Tuesday, February 23, 2010

Sea world time & 2-year-old’s milestone

Bismillah

Akhirnya kita ke seaworld. Ultahnya zikra memang gak dirayain, jadi kita bawa jalan2 aja buat nyenengin zikra.

Tadinya bingung, mau ke seaworld atau gelanggang samudera. Trus belakangan bunda dikasitau kalo gelanggang samudera mirip2 sama acara unjuk binatang di taman safari, ya udah akhirnya diputusin ke seaworld aja. Ini pertama kali zikra ke seaworld. Untuk orang dewasa mungkin cendrung kesannya agak membosankan (mungkin ya, seperti bunda misalnya hehe), tapi buat anak2 sangat menarik ternyata. In the end menurut bunda juga gak membosankan, bahkan lumayan nyenengin.


Awalnya datar, liat ikan2 di aquarium gede. Yang lumayan menarik akuarium raksasa yang muter. Zikra tadinya ketakutan ngeliat banyak ikan disekelilingnya bahkan diatas kepalanya, dia bilang ‘kuuk’ – takut. Tapi lama2 jadi heboh sendiri, ikannya didadain sambil bilang ‘haaii’ dan ‘dadaa’.

Yang seru selanjutnya acara feeding the fish. Acara ini ada jam2nya, jadi mesti nyocokin jadwal kalo mau liat shownya. Kita sempet liat 2 show, shark & piranha feeding show. Di shark feeding show, feedernya masuk ke kolam hiunya dengan kerangkeng besi di sekeliling badannya dan nyuapin hiunya satu per satu pake tongkat. Kebayang kalo kerangkengnya kebuka pintunya, pasti langsung abis dimakan tuh si om feeder. Grr... serem bener. Disana ada hiu terganas nomer 6 di dunia (hiu sirip abu2 kalo gak salah), ada hiu teritorial (yang cendrung suka menguasai wilayah, jadi cuma ada 1 disini biar gak berantem), ada hiu yang harus aktif 24 jam demi mendapatkan oksigen, sampe ke hiu yang jinak yang gak perlu ditakutin sama sekali.

Berikutnya, piranha feeding show. Abang2nya gak masuk ke kolam dong. Mau pake kerangkeng juga pasti abang2nya langsung kemakan secara ikannya kecil2 pasti muat masuk kerangkeng. Makanannya piranha dimasukin pake kawat gantungan dari atas kolam dan langsung abis dalam sekejap dimakan sama piranha2 kecil yang super banyak. Aihh kecil2 ganasnya amit2 ini ikan. Merinding ngeliatnya. Sama sih seremnya sama hiu walo ukurannya jauh lebih kecil.

Zikra yang terpesona banget kayaknya sama hiu. Sampe rumah masi keinget. Soalnya ayah beli stiker yang ada gambar hiunya trus ditempelin di cermin diatas wastafel ruang makan. Nah tiap sebentar pasti nyapa si hiu. ‘hiuu..’ katanya sambil melambai dan nepok tempat duduk disebelahnya, suruh duduk disebelahnya. Pas mau tidur juga, ‘hiu, bubuk!’ – hiu, bobok! Bangun pagi, ‘hiu, haii!!’ Hahaha, ada2 aja zikranya bunda ini. Sukses jadi bahan ketawaan serumah.

Satu yang pasti, acara nyenengin zikra sukses besar. Terbukti dari hasil yang terlihat begitu nyampe rumah haha.

Zikra di milestone 2 tahun

Bicara. Alhamdulillah, zikra bicaranya mengalami kemajuan yang lumayan. Kadang (kadang ya, masih jarang soalnya) udah bisa gabungin dua kata, padahal bulan lalu untuk 1 kata masih dikit banget dan ngomongnya masih bahasa planet. Sekarang juga masih suka bahasa planet, tapi ajaibnya udah bisa ngomong gini sesekali:
‘B(u)nda, bubuk!’ – bunda, bobok!. Ini kalo ngajakin bunda tidur. Zikra ngucapin bundanya dengan bunyi u yang gak terlalu jelas, ya belum sempurnalah.
‘Ayah, num!’ – ayah, minum.
‘Nda, pipis!’ – bunda, pipis!. Ini ngasitau underwearnya basah karna dia pipis dicelananya.

Udah mulai seneng membeo, walo kadang yang terucap jauh banget dari aslinya.
Seputar kata yang udah bisa diucap zikra:
‘’hai’, ‘hayo’ – halo, ‘shushu’ – susu, ‘bisha’ – bisa, ‘ngaak’ – ‘enggak’, ‘bish’ – (kopaja, bis, busway), ‘nyum’ – minum, ‘no no’ (kalo gak mau), ‘ini’ – (kalo ketemu barang yang dia cari), ‘bubuk’ – bobok, ‘pipis’ – pipis, ‘bashah’ – basah (kalo lagi mandi atau underwearnya basah kena pipis), ‘dua’ – angka 2 (baru bisanya nyebut angka dua doang dari deretan angka), ‘betu... betu’ - betul betul (ngikutin trademarknya upin ipin), ‘toa’ – Thomas si tank engine.

Tingkah laku. Mulai suka sok tua, suka ngatur dan merintah orang di rumah. Ngatur posisi kalo lagi main bareng atau ngatur posisi duduk di meja makan. Trus merintah2 orang di rumah suruh kesini kesana, kadang minta idupin film Thomasnya sambil maksa. Tapi lain waktu anak bunda juga mandiri dan suka ngebantu. Ambil minum sendiri, cuci tangan kaki sendiri dan sikat gigi sendiri. Suka ngebantu ngangkutin dari mobil dan beresin barang belanjaan bulanan, suka bantu nyapu dan ngelap2 meja atau lantai dibekas tumpahan makanannya.

Zikra juga suka iseng. Kalo ditanya ‘zikra, sayang bunda gak?’ jawabnya pasti dengan gelengan dengan muka super bahagia (seneng bener ngasitau gak sayang bundanya), tapi kalo dibilangin ‘bunda sedih nih’, pasti abis itu langsung nyium bunda hihi.

Alhamdulillah seneng sholat. Yang jelas keliatan abis denger adzan magrib dan isya (pas bundanya udah dirumah), suka minta dibentangi sajadah trus dia sholat. ‘Ayoh’ – Allah, tiap takbir. Pas wiken juga tiap ngeliat ayah bundanya sholat bareng juga suka ngikutin walo kadang akhirnya ngerecokin. Kadang ngeliat ayah pake kain sarung sholat juga minta dipasangin biar mirip kayak ayah yang mau sholat.

Emosi. Mulai suka mukul dan nyakar tiap kesel sama orang. Tapi sekarang dikasitau kalo marah gak boleh mukul atau nyakar, diganti pencet idung aja dan harus minta maaf kalo udah mukul. Akibatnya sekarang, tiap sebentar pencet idung kita haha. Dan udah sadar untuk minta maaf kalo udah terlanjur mukul atau nyakar (kadang ogah2an juga minta maafnya karna masih kesel). Minta maafnya dengan nyium tangan.

Seputar toilet training. Jujur bunda masih belum konsisten mentoilet training zikra. Jadi hasilnya pun belum maksimal. Kadang zikra masih suka pipis dicelananya, selebihnya kita yang ajakin pipis ke kamar mandi. Masih belum bisa ngajakin pipis ke kamar mandi dan biasanya baru bilang ‘pipis’ setelah celananya basah. Zikra cukup dibawa ke kamar mandi dalam setiap jam. Dan dia udah bisa membuat pipisnya keluar kalo dibawa ke kamar mandi. Intinya asal dibawa tiap jam, insyaAllah underwear dan celananya aman. Sekarang masih dalam proses latihan biar ngerti kalo pipis itu harus dikamar mandi.

Ngeliat zikra yang sepertinya udah bisa disekolahin, akhirnya zikra dimasukin ke PAUD deket rumah. Reaksinya lumayan, soalnya ditemenin gak ditinggal gitu aja. Sampe bunda nulis ini, zikra udah 2x masuk sekolah. Ah semoga zikra makin seneng sekolah dan banyak belajar dari sana.

9 comments:

  1. senang ya Zikra lihat2 ikan. Semoga sekolahnya lancar terus ya

    ReplyDelete
  2. selamat masuk sekolah buat zikra! semoga makin asik bersosialisasi dg teman2 baru di sekolah! kalo crystal dulu ke seaworld, berkesan dimegangi punggung penyu nya. kebetulan difoto juga...jadi dia masih ingat dikit2

    ReplyDelete
  3. wah ternyata minggu kemarin sama-sama ke Ancol ya? bedanya saya ke Gelanggang Samudera, coba janjian ketemuan ya :-)

    Zikra akhirnya masuk PAUD ya? semoga tambah pinter :-)

    ReplyDelete
  4. Waaah seruuu yach maen ke sea world. Zaheer belom pernah nich, di sini ga ada tempat kayak gituan, kalo mau mesti ke Jakarta dulu, hehe… cuma buat liat ikan di big akuarium.

    Alhamdulillah udah 3 bulanan, zaheer udah gak pipis di sembarang tempat. Kalo pengen pipis, pasti selalu ngajakin ke toilet, baru bisa pipis. Ayoo Zikra lebih semangat lagi toilet training nya.

    ReplyDelete
  5. Hmmm... jd inget saya waktu hamil D'Luna. Saking pengennya memperkenalkan dunia laut ke baby, walaupun D'Luna waktu itu belum lahir hehehe...

    Selamat ultah yach Mas Zikra, makin sehat n pinter, ya dong kan udh sekolah...

    ReplyDelete
  6. wah acara jalan2nya seruu yachh, kalo ina masih jarang diajak kemana2 soale anaknya ngga bisa diemmm, wah papahnya kewalahan kalau ngejagain ina, makanya daripada nanti disana berantem mending gak usah kemana2 hehehe.....

    ina juga masih suka pipis di celana nechh, bilangnya selalu pas udah pipis, yah mudah2an zikra sukses belajar toilet trainingnya....

    sekali lagi met ultah yachh, smoga menjadi kakak yang baik...

    kehamilan aku udah 28 minggu, perkiraan lahir 26/4, doain smoga lancar yachhh.....

    ReplyDelete
  7. Wah senangnya yang jalan2 liat ikan. Zahia mo ke Taman Tumbina (zoo) ga terlaksana mulu coz Ayahnya sibuk wae. Btw gimana Bun kehamilannya? Sehat2 ajah kan?

    ReplyDelete
  8. salam kenal bunda.....kpn ya RADIAL bisa maen k seaworld????? hikssss

    ReplyDelete
  9. iya Vy, kalo untuk orang dewasa akupun merasa sea world cenderung membosankan hehee. sebenernya bukannya seaworld membosankan atau tidak menarik, menurutku menarik banget. tapi karena mungkin areanya nggak sebesar rekreasi outdoor, jadi keliling seaword bisa dilakuin sebentar aja. kemarin itu aku ngga sampe 1jam udah kluar, soale udah diliat semua dalam waktu 1jam hehehe. kalo anak2 sih seneng aja ya.
    dan lumayan drpd panas2an diluar mending bumil ngadem liat ikan hihihi....

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates