Saturday, March 07, 2009

kebiasaan nonton tv zikra

bismillah

belakangan kebiasaan zikra nonton tv mulai bikin resah bunda. bunda perhatikan ya, zikra kalo lagi nonton kayak punya dunia sendiri. walo anak bunda ini masih suka main, gak melulu nonton tv juga, tapi kalo lagi fokus nonton pasti gak bisa diganggu.. yaa dipanggil atau ditanya ini itu. kita capek sendiri jadinya, manggil-manggil mulu cuma dicuekin sama dia, sampe tayangan yang dia suka selesai. kebanyakan yang dia suka itu iklan dengan lagu-lagu ringan gitu. trus kalo tvnya dimatiin, dia akan ngoceh-ngoceh gak jelas sambil nunjuk-nunjuk ke tv seakan nanya 'kok tvnya mati??' dan dia akan teruuss aja ngoceh sampai tvnya nyala lagi. duh! merisaukan bukan? memang setiap makan kita selalu ngedudukin dia di depan tv, biar sama-sama menikmati suasanalah. zikranya merasa kehibur sama suara dan gambar, yang nyuapin juga gak bosen karna ada hiburan. sebenernya intinya biar mamamnya zikra cepat habis.



kenapa bunda jadi worried begini? kemarin sepupu bunda yang lagi main kesini bilang kalo ada keponakan suaminya yang jadi autis karna keseringan nonton tv. memang ibunya sering meletakkan anaknya itu dihigh chair di depan tv, sementara si ibu sibuk berbenah rumah dan masak. serba salah memang, maksudnya kan biar si ibu bisa kerja beresin rumah dan anaknya aman duduk di kursi itu gak grasak grusuk sana sini karna gak ada yang jagain. duh kebayang gimana perasaan si ibu. moga-moga zikra jauh deh dari itu semua, bisa gila bunda:(

jadi karna itu bunda mulai googling sana sini. selama ini bunda mikir nonton tv bagus buat bayi, biar bayi lebih banyak tau suara, warna dan bentuk. tapi ternyata dari
info yang bunda baca kebanyakan SANGAT melarang kebiasaan nonton itu. bahkan ada yang nyaranin gak boleh nonton sama sekali. ada yang ngebatasin maksimal setengah jam dalam sehari. aduh bikin bunda senewen aja, bisa hampa rumahku tanpa tv sama sekali huhu. kalo ada yang mau liat lebih jelas, bisa dilihat disini, disini dan disini. intinya dampak negatif kebiasaan nonton tv bagi bayi itu kurang lebih begini:
  • - bayi jadi cendrung individual dan dari beberapa pengalaman, kemampuan bicaranya jadi terlambat. bahkan ada rekaman dalam bentuk video yang diklaim dapat merangsang pertumbuhan otak bayi malah dimungkinkan memperlambat perkembangan kosakata pada bayi.
  • - atensi anak tidak berkembang optimal. kilatan visual tv cepat sekali berganti, sehingga otak anak terbiasa terstimulasi dengan sesuatu yang serba cepat yang kelak akan berdampak pada kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan mempertahankan perhatian untuk mengerjakan sesuatu.
  • - membatasi eksplorasi anak. anak yang sering nonton tv biasanya suka meniru saja apa yang dilihatnya ditv dengan gerakan yang tidak kreatif, kaku, dan diulang-ulang.
jelek bener ya dampaknya. apalagi zikra memang blum banyak kosakatanya, bahkan masih sangat sedikit:( jadilah sekarang kita lagi membiasakan diri ngurangi jadwal nonton tv. kalo gak perlu-perlu banget, tv dimatiin. kecuali jam makannya zikra sih, hampir pasti tvnya selalu nyala. trus pas malam, tv tetep nyala tapi kita ganti channelnya yang banyakan beritanya. susah sih ya tanpa tv, kayaknya sepi aja gitu. yah pelan-pelan moga-moga kita bisa ngebiasain diri. dan sebisa mungkin kita juga gak ngebiarin zikra nonton tanpa diajakin bicara. jadi kalo dia nonton, sebisa mungkin kita kasi arahan yang diliatnya itu apa.

mudah-mudah bunda bisa ngajaga dan didik zikra dengan baik ya nak...

13 comments:

  1. wah..kebiasaan itu juga ada pada farah cuman kalo sama kami dibatasin..cuman utk acara TV special education for children-TVO Kids*disini bagus punya bunda*byk yg bisa dipelajari ama anak..
    emang gak dia pantengin terus tuh TV,yg ada dimana ada mommynya yah disitulah farah berada hehehe,ganti2 deh kegiatan buat zikranya*tergantung kitanya bunda*sering dengerin juga ayat2 qur'an,diajak ngobrol dll...

    ReplyDelete
  2. Teve gak nyebabin autis bunda :D. Emang byk salah kaprah ttg si autis ini :p. Tp yg pasti teve dampaknya emang gak bagus buat anak... Mending dikasi radio/tape deh, tp kontennya tetap diseleksi :)

    ReplyDelete
  3. Shaina juga kalau makan harus nonton Sesame Street / Elmo's World.. tapi pake monitor lcd karena diputernya di komputer.. kata2 'kilatan visual tv' berlaku gak ya di monitor lcd??

    Mm.. Shaina emang anteng banget lho di kursi makannya kalau udah diputerin itu.. dan kalau makan, mulutnya mangap terus gak berenti, tapi ya itu sambil nonton. Kalo engga semua yang ada disekitarnya dia minta.. "inihh.. inihh iniih.." yang ada gak kelar2 makannya :(

    Menurutku, selama balance antara nonton tv (baiknya sih programnya kita yang atur untuk anak biar gak ketemu iklan2 orangtua yang banyak gak mendidik dewasa ini), stimulasi dan edukasi kecil2an dari kita orangtuanya bisa meminimalisir efek negatif tv kali ya bun? menurutku lho yaaa..

    ReplyDelete
  4. @mommy farah:
    wah iya tuh mom, aku juga lagi usahain gak melulu tv aja. walo kadang mati gaya juga tapi diusahakan lah. untungnya mom, didepan rumah kan ada mesjid jadi lumayan sering denge2 ayat Quran palagi pas ada pengajian tuh. kadang kalo adzan zikranya juga suka ngikutin dengan celotehannya yang gak jelas:p

    @ria:
    iya kak, emang nih harus pinter2 yah. kalo yang autis itu anaknya katanya dibiarin didepan tv dan gak diajak ngobrol gitu. jadi bener2 didiemin. itu kali yah penyebab autisnya:(

    @cicha:
    dari yang kubaca kilatan visual tv itu kayaknya maksudnya gambar tv yang cepat sekali berganti itu ma. kan kalo di tv adegan itu kadang ganti2nya cepet ya, dan pencahayaannya juga berubah-ubah tergantung adegan yang diputer. gitu deh kayaknya.

    iyaa, aku juga setuju harus diseimbangilah jangan nonton tv melulu juga. juga harus milih programnya nih, makanya sekarang lagi mengancang-ancang buat masang indovision atau yang sejenisnya gitu nih ma hehe:p

    ReplyDelete
  5. Sayy..makasih ya infonya..gue seneng juga naro nadiyya depan tivi biar liat gambar bergerak gitu loh...stimulate buat penglihatannya gitu mikirnya..

    hmmmmmmmm.......

    ReplyDelete
  6. aduuuh bun, alma malah bisa dibilang selama dia bangun pasti nonton tv, gak pagi, siang, sore, malem. Salah sih gue ya ngebiasain dia nonton terus. emang sih yg ditonton baby tv dan dia gak melulu di depan tv tapijuga keliaran sana sini. Cuma takut juga sih kalo emang dampaknya kayak gitu ya. Sbnrnya gw dah pernah baca tp ya gimana emang kesenengan dia ntn tv jadi gue keterusan. Belakangan suka jg sih diputerin dvd lagu2 tp ya kan tetep aja tv yah. jadi bingung nih...soalnya kalo channelnya diganti dia request baby tv terus :(

    ReplyDelete
  7. emang harus tegas bun.. anak2 sie alhamdulillah gak ada yg keranjingan nonton TV. Tapi Nai dulu kalo nonton TV kebiasaan terlalu deket trus Keke pernah keranjingan maen PS. Stlh di bilangin bbrp kali gak nurut juga, sy akhirnya matiin TVnya. Gak ada nonton TV kalo terlalu dekat nontonnya. Gak ada maen PS kalo masih lupa waktu. Awalnya sie mereka protes gak brenti2. Tapi kalo sy termasuk bunda yg ngotot sie. Hehehe... Jd mau mereka ngomel kyk apa juga gak akan sy turutin, kecuali kl mereka mau nurut sm peraturan. Akhirnya Nai skrg gak deket2 lagi kalo nonton, Keke juga tau waktu kl maen PS

    ReplyDelete
  8. rata-rata anak kecil klo makan sambil nonton tv lebih mudah nyuapinnya di banding ga pake nonton tv..tania juga gituh klo mau gampang nyuapinnya hrs sambil nonton dvd baby einstein..klo ngga ampun2 deh bisa2 dia GTM bikin stress..

    abis baca postingan ini jadi khawatir juga deh skrg..tapi menurut pendapatku hampir sama kaya mama shaina yang penting kita tetap mengawasi apa program yg di tonton n porsi nya juga di batasi.. ya apapun itu klo berlebihan kan efeknya jdi ga bagus...oia jarak nonton tv nya juga harus di perhatiin kali ya..biar ga ngerusak mata..

    ReplyDelete
  9. hehehe kalo keseringan emang bikin resah bun, kalo menurut pengalamanku sie..dulu Olan juga seneng banget nonton iklan, kl tv dimatiin ampe nangis segala, tapi seiring waktu..udah engga lagi kok..palagi sejak udah bisa dialihkan dengan bermain, liat2 gambar di buku dll.

    btw..kl zikra udah bisa enjoy dengan mainan kek puzzle, menyusun, dll..mungkin ga gitu lagi bun..:)

    ReplyDelete
  10. ya ampun zik..kamu sama aja dengan mamiku suka nonton sinetron..eh beda ya tontonannya..hihi
    tp emang loh..samy juga gitu..satu hal yg bisa bikin dia duduk manis diem di atas kursi ya cuma nonton..biasanya sih aku setelin dvd kartun yg buat baby yg ada nyanyi2annya..trus tepuk2 tangan or blaga2 main gitar deh dia sambil nonton..klo ga gitu ga mungkin deh betah mau diam aja disatu tempat.

    ReplyDelete
  11. iya nih bun, aku juga suka nonton tivi. sukaaaaa bangedh. ga mo diganggu kalo lagi nonton. ampe mangap2 kata bundah. bis enak sih yah zik....

    ReplyDelete
  12. semua bayi sama kali yaa..ina juga seneng kalo nonton TV terutama iklan, tp skrang ini paling seneng acara musik...klo denger musik lngsung joget joget....

    ReplyDelete
  13. tergantung apa yg ditonton jeung..
    believe it or not, umur 18 bln attar udah ngomong, 20 bulan udah hapal alphabet, sekarang hampir 3 taun bhs inggrisnya mulei cas-cis-cus, jago joged, jago nyanyi lagu anak-anak, smuanya gara2 tipi..
    beda kali ya, secara disini channel tipi ga ada sinetron yg penuh adegan melotot dan tampar2an hihihi..
    channel anak2nya juga edukatif bgt.

    sooo.. use ur instinct babe, you're zikra's mom, know what's best for him, hihi.. *piss*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates