Saturday, February 28, 2009

setahun asi bunda

bismillah
postingan ini didedikasikan bagi bunda sendiri yang telah berhasil menyusui zikra sampai sejauh ini. tanpa maksud menyinggung siapapun, terutama bagi ibu yang tidak bisa memberikan asi kepada anaknya, postingan ini hanyalah untuk mendokumentasikan perjalanan 'spesial' asi bunda selama setahun ini.
asi pastinya adalah bentuk kasih sayang ibu ke anaknya. semua tau kalo asi adalah yang terbaik yang bisa diberikan ibu kepada anaknya. sampai saat ini, udah setahun lebih bunda menyusui zikra. Alhamdulillah, bunda senang bukan kepalang. Mungkin orang bilang ‘baru juga setahun, belum 2 tahun’, tapi bunda bisa menyusui zikra sampe setahun aja udah prestasi banget bunda. Kenapa?
jadi ceritanya sejak awal kehidupan zikra, bunda udah pesimis bisa menyusui zikra sampai sejauh ini. Bahkan 6 bulan aja rasanya gak mungkin. Hanya Tuhan yang tau gimana perasaan dan perjuangan bunda untuk memberikan asi buat zikra dilingkungan yang tidak terlalu mendukung asi untuk bayi. Ditambah lagi saat itu ayahnya zikra jauh dari bunda, jadi bunda bener2 sendiri adu argumentasi dengan mama, papa dan tante2 bunda lainnya kala itu. keadaan menjadi lebih parah lagi karna anak bunda ini pun bingung puting, sehingga mau gak mau bunda harus selalu memerah asi bunda tiap jam. disaat bunda harus membuktikan diri kalo asi semakin sering diperah akan semakin banyak, yang ada asi bunda pun gak kunjung banyak. asi bunda seret banget karna bunda dilanda stress yang amat sangat. untuk merah 10ml aja bisa makan waktu sejam. hari-hari bunda pun dihabiskan untuk itu-itu saja. tanpa dukungan satu orangpun kecuali ayah yang menyemangati dari jauh. tapi itu blum cukup, bunda sering merasa stres dan sedih. uci bilang bunda adalah ibu yang tega karna hanya memberi zikra asi yang sedikit itu, sementara takaran susu formula untuk bayi seusia zikra harusnya minum 3x lipat dari asi hasil perahan bunda. bunda serasa ditampar tiap kali uci bilang begitu, karna memang saat itu uci selalu ada melihat hasil perahan bunda. hati bunda perih bukan main. maksud bunda memberi yang terbaik untuk zikra, malah jadi disalahartikan. sedih bukan main, hanya Tuhan yang tau..
karna gak tega juga ngeliat zikra kekurangan cairan, zikra pun dikasih sufor untuk nambahain cairannya. bunda yang tadinya hanya menambahkan sedikit sufor saja disamping asi, terpaksa memberikan lagi dan lagi karna zikra kena sakit kuning dihari ketiganya. dari sini bunda tau kalo ternyata asi bunda tidak mencukupi kebutuhannya. sedihnya bunda melihat zikra kena kuning akibat keegoisan bunda. kebetulan saat itu juga musim hujan, jadi matahari pagi jarang banget muncul. jadi untuk mengatasi kuningnya, mau gak mau zikra harus minum banyak cairan. sampai hari kelima, sakit kuningnya semakin kuat dan zikra masih bingung puting. asi bunda pun gak banyak kemajuan. entah karna udah patah semangat 5 hari merah gak ada kemajuan yang berarti dan tekanan dari sana sini, bunda sampai pada titik 'mungkin ini memang takdirku tidak bisa memberikan asi buat anakku. aku gak boleh egois, memaksakan asi yang gak kunjung keluar banyak dan melihat zikra kena kuning terus-terusan. mungkin sebenarnya memang tidak setiap orang bisa memberikan asi kepada anaknya, seperti contohnya mamaku yang tidak memberi asi kepada anak-anaknya. walaupun dari yang aku tau bahwa setiap ibu PASTI bisa menyusukan anaknya asalkan dia mau berusaha. tapi mungkin itu tidak terjadi pada diriku.'
jadi begitulah, bunda belajar ikhlas memberi zikra susu formula dan mulai mengurangi frekuensi merah. sedih memang dan hanya Tuhan yang tau betapa hati ini menangis dan gak ikhlas sebenernya, tapi bunda HARUS ikhlas demi kesehatan zikra. bahkan sampai zikra usia seminggu pun, masih begitu. tapi alhamdulillah sakit kuningnya mulai berkurang. dan karna rasa sayang, sesekali bunda masih mencoba nempelin zikra ke nenen bunda. terkadang bunda masih mengharapkan terjadi keajaiban kecil zikra bisa nyedot asi langsung dari bunda. sehingga bunda akan bisa mengusahakan lagi asi untuknya. dan tiba-tiba, dihari ke-8 seorang teman datang menyokong bunda melalui telpon dan smsnya karna dia tinggal dibeda kota dengan bunda. teman itu adalah ibu yang satu ini yang kebetulan adalah adiknya sahabat bunda dikantor. ibu ini mulai menyemangati bunda setiap hari, bahkan tiap sebentar kapanpun bunda perlu. bunda yang tadinya udah nyerah, bangkit lagi semangatnya TAPI tidak sengotot sebelumnya. sambil bunda juga berdoa sekhusuk-khusuknya ditiap sholat dan setiap saat ketika zikra bunda sodorin nenen, supaya zikra bisa nyedot asi langsung dari bunda.
doa bunda terjawab. luar biasa memang kekuatan doa dan usaha yang terus menerus:) Allahu akbar! hari ke10 zikra bisa nyedot asi langsung dari bunda. alhamdulillah, sejak itu pede bunda bertambah. otomatis sufor langsung bunda stop *walo uci masih sering merecoki bunda untuk nambahin susu formula*. tapi bunda PD sambil terus berdoa supaya asi bunda keluar banyak dan zikra bunda tempelin tiap jam untuk mengejar ketinggalan cairan dan berat badan. memang sebulan pertama agak terkendala pertambahan berat badan zikra, naiknya hanya 550gram. tapi setelah itu naik pesat. intinya dalam 3 bulan zikra udah nambah 3 kg:)
setahun sudah, gak nyangka bisa sampai sejauh ini. memang zikra bukan anak asi eksklusif karna ketika usinya 4 bulan bunda kena DBD sehingga harus dirawat selama seminggu di rs. tapi bunda sama sekali gak menyesal, bunda udah ikhlas karna penyakit itu datangnya dari Allah, jadi Allah telah mengatur semuanya. yang lalu biarlah berlalu, bunda jadi dapat pelajaran untuk lebih banyak menyimpan stok asi dikulkas. yang penting sampai saat ini asi terus mengalir ke tubuh zikra, mudah-mudahan bisa sampai usia zikra 2 tahun. alhamdulillah, semua ini bisa terjadi semata-mata karna kemudahan dari Allah yang memberi pertolongan dan semangat kepada siapa yang dikehendakiNya. dan buat ibu yang satu ini, thanks ya darl' untuk ada disaat-saat kritisku kemarin *hugs*. dan juga untuk milis asiforbaby yang selalu memberikan banyak informasi dan inspirasi kepada bunda selama menyusui zikra.
kalo kemarin sebelum setahun zikra udah didampingi sama susu formula lanjutan 6 bulan ke atas sejak usia 11 bulannya karena berat badannya susah naik *mungkin karna sempat GTM juga*, sekarang zikra minumnya didampingi dengan UHT ultra plain yang kotak biru. susu UHT ini diperbolehkan menjadi pendamping asi untuk anak diatas setahun (info dari milis asiforbaby) dan lebih dianjurkan ketimbang susu formula. zikra alhamdulillah suka susu ini, sehari minum habis 180-220ml disamping asi tentunya. takarannya 80ml sejam setelah makan pagi, 60ml setelah makan siang, dan 80ml malam sebelum tidur. sementara untuk asinya pagi setelah bangun tidur, siang pas jam istirahat bunda dari kantor, sore setelah bunda pulang kantor dan malam sebelum tidur. intinya zikra paling banyak minum malam hari. dan sekarang zikra menciptakan berbagai gaya uniknya. kalo dulu cuma bisa digendong dan berbaring miring ditempat tidur, sekarang udah bisa dengan gaya nungging dan duduk diatas perut bunda kalo bundanya lagi tiduran, sementara kalo bunda duduk zikra bisa menyusu sambil berdiri pegangan ke bunda :)
perkembangan fisik terakhir anak bunda ini ketika dicek 24 Febuari lalu di klinik biasa kita datangi, berat badannya 9.3 kg, tinggi 74 cm dan lingkar kepala 45.5 cm. alhamdulillah walo idealnya pas usia setahun berat badan nambah 3 kali lipat *dimana harusnya mendekati 12 kg karna berat lahir 3.95 kg*, tapi kemajuan bb zikra dalam dalam 2 bulan terakhir yang nambah 1 kg udah cukup bagus. alhamdulillah, mudah2an akan terus bagus seperti ini pertumbuhannya sayang:)
jadi teori yang mengatakan bahwa TIAP ibu yang sehat akan dapat menyusui anaknya ternyata BENAR, tidak peduli apakah dulu ibunya sendiri tidak dapat menyusuinya karna asi yang sedikit. bundalah bukti nyatanya karna dulu mamanya bunda tidak memberikan asi kepada bunda. AYO SEMANGAT NGASIH ASI :)

10 comments:

  1. Subhanallah..itulah perjuangan seorang ibu yg bener2 tulus memberikan kasih&sayangnya,dan kalo memang benar2 diniatkan tuk menyusui pastilah Allah memberikan jalannya,karena semua itu dr Allah,seperti yg kita tahu tuk menyusui bahkan ada diterangkan dlm Al-Qur'an.
    Apapun itu ASI is the Best!

    ReplyDelete
  2. bunda hebat.. salut 'ma usahanya bun!! Sehat terus ya zikra..

    ReplyDelete
  3. Subhanallah ya say..gue ngerti banget gimana rasanya..kalau orang tua sendiri yang suka bikin kita jadi nggak pede dan ragu2 apalagi zikra anak pertama..udah gitu suami jauh pula...tp masih mending say kalau nyokap sendiri masih bisa ngeles ngomongnya kalau mertua lebih susah lagi kan ya?

    Say..emangnya pas baru lahir zikra nggak ditaro didada say?

    Semoga masih lancar terus ya say asi nya..

    dooain gue yaa sama nadiyya ya ya ya

    ReplyDelete
  4. Bun, tetep semangat terus semoga bisa sampe 2 thn. gue cuma bs sampe 15 bulan sedih banget deh...kebetulan blm sempet mosting soal ini di blog, padahal draftnya udah dibikin. Oh jadi UHT lbh dianjurkan dari pada sufor yah...duh kok gue baru tau sihh...

    zikra pinter ya bisa berbagai gaya...

    ReplyDelete
  5. bun.. terus semangat ya...
    gara-gara baca postingannya jadi bikin daku makin semangat utk tetep memerah walaupun makin hari makin dikit hasilnya..

    mudah2an kita bisa nyusui terus ya bun..sesuai sama anjuran di Alquran

    ReplyDelete
  6. aduh mbak, aku jadi terharu...
    duh mudah2an aku sampai nih seetahun. sekarang aja mrresnya mo mampus utk dapat 1 botol doang.
    tp syukurlah campurnya baru pas 2bln kmrn... :)

    ReplyDelete
  7. Selamat ya bund, zikra bisa mik ASI samapi setahun. Terus semangat supaya bisa sampai 2tahun atau sampai zikra bosen ya.. Zikra sama kaya Kyara,mik ASInya udah bisa berbagai gaya,lucu ya hihi.. Salam kenal dari kyara ya zikra..

    ReplyDelete
  8. Semangat ....semangat..kasih ASi ya..
    saya jg kasih ASI sm anak2 semoga bisa bertahan lama yaa memang seh ASi anak jd ngga gede2 banget ngga kaya minum susu formula tapi insyaaallah kasiatnya akan lebih bagus yaa coz ngga ada pengawetnya kaannn...
    hidup ASI...heheh btw zikra waktu baby gendut banget yaaa hehehe...

    ReplyDelete
  9. Wiiiih hebat postingannya Bun...very inspiring story..jadi terharu bacanya *bukan krn ada link "ibu yang satu ini" yaaa ...hihiihi, tp itu jg iya siii..ada terselip perasaan gimana gitchu, pdhl diriku cm kasi2 info berdasarkan pengalaman sendiri n teman2ku.

    Sehat terus ya Zikra sayang..Sama kok dg Bang Fico, BB nya susah naek..tp gpp selama tdk mengkhawatirkan. ASI is THE BEST

    ReplyDelete
  10. @all: makasih ya semua. moga-moga tulisan ini bermanfaat deh bagi siapapun juga amin:)

    @afif:
    pas baru lahir zikra ditaro didada kok say, tapi cuma sebentar. jadi gak dapet IMD zikranya:( itu yang selalu gue sayangkan kenapa gue gak maksa susternya buat IMD. karna gue cape kali ya jadi guenya pasrah aja:(

    @bundaAlma:
    iya bun, dari yang udah kubaca UHT lebih baik lah daripada sufor. terutama dari segi pembuatannya ya, jadi diUHT zat2 gizinya masih alami, gak buatan seperti disufor. tapi gak bisa bahas lebih panjang lebar lagi disini hehe:p

    @mamatania, mamivaya:
    iyaa mudah2an sampe setahun yaa, ato paling enggak minimal setahun lah:) ayo semangat merahnya:p *yang ngomong malah gak jago merah nih hehe:p*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates