Friday, September 06, 2013

Kebiasaan Sehari-hari

Ternyata ya, sungguh gak sia2 beli buku islami buat koleksi bukunya anak2. Banyak yang si bunda skalian ikut belajar, alias baru tau juga setelah bacain zikra atau fatha hihi. Sadar diri sih kalo ilmu agama cuma kulit2nya aja. Jadi skalian bisa belajar sambil bacain anaknya. Makanya deh kalo ke toko buku saya sukanya ambil buku yang islami. Buku lain tetep sih dibeli juga, tapi dari beberapa koleksi anak2 dirumah buku islami ada skitar 70%. Sort of. Buku bacaan ringan yang sarat dengan ilmu syariat islam biar dasar islam anak2 tuh (mudah2an) lebih baik dari emaknya ini.

Pengen share beberapa disini, kegiatan harian yang semua orang lakukan dan Nabi kita juga lakukan. Dan ternyata, cara Nabi melakukannya tuh gak sembarangan. Ada caranya (adab) dan lengkap dengan alasannya. Misal :
‘Nabi Muhammad selalu duduk saat makan’ | ‘Loh memang kenapa?’ | ‘Makan minum sambil duduk itu lebih sehat, karena makanan yang kita telan itu akan berjalan di dinding usus dengan perlahan dan lembut pula’

Nah sekarang si bunda ini lebih gampang ngasihtau zikra supaya kalo makan itu sebaiknya duduk biar lambung yang ada didalam perut selalu sehat. Ih zikra mau dengerin loh. Seneng deh kalo begini. Kalo fatha yang susah makan yaaa, ya sudahlah ya haha.

Lebih banyak lagi ya. Diurut deh biar rapih. Tapi ini intisari dari cerita dibuku aja biar ringkas. 

1.   Tentang minum
Nabi Muhammad selalu minum dalam keadaan duduk | Kenapa dilarang minum sambil berdiri? | Karna akan membuat air masuk ke perut dengan kecepatan berlebihan dan membahayakan si peminum. Ini sabdanya : ‘Jika salah seorang dari kalian minum, hendaklah ia minum sedikit demi sedikit dan jangan minum sekaligus. Karna penyakit kubad (lever) dipicu oleh (kebiasaan) minum sekali teguk’ (HR Muslim).

Nabi juga melarang kita meniup air minum. Saat meniup, kita kan mengeluarkan karbondioksida, jadi kita meniupkan zat berbahaya ke minuman. Dari Ibnu Abbas RA : ‘bahwasanya Nabi Muhammad SAW melarang bernapas di dalam gelas atau mengembuskannya dengan mulut’ (HR Tarmidzi dan Abu Dawud).

2.   Tentang pipis
Pasti gak asing lagi ya dengan kebiasaan cowo yang suka pipis dicelah2 sempit. Alasannya apalagi kalo bukan kebelet atau toilet yang mayan jauh. Nah buat yang muslim harus hati2 loh. Ada hadisnya nih: Rasulullah bersabda ‘Kebanyakan azab kubur itu disebabkan oleh air seni’ (HR Ahmad dan Ibnu Majah). Itu tentu saja karna habis pipis gak dibersihin jadi sisa air seni nempel diunderwear, kan solatnya jadi gak sah tuh.

Nah ini anak2 dirumah sukanya nahan pipis sampe diujung tanduk. Persoalan banget deh. Udah keliatan padahal gelagat nahan pipisnya, eh diajakin ke toilet berkali2, tetep kekeh gak mau. Sampe gak bisa nahan lagi baru buru2 ngacir ke toilet. No wonder deh underwearnya kena ciprat itu pipis. Ampunn! Mudah2an kalo udah baligh gak begini lagi ya nak.

3.   Tentang menguap dan bersin
Kan kalo nguap itu kudunya ditutup lah ya. Kalo nguap trus cuek aja gak pake nutup mulut kesannya gimana sih? Gak enak diliat dan gak sopan juga. Kesannya malas tapi malah kasih liat malasnya ke dunia. Apalagi kalo nguapnya pake suara, kenceng pula. Idih! *kalo dirumah ya sebodo wae yak haha*

Nah ada hadisnya nih. Rasul SAW bersabda ‘Bersin itu dari Allah SWT, sedangkan menguap itu dari setan. Maka jika salah seorang diantara kamu menguap, hendaklah ia meletakkan tangan dimulutnya dan jika ia bersuara ‘aaaahh..aah’ ketika menguap , maka setan akan menertawakan dari dalam perutnya. Sesungguhnya Allah senang kepada bersin, tapi benci pada orang menguap’ (HR Tarmidzi)

Si ayah dong suka banget nguap lupa nutup mulut, mana kadang pake suara lagi. Diketawain setan dari dalam perut tuh Yah *langsung sungkeman sama ayah karna buka aib disini LOL*

Kenapa harus menutup mulut? Karna kalo mulut kebuka saat kita nguap saat itulah setan akan masuk dan melewati aliran darah. ini membuat kita salah satunya jadi gampang marah.

Intinya menguap baiknya dengan menutup mulut dan tidak bersuara. Itu!

Soal bersin. 

Ada hadis begini: Rasul bersabda ‘Sesungguhnya Allah SWT membenci perilaku mengencangkan suara bersin dan menguap’ (HR Abu Hurairah). 

Hadis lainnya: dari Abu Hurairah RA ‘Jika hendak bersin, Rasulullah SAW menutupi mulutnya dengan tangan atau baju beliau, agar suaranya tidak terlalu keras’ (HR. Tarmidzi dan Abu Dawud)

Hadis lagi. Rasulullah SAW bersabda ‘Jika salah seorang diantara kalian bersin, hendaklah mengucapkan “Alhamdulillah”, jika ia mengatakannya maka hendaklah saudara atau temannya membalas “Yarhamukallah” (smoga Allah merahmatimu). Dan jika temannya berkata “Yarhamukallah”, maka ucapkan “Yahdikumullah wa yushlihu baalakum” (smoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu)’ (HR Bukhari).

Intinya kalo bersin gak perlu berlebihan sampe bikin kaget orang dan musti nutup mulut ya biar kumannya gak nyebar ke sekitar. Trus karna bersin juga kadang bisa gagal yang rasanya sungguh gak enak, makanya kudu bersukur kalo kita berhasil bersin. Yes bersin itu menyehatkan kok. Dan sesama muslim juga dianjurkan mendoakan Saudaranya setiap kali bersin (yang mana akan dibales doa lagi oleh yang bersin tadi).

Tapi kalo orang itu bersin terus gimana dong? Capek dong kita ngucapin ‘Yarhamukallah’ terus? Ternyata sudah diantisipasi dengan hadis ini: Rasulullah SAW bersabda ‘Doakan Saudaramu yang bersin sebanyak 3 kali, jika ia bersin lebih dari tiga, maka berarti ia sedang diserang flu’ (HR Abu Dawud)

Subhanallah sekali ya adab Rasul itu. Beliau sungguh sopan, detail, peduli sama sekitar dan melakukan cara yang sehat. Ini baru menyoal 4 kebiasaan tapi banyak kajiannya. 

Segitu dulu deh. Pegel bok nulisnya. Namapun sambil nyontek bukunya anak2 haha, ngaku kok kalo semua hadis diatas salinan semua dari buku, bukannya ingatan sendiri. Nama bukunya ‘Yuk Berperilaku Santun’ oleh Anisa Widiyarti. Dan dibuku ini bukan cuma 4 kebiasaan ini aja yang dibahas, adalagi soal tidur, marah, dll. Fyi bukunya Anisa ada 1 lagi dirumah, dan itu bagus juga judulnya ‘Kisah Penuh Hikmah’. Aku suka deh 2 buku ini buat dibacain ke anak2.

2 comments:

  1. sy juga banyak belajar dr buku sekolahnya anak2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa,jadi ikut belajar bersama anak ya mbak :)

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates