Wednesday, May 30, 2012

Trauma dan First visit to Dentist

Pernah baca pengalaman ibu yang bawa anaknya ke dentist untuk sekedar check up supaya terbiasa, jadi kepikiran lah untuk bawa zikra juga. Pas mulai survey klinik gigi yang oke sekitaran rumah eh keburu anaknya kepeleset dan nyium lantai bibirnya. Bibirnya luka dan berdarah cukup banyak, tapi alhamdulillah gak ada robek. Cuma belakangan baru tau setelah 3 harian dimana bibirnya udah mulai sembuh, giginya ada yang goyang karna dia ngeluh giginya sakit mulu.

Si emak panik. Aduh masa sih zikra udah mau ganti gigi aja? Etapi bisa jadi, dia kan sudah 4 tahun. Kalo sudah goyang musti dicabut kan ya? kayaknya gitu deh dulu. Mendadak inget jaman bunda pergantian gigi ke gigi seri. Itu pas SD dan si mama gak pernah bosan ngingetin kita buat goyangin giginya sampe akhirnya si gigi bisa dicabut dengan mudah pake tangan sendiri. Teknik manual loh itu. Dan musti rajin! Tapi si mama telaten banget jadi anak2nya semua ganti gigi caranya alami aja. Kita gak pernah loh ke dokter gigi buat cabut gigi. Kebayang mau nerapin cara itu ke zikra langsung jiper. Dia kan masih 4 tahun, kasian! Apalagi zikra ini tipe yang sakit dikit langsung manja, jadi boro2 nyuruh dia goyangin gigi sampe akhirnya copot sendiri. Well kalo udah SD mungkin lain cerita ya. Kalo gak bisa begitu alternatif lain apa? Ya musti dicabut di dokter gigi. Dan apa artinya itu? Disuntik giginya. Makkk! *panik*

To be honest, zikra ini sepertinya punya trauma sama dokter. Mungkin bisa jadi karna efek sunat dini yang waktu itu dialami zikra pas dia 5 bulan. Bunda pernah baca itu bisa menimbulkan efek bawah sadar. Sedih banget bacanya dan takut efek itu applied to zikra. Tapi bunda sama skali gak nyesel dengan sunatnya karna kalo gak disunat justru yang akan bahaya bisa merusak ginjalnya. Jadi yang bisa lakukan pelan2 bangun rasa percaya dirinya. Dulu tiap ke dokter buat imunisasi slalu dibekep tiap disuntik. Gak ada cara lain karna kita udah bujuk lama banget dan dia konsisten gak mau dekat sama dokter. Beruntung setelah 3 tahun gak ada suntik2 lagi dan dia lebih pede ketemu dokter. Cuma tiap harus buka mulut dan periksa mata masih memancarkan rasa takut dan was2. Jelas banget keliatan dari mukanya yang cemas kalo dokternya sampe ngapa2in dia.

Belakangan masih begitu sih, makanya bunda rada jiper mau bawa dia ke dentist. Kenapa gak dari dulu2 sih? Udah kejadian baru pusing sendiri gak dibiasain dari dulu. Tapi kali ini ajaib, zikra yang minta ke dokter. Dia bilang dia gak mau giginya sakit, mau diobatin sama dokter biar gak sakit lagi. Wah kesempatan langka nih. Alhamdulillah dikasih jalan disaat kita bingung. Akhirnya mulai deh dijelasin gimana gambaran keadaan di dokter gigi nanti.

“Ada alat gede yang ada senter dan layar tivinya. Itu untuk kasih liat gigi kita, trus biar giginya keliatan disana musti buka mulut yang lebar buat disenterin sama dokternya. Gimana, abang berani gak?” | “Berani bunda!” | “Bagus! Tapi bener ya, abangnya berani. Kalo disana mendadak takut, ya gak bisa diobatin giginya” | “Iya bunda, abang mau sembuh” | “Oh okee. Pinter kalo gitu” *terharu*

Jadi kita berangkat. Yah liat gimana nanti deh, kalo emang musti disuntik dan dicabut giginya, nanti dipikirin lagi gimana caranya biar zikra juga minimalis timbul traumanya *udah mikirin trauma lagi aje*

Nyampe di hermina kita gak ngantri lama trus masuk ke ruangan. Sebelumnya sudah daftar by phone ke dokter  Hendry Fayol. Aduh si emak mendadak berdebar. Berdebar tapi pasrah deh. Hahaha cemen memang! Tapi dokternya ramah. Diajakin salam dan toss. Emang dihermina dokternya pada ramah2 sih, tapi dari pengalaman itu gak jaminan juga buat selanjutnya. Eh tapi zikra gak mundur loh, dia malah bilang “dokter, abang berani lo.” Wah si emak terharu, jadi berkurang debaran jantungnya huhu. Trus disuruh duduk deh dikursi periksa. Zikranya mau duduk sendiri, tapi begitu dokternya tau ini kali pertama buat zikra, dokter minta ayah pangkuin dia. Jadi duduklah zikra dipangkuan ayah. Ditanya masalahnya apa dan diceritain deh acara jatuh dan nyium lantai itu sampai ke masalah giginya yang goyang. Diperiksa sebentar dan dokter bilang gak ada masalah. Trus kita bengong! Eh serius gak ada masalah? Tapi kok goyang dan zikra ngeluh mulu? Tapi dokter tetep bilang gak papa trus sakitnya itu sisa dari efek jatuhnya. Giginya baik2 aja dan bagus. Malah om dokter bilang baru kali ini ada anak seumur zikra yang giginya gak bermasalah sama sekali, gak ada lubang atau caries. Cie cie abang giginya bagus *emak (hampir) melompat norak*.

Tapi aneh juga zikra gak diapa2in, dibersihin giginya pun tidak. Tapi ya sudahlah. Oh wait, setelahnya zikra disuruh pilih 2 mainan yang berbeda yang disediain dipojok ruangan.

Oh well, that was fun actually. Zikra pulang dengan rasa bangga karna dia betul2 berani ketemu dokternya dan bahagia bawa pulang 2 mobilan mini buat dia dan adeknya. Walo udah dibilangin ambil yang beda, tetep dia ambil mainan yang sama cuma beda warna aja. Beruntung dokternya gak komplain LOL. Ternyata ya gak semua yang ditakutkan itu menjadi kenyataan ya, bunda aja yang suka parnoan.

Jadi kata om dokter, gigi pertama itu akan tumbuh di usia :
5 + 1 untuk gigi bawah
6 + 1 untuk gigi atas

Note: +1 itu maksudnya bisa lebih cepat 1 tahun sebelumnya, atau lebih lambat 1 tahun setelahnya. Jadi kalo untuk gigi bawah diumur 4-6, gigi atas diumur 5-7. So get ready for it :)

Ps: ini kejadian jatoh dan periksa giginya waktu uncu masih disini hehe.

3 comments:

  1. Mungkin bisa jadi memang sakitnya Zikra krn jatuh mbak.. Apalagi giginya kan bagus.. Kalo sy sih udah kenyang bgt deh bawa anak2 ke dokter gigi... Giginya pada roges.. Sp pergantian gigi aja hrs cabut ke dokter krn udah abis sementara gigi baru udah muncul..

    Keke pertama kali numbuh gigi baru di atas 7 tahun.. Kt dokter kl giginya bagus biasanya gak butuh ke dokter gigi, nanti akan tanggal sendiri.. Moga2 Zikra kayak gitu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu aku buat nanggalan gigi itu musti sering goyangin giginya. Peer banget deh rasanya ngeliat zikra sakit sedikit aja udh manja minta diperhatiin terus. Tapi liat nanti deh, kalopun harus dicabut ke dokter gigi mudah2an dia gak masalah :p

      Delete
  2. Niсe blog hеre! Alѕo уour site loads up fast!
    What hoѕt агe you usіng?
    Can I get уоur affiliate link tо your host?
    I wiѕh my site loaded up as fast aѕ уours lol

    Ηere is my blog http://worldtourismdictionary.com/tiki-index.php?page=UserPagedeweytmcg

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates