Wednesday, October 05, 2011

Chiffon Cake Ketan Hitam

Bismillah


Manusia pemalas dalam diri ini sudah berubah sedikit sejak title ‘bunda’ melekat pada dirinya. Ah gak juga sih, lebih karena sebenarnya rasa malas itu dikalahkan oleh rasa penasaran yang pengen nyoba resep makanan yang disukai. Dan err, mungkin karna sifat kompetitif juga karna masa temen2 sesama emak2 bisa masak ini itu, bunda gak bisa? Bisa jadi sih hihi, no no later i found out baking is fun. Kalo alasan (sok) alimnya adalah karna bunda pengen ngasi cemilan sehat buat anak2 *ciieee*


Jadi bunda baru beli mixer ceritanya. Bangga? Tentu, secara title si ‘pemalas’ tadi bela2in beli mixer coba. Mukjizat banget. Jadi yah ceritanya ada kue yang bunda suka dan pengen banget nyoba bikin sendiri. Sebenernya udah lama pengen coba bikin kue ini, yang sepertinya gampang tapi kudu pake mixer biar moist. Yah terpaksa deh nunggu lama sampai si mixer is in the house. Dan sekarang setelah ada mixer, dicobalah bikin kue ini. Resepnya dapet dari sini, tapi sayang barusan cek blognya sudah dihapus. Jempol buat (alm) mbak ruri ini karena bisa ngasilin chiffon yang lembut tanpa baking powder/soda sama sekali.


Chiffon Ketan Hitam


Bahan 1 :
200 ml putih telur (sekitar 5 butir)
150 gr gula pasir (karna kemanisan mbak ruri kurangin jadi 100gr, sementara bunda 125gr)

1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur (kalo bunda dikocok lepas dulu)
100 ml santan kental
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item (diayak)

Caranya :

  1. Masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya. Tuang kuning telur, minyak sayur dan santan. Aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin tepungnya larut semua, jangan sampe ada yang mringkil.
  2. Campur putih telur, gula pasir dan garam. Kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental dan kaku.
  3. Campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung. Aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah (kalo bunda adonan tepung dituang ke adonan putih telur, lalu dimixer sebentar sampai semua tercampur rata)
  4. Tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti
  5. Panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit (kalo bunda di oven tangkring dengan api yang cendrung kecil + 45 menit)
  6. Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang. Setelah dingin keluarin chiffon dari loyang.

Yang tricky menurut (alm) mbak ruri adalah :

  • Waktu manggangnya, cek dengan cara pegang permukaan cake. Kali permukaan cake masih berasa bunyi 'kreess', berarti masih belon mateng. Panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naik lagi. Trus waktu ngecek ini, loyang cake jangan diangkat dari rak oven ya.
  • Begitu keluar dari oven langsung ditunggingi, kalo ditunggu dulu dijamin bakal mimpes dengan suksesnya.
  • Waktu ngeluarin cake dari loyang, selipin pisau panjang yang tipis dan tajem diantara cake dan loyang, jalanin muterin loyangnya kalo bisa gak naik turun biar pinggiran si chiffon rapih.
  • Kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama.

Alesan bunda suka chiffon ketan hitam ini karna pertama kali nyobain oleh2nya tante dari kartika sari bandung dan langsung jatuh cinta sama tekstur dan rasanya. Yah masalah selera sih ya. Hasil bakingan bunda? 11-12 deh sama kartika sari hahaha hebat ya (yang create resepnya) *hat off*


Nah begini penampakannya. Difoto keliatan jelek ya? Emang, apalagi bunda masih belum bisa ngangkat cakenya dengan bener dari loyang. Tapi alhamdulillah gak sia2 juga bikinnya, ludes dalam 2 hari.


And for this, I add a new cathegory for my blogpost : BAKING *penting abis* *mudah2an besok bisa posting lebih banyak lagi berkaitan dengan label ini*

4 comments:

  1. uumm nyum nyum .. lempar sini donk bundaa :)

    ReplyDelete
  2. cake with love, pasti enak rasanya bun

    ReplyDelete
  3. adekku nih yg suka bikinin ini, emang rasanya enak sih ya

    ReplyDelete
  4. Dear.

    haaaaaaaa....... narsisi dosis tinggi juga yaaa....... bai de weiii gw ngikler h=gitu ngeliaat cake nyaaa..... patut di coba kalee yach....


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates