Tuesday, March 24, 2009

Tentang yoghurt dan Makan sendiri

bismillah

di usianya yang 13bulan+, zikra udah mulai doyan makan sendiri. kadang dia suka ngambilin sendok suapan makannya, dipegang sendiri trus dimasukin ke mulutnya. memang suka bikin berantakan, makanya bunda masih milah-milah apa yang kira-kira bisa dimakannya sendiri. kadang minumpun begitu. kalo minum pake magmag yang ada sedotannya sih aman ya, gak bakalan tumpah. tapi sekarang dia mau minum sendiri pake gelas. waks, bisa tumpah kemana-mana airnya kalo gak dipegangin dan parahnya lagi gelasnya juga bisa pecah karna di rumah adanya gelas kaca doang. emang kudu dibeliin gelas plastik buat zikra biar aman
.



jadi bunda mau pelan-pelan aja ngajarinnya. pertama-tama ngajarin makannya dulu yang dimulai dari yoghurt. kayaknya yoghurt bisa jadi salah satu media pembelajaran buat zikra latian makan sendiri. jadi pas waktunya makan yoghurt, bunda siapin 2 sendok. satu buat dipegang zikra, satu lagi buat bunda suapin dia. kadang bunda suka gak sabaran juga nih. secara kan fokus bunda yang ada cuma buat merhatiin zikra biar yoghurtnya gak tumpah, trus juga sibuk ngarahin sendok yang dipegang zikra biar masuk pas ke mulutnya, jadinya acara makan yoghurtnya jadi lama deh. sayang kan kalo tumpah, yoghurt kan gak murah hehe. mending masuk ke mulutnya daripada jatoh, ya gak sih? trus kalo udah gak sabar yang ada sendoknya zikra gak bunda isi yoghurt lagi, cukup sendoknya bunda aja yang terisi yoghurt buat disuapin ke zikra hehe.

ngomongin soal yoghurt ini, bunda dan ayah memang pecinta produk susu dari dulu. ya susunya sendiri, ya keju, tak terkecuali yoghurt. trus zikra baru-baru ini memang dikenalin makan yoghurt tanpa dicampur apa-apa lagi. biasanya dulu makannya dicampurin ke buah, itu juga gak sering-sering banget bunda ngasinya. kadang buahnya zikra bunda campur sufor. nah sejak tau kalo yoghurt ini boleh dimakan langsung (over 6mos actually pake yoghurt yang khusus untuk bayi tentunya, bunda telat nih taunya) dan kasiatnya yang bagus banget, bunda buru-buru deh ngajarin zikra makan yoghurt tanpa campuran apa-apa lagi. awalnya emang dia ogah-ogahan, dalam sehari 1 buah yoghurt petit miam yang 60 gr itu abis dalam 3-4 kali makan, hahaha lama banget ya? tapi itu duluuu, sekarang mah zikra bisa ngabisin 1 yoghurt baby yoplait yang 100gr dalam sekali makan saja. kemarin pas pilek-pilek, bunda tambah porsi yoghurtnya. 1 porsi baby yoplait dan 1 porsi petit miam, alhamdulillah cepet banget abisnya. udah mulai gila yoghurt dia kayaknya. dan senengnya lumayan manjur kayaknya. sakitnya gak parah-parah amat, cuma nafsu makannya yang jadi keganggu:(

yoghurt bagus buat bayi? kalo enggak, gak bakalan bunda kasih deh ke zikra. dan bunda juga udah banyak baca artikel tentang bagusnya mengkonsumsi yoghurt, salah satunya disini dan disini. jadi kalo bunda list keuntungan makan yoghurt bagi bayi khususnya, kurang lebih begini:
  • kebiasaan mengkonsumsi yoghurt sejak kecil akan membuat keseimbangan flora usus anak jadi oke, kesehatan usus terjaga, proses metabolisme lancar, serta kekebalan tubuhnya meningkat.
  • Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengkonsumsi 200 ml yoghurt per hari mampu mencegah flu dan membantu menurunkan demam lebih cepat.
  • yoghurt baik dikonsumsi bayi dan balita ketika terkena diare. konsumsi yoghurt akan meningkatkan jumlah bakteri baik (Bifidobacterium, Eubacterium, dan Lactobacillus) yang akan berperang dan membunuh bakteri jahat yang beracun di usus.
  • aktivitas bakteri asam laktat selama fermentasi susu menjadi yoghurt ternyata dapat meningkatkan kandungan gizi yoghurt. lebih dari 90% yoghurt bisa dicerna tubuh dalam waktu 1 jam setelah konsumsi.
secara umum, yoghurt dapat memperpanjang usia dengan menurunkan efek racun dari bakteri yang merugikan di usus. bahkan bagi orang dewasa bermanfaat dalam mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. sip banget kan? gak heran deh kalo bunda pro banget sama yoghurt dari dulu kala. tapi oh tapii.. baru-baru ini *tepatnya 2 hari yang lalu* bunda nemu artikel yang gak menganjurkan bayi dan orang sakit minum yoghurt ini. artikel ini diibahas diforum tepatnya februari tahun lalu. jadi baru-baru ini ada penelitian tentang yoghurt ini di belanda yang intinya tidak menganjurkan bayi makan yoghurt karna:
  • flora usus bayi belum sempurna. dengan makan minum yang biasa lambat laun bakteria yang ramah itu juga terbentuk. pada dasarnya, bakteri-bakteri yang ada dalam yoghurt juga ada di dalam usus manusia
  • yoghurt juga ada yang palsu. sering dipromo sebagai yoghurt buat bayi. ini juga tidak dianjurkan oleh pusat gizi dan makanan Belanda karna yoghurt palsu ini terbuat daru keju yang masih sangat muda lalu diberi perasa dan dicampur buah-buahan. banyak bayi yang justru alergi dengan keju muda.
nah kalo karna 2 alasan diatas bunda masih gak terganggu lah ya, karna bunda lihat zikra baik-baik aja BABnya. dan memang bunda gak main-main milih merk yoghurt buat zikra, baby yoplait dan petit miam itu memang banyak dianjurkan dimilis-milis. walaupun dari yang bunda baca juga, setelah usia setahun bayi udah boleh makan yoghurt jenis apa aja.

cuma yang bikin bunda geger adalah hasil penelitian itu yang bilang kalo dari
laporan-laporan pengguna yogurt pada orang dewasa, justru yoghurt itu menyebabkan sembelit, atau justru bisa menyebabkan diare. ada juga yang menyebabkan sepsis (keracunan Bakteri Laktobasillus) saat sesudah cabut gigi pada peminum yoghurt, yang akhirnya menyebabkan Bacterial Endocarditis (penyakit jantung karena infeksi) dan menyebabkan kematian.

Oh Tuhanku, plis deh. yang bener yang mana sih? so far bunda masih termasuk yang pro ya sama yoghurt. tapi to be honest aja, bunda juga jadi berkata-kata untuk ngasih yang banyak ke zikra. terutama in case zikra kena diare *amit-amit jauh2 deh* karna baca yang penelitian yang baru itu. sejauh ini sih, zikra oke-oke aja ketika sehari paling banyak konsumsi yoghurt 160gr pas dia lagi sakit. malah sakitnya gak parah-parah amat. maksudnya mau kasih yang terbaik buat anak,
malah takut jadi racun buat tubuhnya. yang jelas kalo ada yang aneh-aneh karna efek makan yoghurt ini, bunda gak akan mikir 2 kali deh buat stop konsumsi yoghurt buat zikra. setuju gak ibu-ibu?

Continue lendo

Tuesday, March 17, 2009

zikra's first step *updated*

bismillah

panjang umurnya zikra bunda hahaha. baru aja diomongin kalo bunda udah gak sabar liat zikra jalan sendiri, eh taunya kemarin siang zikra unjuk gigi ke bunda pas bunda pulang istirahat buat nenenin dia. bunda sangkain masih lama banget pertunjukan ini akan terjadi secara zikranya juga masih males berdiri sendiri. tapi gak tau ya, kadang bayi gak bisa ketebak sih.

jadi ceritanya wiken kemarin kita ke tangerang, ke tempat sepupu bunda yang lagi hamil anak kedua. sementara anak pertamanya yang pernah bunda ceritain disini udah 3 tahunan, aktif dan bawel banget. umur 2 tahun si rifqi ini udah bisa protes dan sering bikin orang gak abis pikir trus ketawa ngeliat tingkahnya. masa dia udah bisa bilang 'cape deh' waktu bunda nanya2 dia mulu waktu itu? coba zikra bisa ngomong begitu juga umur 2 tahun yah hehe *yang ada pingsan mulu kali bundanya* intinya bunda seneng lah bawa zikra kesana, siapa tau ada yang bisa ditangkepnya dengan cepat:p

nah kemarin itu si rifqi ini minta puterin dvd nidji ke mamanya. dia suka banget sama band ini *please deh bang!!*. lagu diputer, dia ambil gitarnya trus joget-joget kayak gitaris beneran haha. zikra yang ngeliat gak disangka-sangka jadi ikutan berdiri. ketularan semangat abangnya kayaknya nih zikra, ngeliat si abang jogat joget sambil nyanyi-nyanyi sekenanya. lama-lama berdirinya pun makin sering walo lebih banyak jatohnya. nah sejak itu tuh kayaknya zikra mulai mau berdiri sendiri lagi. walo gak sering tapi lumayanlah dan tiap berdiri gak begitu lama juga. yang bikin kaget, kemarin siang, begitu acara nenen selesai, kita kan main-main hp bunda. lantas zikra berdiri karna mau ambil hp bunda yang sengaja bunda angkat tinggi-tinggi. buat iseng doang biar zikra ambil hpnya. begitu mau nyampe tangannya ke hp, hpnya bunda pindahin. eh dianya gak sadar langsung ngelangkah mau ambil hpnya. dann.. 1 LANGKAH trus jatoh haha. waa akhirnya zikra MELANGKAH.. bunda seneng. adegan tadi pun berulang.. tetep 1 langkah dan jatoh lagi hihi.

cuma yaa masih jaranglah. malamnya zikra sempat jalan 2 langkah tanpa pegangan. itupun dalam keadaan gak sadar kayaknya. bunda pancing pake mainannya. tapi tetep, bunda senang banget hehe. paling enggak bisa laporan ke kakek neneknya lah haha, biar gak ditanyain mulu udah bisa jalan apa belom hihi. moga-moga makin cepat lancar deh ngelangkahnya:)

makasih ya sayang, udah bikin bunda bahagia. sehat selalu dan makin pinter ya nak:)

update:
3 hari pun setelah postingan ini bunda masih belum dapet momennya zikra ngelangkah. alhasil bunda cuma bisa ngerekam zikra yang berdiri dan jatuh lagi. padahal sebelumnya zikra sempat ngelangkah tuh. bunda udah lari ke kamar untuk ambil hp buat ngerekam tapi dianya gak mau ngelangkah lagi. udah beberapa kali begitu, telat mulu bundanya. jadi dalam satu kesempatan ngelangkahnya cuma sekali doang, begitu dia jatuh pasti gak mau coba lagi deh hohoho, masih males kali yee. nih dia videonya:)




Continue lendo

Wednesday, March 11, 2009

zikra 13 bulan

Bismillah

Anak bunda hari ini 13 bulan. Udah 13 bulan tapi belum bisa jalan hehe. Bunda jadi gemes, gak sabar, pasrah, campur-campur deh. Kalo usaha mah gak usah disebut deh, secara ni zikra juga gak mau diam. Bikin capek kita deh. Dia maunya grasak grusuk sana sini, merembet ke meja ke kursi, dorong-dorong baby walkernya dan semua yang bisa didorong dan ditariknya. Tak terkecuali kursi makan kita yang berat itu. Kadang baby walker nya dia dorong sambil setengah lari. Tapi kalo urusan berdiri sendiri tanpa pegangan makin jarang, kayak gak minat gitu.


Emang gak bisa dipaksain ya kalo anak belum siap, tapi ya ampun kadang bunda gemes setengah mati ngeliat dia dorong baby walkernya sambil setengah lari itu. Padahal itu jalan cepet banget kayak dah mantep gitu, tapi kok belum mau mulai ngelangkah sendiri sedikit-sedikit sih? Ayahnya zikra dulu umur 9 bulan udah jalan, bundanya sendiri umur setahun udah jalan. Kok gak nurun ke anak nya sih? hihi.. Nih, bunda upload videonya zikra yang lagi dorong-dorong baby walkernya itu.




Jadi gimana perkembangan zikra di usia setahun sebulannya?

  • Udah jago banget manjat, sat set sat set kayak lagi buru-buru banget ngejar apaan. Tadinya bunda ngeri ngeliatnya tapi ngeliat dia udah gape banget jadi cuek sekarang haha. Kursi tamu yang rada tinggi udah mulai bisa dipanjatnya.
  • Masih belum pede untuk jalan sendiri, tapi kalo berpegangan bisa cepet banget jalannya. Seperti yang udah bunda bilang, dia akan pede untuk jalan kalo tangannya nyentuh sesuatu untuk dipegang, setengah lari pun dia jabanin. Kalo sendiri tanpa pegangan? Malah makin jarang hiks:(
  • Makin suka berempati. Ngeliat ayah bundanya pura-pura nangis pasti langsung disayang-sayang sama dia *sebenernya ini udah mulai sejak 11 bulan sih*.
  • Makin pinter bangunin ayah bundanya yang lagi tidur kalo dianya udah bangun duluan. Dipencet-pencet badan kita sambil digeser-geserin badannya sendiri ke badan kita trus disayang-sayangin alias diciumin pipi kita. Manisnya anak bunda ini hehe..
  • Udah tau yang namanya foto (dengan frame yang digantung di dinding), tv dan lampu. Kalo kita nanya ntar dia nunjuk ke benda-benda itu. Kadang masih suka kebalik, tergantung mood dia lah.
  • Udah pinter gunain remote tv. Itu remote diarahin dulu ke tv nya baru dipencet-pencet. Siap-siap aja dia yang nguasin channelnya sampe dia bosan megangin remotenya *gak boleh diambil remotenya, kalo enggak dia marah*.
  • Udah mule ‘ngeh’ sama deringan telepon rumah. Udah tau aja kalo teleponnya bunyi berarti mesti diangkat teleponnya. Jadi kalo dibiarin pasti diangkat teleponnya trus ngoceh gak jelas sambil mencet-mencetin nomor. Tapi ngangkatin teleponnya masih kebalik hahah.
  • Mulai nangis kalo lagi manja pengen digendong trus kitanya pura-pura cuek. Nangis memelas gitu deh bikin gak tega ngeliatnya.
  • Kalo lagi pengen sesuatu dia akan usaha banget, dikejar kesana kesini. Kita sembunyiin juga dicari terus sama dia. Trus kalo udah ketemu dan gak kita kasih bakal marah dan tereak, tapi untungnya cuma sebentar, gak pernah yang sampe gimana gitu marahnya.
  • Udah mulai gak takut lagi sama orang yang baru kenal, kadang malah diajakin ngobrol gak jelas sama dia.
Untuk kosakata zikra memang belum banyak perkembangannya. Yang paling sering kedengeran baru-baru ini adalah 'enggak' tiap dia lagi nolak atau gak suka digimanain sama kita. Ada yang bisa kasih bunda saran gimana biar zikra cepat jalan? Diajakin titah udah, dibiarin dorong-dorongan baby walkernya udah, trus diinjekin ke rumput yang berembun kakinya di pagi hari juga udah. Yah kayaknya emang nunggu kemauan dia kali yah buat jalan hehe...

haloo, yang namanya zikra.. ayo buruan jalan dong nak, bunda udah gak sabar nih!! hehe:)
Continue lendo

Saturday, March 07, 2009

kebiasaan nonton tv zikra

bismillah

belakangan kebiasaan zikra nonton tv mulai bikin resah bunda. bunda perhatikan ya, zikra kalo lagi nonton kayak punya dunia sendiri. walo anak bunda ini masih suka main, gak melulu nonton tv juga, tapi kalo lagi fokus nonton pasti gak bisa diganggu.. yaa dipanggil atau ditanya ini itu. kita capek sendiri jadinya, manggil-manggil mulu cuma dicuekin sama dia, sampe tayangan yang dia suka selesai. kebanyakan yang dia suka itu iklan dengan lagu-lagu ringan gitu. trus kalo tvnya dimatiin, dia akan ngoceh-ngoceh gak jelas sambil nunjuk-nunjuk ke tv seakan nanya 'kok tvnya mati??' dan dia akan teruuss aja ngoceh sampai tvnya nyala lagi. duh! merisaukan bukan? memang setiap makan kita selalu ngedudukin dia di depan tv, biar sama-sama menikmati suasanalah. zikranya merasa kehibur sama suara dan gambar, yang nyuapin juga gak bosen karna ada hiburan. sebenernya intinya biar mamamnya zikra cepat habis.



kenapa bunda jadi worried begini? kemarin sepupu bunda yang lagi main kesini bilang kalo ada keponakan suaminya yang jadi autis karna keseringan nonton tv. memang ibunya sering meletakkan anaknya itu dihigh chair di depan tv, sementara si ibu sibuk berbenah rumah dan masak. serba salah memang, maksudnya kan biar si ibu bisa kerja beresin rumah dan anaknya aman duduk di kursi itu gak grasak grusuk sana sini karna gak ada yang jagain. duh kebayang gimana perasaan si ibu. moga-moga zikra jauh deh dari itu semua, bisa gila bunda:(

jadi karna itu bunda mulai googling sana sini. selama ini bunda mikir nonton tv bagus buat bayi, biar bayi lebih banyak tau suara, warna dan bentuk. tapi ternyata dari
info yang bunda baca kebanyakan SANGAT melarang kebiasaan nonton itu. bahkan ada yang nyaranin gak boleh nonton sama sekali. ada yang ngebatasin maksimal setengah jam dalam sehari. aduh bikin bunda senewen aja, bisa hampa rumahku tanpa tv sama sekali huhu. kalo ada yang mau liat lebih jelas, bisa dilihat disini, disini dan disini. intinya dampak negatif kebiasaan nonton tv bagi bayi itu kurang lebih begini:
  • - bayi jadi cendrung individual dan dari beberapa pengalaman, kemampuan bicaranya jadi terlambat. bahkan ada rekaman dalam bentuk video yang diklaim dapat merangsang pertumbuhan otak bayi malah dimungkinkan memperlambat perkembangan kosakata pada bayi.
  • - atensi anak tidak berkembang optimal. kilatan visual tv cepat sekali berganti, sehingga otak anak terbiasa terstimulasi dengan sesuatu yang serba cepat yang kelak akan berdampak pada kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan mempertahankan perhatian untuk mengerjakan sesuatu.
  • - membatasi eksplorasi anak. anak yang sering nonton tv biasanya suka meniru saja apa yang dilihatnya ditv dengan gerakan yang tidak kreatif, kaku, dan diulang-ulang.
jelek bener ya dampaknya. apalagi zikra memang blum banyak kosakatanya, bahkan masih sangat sedikit:( jadilah sekarang kita lagi membiasakan diri ngurangi jadwal nonton tv. kalo gak perlu-perlu banget, tv dimatiin. kecuali jam makannya zikra sih, hampir pasti tvnya selalu nyala. trus pas malam, tv tetep nyala tapi kita ganti channelnya yang banyakan beritanya. susah sih ya tanpa tv, kayaknya sepi aja gitu. yah pelan-pelan moga-moga kita bisa ngebiasain diri. dan sebisa mungkin kita juga gak ngebiarin zikra nonton tanpa diajakin bicara. jadi kalo dia nonton, sebisa mungkin kita kasi arahan yang diliatnya itu apa.

mudah-mudah bunda bisa ngajaga dan didik zikra dengan baik ya nak...
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates