Friday, January 20, 2012

Emak lebay vs Flu singapura (HFMD)

Bismillah


Gak tau apa yang terjadi di bunda belakangan kalo anak sakit cemasnya suka lebay. Dulu waktu zikra masih sendiri, pas dateng sakit bunda bisa tenang deh. Kenapa kok sekarang kalo tiba2 sakit dan anaknya mulai rewel dikit suka mikir macem2 yang gak bagus. Karna faktor U kayaknya *ngarang abis*.


Flash back sebentar ke desember 2011, fatha demam dan begitu masuk hari ke-4 dibawa ke dokter buat ambil darah. Alhamdulillah bukan dbd atau typus sih tapi di darahnya ditemukan bakteri dan yah, as predicted dikasih antibiotik. Diskusi sama temen terpecaya menurut dia gak perlu yah demam doang dikasih antibiotik dan setelah baca2 bukunya dr.wati gak ada yang namanya demam itu bisa sembuh dengan antibiotik. Karna biasanya itu disebabkan oleh virus dan gak akan mempan sama antibiotik, yang ada bakteri baik ditubuh yang akan mati kena AB ini. Cukup makan minum yang (diusahakan) baik nanti juga pergi sendiri virusnya. Jadi bunda bingung sebingung2nya karna jelas2 dihasil tes darah ada bakteri disana.


Setelah mikir, semedi, menimbang dan ngikutin kata hati (jelas lebaynya!) dikasih deh tuh antibiotik. Ayah sih mendukung. Abisan bingung juga, kalo nanya sama dokter udah jelas dikasih obat, mau ngikut temen dan buku bilang gak perlu antibiotik tapi ini jelas2 nemu bakteri didarah *sungguh dilema*, jadi bismillah ngikut kata hati aja untuk kasih itu antibiotik *kenapa ya suka merasa bersalah kalo anak dikasih AB ini* *pasrah*.


Dan sekarang fatha sakit lagi. Gak lama setelah ambil darah dan dikasih antibiotik kemaren. Sedih ngeliatnya. Dia panas, muntah dan gak selera makan kurleb 2 hari. Hari kedua malamnya muncul bercak2 merah. Haduh, panik banget! Langsung ke dokter gak pake mikir *ini nih yang disebut lebay, dulu gak begini lebay deh rasanya*. Disitu tau kalo itu bukan campak, cacar, atau yang lain tapi flu singapura. Dari ciri2 yang disebutkan dokter itu, bener sih kejadian di fatha.


So it’s positive HFMD. Dari dokter dikasih racikan antivirus (hey, apa ini antibiotik yang diganti namanya biar orangtua gak parno ngasi ke anaknya ya? *nuduh*) dan candistin. Antivirus buat sembuhin flunya dan candistin buat ilangin sariawannya. Kedua obat itu musti abis kata dokternya *nah kan? curigation deh saya*. Dibawa pulang lah itu obat dan malam itu sempet ngasih fatha candistinnya. Antivirusnya belum dikasih karna masih mikir. Trus ngobrol deh sama temen terpecaya itu lagi trus dia ngejelasin flu singapur ini tanpa bunda harus ngegugel *cium2in emak afkar*. Dan baca lebih jelas lagi di wiki sini.


Jadi ringkasnya ini penyakit Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) dengan gejala demam 2-3 hari, sakit leher, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki (dan mungkin dibagian popok). Dokter bilang dengan PD banget kalo fatha bakalan dirawat karna dia gak akan mau makan karna kerongkongannya sakit dan pasti akan dirawat karna akan dehidrasi. Duh pede amat ya dok! Langsung ilfil seketika suwer! Makanya antivirus racikan itu gak langsung dikasih. Apalagi tau dari emaknya afkar yang bisa ngelewatin chicken foxnya afkar tanpa obat2an samsek. Jadi semangat nyoba ngerawat dulu tanpa obat. Intinya dijaga asupan makanan dan cairannya. Sebelum ke dokter udah dicoba buryam, jus dan madu. Gak mau semua, kecuali madu. Eh setelah ke dokter mau dikasih bubur nasi plus sayur berkuah dan lauk (buryam yang bunda buat gak enak kali ya, pertama kali coba soalnya:p). Intinya gak pedes/spicy/salty karna kan lagi susah nelen. Tadinya jurus terakhir kalo gak mau makan juga mau kasih es krim dan sup krim kentang. Eh gak sempet ngeluarin jurus terakhir anaknya udah mau makan hehe. Alhamdulillah sekarang tinggal merah2nya aja, udah gak panas lagi. Anaknya pun udah ceria seperti biasa *sujud sukur*.


Kalo diwiki dibilang kalo ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita harus dirawat. Well bener juga sih kata dokter, tapi itu kan kalo keadaan memburuk. Dan belum tentu kan keadaan si anak memburuk, jadi jangan vonis sembarangan dong! Bikin si emak sensi deh *buang body*. Kemaren fatha sempat muntah sih dan gak mau makan, tapi alhamdulillah setelah dari dokter ajaib gak muntah2 lagi. Anaknya masih bisa main sesekali dan alhamdulillah (dengan sedikit paksaan) mau makan. Alhamdulillah banget, racikannya gak jadi dikasih dan candistinnya juga gak diterusin setelah dikasih sekali malam itu.

Masa inkubasinya skitar 2-5 hari. Hari jumat ini hari ke-4. Cepat sembuh ya nak dan mudah2an gak nular ke abang zikra karna katanya penyakit ini menular *komat kamit doa*

6 comments:

  1. semoga dede Fatha cpt sembuh ya..

    ReplyDelete
  2. cpat smbuuuhh...
    aduh mbk, aq jg skrg koq jd parnoan y..pdhl wktu awal2 dlu tenang2 aj ngadepin Qeela sakit.
    semoga bisa stenang mbk dh klo pas ngadepin qeela sakit

    ReplyDelete
  3. Paling sedih kl ada cerita anak sakit... Cepet sembuh ya..

    ReplyDelete
  4. kebiasaan doktersllu menakut-nakuti pasien, ntah apa maksudnya, mknya kita dituntt jd pasien smart y bun...mg cpt sembuh si dd yaa

    ReplyDelete
  5. @lidya&kekenai,
    makasih ya tante2 cantik, alhamdulillah udah sembuh sekarang :*

    @ticonk,
    justru aku panikan skrg loh tik, bener deh. eh gimana qeela, udah ketauan belum rushnya jenis apa? cepat baikan ya qeela :*

    @anggie,
    bener deh gie, sedih dan kuatir banget. Makasih ya :)

    @mimi,
    hehee iya tapi gak semua dokter juga sih ya, kmaren karna udh malem jd ga ada pilihan. Makasih ya mimi doanya, salam kenal :)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates