Tuesday, August 16, 2011

MPASI setelah setahun dan GTM Fatha

Bismillah


Setelah umur setahun makan bukan lagi jadi pendamping tapi sudah jadi kebutuhan utama buat anak. Malah asi yang bukan jadi kebutuhan utama lagi, tapi tetep kalo bisa diteruskan sampe usia anak 2 tahun akan lebih bagus lagi sih ya. Urusan susu pun udah bisa dibarengi uht.


Fatha sekarang makannya udah sama kayak kita. Nasi udah normal, gak dilembekin lagi. Lauk udah bisa bareng sama kita tapi disisihin pedes2nya, etapi kadang ni anak mau loh dikasi pedes sedikit. Lebih praktis karna udah boleh konsumsi gula garam. Dulu bunda pernah bilang akan nerusin kasi keju aja, tapi ternyata si bocah lagi susah makan. Jadi deh beralih ke gulgar. Tapi tetep susah juga sih hahaha. Kalo bunda bilang ini masa kritisnya fatha belajar makan. Bener2 itu mulut ditutup serapat yang dia bisa. Tapi kalo dia lagi pengen, ya enak aja makannya. Cuma lebih sering gak pengennya. Biasanya yang dia lumayan mau, sesuatu yang bisa dipegang dan gigit2 sendiri. Model2 bakwan gitu deh. Nah jadi kadang bunda bikinin makanan kayak gini buat dimakannya kalo dia lagi ogah makan.


Bunda share disini ya resepnya, walo kedua menunya gak jauh dari yang namanya perkedel hihii.


Perkedel tahu ayam

Bahan:

75gr daging ayam giling, rebus +- 10 menit, saring untuk ambil dagingnya

½ kotak tahu sakura, hancurkan

1 telur ayam kampung, kocok lepas

¼ potong wortel, parut dengan parutan keju

1 batang daun bawang, cincang

2 siung bawang putih, haluskan

Tepung terigu dan garam secukupnya

Cara:

Campur semua bahan kecuali 2 urutan terakhir, aduk. Tambahkan garam dan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai kelihatannya adonan tidak begitu basah (kira2 tidak akan berceceran ketika digoreng). Goreng sampai matang dan sajikan.

Catatan: adonan ini bisa dipake untuk 4 kali makan fatha. Jadi adonan mentah itu biasa bunda simpen dikulkas untuk digoreng lagi besoknya.


Perkedel udang

Bahan:

1 buah kentang besar, kukus hingga lembut

8 potong udang ukurang sedang, kukus sampai berubah warna

Brokoli sepengennya, kukus sampai lembut

1 batang daun bawang, cincang

2 siung bawang putih, haluskan

1 kuning telur, kocok lepas

Putih telur untuk mencelup adonan yang akan digoreng

Garam secukupnya

Cara:

Haluskan kentang, udang dan brokoli yang telah dikukus, campurkan daun bawang + bawang putih + kuning telur + garam. Bentuk bulat lalu pipihkan (atau sesuai selera). Cemplungkan ke dalam putih telur, goreng hingga matang.


Lumayan sih 2 makanan ini jadi andelan. Andelan lain yang lebih simpel paling tahu atau tempe goreng hehe, dan buah2an juga buat dipegang fatha sendiri. Lumayan bikin tenang daripada gak masuk makanan sama sekali. Sempet liat resep chicken nugget mamanya zahra disini, jadi pengen nyobain juga. Sekalin pengen nyetok juga buat persiapan mudik nanti.


Sebisa mungkin kalo dia gak mau makan gak dialihkan ke susu atau makanan ringan kaya roti2 gitu. Anehnya si anak kayaknya ngebentuk pola sendiri, pagi&siang makannya lumayan mau. Tiba urusan makan malam jadi agak susah. Gak enaknya, ayah ngeliat fatha ini makan ya malem doang. Pagi siang si ayah kan kerja. Jadi tiap malam dia ngeliat anaknya susah makan jadi stres. Dia pikir anaknya gak mau makan, mulailah si ayah ngomel2 masalah berat badan yang susah naik yang bikin bunda panik juga *setipe banget dah sesama tukang panikan*.


Urusan makan makanan manis aja (kaya es buah yang kita bikin buat bukaan puasa atau cookies gitu), seneng deh dia makannya. Malah mangap mulu minta dimasukin ke mulutnya. Berat badan terakhir waktu imun varicella diumur 13m4d kemaren (tanggal 13 agustus) 9.5 kg dengan diaper dan tinggi 76cm? hahaha bisa lupa gitu berapa persis tingginya. Semoga bunda gak mati gaya dan gak dibawa stres deh ya ngadepin masa2 fatha begini. Ayo nak, lebih semangat lagi dong makannya biar ndutan dikit :)

3 comments:

  1. ayo Fatha jangan GTM lagi ya

    ReplyDelete
  2. memang paling susah kalau ngadepin anak GTM ya.. aku juga lagi bikin stok sabar buat tetep semangat masak buat anakku yang lagi picky banget sama makanan. Sama sih modelnya dibikin one dish meal gt, jadi sekali dia makan udah dapet karbo, protein, sama sayur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khusnul,
      Iya bener, menguras energi banget ya. Pusing deh kalo anak lg gtm.
      Mudah2an masa gtm anaknya segera berlalu ya, smangattt :))

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates