Tuesday, March 24, 2009

Tentang yoghurt dan Makan sendiri

bismillah

di usianya yang 13bulan+, zikra udah mulai doyan makan sendiri. kadang dia suka ngambilin sendok suapan makannya, dipegang sendiri trus dimasukin ke mulutnya. memang suka bikin berantakan, makanya bunda masih milah-milah apa yang kira-kira bisa dimakannya sendiri. kadang minumpun begitu. kalo minum pake magmag yang ada sedotannya sih aman ya, gak bakalan tumpah. tapi sekarang dia mau minum sendiri pake gelas. waks, bisa tumpah kemana-mana airnya kalo gak dipegangin dan parahnya lagi gelasnya juga bisa pecah karna di rumah adanya gelas kaca doang. emang kudu dibeliin gelas plastik buat zikra biar aman
.



jadi bunda mau pelan-pelan aja ngajarinnya. pertama-tama ngajarin makannya dulu yang dimulai dari yoghurt. kayaknya yoghurt bisa jadi salah satu media pembelajaran buat zikra latian makan sendiri. jadi pas waktunya makan yoghurt, bunda siapin 2 sendok. satu buat dipegang zikra, satu lagi buat bunda suapin dia. kadang bunda suka gak sabaran juga nih. secara kan fokus bunda yang ada cuma buat merhatiin zikra biar yoghurtnya gak tumpah, trus juga sibuk ngarahin sendok yang dipegang zikra biar masuk pas ke mulutnya, jadinya acara makan yoghurtnya jadi lama deh. sayang kan kalo tumpah, yoghurt kan gak murah hehe. mending masuk ke mulutnya daripada jatoh, ya gak sih? trus kalo udah gak sabar yang ada sendoknya zikra gak bunda isi yoghurt lagi, cukup sendoknya bunda aja yang terisi yoghurt buat disuapin ke zikra hehe.

ngomongin soal yoghurt ini, bunda dan ayah memang pecinta produk susu dari dulu. ya susunya sendiri, ya keju, tak terkecuali yoghurt. trus zikra baru-baru ini memang dikenalin makan yoghurt tanpa dicampur apa-apa lagi. biasanya dulu makannya dicampurin ke buah, itu juga gak sering-sering banget bunda ngasinya. kadang buahnya zikra bunda campur sufor. nah sejak tau kalo yoghurt ini boleh dimakan langsung (over 6mos actually pake yoghurt yang khusus untuk bayi tentunya, bunda telat nih taunya) dan kasiatnya yang bagus banget, bunda buru-buru deh ngajarin zikra makan yoghurt tanpa campuran apa-apa lagi. awalnya emang dia ogah-ogahan, dalam sehari 1 buah yoghurt petit miam yang 60 gr itu abis dalam 3-4 kali makan, hahaha lama banget ya? tapi itu duluuu, sekarang mah zikra bisa ngabisin 1 yoghurt baby yoplait yang 100gr dalam sekali makan saja. kemarin pas pilek-pilek, bunda tambah porsi yoghurtnya. 1 porsi baby yoplait dan 1 porsi petit miam, alhamdulillah cepet banget abisnya. udah mulai gila yoghurt dia kayaknya. dan senengnya lumayan manjur kayaknya. sakitnya gak parah-parah amat, cuma nafsu makannya yang jadi keganggu:(

yoghurt bagus buat bayi? kalo enggak, gak bakalan bunda kasih deh ke zikra. dan bunda juga udah banyak baca artikel tentang bagusnya mengkonsumsi yoghurt, salah satunya disini dan disini. jadi kalo bunda list keuntungan makan yoghurt bagi bayi khususnya, kurang lebih begini:
  • kebiasaan mengkonsumsi yoghurt sejak kecil akan membuat keseimbangan flora usus anak jadi oke, kesehatan usus terjaga, proses metabolisme lancar, serta kekebalan tubuhnya meningkat.
  • Sejumlah penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengkonsumsi 200 ml yoghurt per hari mampu mencegah flu dan membantu menurunkan demam lebih cepat.
  • yoghurt baik dikonsumsi bayi dan balita ketika terkena diare. konsumsi yoghurt akan meningkatkan jumlah bakteri baik (Bifidobacterium, Eubacterium, dan Lactobacillus) yang akan berperang dan membunuh bakteri jahat yang beracun di usus.
  • aktivitas bakteri asam laktat selama fermentasi susu menjadi yoghurt ternyata dapat meningkatkan kandungan gizi yoghurt. lebih dari 90% yoghurt bisa dicerna tubuh dalam waktu 1 jam setelah konsumsi.
secara umum, yoghurt dapat memperpanjang usia dengan menurunkan efek racun dari bakteri yang merugikan di usus. bahkan bagi orang dewasa bermanfaat dalam mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. sip banget kan? gak heran deh kalo bunda pro banget sama yoghurt dari dulu kala. tapi oh tapii.. baru-baru ini *tepatnya 2 hari yang lalu* bunda nemu artikel yang gak menganjurkan bayi dan orang sakit minum yoghurt ini. artikel ini diibahas diforum tepatnya februari tahun lalu. jadi baru-baru ini ada penelitian tentang yoghurt ini di belanda yang intinya tidak menganjurkan bayi makan yoghurt karna:
  • flora usus bayi belum sempurna. dengan makan minum yang biasa lambat laun bakteria yang ramah itu juga terbentuk. pada dasarnya, bakteri-bakteri yang ada dalam yoghurt juga ada di dalam usus manusia
  • yoghurt juga ada yang palsu. sering dipromo sebagai yoghurt buat bayi. ini juga tidak dianjurkan oleh pusat gizi dan makanan Belanda karna yoghurt palsu ini terbuat daru keju yang masih sangat muda lalu diberi perasa dan dicampur buah-buahan. banyak bayi yang justru alergi dengan keju muda.
nah kalo karna 2 alasan diatas bunda masih gak terganggu lah ya, karna bunda lihat zikra baik-baik aja BABnya. dan memang bunda gak main-main milih merk yoghurt buat zikra, baby yoplait dan petit miam itu memang banyak dianjurkan dimilis-milis. walaupun dari yang bunda baca juga, setelah usia setahun bayi udah boleh makan yoghurt jenis apa aja.

cuma yang bikin bunda geger adalah hasil penelitian itu yang bilang kalo dari
laporan-laporan pengguna yogurt pada orang dewasa, justru yoghurt itu menyebabkan sembelit, atau justru bisa menyebabkan diare. ada juga yang menyebabkan sepsis (keracunan Bakteri Laktobasillus) saat sesudah cabut gigi pada peminum yoghurt, yang akhirnya menyebabkan Bacterial Endocarditis (penyakit jantung karena infeksi) dan menyebabkan kematian.

Oh Tuhanku, plis deh. yang bener yang mana sih? so far bunda masih termasuk yang pro ya sama yoghurt. tapi to be honest aja, bunda juga jadi berkata-kata untuk ngasih yang banyak ke zikra. terutama in case zikra kena diare *amit-amit jauh2 deh* karna baca yang penelitian yang baru itu. sejauh ini sih, zikra oke-oke aja ketika sehari paling banyak konsumsi yoghurt 160gr pas dia lagi sakit. malah sakitnya gak parah-parah amat. maksudnya mau kasih yang terbaik buat anak,
malah takut jadi racun buat tubuhnya. yang jelas kalo ada yang aneh-aneh karna efek makan yoghurt ini, bunda gak akan mikir 2 kali deh buat stop konsumsi yoghurt buat zikra. setuju gak ibu-ibu?

17 comments:

  1. ayo..semangat makannya zikra! gakpapa kok bun..berantakan "dikit"yg penting zikra mo makan and semangat makannya;)
    gimana niy ama jalannya dah mule lancar?

    ReplyDelete
  2. pinter deh kalo suka yoghurt..udah pinter maem sendiri juga yaa..:)

    ReplyDelete
  3. Wah udah bisa mamam sendiri ya.. pinter bgd zikra..
    Hmm vaya skrg udah mau jg makan yoghurt, tp emg msaih dikit, lama habisnya...

    ReplyDelete
  4. hmm sepertinya semua masih pada pro yoghurt ya? ato apa pada gak baca beberapa paragraf terakhir tulisanku ya?

    maksudnya mau minta pendapat dan share aja gitu mengenai artikel yang tidak menganjurkan bayi makan yoghurt itu:(

    ReplyDelete
  5. sy malah br tau tuh kl bayi gak boleh konsumsi yoghurt. Yg sy baca selalu kebaikannya yoghurt, makanya anak2 sy dr umur 7 bulan udah sy ksh yoghurt gak sufor sama sekali.
    Kl sy perhatiin ke anak2 sy daya tahan mereka bagus, jarang bgt sakit. Kl diare juga sy selalu kshnya yoghurt gak obat2an. Alhamdulillah manjur.
    Trus malah sy pernah baca di kompas yoghurt itu selain bagus u/ pencernaan jg bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khusus untuk penderita asma, yoghurt juga bisa mengurangi frekwensi kambuh.
    Alhamdulillah sekarang Nai udah lama bgt gak kambuh asmanya. Bisa jadi karena dia rajin konsumsi yoghurt juga

    ReplyDelete
  6. @ke2nai:
    iya bun, aku juga baca bnyk artikel bagus ttg yoghurt ini. makanya dikasih juga ke zikra. bahkan pas sakit kemarin dibanyakin porsi yoghurtnya.

    tapi pas baca artikel baru itu, jadi setengah hati juga mo ngasihnya, aman enggak aman enggak, jadinya bismillah aja insyaAllah aman deh. gitu hiks:((

    ReplyDelete
  7. Dimana-mana orang tua juga maunya ngasih yang terbaik Vy. Setau aku, dari banyak artikel, yoghurt ini memang baik kok dikonsumsi sejak kecil (min.7months)..

    Kalau memang ada info2 yang bikin orangtua gundah dan setengah hati untuk ngasih makanan tertentu, menurutku ya mending ngga usah aja. Semua balikkin ke hati masing-masing..
    Kalau orangtua yakin, ikhlas, insyaAllah efek dianak juga baik. Tapi kalau setengah-setengah, nanti giliran anak sakit, kita nyalahin diri sendiri gara2 ngasih ini-itu, which is menurutku sangat tidak baik.

    Jadi.. tetepin hati aja ya bunda. Mana yang lebih berat, yes-nya atau no-nya :)

    ReplyDelete
  8. aku jg pernah baca ttg pros n conts yogurt ini..
    but aku masih ngasih yogurt ke samy sampe skrg..emang sih smenjak baca contsnya itu ngasih yogurtnya mulai dikurangin, terutama klo samy lagi sakit..aku ga mau ambil resiko ngasih yg macem2. jd biasanya samy mamam yogurt klo lg kondisinya fit n makannya berdua ama mami (pastinya lebih banyak mami yg ngabisin :D )
    Aku ttp ngasih yogurt even sebelum samy umur 1thn krna puji Tuhan belum pernah ada gejala2 aneh kayak alergi n diare setelah samy makan yogurt. Selain itu aku juga percaya dgn manfaat yogurt yg bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
    So, setuju ama mom cicha..semua balik ke mommynya lagi kali ya..every moms know what best for their children ;)

    ReplyDelete
  9. dokter sini juga nyaranin kok say....dikasih yoghurt tp sejak umur 8 bulan..

    nadiyya udah gue kasih yoghurt walopun nggak terlalu suka..tp yah lumayan lah bisa diabisin juga..

    kalau menurut gue liat aja gimana efeknya ke zikra, kalau memang nggak keganggu pencernaannya dan zikra suka berarti bagus donk buat zikra.

    Disini disaranin sih yoghurt gitu baik buat bayi maupun orang dewasa..

    Insya Allah gpp kok say...mudah2an..bismillah aja..toh zikra nggak kenapa2 juga kan?

    ReplyDelete
  10. vy, gue jg kasi alma yogurt tp emang sehari gue batesin 1 petit miam aja. So far sih gak ada gejala jelek soal yogurt ini yah. kembali ke naluri ibu aja sih kalo gue kayaknya gak terlalu mikirin jeleknya kalo di anak efeknya gak ada.

    ReplyDelete
  11. yoghurt ya...abang zikra pinter banget...sehat selalu ya bang,positif thingking aja ya bun..aku yang setuju soalnya sama yoghurt..walaupun di protes sana-sini..he..hee

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah dah makin pinter nih Zikra, dah bisa maem sendiri. Biarkan saja Vy, kotor/belepotan gak masalah... anak2ku sejak awal maem sudah kulatih makan sendiri... alhasil sekarang anak2 mandiri..dah bisa maem sendiri, juga Rafif... cuma memang harus diawasi takut kalau sewaktu2 makannya ditumpahkan.
    Mengenai Yogurt sepertinya saya termasuk orang yang pro sama yogurt. Dari mulai awal kehamilan (katanya sih bikin kulit anak bersih). Dokter disini juga menganjurkan bayi diberi yogurt sejak dini. Kebetulan disini ada yogurt khusus untuk bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun (disini untuk masalah makanan aturannya ketat, semuanya harus sesuai dgn standart) dan sepertinya gak ada masalah juga dengan pencernaan, semuanya lancar2 saja.
    atau jangan2 itu hanya hoak saja, yg kadang malah menimbulkan keresahan pd masyarakat.

    Insyaallah semuanya akan baik2

    ReplyDelete
  13. mba Evy,

    aku juga setuju sama mommy2 diatas. Semua kembali ke kita nya lagi sebagai Ibu/orang tua. Mana ada sih Orang tua yang mau nyelakain anaknya. Selama ga berlebihan..dikonsumsi secara benar...yoghurt tetap is the best lah :D

    Malah aku nekad ngasi Fadly yoghurt merk lainnya (bukan baby yoplait or petit miam). dan alhamdulillah...Fadly baik2 saja ...insya Alla

    ReplyDelete
  14. kalo aku malah gak berani ngasih macem2 utk anak, gak mau ambil resiko aja....lagian akunya juga gak doyan sech sama yoghurt jadi anakku ngga aku kasih juga heheheh...

    ReplyDelete
  15. * aku gak doyan yoghurt. tapi pas baca positifnya, aku kasih ke anak2. biasanya dg sedotan dulu, kalo udah sisa dikit2, baru dibiarin makan sendiri dg sendok, jadi belepotannya gak parah.
    * gak tau deh soal yg negatif itu, baru tau malah dari baca posting ini. bukannya katanya justru yoghurt bisa mencegah diare yah?
    * kalo anak diare aku stop segala produk susu/makanan berminyak. makan bubur doang. untungnya kedua anakku jarang diare. kita berusaha tdk terlalu over-bersih. maksudnya di rumah, makanan jatuh ke lantai, aku pungut, tiup2, kasih makan lagi ke mereka. hehehe.. terkesan jorok kali yah.tapi supaya tubuh mereka juga membentuk kekebalan sendiri. peralatan minum susu juga gak pernah direbus/disteril secara khusus. gak pernah dicuci dg sabun. karena gak berminyak. hanya saat mau pakai, disiram sebentar dg air panas. mangkok dan sendok juga campur aja dg orang dewasa.

    ReplyDelete
  16. (ID)
    jadi pengen kasih yogurt ke anakku yang udh 7 bulan nih.
    Lembaga Sertifikasi ISO

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates