Tuesday, November 01, 2011

He likes to get up in the morning (NOT yet!)

Bismillah


Gimana sih cara nego dan kasih konsekuensi yang bener biar anak gak ngerasa dipaksa dan kita gak perlu marah nyuruh si anak ngelakuin sesuatu? Kasus zikra yang lagi hits adalah malas sekolah karna dia masih ngantuk waktu dibangunin. Sekolahnya kan mulai 7.30, jadi jam setengah 7 udah mulai dibangunin. Sementara zikra ini agak susah tidur cepat malemnya (walo tidur siang udah selesai jam 5 sore), jadi otomatis susah bangun pagi. Err gak nyalahin juga sih karna emaknya sendiri suka insomnia *sadar diri*, yah jadi mungkin dia ngeliat emaknya dan malah niru secara gak sadar *tanya salah siapa*. Sering kasian juga sebenernya bangunin dia pagi itu. Tapi menurut bunda ini harus dibiasakan sejak kecil, biar gak keterusan kayak bunda yang sampe sekarang gak suka bangun pagi. Kalo gak terpaksa banget, suka tidur lagi abis solat subuh *solat subuh pun suka telat, plak!!*. Kann, makin banyak gak benernya bunda ini. Jadi kalo bisa gak usah kayak bundanya deh. Dulu jaman bunda sekolah, hampir tiap pagi itu disaster. Gak heran juga sih karna bunda ini tipe yang suka belajar larut malam ketimbang belajar diwaktu subuh *belajar waktu mau ujian maksudnya, biasanya mah baca komik aja*. Jadi deh slalu ngantuk bangun pagi itu.


Jadi pengennya bunda, zikra terbiasa bangun pagi sejak kecil. Jadi kalo dia keukeuh gak mau sekolah karna masih mau tidur, bunda bilang sama dia ‘oke bang, gak papa gak sekolah, tapi abang gak boleh nonton tv ya seharian’. Nah biasanya ini berhasil.


Err, sementara berhasil!


Loh kok gitu? Dalam sehari zikra ada batasan nonton tv, yah maksimal 6 jam lah. Banyak ya? Masih susah buat ngurangin, tapi 6 jam itu maksimal. Jadi untuk sesuatu yang tidak begitu baik buat anak bunda tapi sesuatu yang disukainya, boleh dong jadi hukuman buat dia. Hukuman yang baik kan jatuhnya, berkurang kan jam nonton tvnya. Nah cuma sayang karna dia suka gak rela gak bisa nonton, maka bangun lah dia pagi itu buat sekolah yang masih 3x seminggu ini.


Yah sementara berhasil memang membuat zikra mau bangun pagi. Tapi gak berhasil dingurangin jam nonton tvnya. Peer lagi! Jadi emak itu memang slalu ada peer kan? *eh itu bunda aja kali ya*. Yah gak papa deh semoga nanti ketemu cara yang enak buat ngurangin jam nonton tv ini (dan cara buat dia bangun pagi dengan senang hati).


Ada yang mau kasi masukan gimana biar zikra bangun pagi tanpa harus gak dibolehin nonton tv? *malah nanya* *tapi serius*

6 comments:

  1. waaah...tidak beda jauh dg aku mbak evy...hmmm kalo sdh urusan bangun pagi memang yg agak susah. Tp, buat kayla yg sdh 1 SD ini mbak, asal tidur malamnya nggak kemaleman, dia tdk terlalu sulit utk bangun pagi. Dan "senjata" yg msh ampuh buat dia yaitu bangun langsung diajak lihat spongebob akan lebh mdah bagi dia (tp aku gak nyaranin ini, krn ujung2na kan nonton TV nih...). Kalo utk nonton TV sebenarnya hrs ada kesepakatan seluruh anggota keluarga kapan waktu boleh nonton TV dan kpn wkt gak bolehnya, cuma...utk konsisten mbak yg susah minta ampun...jd msh sering dilanggar oleh salah satu agt keluarga shg program diet TV susah tercapai.... memang kalo diliat-liat, smua sangat tergantung kita sbg ortu mbak...

    ReplyDelete
  2. pascal kalau bangun kadang2 susah karena ngantuk tapi Allhamdulillah mau sekolah

    ReplyDelete
  3. Gimana kl dicontohin? kl dulu emak-babe gue 'maksa' supaya bangun pagi adalah dengan gedumbrangan, nyetel radion RKM-radio.. kayu manis.. syalalalalaaa.. lembut suaranya, manis bisikannya! (eyalah) pokoknya dikasih suasana yang buat dia ga nyaman kl tidur, hihihi. <-- pemaksaan kejam.
    Eniwei, gue yang blom punya anak kok demennye komeeen aja :))

    ReplyDelete
  4. Mbak Evy,
    Mungkin bangunnya siang karena masih ngantuk, bobo kemaleman ?
    Coba Mbak terapin disiplin waktu jam bobonya Zikra. Misal jam 9. Ntar pas jam 9 kurang 15 menit, Mbak ingetin lagi " Zikra, 15 menit lagi bobo ya." Begitu juga pas kurang 10 menit, 5 menit hingga akhirnya jam 9, Mbak harus tegas bilang " Time is up. Waktunya bobo.". Dan Kalo bisa, Zikra juga ngeliat kalo Bunda juga bobo (walopun pura-pura). Mungkin waktu bangun juga bisa diterapin hal yang sama. Ini hanya masukan lho, Mbak...kenyataannya aku belum pernah praktekin. Soalnya Athia masuk sekolah jam 8.30, dese bangun jam 7-an. jadi rada nyante. Hihihi..good luck

    ReplyDelete
  5. @reni,
    iya bener sih ya kalo ada sesuatu yang disenengin anak yg bisa didapat dengan bangun pagi anaknya jadi semangat bangunnya. Nah peer buat aku nyari kira2 apa ya yang bikin zikra bisa bangun sukarela seperti kayla yang bangun demi spongebob? :p

    @lidya,
    masih seneng ya mam kalo susah bangunnya cuma sesekali :D

    @dewi,
    ah dedew, aku kan seneng kalo kamu kasi komentar. Biar banyak masukan. Hadeh, pan udh dibilang emaknya susyeh bangun pagi, dicontohin gimana? *plak!* Dimana2 kalo pengen anak ngelakuin sesuatu ya mesti dicontohin dong ya *siram muka pake air dingin*. Tapi ide buat dia ga nyaman oke juga tuh dew, thanks ya say, ntar coba praktekin ah *cium basah dewi* :p

    @indah,
    iya mam, emang malam tidurnya susah walo tidur siang jam 5 jg udah bangun. Makasih masukannya ya ndah, nanti akan dicoba terapkan. Smoga cocok pake cara ini buat zikra dan akunya juga :)

    ReplyDelete
  6. Dita jarang saya bangunin, denger saya bangun trus ke kamar mandi, dia bangun sendiri tp disuruh turun tempat tidur, dia bilang "Bundaaa Dita masih ngantuk...". Karena masuk sekolahnya jam 8, saya biasa bilang "Ya udah, Dita bobok lagi, Bunda mandi dulu yaa...Nanti Dita mandi sama teteh". Dita langsung buru2 turun tempat tidur karena Dita lebih milih dimandiin bundanya dengan syarat Bundanya belum mandi hehehe, kalau saya udh keburu mandi harus pakai lagi baju tidur yg dipakai semalam hehehe. Jadi Alhamdulillah gak ada masalah sih kl bangn pagi. Cuma ya pernah sih bilang "Dita gak mau sekolah", tapi kalau sudah naik odong2, moodnya langsung bagus dan ceria ke sekolahnya hehehe.

    Jadi ortu emang banyak peer ya bun. Ayo sama2 semangat ngerjain peer :D

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates