Friday, July 20, 2012

Entering Ramadhan 1433H

Bismillah 

Alhamdulillah dikasih umur ketemu ramadhan lagi. ini ramadhan ke-30 saya, mudah2an gak sia2. Kita dirumah mulai puasa insyaAllah besok, walau katanya hilal global sudah terlihat, kita ngikut hilal lokal seperti yang dibilang pemerintah. Magrib hari kamis kemaren belum keliatan katanya kan yah, jadi kita yakini saja. Pun masjid depan gak ngadain tarawih tadi malam.

Ini yah ternyata saya masih ada utang puasa aja loh. Utang puasa ditahun 2010 waktu abis ngelahirin fatha. Yang tahun 2011 sih udah diganti, cuma 2 hari saja. Abis ngelahirin 2010 lalu, udah bayar fidiyah sih. Kirain boleh ya bayar fidiyah saja, eh ternyata gak boleh bok! Bruntungggg waktu hamil dan menyusui zikra akunya puasa *cium2in misua dan mama yang ngajakin puasa waktu itu*. Kalo gak puasa juga waktu itu, bok berapa banyak musti ganti puasa ya itu?

Telat banget ya taunya. Isu ini pernah dibahas sih dikantor sama emak2 senior disini. Pada rajin mereka puasa senin kamis, ternyata yah mereka ganti puasa waktu dulu2 gak puasa pas ngelahirin dan menyusui. Ditanyalah, bukannya boleh ya fidiyah aja? Mereka bilang gak, musti ganti juga. Tapi karna ngomong2 gitu aja, jadi yah lewat gitu aja. Cuek bebek! Ngerasa nyante karna mikir udah bener bayar fidiyah aja *cari enak* LOL.

Baru2 ini dong baca kultwit ustad @felixsiauw yang ngejelasin tentang qadha puasa lebih detail. Ternyata ibu hamil/menyusui yang gak puasa di bulan ramadhan wajib ganti puasa. Yang hanya bayar fidiyah itu orang yang sakit menahun, yang gak ada kemungkinan sembuh kayak kanker ganas, lambung bocor dll. Nah kalo bumil dan busui itu, gak termasuk orang dengan penyakit menahun. Kasusnya pun dibagi lagi. Yang gak puasa karna mengkuatirkan bayinya wajib bayar fidiyah dan ganti puasa, sementara yang gak puasa karna memang dia sendiri gak mampu untuk puasa cukup ganti puasa aja tanpa perlu bayar fidiyah. Begini jelasnya :

Penjelasan lengkap disini ya biar lebih ngerti :)

Terpaksa ganti puasanya setelah ramadhan ini dong ya. Sekarang mana sempet, besok udah puasa cyin! Mudah2an dikasih umur.

Semangat puasa ya teman2. Smoga ibadah wajib terpenuhi dan sunnah2 ditingkatkan lagi *ngomong ke diri sendiri*. Pada mau ikut lomba tadarus gak? Aduh sok bener ini emak satu, urusan masak aja masih kocar kacir. Tapi tetep mau ikutan lomba sama misua. Tahun lalu alhamdulillah khatam, itu pun karna idul fitri diundur dan ada minan yang nginep dirumah. Itu prestasi terbaik slama 29 kali ramadhan loh, sebelumnya mah cuma selesai belasan jus saja huahahaha. Lha sekarang apa kabarnya ya ini kira2? 5 hari dengan 2 asisten PP yang gak nginep berasa jompo banget si emak ini. Tapi mari deh dicoba saja. Liat nanti hasilnya dapet berapa hehe seruuuu tapi ngebayanginnya. Gak mau kalah sama misua eike!

So ini akan jadi ramadhan ke-30 saya. Seminggu jelang umur 30 huhu. Smoga slalu sehat, ibadah lancar, banyak barokah. Buat kita semua. Aamiin yaaa *teriak kenceng* *dalam hati saja*

Slamat berpuasa bagi yang menjalankan. Mohon maaf atas kata2 khilaf yang mungkin dibaca diblog ini yaa *sungkem*
Doni. Evy. Zikra. Fatha

10 comments:

  1. selamat berpuasa mbak.. mohon maaf kahir & batin ya :)

    ReplyDelete
  2. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk the setyawijayas
    mohon maaf lahir bathin ya :)

    ReplyDelete
  3. Selamat menunaikan ibadah puasa ya...

    ReplyDelete
  4. Selamat Puasaaaaa.....

    tapi Dija gak puasa Tante, hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dija kamu main sini aja sama zikra dan fatha yuk :*

      Delete
  5. seneng ya bisa puasa tahun ini...
    semoga lancar sampai idul fitri nanti

    ReplyDelete
  6. Saya juga nggantiin puasa nyicil senin kemis bun. Mohon maaf lahir batin juga ya bun, semoga puasa ramadhan tahun ini lancar. Amin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bundit, nanti paling strateginya gitu ya, puasa senin kamis. Maaf lahir batin juga, sama2 lancar ya kita puasanya :)

      Delete
  7. Buat semuanya, slamat puasa juga. Smoga lancar ya :*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates