Monday, April 04, 2011

Mari beralih ke Cloth Diaper :)

Bismillah

Setelah lama gak ngenet (yang berakibat pada turunnya kinerja dikantor, eh, abaikan saja), begitu internet kantor nyala jadi berasa norak banget. Seneng banget sampe dagdigdug gak jelas, dan langsung pengen posting LOL *melipir kabur nahan malu sebentar* -.-


Kali ini pengen cerita tentang cloth diaper aka clodi-nya fatha. Telat banget emang, secara fatha udah mau 9bulan dan clodinya juga udah kepake selama itu. Eh gak juga sih, secara ada yang baru beli juga hihi.


Intro singkat dulu yah. Buat yang udah tau skip aja ke paragraf selanjutnya hehe. Jadi cloth diaper, err mari kita sebut clodi saja karna memang begitu biasanya dia disebut, ini adalah popok bayi kombinasi antara popok kain dan dispo diaper yang diambil plus2nya. Clodi ini popok yang bahannya bertekstur kain (detailnya beda2 tiap clodi tergantung harga), bisa dipake berkali2 (cuci trus pake lagi) dan tetap kering selama pemakaian oleh si bayi sampe insertnya penuh cairan pipis. Kalo pampers nyaman dipake bayi tapi cuma bisa sekali pake, clodi ini sama sistemnya kaya pampers tapi bisa dicuci dan pake lagi. Asik yah? Pastinya hihi.


Asiknya lagi clodi ini sangat disarankan karna menunjang Go Green! Miris gak sih sama keadaan bumi yang makin lama makin gak tentu cuacanya? Gak tau lagi kapan musim ujan, kapan musin panas. Dan sekalinya panas tuh panaassss banget. Wuahh, kasian sama anak cucu, huhu sedih. Bisa sih pake popok kain, tetep mendukung green living, tapi kan cape gonta gantinya dan kasian bayinya bisa kebangun dari tidurnya karna keseringan gonta ganti hehe *mak malas*.


Dari segi harga per piece nya, clodi memang gak bisa dibilang murah. Tapi gak rugi kok belinya, malah kita investasi disini. Range harga sih kisaran 50 – 300 an ribu yah. Paling mahal yang bunda tau harnya 330 rebu, 1 clodi aja tuh. Tapi kualitas gak bisa bohong. Megang banget kalo yang mahal itu: bahannya lembut, daya serapnya tinggi dan gak bocor samping. Jadi bayi pun enak makenya. Cuma pinter2 kita aja sih ya. Kalo misal kualiatas sedang, cukup dengan sering ganti aja. Walaupun itungan mahal juga, tetap clodi ini investasi. Beli clodi bisa dipake sampe bayi berat 14-17 kg. Mari kita liat itung2an untungnya pake clodi dibanding pampers biasa, dapet dari sini (trimakasih ibu otty, agak berbeda itungannya disesuaikan dengan kondisi disini) :

Kisaran pemakaian perhari : 6

Dengan pampers :

Sebulan 6 x 30 = 180 (konversikan ke dalam rupiah kurang lebih Rp 500.000)

Jika anak full pampers sampai umur 2 tahun berarti pengeluaran total : 2 x 12 x 500.000 = Rp. 12.000.000

Dengan clodi :

Untuk pencucian 2 hari sekali bunda butuh 18 clodi, semisal harga standard clodi kualitas bagus Rp. 200ribu, berarti untuk 18 clodi butuh uang sekitar Rp. 3.600.000

Pengeluaran air dan listrik untuk mencuci clodi kira-kira Rp 80.000 perbulan, berarti selama 2tahun menjadi Rp 1.920.000

Jadi total pemakaian clodi selama 2 tahun adalah Rp. 3.600.000 + Rp. 1.920.000 = Rp. 5.520.000.


Lumayan ya perbedaannya. Kalo dengan pampers uangnya berasa kebuang karna sekali pake, clodi bisa disimpen dong buat adiknya lagi kalo perawatannya bagus. Fatha punya 13 clodi saja udah bisa lho tanpa pampers sama sekali (kecuali untuk pergi2 bunda pake pampers biar gak ribet), TAPI dengan syarat clodinya mesti dicuci tiap hari (bukan 2 hari sekali seperti deskripsi diatas). Hemat sangat ya. Mendukung green living pulak *duh, udah kaya iklan*. Fatha punya berbagai merk dari yang lokal sampe yang luar. Ada rumparooz, metalmom, sunny baby (2), animal print, moo moo kow (2), ziggie zag, coola baby (2), charlie banana, happy heyins, bumwear.


Jadi fatha ngerasain deh tuh clodi dari bahan yang biasa sampe ke yang nyaman banget. Tapi alhamdulillah semua cocok aja di anak bunda ini. Pengen nambah koleksi clodi lagi deh *loh*. Ohya, bunda juga udah ngeracunin adiknya bunda yang baru jadi ibu sejak februari lalu untuk pro clodi juga, dan dia udah punya 4 biji hehe.


Seneng rasanya bisa berhemat dan ikut berpartisipasi dalam Go Green. Pokoknya selama si anak happy2 aja dengan pilihan bundanya, kenapa enggak, ya kan?

6 comments:

  1. Alvin juga pakai CLodi loh, irit ya

    ReplyDelete
  2. siip .. go green bun !! , gak enaknya kalo pake clodi kalo dah musim ujan . susyaah keringnya .. heuehe ..

    ReplyDelete
  3. Apalagi skr clodi lokal makin bagus dan harganya terjangkau ya bun. Insya Allah kalau di beri amanah anak ke-2 nanti pakai clodi deh :-)

    ReplyDelete
  4. Vy,.. gw niatan adiknya Fadly nanti jga gitu...ajarin yaaa :D

    *jualan tapi ga PD make*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates