Wednesday, May 04, 2011

Resep BLW 9 bulan

Bismillah


Kalo sebelumnya kebanyakan makanan fatha hanya dikukus atau direbus pake air kaldu, seperti yang pernah bunda tulis disini. Sekarang masuk usia 9 bulan, mulai dikenalin ke makanan tumis2 dan bumbu2an, seperti bawang, jahe, pala, dsb. Mudah2an nafsu makannya jadi bertambah dan makin pinter blw-nya.


Resep ini gak inspirasi sendiri kok, dapet dari salah satu temen yang mendokumentasikan resep mpasi anaknya per bulannya. Makasi ya Mama Indah, semoga tulisannya membawa pahala yang banyak karna sangat berguna buat emak2 seperti saya hehe. Cuma ini resepnya bunda sesuaikan dengan metode blw fatha. Menyesuaikannya pun ngarang abis, orang bunda urusan masak termasuk amatiran hehe. Maaf ya kalo gak berkenan, masukan sangat diterima loh *asal sopan tentunya* :p


OAT2 – Orak Arik Telur Tahu/Tempe

Bahan:

½ tahu putih/tempe secukupnya, potong kotak2 panjang

1 siung bawang putih, cincang

1 batang daun bawang, iris halus

2 kuning telur, kocok lepas

Unsalted butter, untuk menumis

1 sdt keju parut (optional)

Cara:

Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum, masukkan tahu/tempe, aduk rata hingga matang. Tuang telur, acak rata. Angkat dan taburi keju parut diatasnya.


MSK – Makaroni Sayuran Keju

Bahan:

2 sdm makaroni

1 potong kecil ayam kampung (untuk kaldu)

1 sdm keju parut

labu parang kurleb 2 sdm, potong sesuai ukuran anak

1 kuning telur, kocok

Bawang bombay iris secukupnya

Cara:

Rebus makaroni dengan ayam. Ayam matang, sisihkan lalu disuwir2 halus.

Saus keju: Tumis bawang bombay sampai layu dan wangi. Masukkan labu parang, keju dan ayam, tambahkan 50ml air. Aduk rata. Air mengental, masukkan kuning telur, aduk rata. Angkat.

Sajikan makaroni dengan saus keju.


SIT – Sup Ikan Tahu/Tempe

Bahan:

1 potong tahu/tempe

1 potong ikan

Daun bawang secukupnya, cincang halus

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

1 gelas air

Unsalted butter untuk menumis

1 potong kecil jahe, memarkan

Cara:

Tumis daun bawang dan bawang bombay sampai layu dan wangi. Masukkan ikan patin dan tahu/tempe, aduk rata, tambahkan air. Masukkan jahe, terus rebus sampai tempe dan ikan lembut. Sajikan hangat.


TSD – Tumis Sayuran Daging

Bahan:

Daging ayam/sapi giling 100gr

Sayuran (jamur, labu siam, dll) potong sesuai selera anak

Unsalted butter, untuk menumis

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

1 siung bawang putih, cincang halus

Keju parut secukupnya

Cara:

Rebus daging hingga setengah lembut, masukkan sayuran. Rebus terus hingga lembut, angkat.

Tumis duo bawang hingga wangi dan layu, masukkan daging dan sayuran. Aduk rata. Masukkan daung bawang dan keju, aduk rata. Angkat, sajikan hangat.


SUN – Schotel Ubi Nano2

Bahan:

1 kg ubi jalar merah, kukus dan haluskan

Kismis sesuai selera, cincang (kalo bunda ganti apel kukus)

Keju sesuai selera, parut

3 kuning telur ayam kampung

3 sdm unsalted butter

150ml air matang (diatas 1yo bisa pake uht plain)

Cara:

Campurkan ubi halus, kismis, butter, keju parut, air/susu dan kuning telur. Aduk rata (baiknya pake tangan biar lebih rata).

Masukkan adonan ke dalam mangkok alumunium atau pinggan tahan panas yang telah diolesi mentega

Taburi dengan parutan keju (jika suka)

Kukus/panggang hingga matang (+/- 15 menit)


ODS – Omelet Daging Sayuran

Bahan:

2-3 kuning telur ayam kampung, kocok lepas

100 gr daging ayam/sapi giling

Air secukupnya untuk merebus daging

Sayuran apa aja (brokoli, wortel, potong kecil2)

Unsalted butter untuk menumis

Bawang bombay secukupnya, iris halus

Bawang putih, iris halus

Daung bawang, iris halus

Keju parut secukupnya

Cara:

Tumis duo bawang sampai wangi dan layu, masukkan daging aduk sebentar. Tuang air dan masak daging hingga setengah lembut. Masukkan wortel, teruskan merebus sebentar lalu masukkan brokoli. Setelah semuanya lembut dan air mengering, angkat.

Campurkan telur, irisan daung bawang dan keju parut ke dalam adonan daging. Lelehkan butter, masukkan adonan, masak sampai matang kecoklatan. Sajikan hangat.


T2S – Tumis Tahu/Tempe Sayuran

Bahan:

Tahu/tempe secukupnya, potong sesuai selera anak

Sayuran (zuchini, kabocha, dll) potong sesuai selera anak

Unsalted butter, untuk menumis

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

1 siung bawang putih, cincang halus

Cara:

Tumis duo bawang sampai wangi dan layu, masukkan tahu/tempe dan sayuran aduk rata. Tambahkan sedikit air, masak sampai semuanya lembut. Angkat, sajikan hangat.


RGSB – Roti Gandum Saos Buah

Bahan:

1 tangkep roti gandum

Buah yang dipengenin (jika buah susah dihancurkan, kukus terlebih dahulu)

Unsalted butter

Cara:

Olesi roti dengan butter kemudian lanjutkan dengan buah yang sudah dihaluskan. Lebih seru kalo disajikan bareng yoghurt (optional).


TKS – Tumis Kacang Sayuran

Bahan:

Segenggam kacang hijau/merah, cuci bersih, tiriskan

Sayuran (sawi, zuchini, dll) potong sesuai selera anak

Unsalted butter

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

1 siung bawang putih, cincang halus

Jahe sepotong kecil, memarkan

Keju parut secukupnya

Cara:

Rebus kacang dengan jahe dan kukus sayuran sampe keduanya lembut.

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan wangi. Masukkan kacang dan sayuran, aduk rata. Tambahkan keju parut, sajikan hangat.


STK2 – Sup Telur Kacang Keju

Bahan:

Segenggam kacang hijau/merah, cuci bersih, tiriskan

1 kuning telur ayam kampung

Unsalted butter

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

1 siung bawang putih, cincang halus

1 batang daung bawang, potong +/- 2 cm

½ sdt pala bubuk

Keju parut secukupnya

Cara:

Rebus kacang hijau hingga merekah dan lunak.

Dipanci lain tumis bawang bombay dan bawang putih pake butter sampai wangi dan layu, angkat lalu tuangkan ke dalam rebusan kacang hijau.

Masukkan kuning telur, aduk sedikit hingga kuning telur pecah berbentuk pulau2

Masukkan daun bawang dan pala, aduk rata. Tambahkan keju, angkat dan sajikan hangat.


TIST – Tumis Ikan Sayuran Telur

Bahan:

1 kuning telur ayam kampung, kocok lepas

1 potong ikan

Sayuran (wortel, sawi, labu parang, dll)

Daun bawang secukupnya, cincang halus

Bawang bombay secukupnya, cincang halus

Unsalted butter untuk menumis

Cara:

Kukus ikan dan sayuran hingga lembut dan matang.

Tumis bawang bombay dan daun bawang hingga layu dan wangi, masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan ikan dan sayuran, aduk lagi. Angkat, sajikan hangat.

--

Sekian. Telat banget ya ini postingnya, fatha beberapa hari lagi 10 bulan *malu*. Kelamaan di draft karna internet dikantor belakangan kacrut, kadang bisa kadang enggak *sigh*. Waktu cepet banget sih jalannya, 'Ngejar apa sih Tu? Kok buru2 banget?'. Yee garing deh -,-

9 comments:

  1. Fatha pinter kok... pasti masakan Bunda bakal ludes abis ma Fatha :)

    ReplyDelete
  2. Mbak, Alhamdulillah kalo blog aku memberi manfaat. Soalnya aku juga ngerasain gimana dulu mati gaya milih menu,cari resep buat anak.Pdahal kalo menu buat kita sendiri mah itu lagi itu lagi.Heu heu...
    Semoga Fatha mamamnya pinter ya...

    ReplyDelete
  3. aku contek ya bun resepnya

    ReplyDelete
  4. mantap nih menu nya .. fathan bisa ndut nih .. :)

    ReplyDelete
  5. Fatha pasti doyan semua yang disiapin bunda ya..mantab2 menunya dech

    ReplyDelete
  6. @anggie,
    makasi doanya ya mama athar, walo hasilnya yah.. so-so deh kemarin ini:p

    @indah,
    hehe iya kl buat kita mah gampang ya ma. Makasi bgt ya mama indah :*

    @lidya,
    kalo ada yg bisa dicomot monggo aja ya mama pascal :)

    @bundaFarras,
    amin, seneng bgt kl liat lbh chubby dr sekarang. Tapi jgn sampe over weight juga:p

    @ibuDzakyFai,
    makasi ya ibu Fitri :*

    ReplyDelete
  7. Mom, terima kasi menunya.hehe..contek ah. Sekalian msau tanya, kalau tepung terigu, butter, bumbu2 dapur gt pake aturan 4 hari juga ya?
    Roti gandum kan ada gula dan garam, boleh dikasi ke bayi 9bulanan?

    ReplyDelete
  8. @bunda ratna,
    honestly aku gak terapin aturan 4hari ke bumbu2, terigu dan butter itu hehe. Pede soalnya ngeliat fatha sejak mulai makan gak pernah alergian:p alhamdulillah jg selama ini fine2 aja bun:)
    Roti gandum memang mengandung gulgar yah, tapi yang aku baca dari panduan di milis mpasirumahan udah boleh kok. Sama kayak keju yang udah boleh diumur 8bulan, ada asin2nya kan. Cuma memang gak seberapa sih:)

    ReplyDelete
  9. ok d. thx ya. ;)

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates