Friday, December 11, 2009

22 bulan Zikra

Bismillah

22 bulan zikra hari ini, 2 bulan jelang 2 tahun. Anak bayi bunda yang dulu udah gede, udah bukan bayi lagi. Malah bentar lagi mau dapet ade bayi. Sejak tau hamil lagi, bunda emang sering bilang ke zikra kalo dia mau dapet ade. Dia sih seneng. Bunda juga pelan2 ajarin zikra buat lebih mandiri dan siap untuk berbagi dengan adenya.

Tentang perkembangannya sendiri:

Lebih cerewet, walo masi babling. Agak telat memang bablingnya, tapi masih oke karna tanggapan zikra ke instruksi2 kita cukup bagus. Mengenai babling, zikra suka pura2 nelpon trus ngomongin entah apa gak berenti2 sambil megang kertas. Seakan2 lawan bicaranya ngajakin diskusi tentang kertas yang dipegangnya itu. Matanya sibuk ke kertas mulu selagi dia ngomong hehe.

Lebih mandiri. Udah bisa ngambil sendiri air minumnya dari galon. Alhamdulillah walo kadang suka numpahin air dari galon, pegangannya terhadap gelas udah steady banget. Gak pernah ngejatohin gelas mungilnya yang dari kaca dan kalo udah selesai minum gelasnya ditaro di meja. Udah bisa disuruh sikat gigi sendiri *tiap mandi pasti minta sikat gigi*, diminta buang makanan yang dilepehinnya ke tong sampah (juga benda2 lain yang pengen kita buang tinggal minta zikra aja ngebuangnya hehe), udah pinter ngelap2 meja diruang tamu (kadang bekas makanan yang dijatohinnya juga dilapnya sendiri hehe), ngelap kaki sampe kering di keset kaki, nunjukin ke temannya dimana tempat cuci kaki dan tangan ketika mereka baru datang masuk ke rumah, dan kadang ngeberesin mainannya yang berantakan (yang ini masih mud2an). Udah makin bisa diminta bantulah.

Semakin ngerti yang namanya ‘bermain bareng’ teman2nya. Tau serunya rebutan mainan dan ambil bagian, zikra udah gak sebaik dulu lagi. Dia gak ngebiarin temennya make mobil mininya mulu, dia mesti ikut make juga sesekali. Hmm ini gak bisa dibilang peningkatan sih ya. Tapi yang mau bunda catat disini, zikra udah bisa gabung rebutan mainan sama anak2 yang lebih tua dan lebih gede badannya. Dia gak takut (apa karna dirumah sendiri jadi merasa berkuasa ya? hihi). Jadi sekarang, bukannya cuma ngalah dan minjemin mainannya supaya temennya betah, tapi juga ikutan rebutan dan ambil bagian.

Most of the time udah gak pake diaper lagi, kecuali waktu keluar dan waktu tidur. Emang sih masih belum berhasil toilet training, sekarang lagi diajarin pelan2 kalo mau pipis or pupup mesti kasi kode atau apa lah supaya kita ajakin ke kamar mandi. So far zikra ngasi tandanya kalo udah pipis atau pupup di celananya hehe. Moga2 next udah bisa kasi kode kalo mau pipis or pupup.

Soal makan masih sama sama bulan lalu, nasi dewasa pagi/siang, nasi lembek malem. Zikra masih gak begitu suka ngunyah nasi bulet ternyata, jadi bunda masih mix nasinya. Nah kalo sesi ngebuah udah gak diblender lagi. Tinggal dipotong2 trus dikasi bulet2 yang kira2 bisa dipegangnya. Favoritnya masih si mangga (sama kayak bunda hehe), buah lain yang disuka buah naga, apel, dan jeruk. Suka banget ngemil yang manis, coklat favoritnya, just like his mom again. Kalo yang ini mah gak mau berbagi dia, makannya aja mojok ke sudut kamar. Kali kalo ada tempat sembunyi lain dijabanin juga tuh haha. Yoghurt juga doyan. Untuk biokul atau cimory habis dalam sekejap. Alhamdulillah gak susah makan, kecuali nasi dewasa ya, lama bener ngunyahnya. BB terakhir pas bunda kontrol hamil di hermina tanggal 10 desember kemarin, 13.45 kg.

Nenennya tinggal 2 bulan lagi nih. Sekarang nenen cuma sekali sehari, pas mau tidur aja. Udah pelan2 dikasitau kalo nenen buat adenya, dia ngerti kalo pagi dan siang. Tapi kalo malam tetep nagih nenen, tanpa nenen gak bisa tidur dia. Kira2 gimana ya cara nyapihnya nanti? Haha ntar2 aja deh mikirnya. Barengan dengan ini sesi nyusu juga makin banyak, sekali nyusu bisa 300ml. Bulan lalu paling banyak cuma 200ml saja. Dalam sehari sekarang 500ml (2x nyusu), disamping sesi ngeyoghurt dan ngebuah.

Ahh alhamdulillah, semoga bisa makin mandiri lagi ya jagoan bunda. Ngomongnya juga makin baik, gak babling lagi. Zikra emang pecinta anak kecil. Selalu sayang pengen nyium dan peluk kalo deket ade bayi. Semoga nanti zikra bisa dan senang berbagi, juga sayang sama adenya. Sehat selalu ya abang. We love you just the way you are, mmuah.

7 comments:

  1. seneng deh liat Zikra yang montok

    ReplyDelete
  2. 2 bulan lagi ada yg ulang tahun nih :)

    ReplyDelete
  3. Nah gini donk bunda...kan kita jadi enak....hehehe....
    Met ulbul ya Zikra.....duh tambah ganteng aja niiy.... smoga sehat, tambah pinter & jadi anak sholeh ya... Amiin....

    ReplyDelete
  4. Zikra,
    met ulbul yah..
    Babbling yah? Sama kayak vaya yg sibuk dgn gumamannya sendiri.
    Nah suruh sikat gigi ini nih yg si vaya susah hehehehe....
    Zikra gembul yah, menggemaskann :D

    ReplyDelete
  5. Met ULBUL ya Nak, ga nyangka bentar lagi Zikra jadi abang, semoga anak ayah dua2 nya and Bunda sehat selalu ya..
    Cepet pinter ngomong ya Nak, biar bisa ngobrol sama dedeknya..
    hehe..

    Ayah Loves Bunda, Zikra & Dedek :)

    ReplyDelete
  6. makin gede aja...sehat selalu yah Zik!

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah zikra makin gede makin sehat makin pintar yah;) trus bentar lagi mo punya adek..senangnya..*jadi lomba niy bunda ama mommy nya fayesha..alhamdulillah dikasih kepercayaan lagi ama Allah.
    mo usul niy bunda..soal ngasih ASI ke zikra..berhubung bunda dah hamil sebaiknya di stop deh ASI nay buat zikar..krn sekarang yg lebih penting tuh janinnya yg di dlm kandungan*kalo disini dianjurinnya begitu* krn pertimbangan asupan gizi utk janin.kalo zikra kan dah bisa mamam makanan jadi gak perlu terlalu dikhawatirkan..coba pelan2 nyapih..emang awalnya berat tapi kita hrs mikir kebaikannya buat si janin.Insha Allah bunda dimudahkan oleh Allah amiin;)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates