Tuesday, September 01, 2009

Puasa puasa mesti semangat

Bismillah

Ah ramadhan tiba juga di tahun ini. Udah jalan 10 hari ya. Gak kerasa banget, pengennya lama2 aja. Walo puasa kadang terasa berat karna kriuk2 kelaparan, tapi bunda cintaa banget suasana ramadhan ini. Mulai dari serunya berbuka sampai syahdunya sahur, nyenengin banget deh. Belum lagi pacu2an namatin Quran dengan ayah, yah walo bunda tahun lalu cuma dapet 1/8nya *dari dulu segini-gini aja perasaan hehe* sementara ayah namatin 7/8nya, kekurangan bagian bunda hehe *moga2 tahun ini bisa lebih banyak*. Sampai akhirnya ngerasain serunya malam takbiran dan menyambut lebaran yang heboh dengan segala hidangan makanan. Subhanallah, kayaknya ini bener2 nikmat terbesar dalam setahun deh.

Dan gak kerasa ini adalah ramadhan ke2 bunda ninggalin kampung halaman dipekanbaru sejak pindah ngikut ayah. Biasanya dulu buat buka dan sahur, bunda tinggal makan gak repot mikirin urusan masak memasak. Nah tahun lalu mulai deh sesekali sibuk2 nyiapin menu buka dan sahur yang gak jarang ujung2nya beli juga atau disiapin sama minannya zikra karna bunda malas haha. Sekarang... masih malas juga sih tapiii.. bunda udah lebih sering dan variatif bikin menunya walo cuma sesekali. Yah maksudnya menu gak itu2 aja, ada peningkatanlah dan udah lebih banyak nyoba masak ini itu. Yah intinya lebih baik lah, walo sebenernya masih lebih banyak malasnya daripada rajin masaknya haha *ini aib kok dibuka sendiri yakk??*.

Bunda puasa gak? Iya dong, kan zikra udah gede. Emang sih masih menyusui tapi aturable lah. Tahun lalu aja puasa kok. Segala utang puasa tahun lalu *gak puasa karna gak bangun sahur* alhamdulillah udah diganti sebelum ramadhan tahun ini tiba. Kok gak bayar fidyah aja? Nah bunda dapet ilmu dari sini nih. Untuk tau bisa bayar fidyah atau harus mengganti puasa dilain waktu adalah tergantung keadaan dan niat sang ibu. Kalo sang ibu tidak bisa berpuasa karna keadaan dirinya (yang bukan dalam kondisi sakit), misal harus mengejar target asupan gizi demi si bayi, maka si ibu boleh ganti puasa dengan membayar fidyah. Sementara kalo sang ibu bisa berpuasa, karna kondisi bayi dan ibunya memungkinkan bagi si ibu untuk berpuasa, maka diliat lagi dari niatnya ketika tidak berpuasa. Apakah dia tidak puasa itu karna mengkuatirkan kondisinya atau kondisi di bayi? Kalo si ibu gak puasa karna kuatir sama kesehatannya, maka puasanya harus diganti dilain waktu. Tapi kalo si ibu gak puasa karna kuatir sama kondisi bayi, misal si bayi dalam kondisi menyusui dengan frekuensi sangat sering atau saat itu bayinya sakit jadi harus mendapat asupan gizi lebih baik dari sang ibu, ibu boleh tidak puasa dan diganti dengan membayar fidyah. Nah bunda kemaren kan takut gak kuat puasa karna gak sahur, takut kelaperan karna harus nyusui zikra berarti bisa diartikan bunda mengkuatirkan kesehatan bunda untuk berpuasa. Yang kayak gini gak boleh bayar fidyah, harus mengganti puasa dilain waktu. Menurut pandangan bunda loh ya dari apa yang bunda baca di link itu. Hmm mungkin ada yang mau ngoreksi? Monggoo aja, mari kita tukar pikiran. Disana juga ada loh mengenai manajemen laktasi bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa.

Sedikit update Zikra

Zikra akhirnya nemu dsa baru yang kita rasa cocok di Hermina Jatinegara. Tadinya kesana mau imunisasi zikra yang dpt+hib ke-4 dan polio ke-5, tapi malah gak jadi lagi karna dari record imunisasi yang sama terakhir kali, imunisasi selanjutnya harus dilakukan setahun setelahnya. Jadi zikra diimunisasi yang ini lagi itu tanggal 4 September besok. Ya udah deh, kita ikutin saran dsa nya. Trus untuk mmr, kita udah decide akan ngasi ke zikra setelah dia 2 tahun nanti. Udah pada tau kan desas desus autis karna imunisasi ini? Yah dokternya juga gak mau ortu si anak jadi was2 dan berpikiran yang enggak2 kalo anaknya diimunisasi sesuai jadwal dibuku. Menurutnya gak ada kata terlambat buat imunisasi ini, kecuali kalo si anak belum imunisasi campak sebelumnya, maka mau gak mau suka gak suka HARUS DAPAT MMR di usia 15-18 bulan. Nah zikra kan udah dapet campak pas umur 9 bulan, jadi amann. Dan biar tenang dan gak kepikiran desas desus autis itu, kita ikutan saran dsa untuk ngasih zikra mmr setelah 2 tahun.

BB terakhir 11,2 kg (pake timbangan digital) tanggal 26 Agustus kemaren. Zikra kemaren2 emang sering ogah makan *disuapin mau tapi dilepehin abis itu*, bundanya keliyengan lagi deh dibuatnya. Cuma ya dari catatan bunda, anak bunda ini emang begitu kok. Kadang nafsunya naik, kadang merosot. Yah moga2 gak turun lagi dari ini deh, sekarang udah lumayan lagi kok makannya. Yang penting sehat2 selalu ya nak.

Walo telat, bunda mau ngucapin SELAMAT BERPUASA BAGI YANG MENJALANKAN, SEMOGA SEGALA AMAL IBADAH KITA DITERIMA ALLAH SWT. MOHON MAAF UNTUK SEGALA KHILAF, BAIK DISENGAJA MAUPUN TIDAK. Yuukkkk maree kita taraweh dan tadarus:)

9 comments:

  1. Selamat berpuasa juga buat bunda. mudah-mudahan puasa tahun ini bisa tamat yaa.. walopun kita sama-sama masih kasi ASI. Semangat terusss!

    ReplyDelete
  2. Semangat terus ya, semoga puasa nya lancar2 aja

    ReplyDelete
  3. met puasa juga bunda, smoga puasanya lancar...

    ReplyDelete
  4. Selamat berpuasa juga Bun. Semoga semua busui yang berpuasa dapat lancar puasanya, ASI tetap berproduksi spt biasa dan anak kita selalu sehat. Amin :-)

    ReplyDelete
  5. Met puasa juga ya Bun, smg lancar-2 aja, salam buat si ganteng Zikra yah :) BTW, kapan nih mudik?

    ReplyDelete
  6. hehehe siiip....harus tetep semangat donk bunda, semangat puasa, semangat masak hahahaha....masak ala kadarnya aja bun, menunya itu2 aja juga boleh tu hiihii biar ndak di sentuh sama sekali alias bosen :D hehehe semangat 45 deh pokoknya ya ^_^

    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  7. Selamat menunuaikan ibadah puasa ya Bun.
    Tahun ini maminya vaya juga mulai berpuasa lg, mudah2an puasanya berkah ya. Amin.
    Vaya jg lg malas makan, even da ganti2 menu sama aja... mgkn memang anak2 selalu begitu ya, kadang naik kadang turun nafsu makannya.
    vaya jg blm mmr sih, rencananya nanti aja pas 2th ato lebih deh... hbs blom bs bicara apa2...... takut jg.

    ReplyDelete
  8. Selamat menjalankan ibadah puasa bunda...mohon maaf atas salkah dan khilaf...dan selamat tetap memberikan asi walaupun sedang berpuasa...btw bun..ada award di blogku untuk bunda...silahkan diambil yah...

    ReplyDelete
  9. selamat menjalankan ibadah puasa ya bun.. ttg MMR, anak2 sy gak pd MMr bun.. bukan karena takut, tapi sy justru di sarankan sama DSAnya. Karena anak2 sy kan pd imunisasi campak jd DSAnya gak nyaranin MMR, krn imunisasi campaknya jadi berlebihan.. Jadi nanti tinggal MR aja itu pun stlh anak2 sy agak besar.. Cm kadang tiap DSA suka beda2 juga pendapatnya ya...

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates