Thursday, July 12, 2012

Fathin Atha, 2 tahun!

Bismillah
Alhamdulillah anak bunda sudah 2 tahun umurnya. Sungguh terharu emaknya, kenapa waktu itu berasa cepat sekali berlalu. 


Gak pengen ngerayain ulangtahun fatha? Pengen sih, tapi kok males ribetnya ya? Aduh ini ibu macam apa? Jadi ujung2nya ya udah beli kue aja buat dimakan sama2. Kuenya pun gak niat bikin haha. Maafkan bunda yang pemalas ini ya nak. Alasan lain, pun sayang uangnya. The thing is, first thing first lah ya. Intinya isu perayaan rasanya gak jadi prioritas kita, jadi ya bunda juga sabodo teuing. Yang penting anak (mudah2an) gak kurang kasih sayang ayah bundanya.

Sudah 2 tahun anak kecik bunda. Bunda kok suka berasa fatha ini kurus, badannya kecil. Belum lagi isu ubun2 kepalanya belum nutup. Asli suka jadi kepikiran banget, apa ada yang salah dari cara ngasuh bunda slama ini. Namapun emak2, pusing kalo berasa ada yang ga beres sama anaknya. Tapi satu2 terjawab isu diatas, walo belum tentu jaminan ke depannya. Pertama soal kurus dan kecil, ternyata waktu pulang ke lampung kemaren, fatha ketemu sama sepupu yang umurnya 4 tahunan (kurleb 2 tahun lebih tua) tapi tinggi dan besar badannya gak lebih gede dari fatha. Pun waktu compic kemaren, ketemu sama anak 3 tahun yang sama gedenya. Bukan mau membandingkan, tapi ini untuk menghilangkan rasa kuatir yang ada slama ini. Alhamdulillah berarti slama ini bunda aja yang terlalu kuatir, soalnya sehari2 fatha kan temennya zikra. Si abang ini yang makannya gampang wajar aja kalo badannya gede, jadi gimana gitu kalo ngeliat si adek ini kecil. Yah lebay emang udah jadi nama tengah emak satu ini kayaknya!

Trus yang kedua soal ubun2 belum nutup. Ini isu dari umur 18 bulan sampe fatha musti di-MRI segala buat cari tau apa ada masalah dikepalanya. Ubun2 belum nutup ini kan artinya ukuran lingkar kepala dibawah dari yang seharusnya. Trus lingkar kepala kaitannya sama volume otak. Jadi kalo ubun2 belum nutup ya kemungkinan otaknya kecil. Awalnya bunda kaget dapet isu ini, karna (bukan mau membandingkan dengan siapa2) fatha bisa dibilang baik perkembangannya. Fatha mulai bisa jalan umur 10 bulan, skarang diumur 2 tahun ini ngomongnya juga udah banyak. Kaget bin campur sedih jadinya. Trus setelah di-MRI, alhamdulillah gak ada yang aneh. Cuma setelah konsul ke dsa, jelaslah kalo volume otaknya gak berkembang maksimal. Masih ada space dikepalanya. Otak yang bagus ya menuhin ukuran kepala ya jadi ga ada space lagi, tapi di adek ada spacenya makanya deh ubun2nya belum nutup. Sampe sekarang juga masih belum nutup.

Emak mana yang gak kuatir, pasti takut kan kalo anaknya nanti kecerdasannya dibawah rata2. Amit2 nauzubillah. Tapi setelah ceritain perkembangan fatha, dsa bilang gak ada masalah. Perkembangannya bagus. Cuma ya, orangtua harus kasih perhatian ekstra dan musti melek anaknya lemah dimana. Anak dengan ukuran otak kecil terkadang perlu stimulasi lebih dari yang otaknya berukuran normal. Walopun diawal dokter bilang perkembangannya bagus, tetep loh denger yang terakhir ini aja udah buat bunda makin sedih.

Ngobrol sama seorang yang sudah seperti adik sendiri, seorang calon dokter insyaallah sebentar lagi, yang kasih tau gak ada hubungannya kecerdasan anak dengan volume otak. Trus hasil gugling juga menguatkan apa yang dia bilang. Begini kurang lebih penjelasannya :
Ditegaskan disini bahwa tak ada pengaruhnya ukuran lingkar kepala dengan kecerdasan bayi. Tetapi, ukuran lingkar kepala berkaitan dengan volume otak. Seperti diketahui, volume bayi baru 350 gram. Artinya, bila diameter kepala bayi sekitar 30 cm, maka volume otaknya bisa kurang dari itu. Hanya saja, bukan berarti bila volumenya kurang, anak jadi kurang potensi kecerdasannya.
Setelah lahir pertumbuhan otak akan makin pesat sesuai dengan stimulus yang diberikan orangtua dan lingkungan. Begitu juga perbedaan bentuk kepala, tak ada kaitan sama sekali denga kecerdasan dan volume otak. Bila salah satu sisi kepala menerima tekanan terus menerus, jangan heran jika kepala menjadi rata atau peyang. Umumnya ini terjadi karena orangtua takut merubah posisi tidur anak. Bentuk kepala ini tidak membahayakan atau menganggu kecerdasan. Bentuk kepalanya saja yang terlihat tidak proporsional.
Lebih jelas bisa dilihat disini dan disini.

Mengutip dari Timothy Bates, guru besar Psikologi di University Edinburgh Skotlandia dari artikel ini, bilang kalo “Mereka yang lahir dengan otak lebih besar bisa saja dikalahkan oleh mereka dengan otak lebih kecil. Besar kecilnya otak bukanlah hal penting. Usaha untuk belajar dan memperbaiki dirilah yang terpenting”.

Alhamdulillah lega sih setelah tau ukuran otak itu gak mempengaruhi kecerdasan. Cuma ya tetep harus slalu ngeliat perkembagannya. Perkembangan terakhir fatha sempat bunda ceritain disini. Smoga Allah selalu memudahkan adek dalam belajar ya nak.

Oh iya, soal kuenya kali ini pesen di The Harvest. Masih seputar Red Velvet, ceritanya demen niye sama rvc. Soal mau nyoba buat sendiri masih belum muncul mudnya haha *pemalas*, jadi delivery saja. Tak lupa biar halal, request NO RHUM. Jadi insyaallah kue ini halal. Fyi kuenya enak, tapi somehow enakan yang punya @riani kemaren hehe.


Anw, selamat ulang tahun anak kecik kesayangan bunda. Bunda seneng adek suka kuenya hehe. Semoga Allah selalu melindungi disetiap langkah, menjauhkan dari segala mara bahaya, memudahkan dalam menguasai ilmu yang bermanfaat, membuat selalu sehat dan bahagia. We love you, Andek bear, to bits!

19 comments:

  1. Happy bday ya Fatha, kue tartnya masihada gak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya tante lidya. Kuenya udah abis besok harinya tante. Kalo kue gak pake lama umurnya dirumah :p

      Delete
  2. happy birthday fatha, semoga sehat selalu, tambah pintar, jd anak sholeh kebanggaan ayah bunda :)

    kuenya bikin ngiler nih bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, insyaallah. Makasih tante Herien. Hehe iya pinter ya yang bikin ngatur kuenya jadi cantik begitu :)

      Delete
  3. happy bday fatha!!
    semoga selalu sehat, panjang umur, tambah pinter, selalu sayang keluarga ya... :)

    iya jangan terlalu worry... fatha will be fine... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doanya om Arman.
      Iya nih, perasaan terlalu worry itu sungguh gak enak pun bisa bikin cepet tua yak haha *ngetawain diri sendiri*

      Delete
  4. happy birthday fatha semoga jadi anak yang membanggakan oranng tua,bangsa,dan negara..
    soal acara ga di harusin banget kan untuk di rayain .. asalkan selamat :: :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Dea, smoga doanya dijabah Allah. Iya banget, ga penting pestanya yang penting doanya ya (dan makan kuenya haha) :))

      Delete
    2. sini aku bagi kue nya !! :P

      Delete
  5. happy bday fatha..
    semoga semua keinginan dan doa terbaik bundanya di kabulkan sama Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin. Makasih ya tante nike doanya :)

      Delete
  6. Happy besdei Fatha !
    Semoga jadi anak kebanggaan ayah dan bunda.
    ultah Athia juga gak pake persiapan macem-macem kayak emak-emak laen, Vy. Kalo gw mah yang penting do'anya aja. ya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih tante indah. Hihi iya bener yang penting doa, dan makan kue kalo disini mah :))

      Delete
  7. MET ULTAH ya anak cayank ayah..

    Semoga adek selalu sehat,
    makin pinter, makin soleh
    and makin besar.

    semoga abang and adek,
    selalu mendapat kasih sayang terbaik
    dari Ayah dan Bunda ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ayah, kita sama2 doa terus ya buat adek dan abang juga.
      Smoga semua doa dijabah Allah, aamiin. Ayo kita slalu smangat!!
      :* :))

      Delete
  8. baru baca ini..selamat yaaa..udah 2 tahun aja..
    sehat terus..

    btw mbak..
    masalah ubun2. Qeela juga blm nutup..
    aq baru tau malah kalo ada yang harus dicurigai kalo ubun2 belum nutup :(
    kurang tanggap nih aq..
    semoga g ada apa2..perkembangan lancar insya Alloh, udah bs ngomong banyak kata juga.Bismillah..
    tpi masih perlukah qeela MRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante tika, aamiin :)
      Qeela kan masih 4 bulan lagi ya tik 2 tahunnya? Mudah2an pas 2 tahun nutup. Jangan langsung MRI ah, kalo mau konsul dsa dulu say :)

      Delete
  9. mbak anak ku jg udah mau 2 thn tgl 25agustus nanti, ubun2 blm nutup tapi perkembangan anak alhamd baik tp dktr nyaranin utk ct scan.
    yg ingin sy tanyakan, sampe kpn ubun2 anak sy bs nutup ??mungkin ada info dr tmp konsul mbak??
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru reply ya. Anak saya 2 tahun 2 bulan juga masih sedikit lagi nih ubu2nya ngebuka. Gak tau deh kapan pastinya akan nutup sempurna. Smoga baik2 aja ya anak2 kita.

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates