Friday, May 27, 2011

Resep BLW 10 bulan

Bismillah


Lanjut ke resep BLW 10 bulan ya. Ini resep hasil contekan, bukan kreasi sendiri. Nyontek dari Mama Athia lagi, lengkapnya sila mampir sini. Jujur aja deh sama kemampuan sendiri, yang penting anak bunda makan makanan sehat hihii.


Dibulan ini bunda make beberapa resep dari bulan lalu. Kalo ditabel menu dipostingan Menu 10 bulan, resep bulan lalu dikasih tanda (*). Berikut rincian resep yang baru. Oya diresep yang bunda tulis ini ada beberapa modifikasi dari resep aslinya, ngikutin kebutuhan dan selera bunda hehe.


SAT - Sup Asparagus Telur

Bahan:

Sepotong ayam (besar sesuai selera)
6 batang asparagus dari kalengan
1 gelas air (bila kurang tambah sedikit2)
1 ruas jahe, keprek
1 kuning telur ayam kampung
Bawang Bombay secukupnya, cincang halus
3 potong daun bawang @ 3 cm
1 std minyak wijen (optional)
larutan maizena, secukupnya
lada secukupnya

Cara:

Didihkan air + jahe, masukkan potongan ayam, rebus hingga daging matang. Angkat ayam dari kaldu yang dihasilkan, ambil dan suwir-suwir dagingnya, sisihkan.

Rebus kembali kaldu ayam dengan ditambahkan bawang bombay cincang, daun bawang, suwiran daging ayam, dan lada. Masak hingga kaldu mendidih, masukkan telur biarkan matang bulat.

Masukkan asparagus + minyak wijen + larutan maizena, aduk-aduk hingga tercampur rata dan kaldu agak mengental.

Angkat dan sajikan (untuk 2 kali makan)


PT2K - Pepes Tahu Telur Kacang
Bahan:
1 siung bawang merah
1 siung bawang putih lebih kecil
1 kuning telur, kocok lepas
Tahu, hancurkan
Kacang merah kukus, hancurkan
Wortel
1 lembar daun salam
daun bawang
kemiri (sedikit aja)
Air kaldu secukupnya
Cara:
Parut bawang merah, bawang putih, kemiri, wortel.
Campur semua parutan ke dalam tahu+kacangmerah+telur, aduk rata. Tambahkan daun bawang cincang halus dan
beri air kaldu secukupnya.
Bungkus dengan daun pisang y
ang sudah diletakkan daun salam (bila kebanyakan daun salamnya bisa dibagi 2 ). Kukus hingga matang.

SB2I - Sup Bayam Bakso Ikan
Bahan bakso ikan:
150 gr daging tenggiri giling, didinginkan
15 gr bayam, cincang halus, diperas
1 siung bawang putih, dicincang halus
20 gram tepung sagu
Bahan Kuah:
3 ceker ayam
3 siung bawang putih, digoreng, dimemarkan
1 btg daun bawang
, potong panjang
1 tangkai seledri,
potong panjang
1
.5L air
50 gr wortel,
dipotong bentuk korek api
50 gr
kentang, dipotong bentuk korek api
¼ sdt pala bubuk
¼ sdt merica bubuk
Cara Membuat:
Bakso Ikan:
Aduk rata daging tenggiri giling, bayam, bawang putih, merica bubuk, dan putih telur.
Banting-banting. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. Bentuk bola-bola
Didihkan 1
L air. Masukkan bakso ikan dalam air mendidih sampai terapung. Angkat
Kuah
: Didihkan air. Masukkan ceker, wortel dan kentang. Masak sampai wortel dan kentang lembut. Tambahkan bawang putih, daun bawang, dan seledri. Aduk rata. Masukkan merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata, masak sebentar lalu matikan api.
Tambahkan bakso ikan
ke dalam kuah, sajikan.


PR - Pizza Renyah

Bahan :
1 lembar r
oti gandum tanpa pinggiran potong 4
Minyak zaitun extra light 1 sdt
Saus tomat :
Minyak zaitun extra light 1 sdt
Bawang bombay cincang halus 1 bh kecil (50 g)
Tomat merah, celup air mendidih,kupas kulit arinya, cincang halus 1/2 bh (100 g)
Air 2 sdm
Daging ikan kakap/salmon/
tuna cincang 5 sdm (75 g)
Keju parut 1 sdt
Cara membuat :
Saus tomat : Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan tomat
dan air, masak hingga tomat lunak. Tambahkan ikan, dan keju. Masak hingga kesat dan ikan matang, angkat.
Olesi roti dengan minyak zaitun, panggang hingga kering dan renyah (atau apabila susah digoreng dipenggorengan sebentar). Sajikan hangat dengan olesan saus tomat.

PYP - Puding Yogurt Pisang
Bahan
:
1 sdt agar2 putih
1 bh pisang kerok dagingnya
2 sdm yoghurt
100 ml air matang
C
ara membuat :
H
aluskan yoghurt dengan pisang, sisihkan
M
asak agar2 dengan air hingga mendidih, matikan api tunggu hingga asap menghilang,
Tuang agar2
ke adonan yoghurt pisang, aduk rata. Diamkan hingga mengeras.

POK - Puding Oatmeal Keju
Bahan
:
1 sdt agar2 putih
3 sdm oatmeal
2 sdm
keju cheddar
100 ml air matang
C
ara membuat :
M
asak agar2 dengan air hingga mendidih, masukkan oatmeal dan keju. Aduk rata.
Setelah matang,
matikan api dan diamkan hingga mengeras.
Catatan: untuk variasi bunda tambahin aneka buah yang tersedia dikulkas dengan catatan campuran agar2 dan oatmeal sudah tidak panas (vitamin c akan hilang bila terkena panas, cmiiw)

SKDS - Sup Krim Daging Sayuran

Bahan
:
1 sdm butter
1 sdm tepung terigu
100
gr daging sapi giling
300 ml air
Sedikit pala bubuk
50 gr wortel kukus, dipotong bentuk korek api
10 gr keju parut
1 sdm seledri cincang
60 ml
UHT plain
Cara Membuat :
Rebus daging sapi sampai matang, sisihkan.
Lumerkan butter, masukkan tepung terigu, aduk hingga rata, tuangkan
sisa air kaldu tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata.
Masukkan keju parut, pala
dan merica, aduk rata. Terakhir tambahkan UHT plain, daging sapi dan wortel, aduk rata dan masak sebentar. Angkat dan sajikan hangat.

SIS - Sup Iga Sapi

Bahan:

¼ kg iga sapi
400ml air
¼ potong bawang bombay, iris halus
1 siung kecil bawang putih, iris halus
2cm jahe, memarkan
Merica secukupnya
1 batang daun bawang, potong panjang

1 batang seledri, cincang halus

Cara:

Rebus iga dengan air dan jahe sampai iga matang. Jika air kurang tambahkan sedikit2.

Masukkan bawang bombay, bawang putih, merica, daun bawang dan seledri, aduk rata. Masak kurang lebih 5 menit. Angkat dan sajikan hangat.


NIB - Nugget Ikan Berkuah
Bahan:
1 lembar
roti gandum cabik2
1/3
potong fillet ikan kakap, potong kecil
1 butir bawang merah iris halus
Keju parut secukupnya
1 sdm air matang/kaldu
Kuah:
1 cangkir air kaldu (apa aja lebih bagus lagi ikan)
5 lbr daun kemangi iris halus
¼ potong tomat, potong kecil
1 lbr serai simpulkan
Daun bawang secukupnya cincang halus
Pala sedikit saja
Cara membuat:
Rendam potongan fillet ikan dengan air jeruk nipis kurleb 10 menit – untuk ngilangin bau amisnya nih.
Haluskan semua bahan nugget dengan blender, bentuk dengan tangan.
Tempatkan dalam pinggan tahan panas, kukus hingga matang (kurleb 20 menit).
Kuah: Panaskan kaldu, daun bawang, pala dan serai hingga mendidih, kemudian masukkan tomat serta kemangi masak hingga matang.
Sajikan nugget dengan kuahnya.


BO - Bakso Oatmeal

Bahan:
2 sdm Ikan tuna cincang halus
½
potong tahu sutra
3 sdm tepung oatmeal a.k.a oatmeal yang digrinder halus
B
umbu halus:
2 atau 3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½
potong kemiri
Kuah:
2 cangkir kaldu ayam
(karn bunda gak nyiapin kaldu beku, diganti dengan 5 potong ceker ayam)
1/2 potong tomat, kupas, buang bijinya potong2 kecil
1 lbr daun salam
daun bawang secukupnya cincang halus
serai 1 batang simpulkan
Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali bahan kuah tentunya, trus dibulatkan pake sendok, rebus sampe matang (
jika matang akan ngambang baksonya), tiriskan.
Kuahnya: rebus semua bahan sampe mendidih
. Masukin bakso rebus sampe matang.
A
ngkat dan sajikan hangat.
Note:
Teksturnya dijamin lembut gak bikin keselek dan gampang dipotong.

--

Segala yang kurang harap maklum ya, mengingat anak bontot bunda juga gak pure BLW. Apalagi emaknya juga gak kreatip (pake p) masak, nyontek terosh *tambah banyak aja pembelaannya* nyehehe.

8 comments:

  1. senangnya punya bunda yang kreatif masak ya

    ReplyDelete
  2. @lidya,
    *malu* aslinya gak kreatip ma:p

    @desy,
    monggo mama zaheer :)

    ReplyDelete
  3. nyontek menunya ya Bun :) tq

    ReplyDelete
  4. bunda...aku tertarik sama konsep BLW ini, anakku menuju 10 bulan. gmn ya cara blw kalo makanannya sup2an gitu..secara basah2an kan?bisa japri kemana ya bun buat tukar informasi..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau beralih ke blw, menurut aku cobain sekali2 dulu dan liat reaksi anaknya, misal 1 kali blw 2 kalinya konvensional. kalo seneng, bisa ditambah frekuensi blw per harinya. aku sendiri konsep blw ini cuma bertahan sampe 11 bulan hehe abis anaknya males2an cuma lempar2 makanannya aja, walhasil BB pun drop. sekarang 22 bulan masih sering disuapin dan suap2 sendiri makanannya pun sesekali aja. beda2 sih anak itu ya :p
      smoga anaknya seneng ya dengan konsep ini, kalo mau japri ke dovyfamily@yahoo.co.id aja boleh :)

      Delete
  5. mba evy salam kenal yah...

    boleh aku ijin copy resepnya ya mba...

    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga utli, silakan aja ambil semoga manfaat ya :)

      Delete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates