Friday, October 31, 2014

The best student of the week

Zikra sudah beberapa bulan jadi anak SD. Dan baru saja menerima progres report sebelum bulan desember ujian semesteran. How is it going? Yah kalo zikra tipe yang seneng belajar di sekolah tapi sering ogah2an diajak review di rumah. Tapi alhamdulillah hasil progres reportnya gak jelek. Malah cendrung bagus. Alhamdulillah pokoknya, mudah2an si anak gak merasa kehilangan waktu mainnya. Ini bunda mengira2 aja bimbingnya, biar gak ketinggalan tapi diusahakan dia juga seneng ngelakuinnya.

Jadi ceritanya disekolah gak fokus ke akademik aja. Kalo diliat dari rapornya sih ga ada nilai2 begitu, cuma keterangan excellent/verygood/good/needimprovement, walo tiap formative (ulangan) kertasnya selalu dibawa pulang untuk dikasih liat ke orangtua sama anaknya. Bagus juga ya kalo sistem sekarang begini, jadi ngurangi beban belajar juga sih sepertinya. Trus nih ya mau cerita soal penilaian yang non-akademik. Ada penilaian bentuk bintang/stars gitu. Tiap anak dipajang namanya di whiteboard biar keliatan dapet bintang berapa per harinya. Nanti tiap minggu dipilihlah best student of the week. Bagus sih ya untuk encourage anak2 supaya lebih tertib, teratur, mandiri dan semangat di sekolah. Jadi deh si bunda suka merhatiin poinnya zikra, rata2 tiap hari dapetnya 5 sampe 8, ga pernah diatas 10. Sementara untuk beberapa anak ada yang dapet sampe 15 perhari. Bisa banyak begitu anaknya ngapain ya? Penasaran aja kok bisa banyak amat dapet poinnya. 

Nanya deh sama gurunya. Jadi ternyata kalo anak ngumpulin bukom (buku komunikasi yang isinya catatan solat, setoran ayat+doa) dan solatnya lengkap aja udah dapet poin 7, nah ketauan dong zikra suka lupa ngumpulin bukunya, padahal solatnya udah lengkap. Trus ada lagi, yang duluan selesai mengerjakan worksheet dan jawabannya betul semua dapet poin tergantung sukarnya soal. Oke deh kalo ini mah wajar aja karna anaknya masih suka main dulu baru ngerjain tugas. Ada lagi poin untuk kerapihan saat makan (yang zikra makannya masih suka berantakan), poin bagi siapa yang jadi imam solat (sementara anaknya senengnya jadi makmum saja), dll.

Bagus ya dijelasin detail, selain tau gimana cara ngejar poin, tau juga si anak kira2 apa aja yang perlu diperbaiki?

Yang lucu adalah ms. ammy beberapa kali bilang kalo zikra ini anak2 banget. Awalnya saya manggut2 aja, tapi setelah beberapa kali dibilang begitu, mikir dong ya ‘emang temen2nya udah dewasa apa gimana ya? Masih kelas 1 kan anak2 ini?’

Ternyata oh ternyata, zikra dibilang anak2 banget ya maksudnya masih sesukanya seperti yang diceritain diatas, mesti disamperin khusus kalo ada instruksi, kalo engga ya biasanya dia lewat aja. Masih suka sibuk sendiri. Malah kadang suka bengong kalo diajak ngobrol.

Jadi gimana nih biar gak anak2 banget zikranya kalo ngikutin istilah ms. ammy? Ya maksudnya buat ngejar poin juga sih, disemangati supaya bisa jadi the best student jugalah. 

Karna udah tau poinnya dapetnya dengan cara apa, mulai deh si bunda sambil main ditanyain kepengen gak dapet bintang banyak dikelas? Jadi the best student dan diumumin trus dipanggil maju ke depan kelas? Eh dia bilang dia mau. Bagus deh, yang penting mau dulu anaknya.

Pas dia lagi makan malam atau sarapan diingetin, ‘Pinter nih anak bunda makannya makin rapih. Tau ga bang ms. ammy kasihtau bunda siapa yang mejanya bersih abis makan itu dapet poin loh. Tapi dibersihin sendiri, ga dibantuin siapa2. Bisa gak abang beresin sendiri sampe bener2 bersih?’ Katanya sih bisa. Oke deh.

Udah cium tangan, peluk2an dan cium pipi 'Abang nanti bukum langsung kasih ms. ammy ya. Jangan lupa loh. Disitu poinnya tinggi!' (hahaha, ini emak napsu amat sama poin)

Atau pas lagi gak solat di mesjid, solat dikamar kan dia, minta dia untuk gedein suara biar bacaannya bisa dikoreksi. Yang ini masih sesekali aja karna anaknya juga lebih sering solat di mesjid. Anaknya mah lebih seneng solat dimesjid, kesempatan kan kalo dimesjid bisa ketemu temen dan gak perlu dikoreksi bacaannya. Huh! Emaknya aja yang kadang2 ngelarang solat dimesjid sekarang supaya bisa koreksi bacaannya. Tapi walo ke mesjid juga, diingetin buat dibaca bacaan solatnya sebagus mungkin biar dapet pahalanya makin banyak.

Dan lain-lainnya. Yang dikasihtaunya waktu dia santai gitu. Atau pas barengan sama kejadian apa gitu yang berkaitan, perfect timing banget deh kalo dapet itu.

Eh alhamdulillah anaknya kepilih juga jadi the best student of the week. Emang sih kita encourage dia untuk jadi the best, tapi ya gak ngotot juga. Sedapetnya aja. Alhamdulillah kemaren pas ke rumah sepupu di tangerang anaknya menawarkan diri jadi imam. Huah terharu emaknya! Ternyata nanemin nilai2 dengan cara2 sambil santai begitu lebih masuk ke anak. Dan juga mesti spesifik. Kalo dipesenin ntar disekolah jadi anak baik ya, alamat jadi anak baik menurut dia sendiri deh. Ga bakalan ngeh juga anaknya gimana ngumpulin poin yang banyak kaya temen2nya. Mungkin yang dikasihtau disekolah sama guru lewat gitu aja, mesti diingetin lagi dirumah. 


pin the best student

Yah anaknya juga tetep ya masih anak2 juga, sampe sekarang dia juga masih suka di time-out karna menurut kita dia udah berlebihan maen sama adeknya. Pernah si adek sampe berdarah idungnya karna main ala2 superhero. Jantung rasanya udah pindah tempat! 

While si abang kalo adeknya rada2 bisa bilang ‘Ini adek suka main fisik ya!’, padahal dia juga begitu. Malah lebih banyak, cuma dia gak sadar. Zzzzzzz!!!

Anyway, bunda tentu bangga dong sama usahanya abang dapetin itu. Makasih ya sayang, you did the best of you.

Semangat terus ya anak bunda melakukan hal2 baik. Semoga gak berenti karna poin aja, tapi terus berimbas kemana2. Jadilah anak yang sopan, hormat pada orang yang lebih tua, suka menolong sesama, mandiri, rapih dan cinta kebersihan. Yang paling penting, senang menegakkan solat. InsyaAllah selamat dunia akhirat ya nak.


OOT nih ya.
Bonus foto dari gurunya zikra. Foto2 ini memang diminta sih, kapan ada momen2 ngapain gitu dan kalo beliau sempat, minta tolong difoto. Hehe alhamdulillah she did a big favor to this mama.






itu baju udah kemana2, dan dia cuek aja kata gurunya -_-

sodorin jari bukti ikut nyoblos milih presiden sekolah

5 comments:

  1. Selamat ya Zikra semoga nanti bagus lagi rapotnya. Sekolahnya bagus ya

    ReplyDelete
  2. sukses selalu dan semoga menjadi anak yang berguna bagi sesama dan keluarga, salam perkenalan ya :)

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana, salam perkenalan ya ^_^

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates