Thursday, November 15, 2012

Breastfeeding #2 done!

Alhamdulillah Fathin Atha Alkhalis, 2 tahun 4 bulan, akhirnya disapih. Sudah 6 malam (dengan tadi malam) berhasil tidur tanpa nenen sama sekali dan pas kebangun tengah malam juga berhasil tidur lagi tanpa nenen. Trimakasih ya Allah yang telah membuat ini terjadi disaat emaknya mikir masa2 menyusui ini masih akan lama berlangsungnya.

Masih gak percaya anak ini sudah disapih. Fatha ini bisa dibilang rada susah nyapihnya. Tiap dikasihtau umurnya udah sampe dan musti stop nenennya, pasti deh nangis gerung2 atau nangis sesegukan yang bikin hati gak tega. Padahal mulai dikasihtau sejak dia 21 bulan loh. Memang sih sehari2 udah gak nenen lagi, tapi fatha tiap mau bobok malem musti nenen dulu. Kalo gak nenen gak bisa tidur dia. Oh kecuali kalo bunda gak ada sih, seperti siang hari misalnya, dia bisa tidur tanpa nenen kalo gak liat bundanya. Kalo pas malem kejadian waktu nginep ditangerang kemaren, dia bisa tidur tanpa nenen karna gak ngeliat bunda. Cuma kan gak mungkin begitu terus ya, tiap mau tidur malam diungsikan dulu ntar kalo udah tidur baru dipindahin ke kamar, capek lah ya. Nah mangkanya deh, lanjut terus itu nenennya sambil tetep dibilangin pelan2 kalo nenennya harusnya disimpan aja. Selalu aja gak mau. Kepala2nya selalu digeleng2kan. Pokoknya keliatan tekadnya kuat, gak bisa dibujuk.

Sampe minggu lalu.

Anaknya udah nenen lama banget tapi gak tidur2. Udahnya nenen dilepas dan dia malah main gangguin abangnya yang mau tidur. Si abang besok pagi mau sekolah padahal. Gemes bangett liatnya! Akhirnya disuruh pilih, mau tidur sama kita tapi musti ambil posisi tidur atau sama kak ima yang bisa sambil main. Tentu saja dia pilih sama kita *udah tau sih dia pasti pilih yang pertama*. Jadi deh dia terpaksa berusaha tidur. Walo gak selalu berhasil, pas dateng bosennya dia akan berdiri lagi dan selanjutnya akan dibawa keluar, diikuti dengan teriakan nangis2nya, lalu biasanya dia akan bilang mau bener2 tidur. Tapi yah tetep kejadian juga bolak balik keluar masuk kamar.

Anak umur 2 tahunan udah bisa disodorin pilihan dengan konsekuensilah ya. Dia disuruh pilih mau apa tapi musti terima juga konsekuensinya. Jadi beginilah cara bunda akhirnya nyapih fatha. Kalo mau tidur dengan bunda musti bobo dengan benar dan gak pake nenen, kalo gak mau ya tidur dengan kak ima. Nah pasti dia pilih tidur dengan bunda. Yes it was really hard for the first time. Tapi dicoba aja. Bunda udah masuk ke tahap mau coba segala cara (sampe sempat kepikiran mau cobain pake lemon juga buat nyapihnya). Dipeluk dan dipuk2 dan dielus kepalanya. Anaknya keukeuh nangis sampe lebih dari 15 menit? Rasanya udah berbulan2 deh kayaknya, akhirnya dikasih nennya dengan sarat sebentar saja. Diselanya dengan alesan mau pipis hihi. Udah 3-4 hari begitu, akhirnya bunda berani buat gak nenen sama sekali. Tiap dia nangis bunda ajak keluar, pura2nya mau ke kamar kak ima. Akhirnya dia diem. Trus dicobalah kasih uht dan air putih biar perutnya enakan dan gampang tidur. So finally we make it, after several days trying.

Beda anak, beda cara nyapihnya. Dulu nyapih zikra cendrung gampang, malah saking gampangnya si bunda sedih banget dan sampe nangis sesegukan pas gak sengaja mergokin dia ngigo nyebut nenen pas lagi tidur. Mungkin karna bunda belum siap mental juga kali yah. Nah yang ini udah mantep banget bundanya. Malah yang ada perasaan lega setelah anaknya selesai disapih (udah ekstra 4 bulan soalnya hehe). Walo tadi malem sempat hampir luluh juga dan sedih waktu dia sempat kangen dan minta nenen. Tapi musti konsisten dong yah, nanti anaknya malah bingung. Alhamdulillah si adek gak maksa dan bisa tidur setelah dipeluk dan dielus.



Jadi sekarang tiap malam ada adegan peluk2an sampe dia tidur. Beneran loh si adek tidur dipelukan bunda, biasanya mah boro2. Posisinya persis kayak dia lagi nenen. Ah bunda jadi melow lagi. Gak papa ya sayang, adek kan sudah besar *berdoa semoga adek beneran udah 'end' sama nenen hehe*.

So it was a wonderful journey. Makasih buat semua momen indahnya ya nak, priceless, unforgetable. Semoga anak kesayangan bunda sehat2 dan slalu bisa menang melawan penyakit. I love u baby, too much.

4 comments:

  1. congrats ya udah berhasil nyapih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks man, mudah2an memang sudah :p

      Delete
  2. Fatha pinter.. Cepet besar n pinter kaya Abang ya... *hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata belum selesai tante, bunda masih harus nyoba lagi. Padahal udah 2 minggu absen loh. Doain yah :)

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates