Monday, February 06, 2012

Klappertart final!

Kenapa disebut klappertart final? Karna udah beberapa kali nyobain resep dan belum puas. Baru ketemu yang pas yang terakhir ini.


Jadi ini ceritanya klappertart udah sesuai selera. Tapi ya tapi *catet*, ini selera keluarga. Jadi sebelumnya pernah nyoba klappertart wilton, lembut banget tapi enak. Sayang waktu itu lupa dapet resep darimana, tapi mirip2 ini resepnya. Dirumah suka semua sih, cuma si emak pengen yang teksturnya lebih padat. Ketemu resep alm bunda inong disini, dicobain deh. Tekstur oke tapi rasa enakan si wilton. Udah biasa dilidah kali ya. Nah kenapa gak digabungin aja yang oke2 dari kedua resep ini? *mendadak iseng*


Percobaan pertama dimulai dengan pake resep wilton tapi kuning+putih telurnya gak dipisahin seperti caranya alm bunda inong (jadi gak perlu mixer sama sekali) dan ditambahin roti (ala inong juga) untuk madatin tekstur. Enak sih tapi masih kurang padat teksturnya. Rotinya kurang banyak kali yah. Akhirnya coba lagi, tapi kali ini gak pake roti, tapi terigunya aja yang dibanyakin. Alhamdulillah ketemu juga klappertart sesuai selera: tekstur padet, rasa sesuai harapan, cara lebih simpel (dari wilton). Jadi begini resep finalnya.


Klappertart


Bahan :
400 ml susu segar (uht ultra plain)
125 gr gula pasir
100 ml whipping cream
50 gr tepung maizena
150 gr tepung terigu

75 gr margarine
3 butir telur (kocok lepas)
1 buah kelapa muda, sisihkan airnya, ambil isinya
¼ sdt kayu manis bubuk
¼ sdt vanilla essence
Kismis (rendam dalam air hangat sebentar)


Cara membuat :

  • Campurkan whipping cream dan tepung maizena, sisihkan.
  • Didihkan susu dan gula pasir dengan api sedang sampai mendidih.
  • Masukan campuran whipping cream kedalam susu yang mendidih. Aduk adonan dengan cepat sampai adonan tersebut mengental dan tercampur rata. Matikan api.
  • Tambahkan margarine+tepung terigu kedalam adonan, aduk rata.
  • Tambahkan telur yang sudah dikocok lepas, sedikit demi sedikit. Aduk rata.
  • Tambahkan kayu manis bubuk, vanilla essence dan kelapa muda, aduk rata.
  • Masukan kedalam loyang/cetakan almunium atau pinggan tahan panas yang telah diolesi mentega.
  • Oven sampai kuning kecoklatan dengan suhu 175’c selama kurang lebih 45 menit (kalo pake otang pake api sedang cendrung kecil *ishh bingung juga nakar apinya:p*). Pokoknya jangan lupa dicek aja setelah 30-an menit pertama karna kondisi oven kan beda2 yah.


Begini penampakannya :)


Kalo lebih suka pake roti, sok coba kurangin terigu jadi 50gr saja, tepung maizena gak usah pake dan tambahin 4 keping roti tawar tanpa kulit. Sila pilih enakan mana. Bisa dipastikan kalo bikin cemilan ini gak pake lama umurnya dirumah. Sehari (maksimal 2 hari) udah ludes!


Ps. towel anggie dan novi, utangku lunas ya:p smoga kalo nyoba pada suka *namapun chef odong2*

4 comments:

  1. suka banget klapertart tapi malas bikinnya :)

    ReplyDelete
  2. Aseeeek.. pulang ktr dicoba aaahh... sip..sip..

    ReplyDelete
  3. karena ga suka masak, aseli. jadinya apa-apa cuma bisa pesen aja *emak2Males yaa... klapertart, gambarnya bikin ngiler juga nih :D

    ReplyDelete
  4. @lidya,
    hihi entah kenapa aku jadi demen baking sesekali belakangan ini ma :p

    @anggie,
    btw resepnya ada yg ku edit sehari setelahnya say, baru nyadar ada yang salah pas baca2 lagi:p

    @mira,
    haha emang enakan beli sih mir, tapi kalo demi memuaskan rasa penasaran, sesekali mau ribet deh aku :p

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates