Wednesday, April 20, 2011

Summary BLW 8 bulan Fatha dan Menu 9 bulan

Bismillah


Oke, kita langsung lanjut ke perkembangan blw fatha ya.


Gimana perkembangan blw fatha? Blw nya sih baik ya, fatha udah bisa menggunakan jempol dan telunjuknya untuk ngambil makanan kecil. Fatha juga pernah ngabisin makanannya tanpa disuapin bunda sama sekali. Yeap, bunda amat sangat bangga! Bangga banget karna hal itu masih sangat jarang terjadi, sekalinya kejadian, duu seneng gak ketulungan malah jadi norak sampe publish ditwitter hahaha.


Tapi seringnya malah gak diabisin makannya. Kenapa ya bunda suka mikir kalo fatha itu makannya cuma sedikit? Ampun deh, kemana itu perginya prinsip blw 'food is for fun until one' yang slama ini bunda pegang? Perasaan buatnya juga gak banyak buat sekali makan *ya iya kalo makanannya dibandingin sama porsi bundanya LOL, plakk!!* *huff, atur napas* Intinya bunda merasa sayang kalo makannya gak dicoba buat diabisin. Bunda ini dari kecil diajarkan untuk tidak membuang2 makanan, makanya deh susah banget ngilangin kebiasaan ini. Akhirnya daripada mubazir, bunda pun nyuapin dia. Terutama saat2 fatha sakit kemaren, semakin gak mau makan. Disuapin pun dilepehin juga. Jadi ya begitulah, fatha masih belom full blw.


Untuk menu 9 bulan, fatha mau bunda kenalin bumbu2an seperti bawang bombay&putih, daung bawang, jahe, dsb. Bunda mau kenalin fatha ke makanan yang ditumis2, yang sebelumnya belum pernah sama sekali. Tapi tetep NO GULA GARAM, dan pake aturan 3 hari toleransi alergi untuk makanan baru. Bunda mau bikinin beberapa resep baru dibulan ini, kasian anak bunda makannya dikukus terus hihhi. Resep ini inspirasi dari temen2 yang pake metode konvensional tapi disesuaikan dengan metode blwnya. Ntar dishare dipostingan selanjutnya ya insyaallah.


Apa aja yang dikenalin di bulan ke-9? Dibulan ini less buahan dulu, karna buah2an udah banyak dikenalin diawal mpasi. Ini dia:

Karbo: beras merah, pasta

Sayur: sawi, jamur, terong ungu

Protein: ikan gurame, ikan patin, kacang hijau, kacang merah

Dairy: yoghurt

Jadi bismillah, ini dia menu 9 bulan fatha :

click to enlarge


Semoga gak ada alergi dan anak bunda makannya makin lahap. Doakan fatha makin pinter blwnya ya teman-teman.


Note: contoh menu diatas fleksibel aja, karna kadang stok bahan makanannya kehabisan atau keburu gak seger lagi, LOL.

5 comments:

  1. senang ya kalau melihat anak makannya bagus

    ReplyDelete
  2. Mpga tambah semangat makannya ya Fatha

    ReplyDelete
  3. ayoo fatha piter.. tambah lahap yaa maem nya..

    ReplyDelete
  4. semoga fatha lahap makannya ya. :)

    ReplyDelete
  5. @all, makasi doanya ya tante2 cantik semua *kisses*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates