Thursday, April 16, 2009

Senjata andalan kala zikra susah makan

Bismillah

Punya anak suka makan memang suatu anugrah. Gimana enggak, makan itu salah satu yang terpenting untuk pertumbuhan si anak. Mau anak pinter dan sehat ya makannya mesti sehat dan bergizi dong. Otomatis kalo makannya gampang, emaknya juga akan gampang kan menuhin segala gizi yang dibutuhin si anak.

Zikra bunda ini adalah anak yang gampang-gampang susah makannya. Seleranya bisa dibilang tinggi alias suka yang banyak bumbunya. Doyannya makanan orang dewasa yang komplit bumbu segala rupa. Kok bunda tau? Ya iyalah secara bunda suka iseng nyicipin makanan bunda ke dia hahaha *jangan ditiru ya ibu-ibu sekalian*. Kalo bumbu ala kadar mah, siap-siap energi banyak deh karna bakal cape nyuapinnya. Tapi memang zikra makannya masih pake bumbu ala kadar, maksudnya takarannya gak sebanyak makanan kita orang
dewasa. Garam dan gula seadanya, cukup berasa asin dikit dan lumayan enak, cukuplah buat dia. Kalo lagi mood, bisa cepet abis tuh makannya, kalo enggak ya lama banget bisa sampe 2-3 jam kalo dibiarin, sampe sesi minum susu UHT/sufor pun jadi terlewat karna udah keburu tidur *sigh*. Kadang bunda stres juga ngadepinnya, palagi kalo lagi ada masalah/pikiran ngeganjel/capek. Ngakalinnya biar bunda gak gampang stres kalo zikra begini ini yaa nyiapin cemilan yang banyak, jadi tiap mau spanning tinggi ngadepin zikra begini, bunda nyemil dulu hahaha.

Back to zikra, ini ada beberapa cara yang bunda pake untuk ngadepin zikra kalo lagi susah makan. Tiap anak beda sih ya, tapi yang berikut ini lumayan sukses buat zikra:)

  • Siapin krupuk udang/ikan. Ini DOPPING lumayan mempan, tapi selama ini bunda masih sesekali ngasihnya secara kan kalo krupuk otomatis digoreng. Bunda pengen zikra gak banyak lah makan yang digoreng-goreng. Tapi sekarang yah gak papalah, daripada makannya lama dan susah mending ini kan, asal minyak buat gorengnya aja yang dijaga (harus selalu minyak baru gak boleh bekas goreng apa gitu).
  • Ganti tempat makannya. Zikra ini tipe anak yang gampang makan kalo sambil main. Kalo duduk manis dikursi alamat lama banget makannya. Khusus yang ini bunda baru nemu tempat favorit barunya zikra dirumah. BALKON. Hehehe selama ini memang zikra jarang dibawa ke atas, takut kesenangannya manjat tangga semakin menjadi-jadi. Tapi ya udahlah, ngapain juga bunda tahan-tahan dia buat gak naik ke lantai atas, toh dia digendong juga *walo dah gape banget naik sendiri*. Lagian kalo diatas kan dapet udara seger juga. Jadi kalo udah bosen duduk depan tv nonton barney n friends dan main sama mainannya, ya naik ke balkon. Cuma ya bisanya pagi dan siang doang, malam dah gak boleh. Wahh seneng banget dia makan disini sambil main dan liatin orang/kendaraan lewat, makannya jadi cepet abis TANPA DOPPING:)
  • Ganti menu makannya. Ada sih beberapa favoritnya zikra. Dengan menu ini kadang lumayan cepet makannya. Kalo masalah menu zikra bunda banyak nyontek dari beberapa temen juga buat variasi. Yah bisa-bisaan bunda juga sih gadoin menu-menu yang bunda dapat. Nanti bunda share deh ya beberapa pengalaman bunda dipostingan berikutnya:)

Bunda ini termasuk tipe ibu yang gak mau ngeliat anaknya makan semaunya. Maksudnya, kalo zikra makannya dikit ya udah dibiarin. Bunda tipe emak-emak yang 'zikra harus habis paling enggak segini tiap hari'. Kadang pake sedikit paksaan juga kalo jurus diatas susah diterapin. So far masih baik-baik aja, zikra makannya masih bagus alhamdulillah *moga-moga begini terus ya Allah dan makin bagus prilaku makannya amiin*. Memang kebutuhan gizi buat zikra itu prioritas utama bunda. Pokoknya bunda gak mau zikra ketinggalan dari segi gizi. Kalo zikra makannya bener, kan pertumbuhan dan kekebalan tubuhnya jadi terjaga. Dia jadi gak gampang sakit juga kan? Orangtua mana coba yang gak seneng kalo anak sehat dan pinter? Makanya bunda suka stres sendiri kalo zikra susah makan. Jadi kalo zikra gak mau makan, bunda bawaannya emosi mulu dirumah. Sampe-sampe ayah sebisa mungkin menjauh dari bunda hahaha. Hmm dipikir-pikir jadi emak-emak itu emang gampang-gampang susah, pasti ada aja tantangannya. Moga-moga bunda gak pernah mati gaya dan makin pinter ngadepin zikra ya nak:)

11 comments:

  1. Hehehe....
    Aduh bunda evi, kita sama banged nih, klo vaya jg harus gt, makan tetep ada batas minimal hrs habis berapa. jd klo pagi kasih 9sdm, target minimal 8sdm, siang 11 sdm harus minimal 10sdm. Sama, aku jg ga bs gt klo dibilang "gpp lah klo emg dia cuma makan segitu.." Bawaan emosi jg hahahaa...

    Trs iya jg sih, anak2 umur segini mgkn makannya hrs sambil main ya, ga mo duduk manis lg. Vaya malah berontak klo suruh duduk. Alhasil kita akalin dia duduk di meja makan sambil ngacak2 mainannya di situ, nah bisa jg masuk dikit2.

    Nah problem skrg, vaya kan blm mau jg makan nasi. Trs disuruh makan sndr, jg blm mau, dikasih perkedel malah dilempar. Rudi bo' hahaha...

    Tp yg bumbu2 jg da mulai doyan tp ga tingkat tinggi kayak zikra, klo itu vaya ngalah aja heheehe...

    Ditunggu ya bun sharing resepnya... resep berbumbu tentu :D

    ReplyDelete
  2. wahh zikra suka kerupuk yaa...sama nech sama ina, klo mamanya udah capek ngejagain ina karena jalan2 trs, dikasih aja kerupuk, dijamin dia bakal duduk anteng...

    Alhamdulillah sampe saat ini, ina makannya lumayan gampang dan banyak, biasanya aku suapin ina sambil digendong, soale kalo dilepas dia suka jalan2, gak mau duduk manis...

    klo makanannya, sampe saat ini makanana ini bumbunya cuma garam sm gula dikiit, gak pernah dicampur bumbu2 yg lain...

    berarti nanti agustusan zikra bisa ikut lomba makan kerupuk lawan ina ya heheheh....

    ReplyDelete
  3. @zee:
    hehe zikra masih dikasi bumbu ala kadar kok mi, gak kayak makanan kita yang komplit dan kadang banyak banget bumbunya. mungkin karna itu ya jadi susah makannya, gak enak kali di dia hahaha biarin deh masih kecil soalnya.

    iya mi, ngasih makan anak mud2an emang perjuangan banget. tapi karna ini prioritas tetep harus dijabanin juga. walo sambil main gak duduk manis, gpp lah asal mau. ya gak mi?;)

    wah vaya banyak makannya ya mi. kalo zikra minimal 4 sdm sekali makan, tapi itu 3x sehari. tapi biasanya sih abis juga 6 sdm. sebisa mungkin makannya diabisinlah walo pake krupuk gitu. vaya makannya 2x sehari yah?

    nanti insyaAllah ku share ya resepnya, walo bumbunya standard doang:p

    @nia:
    lomba makan krupuk pas agustusan? bwahahah boleh juga tuh idenya ma. jadi geli sendiri aku bacanya kekeke:)

    waks, ina makannya digendong? TOP deh si mama masih kuat gendong ina pas makan. aku udah gak kuat lagi gendong zikra, padahal dia baru 9kiloan:( kalo dibiarin sambil main gimana ma? kan jadi gak capek juga kitanya ngegendong.

    wah ina hebat mau makan dengan garam dan gula doang. kalo zikra mah udah pake bawang merah/bombay&putih, jahe, merica, ebi dll. banyak yah? hehehe..

    ReplyDelete
  4. boleh juga nich senjata andalan bunda zikra .. tapi kenapa anak anak suka banget krupuk ya ? ..di tunggu resep resepnya ya bunda ..

    ReplyDelete
  5. kerupuk emang selalu jadi senjata andelan buat anak2 deh...favoritnya alma banget deh kalo udah ada kerupuk br mau makan dan anteng.

    Btw, soal target suap kalo gue malah selalu nargetin untuk harus abis. hehehh, kalo makannya lg gampang ya pasti ludes tp kalo susah gue selalu usahain untuk nyisa at least cm tingal 2-3 sendok aja. Gak pernah ngitungin alma brp suap sih, tapi kalo cuma 4 suap apa cukup tuh ya bu?

    ReplyDelete
  6. * hallo bunda Zikra. salam kenal juga. tadinya pas baca2 sambil bertanya2...taunya terjawab saat lihat judul posting sebelum ini. 14 bulan.. 2 bulan lebih kecil dr Angie.
    * aku juga idem, at least kalo makan ada takaran minimal.
    * Kalo aku selalu berupaya anak2 makan di meja makan. biar gak sambil lari2, main2, kudu dikejar2. sekali2 doang si sulung pengen sambil nonton tivi,diturutin. lebih sering gak ada tawar-menawar kudu di meja makan. si sulung tmsk yg makannya susah.waktu kecil pakai tepu sana tepu sini, nyuapin teko dulu, terus nyuapin dia, nyuapin boneka dulu, terus nyuapin dia. capek deh! skrg nyaris 4 tahun, kadang makan sendiri bisa cepat (pake trik juga..misal suruh lomba sama daddynya atau dipuji2 hebat sdh bs mkn sendiri..bla..bla..bla.. atau masak kalah sama angie sih yg udah bisa nyendok sendiri, apa kata orang..kok adek malah lebih hebat makannya dibanding cici). kalo gak lagi mau makan sayur tertentu, ditakut2in ntar sembelit.
    * Angie dah ikut makan orang dewasa,asal gak pedes. mirip2 Zikra, senangnya yg 'berasa'. kalo dikasih makan mie dg kuah tomat, demen banget. makannya juga mayan gampang,kadang malah ngotot mau makan sendiri. makan juga cepat kalo bubur diaduk dg abon.
    * di sini gada krupuk. pernah nemu: crystal demen makan bubur dengan cream mentega. tapi gak aku jadikan trik biar dia gampang makan. menurutku aneh aja rasanya. untungnya tiap pagi dia bisa menghabiskan bubur + telur. tanpa kecap atau apapun. dia sendiri yg gak mau. kadang2 mau kalo abon.
    * kesimpulan: memang puyeng urusan anak makan. hahahaaha! harus banyak akal2an.
    * akhir kata, sori..baru kenal dah banyak komentar nih. heheehe! mudah2an gak keberatan.

    ReplyDelete
  7. oh ya, nambahin, si Angie tuh rada bandel. gak bisa duduk manis, mau tak mau, kala duduk di dining-chair, "diiket" pakai seat-belt, biar gak manjat2/berdiri. cicinya dulu di dining-chair gak perlu pakai 'diiket'.

    ReplyDelete
  8. pinter nih zikra.. tau selera mana yang enak & enggak. Makanan orang dewasa emang lebih enah ya... :)

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah segituh juga udah bagus zikranya mo makan..gakpapa2 bunda kalo emang dia mo makan makanan org dewasa asal jgn berelebihan misalnya terlalu pedas ati gimana..kaya' farah mommynya gak ngebatasin dia makan hanya makanan ala bayi/balita ajah..apa yg kita makan dia bisa makan dan selera makannya alhamdulillah bagus..gak milih2 lagi,emang jadinya gak nyusahin...org bangun tidur ajah slalunya minta makan duluan sblm mandi hehehehe,tapi mandi juga rajin dia semangat lagi.
    yg penting nilai gizinya diperhatikan sering2 ngasih seafood dibanding daging2an..sayur buah biasanya anak tuh ngeliat juga pola makan ortunya...tetap semangat yah bunda!

    ReplyDelete
  10. hihihi ngakak deh liat zikra di balkon dengan mulut penuh makanan heuheuheuhe..
    ayo zik, makan yang banyak yaa..biar bunda gak spaneng terus :)

    ReplyDelete
  11. @yuli:
    hahahha iya deh nanti aku posting ya kapan2:p

    @ocha:
    cha, takarannya zikra itu sendok makan kita orang gede bu. bukan sendok makannya zikra hehehe. biasa sih sama dia abislah 6sdm orang dewasa itu.

    @yendoel:
    wah komen panjang sangat diterima disini yen, jadi jangan ragu kalo mau sekalian curhat hahah:) aduh si Angie kasian banget si mesti diiket. kalo zikra emang gak bisa duduk manis selama makan, jadi terserah dialah mau sambil main apa gimana asal mau makan:p

    @ke2nai:
    huehehe iyaa, dia suka yang manis2 tuh bun:)

    @mommy farah:
    iya mom, aku juga udah ngenalin banyak bumbu ke zikra, kecuali cabe sih ya:p zikra masih lembek ma makannya, jadi belum bisa gabung kita. kalo udah bisa kasar mah, lebih enak lagi nyiapinnya:)

    @cicha:
    huehehe, iya bu kalo kita lagi capek dan anak gak mau makan pasti bawaannya spaning mulu:( beruntunglah dirimu shaina makannya gak susah:)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates