Monday, April 06, 2009

zikra and his cousins

Bismillah

Anak bunda makin lancar jalannya. Rekornya zikra udah sampai 10 langkahan. Dia lagi demen banget jalan ketimbang ngerangkak. Wahh senengnya bundaa. Trus sekarang, kalo udah deket ke tujuan, zikra jalan cepat kayak gak sabar pengen cepat nyampe tujuan. Hoho rupanya sukses juga abang rifqinya yang diTangerang ngeTrigger dia buat latian jalan. Ceritanya kemarin kita ke tangerang ngeliatin sepupunya zikra yang baru lahir. Bunda perhatikan belakangan tiap kesana pasti ada aja yang didapat zikra dari abang sepupunya ini. Makin seneng deh bunda main kesana.


Jadi dikantor tuh bunda punya 3 orang teman yang punya anak sebaya sama zikra. 2 dari 3 anak itu usinya lebih kecil dari zikra. Tapi perkembangannya lebih cepat. Bukannya mau membandingkan, tapi bunda tau gak sengaja dari obrolan kita yang ngalor ngidul seputar anak-anak kita. Dari situ bunda tau, kalo anak mereka tuh suka dibawa gaul ke anak-anak tetangga deket rumah. Tiap hari pasti deh anaknya dibawa main ke tetangga. Secara dirumah si anak tinggal sama neneknya, jadi sementara emaknya kerja dikantor, si nenek bawa anak tadi gaul ke tetangga. Jadi bunda mikir, pantes aja anak mereka cepet pinternya, dibawa gaul sih sama anak yang kurang lebih sebaya. Kan lebih enak belajarnya, sambil main gitu lagi. Apalagi kalo temennya itu lebih tua dikit, yang udah bisa ini itu dan intens pulak setiap hari. Kalo zikra mah memang jarang dibawa gaul ke tetangga deket rumah. Paling ketemu pas jalan-jalan pagi doang. Itupun pas wiken dan zikranya pake stroller. Padahal kan sebenernya bagus juga. Tapi bundanya yang males, takut anak-anak lain itu nularin virus atau bakteri ke zikra. Bunda kan gak tau kebersihan mereka. Jadi daripada beresiko maen sama tetangga, sementara ini zikra memang bunda tahan dulu dirumah aja. Jadi mainnya paling sama sepupunya aja ditangerang, yang biasanya kita kunjungi sekali atau dua kali sebulan. Kasian juga sih sebenernya, tapi apa boleh buatlah:(

Dalam 3 minggu terakhir, kita udah 2 kali ke tangerang. Kebetulan karna ada momen spesial, jadi dalam waktu 3 minggu kita udah main lagi kesana sejak kunjungan terakhir. Ternyata memang gak rugi dateng kesana. Kalo pas dateng 3 minggu yang lalu zikranya jadi mulai suka berdiri sendiri tanpa pegangan yang sampe akhirnya ngelangkah, sekarang zikranya jadi makin doyan jalan ngeliat abangnya lari kesana kesini. Pantes aja anak-anak temen dikantor pada cepet pinternya. Zikra aja dalam dua kali kunjungan kesini lumayan cepat progres jalannya, disamping bisa jadi karna zikranya udah siap jalan kali yah, tapi tetep aja bunda mikir ada juga dampaknya dengan ngeliat orang sebaya disekitarnya. Seneng banget lah bunda pokoknya hehe. Tinggal niruin cerewetnya bang rifqi aja ni nak hehe..


Bunda ini tipe orang yang lebih suka jalan-jalan ngunjungi sodara ketimbang ngemall. Sebenernya ini taktik bunda juga biar gak boros hehe. Tapi lebih bagus begitukan, malah ada manfaatnya buat anak. Yah sodaranya juga mesti yang sebaya gitu dengan bunda dan punya anak juga, biar bisa saling seru-seruan. Jadi pas emak-emaknya ngobrol ngalur ngidul sampe lupa waktu, anak-anaknya juga bisa main bareng sampe jungkir balik hahha.

Pengennya bunda sih tiap minggu ke tangerang buat ngelatih zikra biar cepat ngomong, secara rifqi ini cerewet banget maunya ngomong mulu. Minannya zikra rada pendiam sih, mungkin karna itu juga zikra belum ada kemajuan soal kosakata:( Tapi apa daya kantong kita belum bersahabat buat tiap minggu kunjungan, secara ongkos taksi kesana bolak balik nyampe 200ribu. Huhu mahal bener yaa? Moga-moga kita dimudahin rejeki biar bisa segera beli mobil ya nak:)

Note:
Memang tiap anak gak bisa disamakan. Media pembelajaran juga sebenernya banyak, gak mesti dengan berteman dengan yang sebaya biar cepat berkembang, tapi berteman bisa jadi media pembelajaran yang efektif juga kan buat beberapa anak? hehe, whatever it is, surely mom knows what best for her child(ren).

11 comments:

  1. hohoho..akhirnya zikra jalan nya udah pinter..btw main ke tetangga ga papalah bun sekali2..buat zikra juga belajar sosialisasi. hehehe...

    ReplyDelete
  2. aduh zikra enak bener ya jalannya da jago kekeke..

    bener juga ya bun, klo anak kita banyak gaul sama yg sebaya pasti jd cepet pinter. cuma ya gitu, di sini kan rumah ga deketan, trs juga ragu2 klo main ma anak tetangga yg notabene ga kenal ma ortunya. takutnya nanti ada yg sakitlah, tertularlah...

    temen2 ku juga gt, anak2nya umur setahun da pada bisa jalan... ternyata krn banyak gaul itu ya bun.

    ReplyDelete
  3. anak2 itu kan peniru ulung. Gak cm dlm hal negatif, dlm hal positif pun akan mereka tiru. Makanya anak2 yg suka nenangga itu mungkin lbh cpt krn meniru..

    ReplyDelete
  4. Wah hebat nih Zikra udah makin lancar jalannya yah. Iya bagus tuh klo ngunjungi sodara2 selagi punya, palagi klo ada temen yg sebaya jd gampang sosialisasinya buat anak.

    ReplyDelete
  5. Iya buunn...satu anak dengan yg lain kan punya kelebihan masing2..capek ntar kl liat si A begini siB begt..ngga papa seh buat pembanding tp gausah dibikin pusing yaaa...
    bagus tuh bun, kalo wiken maennya ke sodara ngga ke mall secara lebih bagus buat zikra kl ngemall malah ngajarin zikra jajan mulu deh hehehe...
    ayo zikra go..go..lari yaaaa hehhe...

    ReplyDelete
  6. Senengnyaa..zikra jalannya udah lancar...hihi nadiyya kan disini jg suka kumpul sama bayi2 di klinik per group gitu kan say...tapi kok nggak ngaruh yaa?cuek aja gituu hihi

    ReplyDelete
  7. wah udah bisa jalan ya Zikra? Shaina kalah deh hehe.. Mungkin karena bulak-balik batuk kali ya.. jadi masih males. Gapapa, mamanya gak kepingin buru2 juga kok, terserah aja :)

    Ayo Zik, ngoceh yang banyak kayak abangnya

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah hehe... Ini bun mau ngasi masukan aja,coba deh pas zikra diri bunda arahin hp ke dia (mau foto atau video) nanti dia ngejar smbl ketawa ketiwi,kan anak kecil suka liat hp apalg kl diarahin kemukanya.Cuma mau share pengalaman aja soalnya anakku umur 10bln bs jln,skrg 11bln udah lancar bgt.Dicoba aja bun,semoga berhasil ya.Maap panjang.

    ReplyDelete
  9. wah..hebat dah mule lancar niy jalannya..bentar lagi lari2 yah;)iya niy bun..kalo ada temannya dia lebih semangat tuk"belajar" asal diperhatikan apa yg diturutinnya..kan masiy suka meniru sifatnya...tetep ortu juga yg ngarahin apa yg baik/bagus buat anak.siip dah maju terus yah zikra!

    ReplyDelete
  10. @all:
    pengennya sih emang zikra diajakin gaul mulu, tapi karna aku ngantor jadi susah ngontrolnya. takut minannya gak bener jaganya kalo dibawa nenangga gitu. mungkin ntar kalo udah 2tahunan lah insyaAllah hehe:)

    @Oos:
    salam kenal:) bu, itu linknya bener gak? kok gak bisa dibuka yah?
    btw, cara itu juga udah dicobain ke zikra. kadang dia kepancing, kadang cuek aja. nanti dicoba lebih sering deh;) so far, seringnya dititah biar tambah mahir jalannya heheh doain ya mom;)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates