan kurang lebih 2 minggu. Lahap kah? Ganti pertanyaan, bisa makan kah dia? Ehehehe, yap proses belajar makan fatha bisa dibilang ‘lumayan oke’ dengan kecurangan disana sini tentunya. Di metode mpasi blw, bayi memang dibiarkan bereksplorasi dengan makanannya sendiri. Jadi bunda ada disana cuma untuk nonton fatha makan. Bener nih bunda cuma nonton aja? Hehe bohong banget kalo bunda bilang cuma nonton aja.


Mpasi fatha dimajuin sehari dari yang seharusnya. Jadi harusnya kan tanggal 9 hari minggu ya, tapi karna kepengen ayah juga nyaksiin 2 hari pertama (mumpung wiken tuh), dimajuan sehari jadi hari sabtu tanggal 8. Menu hari pertama: kentang kukus. Fatha didudukin di hichair, kentang ditaro dipiringnya diatas tray. And he’s ready to eat (setelah dibacain doa makan tentunya). Yang terjadi? Fatha lebih tertarik sama piringnya. Piring dipegang, digigit trus dilempar (untung cuma beberapa potong kentang dipiring, sisanya masih dipanci). Beberapa menit berlalu dengan mainin si piring, sementara kentang di piring (yang baru diambil lagi) gak kesentuh sama sekali. Emaknya gemes, akhirnya dikasihlah 1 potong kentang ke tangannya dan diarahin ke mulutnya. Kentang digigit agak gede, dikunyah dan mukanya pun mengernyit. Lucu banget ekspresinya. Hihi biasa cuma ngerasain asi doang sih ya nak? Abis ngunyah sebentar, fatha pun keselek (potongan kentangnya cukup gede emang), eh tapi surprisingly fatha bisa ngelepehin kentang tadi *phew, lap kringat*.


Gak putus asa bunda coba arahin lagi kentangnya supaya masuk ke mulutnya dan masuk sepotong kecil. Sukses dikunyah dengan lidah dan gusi trus ditelen. Ohh well, u did a great job son. Ayah sempet iseng disini, langsung nyuapin fatha dari tangannya (padahal udah tau gak boleh disuapin), kena omel deh sebentar sama bunda. Abis itu bunda inisiatip buat sebarin aja semua kentang di tray nya. Maksudnya biar dia lebih fokus sama kentangnya, bukan sama piring lagi. Baru deh kentangnya sukses diambil sendiri sama dia. Kentangnya pun disuap masuk ke mulutnya sendiri walo akhirnya keluar lagi karna kepotong agak gede dimulutnya.

Yah begitu deh mpasi-blw hari pertama. Gak banyak yang masuk memang, tapi not bad for a start, I guess. Jadi dari metode blw ini, bunda belajar beberapa hal:

  • Ternyata gak masalah mengenalkan makanan yang soft-cooked (bukan bubur) kepada bayi yang baru mulai makan. Hasil pengecekan pup fatha setiap harinya, alhamdulillah gak ada yang aneh2. Fatha pun pup teratur tiap hari. Awalnya sempet deg2an pupnya fatha bermasalah:p
  • Jangan takut anak keselek, karna anak bayi yang masih kecil pun bisa menghandle sendiri bila diberi kesempatan. Yang penting kitanya tetap tenang, insyaAllah aman2 saja.
  • Pake metode ini, bunda pun bisa nyambi makan. Jadi menghemat waktu banget tiap weekdays, gak perlu nyuap2in dia. Pokoknya maksimal makan 30 menit, biar dia juga gak sampe bosen. Kalo bunda lebih dulu selesai makan, fatha bisa titip minan (minta liatin aja, minan gak nyuapin), sementara bunda siap2 yang lain hehe.
  • Fatha tau banget kalo udah duduk di hichair berarti dia mau makan. Jadi dia selalu girang pas didudukin dan begitu liat sesuatu diatas tray langsung gak sabar pengen nyomot. Semoga terus begini ya nak.

Sekarang blw-nya fatha udah jalan 2mingguan. Fatha udah makan karbo dan sayuran, sekarang lagi pengenalan buah. Semakin hari genggaman tangannya lebih stabil dan mulai ngunyah lebih lama. Walo sempat males makan karna batpil kemaren, tapi 2 hari belakangan udah semangat lagi. Btw, ada perubahan dengan menunya fatha sebulan ini. Kemaren kan bunda rencana akan ngenalin brokoli dibulan ini, tapi berhubung belakangan bunda tau brokoli ini makanan yang tinggi nitrat (sama halnya dengan wortel dan bayam), bunda skip dulu sampe fatha 8bulan. Jadi ini deh menu baru fatha di bulan pertama dia makan (oiya, ada yang lain yang berubah juga karna disesuaikan sama kondisi biar enak aja hehe) *ketauan gak disiplin niyee nyehehe*

Bunda gak masalah mau makan berapa banyak, yang penting gak masalah berat badannya. Intinya selama BB fatha masih dalam perkembangan yang wajar, insyaAllah bunda akan terusin metode ini. Ya Allah, semoga Engkau ridhoi kami untuk terus pake metode ini, amin. Pliss, doain bunda dan fatha yaa.
Continue lendo

Friday, January 21, 2011

Sakit serius pertama Fatha dan abang Zikra yang ‘sok’ tua

Bismillah


Sebelum 6 bulan fatha sebenernya udah beberapa kali sumeng aka flu ringan (maklum, bunda orang sumatra nih) karna cuaca gak bersahabat atau ketularan abangnya, tapi alhamdulillah gak pernah serius dan paling lama 2 hari juga sembuh by asi.


Sekarang fatha sudah 4 hari sakit dan rada serius nih kayaknya. Karna udah mulai makan jadi kayaknya lebih mungkin kemasukan virus lewat makanan kali ya:( Cara biasa yang ditempuh, perbanyak asi, belum membuahkan hasil sepertinya. Batuknya masih kenceng dan flunya juga masih deres. Dan yang memperparah sekarang, fatha gak begitu semangat nenen. Dia lagi gak bisa diam. Sekarang diumurnya 6bulan 12hari, fatha udah mulai ngerangkak 1-2 langkah dan berhasil berdiri sendiri setelah manjatin ayah/bundanya. Jadi kalo suasananya gak hening, fatha gak mau nenen. Pasti maunya sradak sruduk. Dan mungkin juga karna pernapasannya yang tersendat bikin dia ogah nenen. Selain (berusaha sebisa mungkin) kasi asi yang banyak, bunda juga udah uapin fatha (caranya: naro air panas dibaskom, tetesin minyak kayu putih/telon trus ditaro deket fatha duduk. Ulang berkali2), sedot ingusnya pake nose cleaner, tetesin breathy kala dia sepertinya lagi susah napas plus balurin dada+punggungnya pake Transpulmin BB.



Sepertinya virusnya masih kuat dan betah tinggal dibadannya. Uci dari pekanbaru dateng hari rabu kemaren, dan yep, tiap sebentar ngerecokin bunda buat ke dokter. Ya Allah, bukannya bunda gak sayang fatha, tapi bunda pengen yang terbaik buat dia. Biar dia bangun sistem imun sendiri dulu mumpung masih seger kayak biasa, tapi uci keep reminding me to take fatha to the doctor asap. Dibilang bunda tegalah, gak sayang anaklah, hiks sedih banget kalo udah dikatain begitu. Tapi ya sudahlah, sama emak sendiri ini gak usah masukin ati. Uci ternyata masih super panikan, hiks. Pusing 7 keliling deh.


Jadi uci berhasil membuat bunda berjanji, kalo sampe hari ini (hari jumat) fatha gak juga baikan, harus dibawa ke dokter malam nanti. Oke deh, sepertinya jadi nih ke dokter, fatha masih batuk aja. Buat bunda ke dokter gak masalah (orang dibayarin kantor ayah ini hehe), tapi minum obatnya yang masalah. Takut obatnya membawa dampak gak baik bagi tubuhnya terutama sistem imunnya. Bunda pengen fatha bisa melawan sakitnya sendiri, kecuali dia keliatan lemes dan gak aktif seperti biasanya. Memang batuknya mengganggu pendengaran uci banget. So I promise myself, till that medicines is seriously needed, I’ll keep them save (out of range). Anak bandel yah bunda ini, tapi bunda cukup fair ahh. InsyaAllah yang bunda kasi memang yang terbaik buat fatha. Bunda gak parnoan kok sama obat. Kalo anaknya memang kliatan perlu, ngapain bunda ngotot mau sok2an bisa sembuh sendiri pake asi? Pokoknya ngeliat tingkah laku fatha aja.


Ada apa dengan abang zikra? Yah gegara si abang ini deh si ade jadi ketularan. Si abang yang memang kmaren abis batpil serius (sampe rewel banget dan ended up with antibiotik) gak bisa banget dijauhin dari adenya. Kalo dijauhin jadi nangis2 dan rewel banget (sampe tereak2), bikin parno emaknya banget. Yah pasrah lah bunda dengan hasilnya. Dan sekarang abang zikra udah mendingan, si ade malah yang sakit. Abang ngeliat adenya sakit jadi bantuin bunda ngerawat adenya. Tiap bentar ambilin nose cleaner biar bunda sedot ingusnya ade, sambil bilang gini ‘ga papa adek, ini bunda nih’ (harusnya ‘ini abang nih’ gitu ya), trus ngambilin baju ade buat dipakein ke adenya, bilang ‘ini bajunya bagus ni’ (maksudnya supaya bunda pakein ade dengan baju pilihan dia gitu). Tiap bunda makein si nose cleaner ke ade, abangnya slalu nenangin bilang ‘gak papa ade, gak papa ade. Itu obat tuh’. Gimana bunda mau ngejauhin zikra coba (biar udah mendingan tapi batuknya masih nyisa sesekali), dia manis banget ke adenya. Bunda terharu biru lah *emak lebay yes*


Indahnya menjadi ibu, alhamdulillah bisa ngerasain momen seperti ini. Cepat sembuh ya zikra dan fatha. Semoga kalian berdua selalu dalam lindungan Allah ya nak, amin, doa bunda dan ayah selalu.

Continue lendo

Wednesday, January 19, 2011

Setengah Tahun Fatha, Lulus Asi Eksklusif 6bulan

Bismillah
Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah, tanggal 9 Januari kemarin tercapai juga cita2 bunda menjadikan fatha ‘sarjana’ asi eksklusif. Hehe ‘sarjana’ itu sekedar istilah yang sering dipake buat bayi yang lulus asi eksklusif 6 bulan, bunda ngutip aja. Semua usaha bunda selama ini tentu dipermudah Allah, karna sekeras apapun usaha kalo gak diijinkan berhasil oleh Allah maka gak akan berhasil juga. Huhu terharunya karna bunda berasa dimudahkan banget oleh Allah, alhamdulillah.
6 bulan, artinya saat pertama perkenalan dengan solid food. How was he doin? Not so well actually, tapi yep bunda juga gak expect banyak mengingat metode mpasi yang bunda pilih. Tapi yang pasti seru dong ah!! Diceritain dipostingan selanjutnya aja biar lebih detil dan gak lari dari topik ya hehe.
Yang jelas ditiap postingan ulangbulan pasti ada cerita milestone ya. Ada yang nanya kok bunda masih rajin aja update blog? Hehhe bunda sih biar fair aja, masa dulu zikra direkap milestonenya adenya enggak? Kan kasian si ade huhu. Tapi itu alesan ngeles sih, sebenernya bunda masih seneng aja cerita2 diblog. Disempet2in karna keadaan gak seperti dulu yang lebih lowong dengan 1 anak. Yang sering kelewatan sekarang itu blogwalking. Maap ya temen2 bloggers, sebisa mungkin bunda akan tetap BW kok, cuma mungkin frekuensinya skarang jadi kurang.
Nah back to topik, apa kabar dengan milestone setengah tahunnya (5m+) fatha? Wiii anak bayi bunda udah gede, makin lucuk dan makin pinter. Abang zikra aja makin seneng main sama ade fatha.
  • Pertama kali dibotakin, tepatnya tanggal 18 desember. Berarti fatha umur 5m9d. Smoga rambutnya tumbuh subur dan banyak ya nak hehe.
  • Lagi suka nungging, pasang posisi kayak mau push-up. Udah bisa angkat pantatnya hehe.
  • Udah ambil ancang2 buat ngerangkak. Posisi badan udah bener, badan digerak2in ke depan ke belakang, tapi BELUM BERGERAK merangkak hehe.
  • Walo belum ngerangkak tapi ngesot udah jago. Tinggal taro maenan diujung tempat tidur, fatha cepet banget nyampe ujung karna penasaran sama mainannya.
  • Didudukin di kursi udah steady, yang udah dipraktekin ya di high chair. Kalo duduk dibouncer, fatha maunya duduk tegak, gak sandaran lagi kecuali dia capek atau ngantuk.
  • Ocehan makin beragam, biasanya sih teriak ngikutin abang zikra. Bunyinya 'tatata’ 'yayaya' 'dadada', kadang sekilas nyebut ‘aya’, ‘ade’. Jadi bunda pun mentranslate ke ‘ayah’ dan ‘adek’ hahaha. Makin pinter ya ade ya.
  • Makin seneng ngusel2in yang bobo disebelahnya buat bangun nemenin dia, either itu bunda ato abang zikra. Cara yahud bikin bunda melek dan langsung senyum lebar:)
Ini videonya fatha *karna streamingnya saat posting ini lagi gak bener, bunda kasi linknya aja* yang lagi heboh mau ngerangkak tapi tetep cuma gerak di tempat hehe. Sampe skarang pun masih begini, cuma ngesotnya yang makin pinter.


Gak nyangka si bayi kecil udah setengah tahun aja. Alhamdulillah dikaruniai 2 anak yang sehat dan bikin dunia bundanya jadi semangat dan penuh warna. Biar masih pada kecil, tapi udah keliatan kompak dan saling sayangnya ade dan abang. Gimana gak makin cinta sama anak2 kitil ini.
Karna ini ulbulnya ade, bunda ucapin selamat dan barokallah ya sayang. So happy finally we made it ya fatha, asi eksklusif 6 bulan. Hurayy!! Makin pinter, sehat2 dan akur slalu sama abang zikra ya fatha ya. Luv luv luv.

Ps: makasi ya buat temen2 blogger yang udah mendoakan keberhasilan asix fatha dan bunda :)
Continue lendo

Friday, January 14, 2011

Resolusi 2010 (in review) dan Tahun Baru 2011

Bismillah


Ini postingan kedua di tahun baru 2011. Haha harusnya ini jadi yang pertama. Tapi karna kemaren fatha mau mulai makan, pikiran bunda kesedot buat nyari info sebanyak2nya persiapan makan fatha.

Sudah tahun baru 2011 saja, waktu seakan terbang. Semoga kita bisa manfaatkan waktu sebaik2nya yaa *bicara ke diri sendiri*. Semoga barokah Allah senantiasa ada buat kita semua (amiinn yang khusyuk). Trus, apa kabar resolusi 2010 yang dibuat tahun lalu? Review dikit ah keberhasilannya hihi.

  • Pengen dititipin anak perempuan dari hamil yang kedua ini’. Alhamdulillah gak nyesel banget dapet anak cowo lagi, yang penting sehat dan super lucu hihii. Cinta banget lah, namanya juga anak sendiri yah. Sama sayangnya ke abangnya juga, anugerah yang luar biasa. Insyaallah ya fatha yaa.
  • ‘Pengen ngelahirin normal lagi, kalo bisa ngerasain waterbirth’. Alhamdulillah yang ini pun tercapai, walo gak jadi waterbirthnya. Lahiran kali ini terasa lebih mudah dibanding ngelahirin sebelumnya. Ya wajar sih, bunda lebih banyak gerak dan olahraga sih dihamil kedua.
  • ‘Berharap sekali adenya zikra ini lulus asi eksklusif’. Alhamdulillah lagi2 kemudahan dari Allah yang memuluskan segalanya. Baru aja tanggal 9 januari kemaren fatha lulus eksklusif asi 6 bulan. Bunda pun diberi kesehatan sampai saat ini, gak ada rawat inap RS lagi seperti dulu zikra umur 4 bulan.
  • ‘Menjadi istri dan ibu yang lebih baik lagi buat keluarga. Indikatornya apa ya? Hmm lebih kompak sama ayah (jarang berantem) dan lebih konsisten ngajarin zikra (dan adenya) banyak hal’. In progress nih. Berantem sama ayah udah jarang banget, malah makin kompak ngurusin anak2. Tapi disiplinin zikra buat belajar dll, rasanya belum maksimal *sigh*.
  • ‘Lebih sering masak dan mencoba baking. Indikasi berhasilnya bunda adalah paling gak seminggu sekali ada hasilnya yang bisa dicicip bareng2’. Masak lumayan ningkatlah, baking? Jangan Tanya! LOL:))
  • ‘Masang kanopi buat tempat mobil di depan rumah, ganti model pagar dan ngebenerin taman. Bisa salah satu cukup oke, kalo bisa 2 atau ketiganya will be very great’. Ganti model pagar done! Benerin taman in progress (baca: taman udah dipercantik, tapi masih pengen ganti tanemannya). Kanopi belum kesentuh sama sekali ahaha *ketawa miris*. Hey, sukurin apa yang ada dulu kali ya hehe.
  • ‘Ngedekor kamar depan buat dijadiin kamarnya si calon ade. Plus kalo bisa, nambahin waterheater dikamar mandinya biar mandiin si ade gak perlu pindah kamar’. Boro2 deh, yang ada kita tidur berempat 1 kamar. Bundanya sih cemen, gak pengen tidur misah dari anaknya. Lagian budgetnya juga gak ada sih hahaha, udah kesedot dengan benerin tangga dirumah. Jadi proyek dekor kamar di switch ke ganti railing tangga biar lebih aman buat zikra yang doyan manjat.

Dari kemaren2 mikir mau ngapain ya di 2011? Apa yang mau ditargetin di tahun ini? Nemu satu hal yang penting! Suka miris sendiri ngeliat kebiasaan baru zikra yang demen buka kulkas trus nutup lagi dengan muka kecewa. Emang nyari apaan dia? Cemilan!! Yap anak bunda tumbuh jadi anak tukang makan. Dan emaknya gak suka liat dia jajan di luar. Jadi resolusi 2011 pun semakin jelas *wide grin*. Apa itu?

  • Nyicil peralatan basic buat baking (baca: mixer, penggiling adonan, dll), sehingga gak ada lagi alesan males bikin cemilan.
  • Karna anak udah 2, mau gak mau harus lebih disiplin lagi jadi manager keuangan keluarga.
  • Nambah investasi lagi buat anak2.
  • Pengen banget nyekolahin zikra di PG Islami yang kualitasnya bagus (kalo bisa sih gak gitu jauh dari rumah).

Ha! Sekian resolusi singkat di tahun 2011 ini. Bismillah, semoga semuanya dimudahkan Allah. Semangattt :)

Continue lendo

Friday, January 07, 2011

MPASI-BLW, Peralatan Perang dan Menu 6 bulan Fatha

Bismillah


Yap, posting mendadak! Why? H-2 jelang MPASI! I’m in hurry planning all this thingy huhu.


Bener2 demen waktu mepet nih emak satu. Ehm gak juga sih, sebenernya butuh waktu banget baca sana sini, nimbang2 menu dan mutusin metode yang akan dipake. Dan akhirnya setelah proses semedi dan diskusi sama ayahnya anak2, diputuskan lah fatha mpasinya pake metode BLW (Baby Led Weaning).


Sekilas blw sudah pernah bunda ceritakan disini. Keuntungan belum disebutkan waktu itu. Nah ini dia keuntungannya:

· Membuat waktu makan menjadi menyenangkan bagi si anak karna dibiarkan mengeksplor makanannya sendiri

· Membuat anak lebih cepat mandiri karna dari awal dibiarkan makan makanannya sendiri

· Mengurangi kemungkinan anak mengalami fase GTM (Gerakan Tutup Mulut)

· Mengurangi kemungkinan anak menjadi picky eater

· Alat perang yang diperlukan tidak terlalu banyak karena semua makanan dibuat model soft-cooked (rebus/kukus) dan tidak ada model puree/bubur sama sekali


Yah begitu teorinya (entah ya prakteknya hehe). Dan dari hasil baca2 pengalaman ibu2 yang udah nerapkan blw memang banyak benernya sih keuntungan diatas itu. Mudah2an berlaku juga buat fatha. Yang bikin bunda semakin yakin milih blw ini adalah karna bunda liat fatha sebulanan ini sukaaaaaa (saking sukanya) banget masukin segala macam barang yang bisa disentuhnya ke mulutnya. Kalo kita ambil dia pasti marah (nangis teriak2). Nah kan, demen masukin apa aja ke mulut ini kayaknya bakalan cocok sama metode blw, dimana bayi dibiarkan mengeksplor makanannya sendiri, gak disuapin. Tapi gak tau ya nanti prakteknya hihi. Semoga saja fatha makannya pinter dan doyan sama semua jenis makanan yang dikasi emaknya. Ahh gak sabar liat ekspresinya.


Persiapannya apa aja? Yah gak seribet nyiapin peralatan mpasi konvensional sih, dan Alhamdulillah barang2nya zikra masih ada yang bisa dipake fatha.

· Piring makan + sendok yang BPA free

· Training cup

· Bib bahan plastik

· Panci+sutil

· Kukusan

· Talenan+pisau

· High chair (punya abang zikra)


Kurang lebih itu sih, lumayan gak ribet ya hihi. Blender kalo sekiranya diperlukan untuk bikin kaldu2an udah ada dirumah. Tapi sementara ini kayaknya itu aja yang perlu. Yang penting basic2 udah ada, kalo ada yang kurang nanti menyusul. Namanya juga belum pengalaman dengan metode baru ini hehe.


Trus menu apa aja nih yang akan dikenalin ke fatha selama bulan ke 6 ini? Kalo tanya acuan bisa mengacu ke wholesomebabyfood. Tapi bunda gak terlalu ngacu kesana juga sih, survey ke pengalaman ibu2 di TUM juga. Yang akan dikenalkan ke fatha di 6 bulan ini berbagai jenis karbo, sayur dan buah (no protein and dairy for 6mos). Sengaja diurut dari non-sweet ke sweet. Istilahnya save the best for last hehe. Karna kan yang manis2 (ex: buah2an) cendrung enak ya ketimbang sayur dan karbo, makanya ditaro belakangan. Pilihan menu blw ini jadi terbatas karna cara masaknya yang dikukus/rebus, skip deh bubur gasol yang dulu pernah dikenalin ke zikra. Pilihan menu blw 6 bulan kurang lebih seperti ini:

Karbo: kentang, ubi-ubian (singkong, ubi jalar, ubi manis jepang, dll)

Sayur: buncis, brokoli, zucchini, labu parang/kabocha, butternut squash, kacang polong

Buah: pear, apel, papaya, alpukat, pisang


Dari pilihan menu diatas gak semua sih yang akan dikenalin ke fatha sebulan ini, karna gak cukup waktunya haha. Ada ibu2 pake metode blw ngenalin wortel kukus ke anaknya di usia 6 bulan ini, tapi bunda skip dulu . Alasannya sempet baca dari milis dan blog mpasirumahan katanya wortel mengandung nitrat yang tinggi (juga bayam). Aturan 3 hari tetep dipake, sama seperti metode konvensional, untuk melihat apakah makanan tersebut aman buat si bayi. Nah setelah pusing bolak balik ganti menu, bismillah, ini dia menu mpasi-blw 6 bulan fatha.

klik to enlarge


Semoga fatha suka semua dan gak muncul tanda2 alergi sama sekali sebulan ini (amin). Masukan sangat diterima yaa ibu2 (ofkors dong). Wish us luck yaa.

Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates