Thursday, October 18, 2012

Tes Kepribadian untuk Zikra

Jadi kemaren ini ada lembaga tes kepribadian, namanya STIFIn, dateng ke skolah zikra nawarin tes sidik jari buat murid2 disana. Mereka presentasi dan kalo berminat dengan bayar 200ribu (harga khusus sekolah kayaknya sih) anaknya bisa dites buat tau belahan otak dominannya. Belahan otak dominan ini menentukan sistem operasi otak, dengan kata lain disini bisa kliatan jenis kecerdasan dan kepribadiannya. Jadi kalo bunda simpulkan tujuan tes ini kurang lebih buat tau kira2 si anak akan diarahin kemana biar bakat dan minatnya gak sia2.

Bayar 200ribu gak terlalu mahal ya, bandingannya tes IQ yang sampe sejutaan. Tapi mungkin beda sih yang dites. Kalo yang ini, sekilas bisa dilihat disini. Setelah dicek juga kayaknya bisa dipercaya, mereka punya sertifikat dan sudah punya cabang di beberapa kota di indonesia (tau dari bukunya sih). So discanlah kesepuluh jari zikra hari itu.

Hasilnya? Zikra ini Feeling Introvert.

 
Feeling Introvert : limbik kanan (posisi belahan otak bagian kanan bawah)
Kecerdasan yang merujuk pada perasaan yang membuat pemiliknya pandai memahami oranglain. Kecerdasan itu dikemudikan bergerak dari dalam ke luar (introvert) sehingga pemiliknya memancarkan pengaruh kuat dalam memimpin.
Cara belajar dengan mendengar dikelas, rekam ke mp3, dengar ulang sampai dapat feel-nya.
Keutamaan sekolah dibidang politik, kepemerintahan, hukum dan kesenian.
Atau profesi pilihan lain: psikolog, komunikasi, diplomat, humas, promotor, investor, trainer/public speaker, seniman, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikolog, personalia, lawyer, dll.

Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai:
- semangat tinggi namun dibalik itu ingin dimanja dan diperhatikan,
- halus dan lembut namun kadang menyengat,
- pemimpin yang berkharisma namun kebiasaan buruknya mudah tersinggung,
- penolong namun menghitung nilai balas budi,
- komunikator yang mempengaruhi oranglain namun komitmen terhadap ajarannya lemah,
- mampu berempati namun kadang lamban bereaksi.

Mempengaruhi oranglain lalu komitmen dia sendiri rendah? Big no no ya nak, pantangan bunda banget itu. Apalagi kalo jadi pemimpin tapi modelnya begini? Bunda yang mecut pertama kali *bunda galak* *biarin* *kan kalo jadi pemimpin* *aamiin*

Tadinya gak mau percaya2 banget sama hasilnya zikra ini, etapi setelah dibaca dan liat2 lagi bukunya, jadi ihh kok kayaknya bener juga ya sifat2 yang disebutin banyak kejadian di zikra. Apa bisa dijadiin patokan tuh buat milih sekolah dan bidang ilmu setelah gedenya? Masih belum tau sih ya. Kan anaknya masih TK, masih belum kliatan jagonya dimana. Mungkin ini bisa dijadikan panduan, tapi liat nanti perkembangannya zikra lah ya. Mungkin bakat gak bisa berubah, tapi minat? Mungkin gak berubah juga kali ya *bingung bin labil*.

Well yang jelas sifat jelek mudah2an bisa dikurangi dengan mempelajari ilmu agama kayak menghitung nilai balas budi biar Allah saja yang melakukan. Dan lamban bereaksi, mudah2an dengan latihan bisa ya. Makanya bun, kalo mau anaknya gak ngikut perbaiki diri dulu *ngomong sama kaca* *tertampar*.
 
Harapan bunda banget bisa mengarahkan zikra lebih kepada kemampuan dominannya, membuat dia happy dan bersemangat dalam belajar. Semoga bunda (dan ayah) bisa sepakat dengan bidang yang dipilihnya *takutnya enggak, semoga gak begitu*. Smoga zikra nanti sukses meraih passionnya (gak kayak emaknya) yang mudah2an bisa kasih manfaat ke orang banyak. Semoga Allah memudahkan si bunda dan ayahnya ini, dan selalu memberi petunjuk.

6 comments:

  1. selama ini gua taunya introvert itu berarti orangnya tertutup, gak suka ngomong. ternyata kalo ngebaca ini arti introvert malah gak gitu ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bener juga man. Spesifik dari bukunya sendiri dijelasin kalo introvert kecerdasannya bergerak dari dalam ke luar, sementara extrovert dari luar ke dalam.

      Delete
  2. asyik juga ya jadi bisa mengarahkan anak kejalan yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan bisa jadi panduan kayaknya ya ma, tapi liat nanti juga deh :)

      Delete
  3. waktu keke kelas 1 sekolahnya juga pernah ngadain program kayak gitu, tp kami pilih gak ikutan.. Cuma kok jadinya penasaran juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tadinya aku juga setengah hati bun, tapi mikir efek penasaran kalo gak nyoba lebih besar, jadi dicoba saja akhirnya hihi :p

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates