Thursday, April 12, 2012

Paling paporit: Blueberry cheesecake!

Norak dan agak lebay memang kalo saya sampe jejingkrakan bisa bikin kue satu ini. Jejingkrakannya didalam hati aja sih, tapi sumringah dan kalap makannya gak bisa disembunyiin.


Kita tuh sukaa banget beli kueh ini dibreadtalk. Maksudnya bukan sering beli yah, tapi suka banget sama ciskek jenis ini dibreadtalk *ehem, kayaknya disitu yang paling muree dan enak banget ya haha*. Trus karna serumah nagih kepikiranlah buat browsing resepnya, siapatau bisa bikin yang versi KW. Rasa mirip2 dikit masih torable lah, orang buat dimakan sendiri ini.


Eh eh ternyata, setelah dicoba bisa juga bikinnya. Dan rasanya (hampir) sama persis, 11-12 gitu *songong* *kecup2 yang share resep*. Orang bahan dasar dari pabriknya emang enak yak, tentu hasil akhirnya segagal gimanapun enak juga, paling bentuknya yang ancur, ya kan? Ini buktinya tukang masak odong2 bisa juga bikinnya hihi.


Maksudnya bikin sendiri biar lebih irit, malah jadi lebih mahal jatohnya karna tau irit jadi keseringan bikinnya *eh ya gak sering banget juga sih* *ih labil!* Baiklah, mari lanjut ke resep yang udah dicobain, diunduhnya dari sini. Kalo disitu resepnya terlalu banyak, jadi saya bikin setengah resep saja. Oiya, resepnya dimodif sedikit karna sempet compare resep juga dan menyesuaikan sama bahan yang suka ada dirumah juga, jadi yang dibawah yang ditulis itu sudah dimodif hihi. Gampil kok, walo takes time but worth waiting for it :)



Blueberry Cheesecake


Ingredients:
125 gr biskuit sari gandum roma
50 gr margarine lelehkan
100 gr gula pasir
2 butir telur
500 gr cheese cream (merk yummy yang neufchatel
, ada label halal)
125 gr plain yogurt (merk yummy)

Topping:

100 ml whipped cream (merk anchor, ada label halal)

½ sdm gula pasir
Selai blueberry secukupnya


How-To:

  • Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuang margarine yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada Loyang (saya pakai pyrex biar gak repot taro piring lagi), ratakan dan tekan-tekan. Oven sekitar 5-10 menit, dinginkan suhu ruang.
  • Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, lalu masukkan cheese cream dan yogurt sedikit demi sedikit bergantian sambil terus dikocok.
  • Tuangkan adonan ini ke dalam pyrex di atas adonan biskuit, lalu oven dengan api sedang selama sejam. Kalo pake oven listrik disuhu 165C. Jangan lupa cek ya setelah sejam, kalo kematengan kuenya terbelah.
    Note: Harusnya manggangnya dengan cara au bain marie ya (pyrex diletakkan dirak diatas loyang yang sudah diisi air) selama 90 menit, tapi karna kelamaan dan kalo manggang pake cara biasa rasanya juga gak brubah jadi saya manggangnya biasa saja.
  • Angkat dan dinginkan di suhu ruang, hingga benar-benar dingin.
  • Kocok whipped cream dan gula pasir dengan mixer kecepatan sedang hingga kental, oleskan di atas cheese cake, lalu bekukan dalam kulkas selama minimal 4 jam. Setelahnya oleskan selai blueberry dan siap disantap.
Btw waktu nge-browse resep ini kemaren ketemu juga resep no-baked oreo cheesecake. Penasaran pengen cobain juga, apalagi karna ini gak perlu dioven. Less time dan less rempong ya, makin penasaran deh! Oke deh, next trial ya.

Ps. Ya Allah tolong beri kami sekeluarga kesehatan biar bisa nyicip makanan yang dipengenin sampai tua amin.

12 comments:

  1. Aamiin, semoga doanya terkabul mbak. pingin juga bluebery cheesecakenya, tapi males bikin :)

    ReplyDelete
  2. mau nyontek resepnya boleh ya bu...
    penasaran pengen bikin juga :D

    ReplyDelete
  3. @lydia,
    Amin, makasih ya. Hehee kalo delivery dari breadtalk nunggu 2 hari ya, keburu ilang pengennya:p

    @nike,
    silakan aja ke, bebas :)

    ReplyDelete
  4. slurp.. enak tuh kayaknya.. Hihi..

    ReplyDelete
  5. kyknya rada ribet yaaa... kl pake cara panggangnya au bain marie, n bakal butuh waktu menyendiri n mjauh dari anaak.. hehe... delivery aja donnggg..

    ReplyDelete
  6. @ke2nai,
    seandainya dengan ngeliat foto bisa langsung nyicipin *ngayal* :p

    @anggie,
    emang nunggunya rada lama ya gie, makanya aku biasanya bikinnya malam biar nunggunya pas waktu tidur:p

    ReplyDelete
  7. Pengeeen...
    Aku dulu suka beli di Seven-Grain, mampang itu lho, Mak. Endeeuuss.
    Pengen bikin juga ah. Masa Mbak Evy bisa bikin sendiri, akika gak sih? Hahaha...*emak kompetitip*

    ReplyDelete
  8. @indah,
    sevengrain ya? nanti cobain ah. ayo ayo bikiinnn hahaha *kompor*

    ReplyDelete
  9. Huaaaaaaaa ini favoritku, biasa suka beli di factory cheesecake tp rada worry krn ga Ada label halalnya. Alhamdulillah mampir blog ini dapet Resepnya, kudu dicobaaaaaaa aaahhhh

    ReplyDelete
  10. @vera,
    ah akupun dapet dari blog orang hihi, monggo dicoba yah :)

    ReplyDelete
  11. Kl pake loyang harus yg bongkar pasang y mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dari beberapa resep emang begitu ya katanya, tapi saya belum pernah nyoba pake loyang sih. Kalo gak keberatan dengan bentuk yang gak sempurna, oke aja kali ya :p

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates