Thursday, May 19, 2011

Summary BLW 9 bulan dan Menu 10 bulan

Bismillah


Gak nyangkal kalo kebanyakan waktu bunda mikir buat posting abisnya dinyusun menu blw fatha. Ihh lebay ya, tapi iya loh dan gara2 ini banyak cerita2 yang pengen bunda posting jadi ilang mood buat nyeritainnya huhuu. Tapi gak berasa tinggal 2 kali (dengan yang ini ya) aja nih bunda nyusun menu. Umur setahun udah bisa lebih koboi makannya karna udah boleh icip2 gula garam. Yippie, asli tak sabar nunggunya.


How’s the blw doing? Honestly, not as expected. Dengan sedih, bunda tulis disini kalo blw fatha banyakan cheatnya sebulan ini. Anaknya lagi males makan, sesi makan dimulai dengan rengekan meronta2 minta dilepas dari hichairnya. Makan pun cuma nyuap beberapa kali, sisanya disuapin. Itupun disuapin sambil nangis2. Gimana sih nak dikasih makan kok nangis? Yeap, I’m complaining. Tipikal orang gampang stres kaya bunda jujur takut banget urusan BB fatha drop lagi hiks.


Yang bunda liat memang masa eksplorasi fatha lagi tinggi2nya. Kalo lagi duduk dikursinya tanpa terpasang tray, bisa tuh kursi dipanjat sama fatha. Bisa aja dong dia berdiri membalik ke arah sandaran kursinya, walo setengah badan ke bawah masih terjepit seatbelt *sigh*. Bunda sih tetep konsisten, urusan makan mesti duduk dikursi. Pengalaman dengan zikra yang dulu loss, sampe sekarang anaknya ogah makan duduk dikursi, tapi alhamdulillah masih mau duduk rapih dilantai (berkarpet tentunya). Semoga drama2 makan ini cepet berlalu dan fatha cepet seneng kembali dengan ritual makannya. PR bunda harus nyiapin stok sabar lebih. Ah ya harus tetap semangat ah! Pede dan yakin kalo fatha dan bunda akan ngelewatin fase ini dengan baik. Kita pasti bisa ya ade ya!


Soal menu di bulan ke9 kemaren, bunda gak nemu pasta merk Orgran. Biasa kita belanja bulanannya kalo gak dicarrefour ya digiant. Ndilalah nih pasta Orgran yang gluten-free adanya dipremium market macam foodhall atau ranchmarket. Dan kebetulan sebulan kemaren kita gak ngemal yang ada premium marketnya (emang biasanya jarang ngemall juga haha). Ya sudah, fatha pun kenalan sama pasta yang merk LaFonte saja. Di covernya si LaFonte ini komposisinya cuma terigu doang katanya. Bunda sih berharap dia gak pake gluten juga hehe *siapatau dia jadi berbenah kan:p*, dan alhamdulillah yang jelas ada label halalnya *penting*.


Ada yang agak telat nih ngenalinnya, OATMEAL. Ehehe itu kan dikenalin diawal mpasi ya harusnya, cuma karna fatha pake blw, bunda bingung oatmealnya diapain. Dan sekarang baru ngeh kalo bisa dibikin puding. Wedew, telat amat nyadarnya ya haha *itu juga karna baca2 resep orang:p*. Mangga yang tadinya mau dikenalin diawal karna gak nemu yang bagus, akhirnya mau bunda cobain lagi dibulan ini. Mudah2an nemu yang manis ya. Dan iga sapi juga baru mau bunda kenalin nih. Umur 8 bulan kemaren kan katanya bagian has dalam ya, nah sekarang mau bunda coba kenalin deh sama iga sapi. Mudah2an acara makan jadi makin seru ya ade ya.

In conclution, untuk bulan ke-10 ini dia yang mau dikenalin:

Karbo: oatmeal

Sayur: tomat, paprika, asparagus

Buah: mangga

Protein: tuna, kakap, tenggiri, salmon, iga sapi

Semoga bahannya nemu semua dan fatha suka tanpa ada tanda alergi amin. Bismillah, ini dia menu fatha sebulan ke depan (udah jalan 10 hari haha) :


click to enlarge

Masukannya sila ya buibu. Rincian resep menyusul ya :)

5 comments:

  1. aku contek buat variasi ya:)
    oh ya kalau Alvin dari 6 bulanan udah dikenalin oatmeal.
    Fatha makannya ga alergi ya

    ReplyDelete
  2. Say..emang knp yg harus gluten free? Alergi kah?

    ReplyDelete
  3. @lidya,
    monggo mama calvin, silahkan aja:)
    iya harusnya udh boleh dr 6bulan, tp krn fatha blw bingung kemarin oatmealnya diapain hehe:)

    @afif,
    iya itu merk pasta yg direkomendasikan dimilis mpasi rumahan say. tapi fatha malah makan yg merk LaFonte:p alhamdulillah gak ada tanda2 alergi ummi:)

    ReplyDelete
  4. Sama Vy Naznin juga BLW stengah hati hihihi. Abis rasanya ga afdol kl biarin dia makan sendiri ya. Takut kurang nutrisinya gitu. Jadi balik ke cara tradisional. Tim karbo+sayur+protein, suapiiinn.
    Emang kdg2 suka ga mau di highchair sih. jd kuangkat dl, ajak main sebentar, br coba lg. Biasanya dia lgsg mau.
    Naznin lg coba kacang2an disup bersama sayurannya, kc ijo, kc merah. Mudah2an anak kita makin suka makan yaa.

    ReplyDelete
  5. @nana,
    Na, tau gak kemaren pas baca blogmu aku pikir naznin cocok bgt pake BLW karna BBnya udah bagus banget. But again, tetep keputusan ada dirimu. Kita sbg emak insyaAllah slalu pengen yg terbaik ya buat anak:)
    Sarannya patut dicoba tuh Na kl fatha lg gak mau di highchair. Thx yaa. Aamiin, smoga anak2 kita makin doyan makan makanan sehat ya :)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates