Wednesday, March 10, 2010

Dokter kandungan, 21 weeks & Massage Ibu Hamil

Bismillah

Kemaren kamis bunda kontrol yang ke5 di Hermina Jatinegara. Biar anak kedua, bunda usahain perlakuan yang sama dengan hamil zikra dulu. Gak pengen cuek bebek. Biar anaknya berasa diarepin orangtuanya hehe.

Beberapa kali kontrol, bunda udah nyobain beberapa dokter: dr. Febriansyah, dr. Husen Sutakaria, dr. Karmini Srimastuti dan dr. Nining Haniyanti. Dokter cowok langsung dicoret dari list untuk dijadiin dokter tetap sampe lahiran. Kalo dari 2 dokter cewek diatas, bunda lebih nyaman dengan dr. Nining. Alesannya simpel karna dokternya ramah banget dan lumayan komunikatif (plus masih muda dan cantik juga hehe). Bunda memang nyari dokter yang suka ngobrol sama pasien, gak diem2 aja. Dr. Nining juga sepertinya seneng anak2. Beberapa kali zikra suka diajakin ngobrol atau becanda. Cuma bunda masih belum yakin kalo dr. Nining ini pro lahiran normal. Gelagatnya gaya dan trendi sih. Tapi itu kan bukan patokan ya. Gak tau deh, bunda jujur masih nyari2 informasi nih, bidan di RS juga gak bisa ditanya2in. Udah jadi kode etik kali ya. Kalo googling, banyak sih referensi namanya ibu dokter ini, baik itu berupa artikelnya atau pendapat ibu2 yang pernah ditanganinya (sayangnya dengan cara c-sect yang bunda baca). Jadi kesimpulannya, dokter kandungan bunda masih bisa berubah. Whatt?? Udah masuk 5 bulan juga *sigh*. Kalo dr. Karmini biar kata pasiennya banyak banget juga, tapi enggak deh buat bunda. Kalo orang melayu bilang, 'pendiam sangat'. Buat rugi aje konsul same die. Tapi ini murni pendapat bunda, toh blio juga banyak banget pasiennya hehe.

Kondisi ini sebenernya miris banget buat bunda. Waktu hamil zikra di Pekanbaru, dari pertama bunda udah nemu dokter yang bagus. Dokter cewek, usianya paro baya, ramah, tenang, sangat komunikatif dan sangat pro lahiran normal. Blio ini salah satu dokter senior di Pekanbaru dan dokter mamanya bunda juga, dr. Haliliarti, SpOG. Bunda yakin di jakarta juga ada banyak dokter cewek bagus, tapi ya itu, bunda gak tau yang mana dan praktek dimana. Pengennya bunda sih bunda tetap kontrol di hermina jatinegara karna deket rumah. Gak kebayang kalo RSnya jauh dan mesti ngelewatin macetnya jalan kesananya. Ahh semoga Allah memberi kemudahan buat bunda dan si ade sampe lahiran nanti amin.

21 Weeks

Fetal Development Overview

  • White blood cells are under production. Leukocytes (or white blood cells) form our body's defense system. They help fight infections and diseases.
  • Your little one's skin has changed from translucent to become more opaque.
  • Your infant's tongue is fully formed. If you were able to peek you might catch your son or daughter practicing giving you a raspberry!
  • If your baby is a girl, her womb and vagina are formed. Unlike males, females have a limited supply of eggs in their lifetime. At this point your daughter will have 6 million eggs. This amount decreases to approximately one million by birth.
  • Baby swallows more this week. After your baby takes in amniotic fluid, his body absorbs the water in the liquid and moves the rest into the large bowel. This is good practice for his digestive system!
  • Wake and sleep periods become more consistent. Some research suggests that baby sets her internal clock to match the outside world's even before birth! Your eating and sleeping habits as well levels of light and noise serve as her signals.
  • Length is now measured crown to heel.
  • Baby measures about 10.51 inches (26.7cm) and weighs nearly 12.7 ounces (360g).

Source here

Alhamdulillah si ade sehat. Dari usg, dr. Nining bilang BBnya si ade 550 gr. Ngeliat artikel diatas kayaknya siade BBnya diatas normal ya. Tapi kemaren dr. Nining gak komentar apa2 soal ini. Aneh juga. BB bunda naik sekilo dari bulan lalu. Ngeliat grafik BB bunda juga kayaknya selalu naik sekilo dalam sebulan. Semoga si ade tetap sehat dan gak gede2 amat di bulan 9 ntar, biar gampang ngeluarinnya amin.

Gerakan? Udah mulai gerak2 sejak sebulan terakhir. Pertamanya kapan? Lupa, abis gak bisa nentuin pertama sekali gerak itu beneran si ade atau gerakan otot perutnya bunda. Yang jelas kalo sekarang bunda tau kalo si ade gerak ato nendang perut bunda.

Kelamin? Hehe sebenarnya sejak kontrol bulan lalu udah dikasitau kalo si ade cowo. Tapi biar lebih yakin bunda nunggu sebulan lagi sampe kontrol kemaren. Laki-laki. Hehe insyaAllah bakal ada 2 jagoan cilik nan ganteng2 dirumah ntar.

Massage Ibu Hamil

Bunda dulu pas hamil zikra gak pernah pijet2 kayak gini. Yah alhamdulillah waktu itu bunda sehat2 aja walo sesekali pegel2 juga. Sebenernya sekarang pun bunda gak pegel2 amat juga, apalagi hamilnya bunda baru 4 bulanan. Bunda alhamdulillah masih fit banget, bahkan sesekali masih bisa gendong zikra. Tapi karna ada yang ngajakin, dan kebetulan juga ramean sama temen2 kuliah dulu, maka jadilah bunda ikutan.

Salon ini khusus wanita dan bukan buat ibu hamil aja, yang gak hamil pun bisa treatment disini. Nah kemaren itu bunda berlima sama temen bunda. Ada yang lagi hamil juga kayak bunda, ada yang mau nikah minggu ini, ada juga yang emang pengen dateng khusus buat reunian nyambi nyalon. Bunda pilih treatment massage ibu hamil saja. Ini aja udah cukup lama, sejam. Kasian ayah dan zikra nunggu diluar. Mereka dengan baiknya nungguin bunda leyeh2 didalam paviliun sementara mereka dimobil terkurung hujan.

Trus massagenya gimana? Pada dasarnya sama aja buat yang gak hamil juga, bedanya buat ibu hamil gak dimassage perut dan belakang perut. Trus pijatan pada telapak kaki juga agak dikurangi tekanannya. Refleksi kan jelas2 gak boleh ya. Tapi pijetannya enak banget, pas banget rasanya. Jadi ya begitulah, massage selama sejam, plus disuguhi teh wedang jahe abis massage dan mandi ditempat yang cukup oke, bunda kena charge 100k Idr. Lumayan, bunda puas dan seger banget abis itu.

Kalo mau lebih jelas bisa cek disini. Semoga kamu juga senang ya nak, pas bunda dipijet2 kemaren itu.

11 comments:

  1. Semoga Bunda calon Dedenya Zikra sehat selalu yah. Amien :-)

    ReplyDelete
  2. Smoga sehat2 slalu & lancar ya,bund. Amiiin

    ReplyDelete
  3. hallo bunda salam kenal...smoga kehamilannya baik2 aja dan smg persalinannya lancara nanti ya bunda..

    oiya mo infoin aja...iparku lahiran dari anak pertama sampe anak ketiga sama dokter karmini dan smua lahir normal...tapi emang bukan di hermina siy...

    dan mnrt sodara2ku yg lain yg pernah nyobain ke dr karmini emang kurang asyik dokternya...ga tau jg deh...mungkin cocok2an ya bunda...

    oiya bunda ijin yaa blognya aku link di blog aku

    ReplyDelete
  4. semoga sehat2 dan lancar selalu ya bun

    ReplyDelete
  5. widiiiiiiih.....uenaaaaak banget ada massage bumil gitu! di jogja belom ada tuh mbak,kalo ada aku pasti sudah "semrinthil" deh pijet! hik hik...

    moga sehat selalu ya bund....aku sdh 6 bulan lebih (25 mgg) sdh ga lincah lg :-)

    ReplyDelete
  6. BW bunda... semoga calon adeknya sehat... Amien..

    Salam jabat erat dari Balikpapan.

    ReplyDelete
  7. Sehat selalu yach bun, salam buat Abang Zikra...

    ReplyDelete
  8. nggak kerasa ya Vy udah jalan 6 bulan aja. apapun jenis kelaminnya, yang penting adeknya zikra lahir sehat tanpa kurang suatu apapun ya...
    kalo memang cowo lagi, brarti akan ada adenya zikra lagi nih kayanya. terus coba smp dpt cewe hihihi :)

    ReplyDelete
  9. Mom, menurut perkiraan adiknya zikra co ya? kalo aku menurut perkiraan adiknya ina ce (lagi) hihihi.....

    Mudah2an lancar smpai persalinan nanti ya....gak berasa ternyata udah 21 minggu, perasaan baru kemarin cerita hamil lagi.

    ReplyDelete
  10. Aduh ngebayangin dimassage, disuguhi wedang jahe trus spa rasanya badan jadi seger ya bund, ihhh jadi pengen nyalon nih gara-2 baca postingan ini. Tp bukan buat massage ya paling cuman creambath krn aku kurang suka massas-2 gitu, pengalaman kurang menyenangkan siy, hehehe.

    Hasil USGnya cowok ya bunda? gpp deh yg penting sehat dan ganteng spt abangnya ya, smg lancar-2 aja dan salam buat si ganteng abang zikra ya ;-)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates