Thursday, October 20, 2011

Pizza Suka-suka

Bismillah


Suka pizza? Makanan sejuta umat lah namanya. Kalo beli pizza pernah pengen gak, ‘coba ya topping yang ini bisa pindah ke pizza itu?’. Yah namapun beli pizza udah ditentuin temanya, jadi toppingnya ya milihnya sesuai pilihan yang ada disana ya.


Mau topping suka2 dan ngirit, marii kita bikin saja pizzanya sendiri. Kebetulan uncunya zikra alias ipar bunda lagi liburan ke rumah, jadi dibuat deh pizza odong2 ini buat cemilan dirumah. Walo judulnya odong2, lumayan buat obatin kangen sama pizza hut dan lebih puas makannya karna topping sesuai selera hehee. Resepnya hasil modifikasi, untuk roti sebagian besar ambil dari sini dan selebihnya dapet resep dari temen yang nemu ditabloid.


Pizza


Roti :
300 gr terigu
1 sdm ragi instan (bunda pake fermipan, kemarin ketebalan mungkin nanti dikurangi 1sdt)

2 sdm susu bubuk (bunda pake dancow)
1 btr telur, kocok lepas
2 sdt gula pasir
30 ml olive oil (bunda ganti 2 sdm minyak goreng biasa)
150 ml air hangat
2 sdt garam


Saus :

½ siung bawang bombay, iris tipis

7 siung bawang putih, cincang halus

10 sdm saus pasta (pake saus spaghetti delmonte lebih maknyus)

3 sdm oregano

1 sdm minyak wijen

Minyak untuk menumis

@ 1 sdm gula, garam, merica (bisa ditambah sesuai selera)


Topping :

¼ kg daging giling, jagung, paprika, jamur kancing, smoked beef, keju mozzarella


Cara :

  • Buat saus :
    Tumis bawang bombay dan putih sampai harum, masukkan jagung dan daging giling yang telah dicuci bersih, aduk. Tuang air 200 ml, aduk lagi dan tutup panci sampai air agak kering. Setelah air mulai kering, masukkan saus pasta, minyak wijen, gula, garam dan merica. Aduk dan masak sampai meletup2. Tambahkan paprika, jamur kancing, smoked beef dan masak sebentar. Cicipi rasanya dan taburkan oregano.
  • Buat roti :
    Campur terigu dengan susu bubuk, ragi dan garam. Tambahkan air hangat dan minyak zaitun, sambil diuleni + 10 menit sampai kalis. Bulatkan adonan, diamkan + 15 menit.
  • Taro adonan roti di loyang yang telah diolesi minyak zaitun, bentuk adonan. Taro saus diatas adonan roti, ratakan dan terakhir taburi keju mozzarella secara merata.
  • Oven selama 20 menit disuhu 200’c atau di otang dengan api cendrung kecil + 20 menit (cek roti dengan ditusuk garpu, matang itu pas ditekan akan kempes dan kembali ke bentuk semula dan kalo ditusuk berasa lembut)


Begini penampakannya :



Looks yummy ya? *geer banget padahal biasa aja*. But hey, indeed it is *namapun tukang masak odong2, jadi smua dibilang enak hahaa*. Walo rotinya ketebalan, tapi teksturnya lembut dan rasanya pas. Yes, saya ketagihan. Sudah pasti bikin lagi kalo lagi gak males hahaa.

3 comments:

  1. wuiiiih mantaaabs ibu ni daaang! udah jago buat pizza. ntr di pkanbaru buat lg yaaa bundaa, biar akyu cobain... uuuh jd pengeeen..

    ReplyDelete
  2. woowwww kliatan yummy pizzanya

    ReplyDelete
  3. @venny,
    aih pizza odong2 aja pun hihii :p
    tak mau masak apa2 dipekanbaru, disana maunya tinggal makan dan jajan hahaha. awas ya bu, kamyu aku booking dari sekarang loh hihii :*

    @vera,
    kita semua dirumah emang penggemar pizza mam, jadi yang odong2 pun tak masalah :D

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates