Tuesday, March 30, 2010

PAUD, zikra’s first official school

Bismillah

Sebenarnya niat buat nyekolahin zikra udah ada sejak zikra belum 2 tahun. Waktu itu niat bunda buat nyekolahin zikra lebih supaya zikra tergugah ngomong, zikra kan sebelum 2 tahun pekembagan bicaranya jalan kayak keong. Tapi karna belum nemu sekolah yang dirasa cocok, ya udah ketunda mulu.
Deket2 2 tahun, ketemulah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Nurhidayah yang deket sama rumah. Ternyata PAUD ini memang baru juga dibukanya, sekitar bulan Juli 2009. Dasar bunda gak gaul sekitaran rumah, bunda baru taunya juga karna dikasitau tetangga yang anaknya juga disekolahin kesana.
Setelah akhirnya survey tempat dan proses belajarnya dalam sekali jalan, di umurnya yang 2 tahun semingguan, bunda dan ayah sepakat masukin zikra ke PAUD ini. Kenapa pilih PAUD ini? Pertama dan utama sekali karna dekat rumah, gampang antar jemputnya tinggal jalan cuma 5 menitan. Trus karna kantor bunda juga deket rumah, bunda bisa ijin dari kantor barang setengah jam buat ngeliatin zikra sebentar di sekolahnya. Kedua, bahasa pengantarnya bahasa ibu. Ketiga, ada unsur islaminya diajarkan disini. Keempat, tidak ada unsur paksaan disini. Memang anak diajarkan ini itu disini, tapi kalo anaknya gak mau, guru2nya tidak memaksakan anak untuk mau. Kelima, uang sekolahnya yang sangat murah hehe (ini cukup membahagiakan bunda karna jauh dari bayangan).
Gimana sih murahnya? Uang daftar Rp. 10ribu, uang seragam Rp. 135ribu, uang tiap kali masuk sekolah Rp. 3ribu. Dua yang pertama cuma sekali bayar. Nah untuk uang tiap kali masuk sekolah, boleh ditambahin seberapa mampu orangtua. Dihitungnya nabung, pokoknya wajibnya 3 ribu itu. Uang tabungan diambilnya nanti setelah si anak naik tingkat.
Murah banget kan? Gak nyangka banget deh. Yah secara ini program pemerintah buat semua lapisan masyarakat. Tadinya mau trial2 dulu aja, mau ngeliat respon zikra dulu. Kalo gak betah, baru cari2 sekolah lagi. Tapi ternyata bunda lumayan puas dengan cara belajarnya dan zikra juga seneng2 aja sekolah dan main disini, jadi sementara disini dulu deh.
Sekolahnya 3 kali dalam seminggu, senin-rabu-jumat. Tiap pertemuan lamanya sejam. Tiap hari bawa bekel ke sekolah. Disini temen2 zikra sekitar 10-15 orang dalam 1 kelas (kalo lagi sepi bisa 7 orang aja), sementara gurunya cuma 1 orang. Karna rame, orangtua boleh tinggal nemenin anak. Kadang orangtua disini ngebantuin ibu guru mengarahkan anaknya menulis atau mewarnai. Tapi buat anak yang udah agak lamaan belajar disana udah gak ditungguin lagi, orangtuanya cuma nunggu dan ngeliatin dari diluar.
Gimana zikra di sekolahnya? Bunda sebisa mungkin ditiap hari zikra sekolah nyempetin diri dateng ngeliat barang setengah jam. Alhamdulillah zikra sekarang udah mau duduk sendiri, gak dipangku lagi. Udah mau ikut kegiatan bareng murid2 lainnya. Untuk sesi menulis dan mewarnai masih suka ogah, masih dibimbing sesekali tangannya. Kadang pas bunda lagi ada disana, bunda biarin aja zikra mau nulis apa sesukanya (biasanya bukunya cuma di coret2 saja haha). Mewarnai juga masih acak adul banget. Tapi alhamdulillah zikra makin berani sekarang. Udah mau jawab pertanyaan ibu guru. Makin banyak bisa nyebutin nama2 binatang, benda dan warna. Alhamdulillah sejak sekolah zikra makin baik ngomongnya, makin baik ngebeo-nya walo belum sempurna bener ya. Yah paling enggak selain belajar, zikra bisa seneng2 disini. Main dengan teman dan mainan disekolahnya. Favoritnya sekarang naik kuda2an.
Sekarang lagi libur 2 minggu, sampai tanggal 5 April. Ini bukan libur naik tingkat sih, libur sementara karna tempat sekolahnya yang sebelahan sama rumah si ibu yang punya PAUD ini mau ngadain acara kondangan hehe. Bisa gitu ya, pake acara diliburin sementara.
Update:
Sabtu, tanggal 20 Maret 2010, Zikra diimunisasi influenza. Ayah juga diimunisasi, kecuali bunda yang lagi hamil. Imunisasi influenza ini diadakan oleh kantornya ayah dengan mendatangkan beberapa tenaga dokter professional dan menyediakan vaksin flu sebanyak jumlah karyawan plus keluarga intinya. Alhamdulillah zikra dan ayah divaksin flu secara cuma2.

11 comments:

  1. aku pernah dengar tentang Paud ini tapi di sekitar rumah gak ada kayanya atau akunya yang gak gaul ya :) mudah2an Zikra enjoy di sekolah ya

    ReplyDelete
  2. semoga zikra makin pinter ya...hebat nih sdh berani sekolah...
    lama nggak njenguk zikra nih...ternyata sdh besar

    ReplyDelete
  3. seneng yah kalo dpt sekolah yang murah, gak nguras kantong orang tua. kan banyak banget sekolah2 yg matre abis. pungut biaya mahal banget. yang penting anak belajar bersosialisasi juga. anakku belum masuk tk/playgroup. di sini rata2 3 tahun masuk tk kecil, terus tk sedang, terus tk besar. aku gak tau kalo di tanah air, tkA, B, C itu yg mana yang setara tk besar. hehehee...
    di sini 1 semester (4.5-5bulan) biayanya sekitar 3.5 juta. gak dipungut biaya lain2 lagi. ini dah termasuk murah. kalo yg lebih mahal sekitar 7 juta. tipenya, pagi diantar, ada snack pagi, terus makan siang dan tidur siang di sekolah. sore2 ada snack lagi. terus yah standar diajarin nyanyi, nari, puisi, gambar, prakarya, main2, senam pagi tiap hari. kalo di jakarta, lebih ke arah day-care. karena dari pagi jam 8.30 sampai sore jam 5.

    ReplyDelete
  4. Senang banged bun bisa dapat sekolah yang cocok di hati apalagi murah pula kan. Sayang di dekat rumahku kmrn itu gak ada PAUD, padhal memang iya sih Oma-nya Vaya di siantar sana juga rutin urusan PKK ngeliatin PAUD (makanya aku tahu hahaha.. norak ya, klo gak gt ga bakal tahu, nasib ibu2 kerja, ga gaul..). Mudah2an zikra cocok ya bun, dan makin pinter tentunya.. :)

    ReplyDelete
  5. asyik nih zikra udah sekolah byk temennya dong yah

    ReplyDelete
  6. Wah kayaknya Kak Zikra enjoy banget sama sekolah nya. Di deket rumah juga ada PAUD. Tapi saya dan suami malah belum survey2. Kalau Ayahnya Dita maunya ntar aja sekalian TK. Jadi belum decide apa2 deh. Semoga Kak Zikra makin pinter ya :-)

    ReplyDelete
  7. Wah alhamdulillah yah Bun udah nemu sekolah yang cucox buat Zikra. Deket rumah, murmer pula.

    ka Zikra, yang rajin yah belajarnya. Semoga tambah pinter.

    Btw gimana kandungannya bun? Sehat2 ajah kan? kapan perkiraan melahirkannya?

    Salam dari Zahia buat ka Zikra yang ganteng :-)

    ReplyDelete
  8. semoga zikra cocok dg PAUDnya y. Awal sy sekolahin Keke juga di PAUD. Bayarannya cm Rp. 1000,-/dtg. Tp skrg sih denger2 udah Rp. 5.000,- hehehe... Ya itung2 ngetes Keke udah siap masuk sekolah blm. Kl udah br deh masukin ke PG ^^

    ReplyDelete
  9. wuaaa... Zikra udah sekolah ya, senengnyaa... ^_^.

    Aku sebetulnya jg pengen masukin Danis ke PAUD gitu sih, cuman sampai skr belum terealisasi. *dasar emak males & ga gaul, kekeke* Pengennya sih yg deket rumah jd sesekali bisa anterin.

    Btw, pas hari-2 pertamanya gmn Bun? mulus-2 aja kah? I mean: apa Zikra ga nangis? tetap anteng begitu ketemu teman-2nya? Sorry banyak tanya, soalnya aku kuatir ntar Danis nangis-2 dan 'heboh' on his first-day at school.

    Zikra sayang, selamat ya, tambah pinter ya anak ganteng, ntar bisa ajarin si dede' hehehe

    ReplyDelete
  10. @zulfadhli's,
    alhamdulillah sehat mama zahia:) due datenya bulan juli, tanggal 17. doain kita ya mama:) kiss juga buat zahia:*

    @may,
    hari pertama alhamdulillah zikra gak nangis mama danis, tapi gak mau duduk sendiri bareng teman2nya. maunya dipangku kita. masi bengong, ditanya guru diam aja hehe. orang nyanyi dia diem aja, gak mau tepuk tangan. anak lain pada nyanyi sambil tepuk tangan:p yah merhatiin dulu lah kayaknya.
    ahh jangan kuatir ma. kadang2 emak2 suka underestimate anaknya *soalnya aku begitu kadang2* hehe. tapi gak ada salahnya mencoba kan?:) semoga danis ketemu sekolah yang cocok ya nak:)

    ReplyDelete
  11. asiik zikra juga sudah mulai sekolah yaa....Hasna juga pernah tak coba ke kids home dekat rumah,tp hanya betah 4 kali datang...setelah itu mogok! hehehe....yaudah....

    sekolah bikin zikra jd tambah teman yaa....met sekolah deh sayang....

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates