Wednesday, September 28, 2011

Kidzania with Schoolmates

Bismillah

Ini adalah fieldtrip pertama sejak zikra sekolah disini. Trip ke kidzania ini program yang keren menurut bunda *denger2 bagus malah si bunda yang penasaran haha*. Jadi selain karna bunda yang emang pengen liat, zikra kebetulan juga lagi rewel2nya buat masuk sekolah karna udah kelamaan libur. Jadi deh bunda izin sehari dari kantor buat nemenin zikra kesana.

Pantesnya anak yang masuk kidzania ini menurut bunda minimal usianya 4 tahun sih ya biar bisa maksimal melakoni berbagai peran pekerjaan yang ada disana. Zikra ngabisin setengah hari (skitar 3 jam-an) disana buat keliling liat2 doang, sementara temen2nya udah nyobain pekerjaan ini itu. Jadi kemaren itu 1 guru megang 5-7 anak, nah khusus zikra ada 1 guru yang nemenin dia kemanapun dia pergi. Bu yani ini sabar banget nurutin kemana zikra mau, sambil terus bujuk ikutan ini itu. Dibujuk ikut jadi pemadam kebakaran, kan musti ngantri nunggu mobil sebelumnya selese bawa rombongan anak lain. Awalnya mau ikut ngantri, udah hampir nyampe giliran, dia keluar dengan santainya dari antrian. Antri lagi pekerjaan lain, eh keluar lagi sebelum sempat jabanin kerjaannya. Jadi deh kemana2 zikra ini, keliling2 aja. Setengah harian begitu terus.


Oke sebenernya ada 1 yang buat dia tertarik tanpa perlu dibujuk sama skali, naik mobil alias jadi pembalap (apa driver?). Tapi sebelum bisa naik mobil itu, harus bikin SIM dulu yang untuk bikin SIM harus minta surat keterangan cukup tinggi badan dulu (cmiiw ya). Buat 2 itu aja lumayan bikin abis uangnya, duh bener2 kayak didunia nyata ya bikin surat keterangan dan SIM mesti ada uangnya hahaha (lupa bilang, diawal masuk anak2 ini bisa ngambil uang dulu di atm BCA kidzania). And guess what, waktu udah jadi SIMnya si zikra gak mau lagi dong dong dong naik mobilnya. Ondehh, bikin paniang bunda banget deh. Udah gak tertarik ngapa2in, pas udah tertarik sesuatu, diusahain dan tinggal naik, eh gak mau. Hampir aja abis kesabaran bunda kemaren itu bantuin bu yani ngebujuk2 dia buat mau naik mobil, udah berjam2 keliling gak ngapa2in kan sia2 ya dateng kesana. Yah mau gimana sih ya, kalo mikir diposisi zikra dia juga belum ngerti kali ya orang2 disana ngapain. Hebat deh bu yani, bisa sabar ngadepin zikra sementara bunda udah kesel sama dia.

Tinggalin sebentar buat zuhur. Abis solat zuhur, bunda pun sibuk nyari2 zikra lagi dimana. And voila! Surprise karna dia tiba2 aja mau ngikut temennya masuk ke pabrik2 makanan di lantai 2. Pas banget deh, pas uangnya udah abis, dia naik ke atas buat kerja dipabrik buat ngasilin uang hehee. Lumayan pula, dapet uang, dapet makanan yang dihasilkan juga. Pertama dia masuk pabrik belfood. Disana dia dapet roti dan nugget. Langsung dimakan dan abis (eh rotinya nyisa dikit deng nyehehe). Abis itu masuk sosro tea factory. Dapet teh sosronya deh. Lanjut ke walls ice cream factory, dan terakhir tango wafer factory. Masing2 dapet es krim dan wafer tango hihii. Trus dari hasil kerja dimasing2 tempat ini zikra dapet 5 kidzoucht. Jadi sebelum pulang dia ngumpulin uang 20 kidzoucht deh kemaren hihii.


Lucu ngeliat anak2 itu pake seragam pabrik gitu. Zikra awalnya gak mau pake tapi 2 pabrik terakhir mau juga akhirnya. Gak tahan gemes emaknya ngeliat dia pake seragam trus ngaduk2 dan ngolesin mentega. Sibuk lah emaknya foto2in mulu. Sayang kemaren motonya dari hape saja, so-so deh hasilnya.

Harusnya bunda bisa lebih bersabar dan santai aja ya, namapun anak2 tentu butuh waktu untuk mempelajari situasi. Yah mungkin karna di usianya yg 3.5 tahun dia butuh waktu yang lebih lama buat menyesuaikan diri dibanding temen2nya di TK A dan B. Kemaren bahkan ada anak cewe kelas B yang gak berpartisipasi sama skali. Jadi dia cuma ‘jagain tas temennya’, yah gitu deh istilah guru2nya buat godain si anak itu. Ada lagi yang gak pake pampers dan sukses ngompol sampe 2 kali. Aduh kasian banget ya anaknya, untung si mbaknya siapin baju ganti. Walo zikra siang hari gak pernah pake pampers lagi, tapi bunda takut aja dia keasikan main jadi lupa kalo kepengen pipis. Jadi kemaren dia bunda pakein pampers deh.

Tapi bunda bangga sekali sama zikra, karna akhirnya dia bisa ikut berpartisipasi disana. Trus juga karna zikra akhirnya bisa menikmati itu semua. Dia ketawa dan main bareng temennya. Trus lagi karna pampersnya bersih dari pipis. Ternyata dia inget, tiap kebelet dia kasih tau bu yani kalo dia kepengen pipis.


Ah, you finally made my day zikrabu :*
Continue lendo

Tuesday, September 20, 2011

Si sulung penguji kesabaran

Bismillah


Kegalauan disore hari. Mendadak jadi inget timeline ditwitter kayaknya lagi hits banget ya kata2 ini. Eh, enggak ya? :p


Punya anak lah namanya, selain ngasi emak bapaknya kebahagiaan tentu jadi ajang uji kesabaran sesekali. Tersebutlah si zikre *lagi kesal ceritanye*, entah sebab apa yang buat dia jadi super cengeng belakangan ini dan penakut akut. Tiap ngelepas emak bapaknya pergi kerja, pasti ada drama yang cukup bikin pening. Suaranya yang bikin heboh, dia udah gede kan, taulah gimana suaranya jadi makin keras. Pernah sekali waktu bunda paksa tinggal *itu juga udah dibujuk2 slama 10 menit*, tutup kuping deh jalan terus. Eh udah beberapa rumah dilewatin pas akhirnya bunda harus belok, masih aja kedengeran itu suaranya. Ampun bener2 ampun. Abis mau gimana, udah telat bisa jadi makin telat datang ke kantor.


Kalo udah kayak gini pengen zikra ini sekolah tiap hari deh. Sekarang kan sekolah 3 kali seminggu. Kalo dia sekolah bunda aman deh pergi ke kantor. Nah yang pas dia lagi gak sekolah nih, ondeehh pening sangatt. Akhirnya solusi nih, dibawalah dia kekantor pas hari dia gak sekolah. Beruntung deh bunda PNS yang beberapa emak disini kalo lagi nannyless diboyong aja anaknya kekantor. Dan alhamdulillah kantor deket dan ibu bos juga baik sekali *banyak amat untungnya ya*. Jadi dikantor zikra akan disibukkan dengan pensil dan kertas selama beberapa jam ke depan. Tapi tetep, gak mungkin namanya zikra kalo gak ngerecokin bunda slama beberapa jam itu. Dan disinilah uji kesabaran. Lumayan bikin gampang darting kalo lagi ada kerjaan yang pending.


Kalo dirumah sekarang mendadak suka takut. Khususnya kalo lagi dikamar mandi sedang BAB. Gak boleh ditinggal, dia akan teriak kalo dia takut. ‘Takut sama apa?’, sama hantu katanya. Ada2 aja sik. Ini kali kerjaan melda dan bu papah nih *nuduh* yang suka becanda ketawa hantu gimana. Kan anaknya jadi parno sendiri. Dan sampe sekarang belum nemu gimana caranya dia gak mikirin hantu2 ini kalo lagi sendiri. Ada yang tau gak caranya?


Trus ya ini kan si sulung bunda ini udah 3,5 tahun, to be honest dia masih aja loh pake pampers pas lagi tidur. Salah emaknya memang yang kadang bablas sampe pagi gak bangun malam buat ngajak dia pipis. Etapi bisa gak sih dia yang tiba2 bisa nahan pipis pas lagi tidur dan baru pipis pas dia bangun pagi tanpa perlu dilatih sama sekali? Gak bisa ya kayaknya? Hiks, ya Tuhan nak, maapkan bundamu ini yang belum becus ngurus anaknya. Baiklah, bunda akan coba dengan beli seprei waterproof dulu. Dan niat untuk akan mulai konsisten bangun malam ngajakin abang pipis. Ah doakan ya tolong.
Continue lendo

Monday, September 12, 2011

Cerita mudik lebaran 2011

Bismillah

Liburan usai, kembali ke realita. Untuk jadi pengalaman aja kalo mau mudik ke lampung mending mepet2 lebaran deh, yah H-1 deh biar lempengan dijalan. Kita kemaren pulang H-3 dan lumayan aja ngantri dimerak nyampe 7 jam. Lumayan bikin tempos pa*tat. Bersukur anak2 gak rewel walo mereka juga gak bisa diam dimobil waktu macet lagi gila2nya. Tapi seakan berbalas, pulangnya kita lancar jaya.

Yang jadi highlight mudik lebaran ke lampung kali ini adalah kita ngunjungi rumahnya melda yang letaknya kurang lebih 4 jam dari kota bandarlampung (kalo ngebut bisa 3 jam deh). Melda kan mau udahan ikut kita dan confirmed akan digantikan sama adeknya, wati. Nah buat negasin niat wati ikut kita ini makanya kita datengin rumah mereka di kota agung. Dan ternyata bener, wati memang pengen ikut kita walo sebelumnya dia udah kerja di pabrik yang ada di serang jabar, selama setahunan. Dia gak betah kerja pabrikan, gak kuat sama shift malamnya katanya. Kita juga jelasin kalo kerja sama kita akan beda 100% sama kerja pabrikan, dia tetap mau. Oke deh, semoga cocok dan betah sama kita terutama anak2 ya.

Karna kita udah sampe ke kota agung ini, jadi sempet2in deh main ke waelalang (baca: air terjun, tapi gak tau bener gak nulis bahasa lampungnya begitu?). Kalo biasanya pemandangan ini cuma bunda dapet waktu kita ke sumbar (sumatera barat, red), kemaren rasanya seneng banget bisa nemu ini. disamping rumah melda aja, ada kali kecil yang jernih dan seger banget. Airnya sejuk. Duhh masih alami banget udara disana, enak asli. Zikra dan fatha juga seneng main2 air dikali itu. Fatha tadinya agak kaget, tapi dia cepat menyesuaikan diri hihi. Mungkin karna ngeliat antusias om dan tante kecilnya kali yah, jadi ikutan semangat juga. Di waelalang juga anak 2 ini berenang tanpa baju sama skali haha. Abisan gak ada rencana main kesana dan berenang, mendadak aja. Untung baju ganti siap.


Lebarannya kita ngikut pemerintah dihari rabu. Lebaran disana khas banget makan ketupat yang dicocol ke kuah semur ayam dan rendang. Nyam! Mendadak ngeces. Jujur dulu bunda bingung makan ketupat gaya begini karna minim kuah banget. Bunda terbiasa makan ketupat pake kuah kari dengan rendang atau opor, nah kalo disini gak ada kuah2an, cukup kuah semur kental dan bumbu rendang saja. Dulu bingung sekarang nagih hahhaa.


Ke pantai juga sempet. Seru dan bersih dan nyaman banget pantai yang kemaren ini. Belum pernah kita kunjungi sebelumnya karna agak jauh. Yah abisan pantai yang deket2 penuh dan macet banget, bela2in jauh dikit tapi lenggang. Kebiasaan ke pantai ini dengan keluarga besar, bukan kita2 aja. Jadi sampe 3 mobil deh kemaren saking ramenya. Dan dipantai kita gelar tiker dan makan siang. Yep semua ibu2 siap dengan makanan dan lauk2 yang enak. Ah sedap banget deh makan ditiker dengan view laut di depan mata. Sayang abis makan itu zikra muntah2. Jadinya gak lama main dipantainya. Besoknya lanjut fatha yang muntah2. Sempet stres waktu itu karna besoknya kita mau pulang ke jakarta. Makin sutris gak lama fatha munti2 bunda pun nyusul, tapi beda, bunda kena diare. Hadeh, ada2 aja. Beruntung banget di pagi hari slasa, hari rencana kita pulang ke jakarta, smua udah pulih dan baikan. Dan kita pun pulang ke jakarta malem itu juga abis sholat maghrib. Alhamdulillah yah, sesuatu banget :D


Seru banget. Terutama duren dan baksonya. Dan ikan2 panggang plus sambel buatan nenek/uwo. Juara deh semuanya. Lidah ampe kelu karna makan gak terhitung banyaknya hihiii, alhamdulillah banget.

Dari yang canggung sampe ninggalin hati di tempat lahir suami ini. Alhamdulillah, itu karna semua saudara terutama keluarga inti sangat welcome dan (insyaallah) nerima si bunda ini apa adanya. Gimana lebarannya temen2nya bunda? Semoga menyenangkan ya.

Ket gambar (dari atas ke bawah) :
1. Kali dan air terjun di kota agung
2. Zikra dan fatha di rumah lampung
3. Bunda dan fatha di pantai, zikra dan ayah gak sempat ikutan foto. Keburu acara muntahnya zikra dan gak lama kita pulang:(
Continue lendo
 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates