Friday, January 21, 2011

Sakit serius pertama Fatha dan abang Zikra yang ‘sok’ tua

Bismillah


Sebelum 6 bulan fatha sebenernya udah beberapa kali sumeng aka flu ringan (maklum, bunda orang sumatra nih) karna cuaca gak bersahabat atau ketularan abangnya, tapi alhamdulillah gak pernah serius dan paling lama 2 hari juga sembuh by asi.


Sekarang fatha sudah 4 hari sakit dan rada serius nih kayaknya. Karna udah mulai makan jadi kayaknya lebih mungkin kemasukan virus lewat makanan kali ya:( Cara biasa yang ditempuh, perbanyak asi, belum membuahkan hasil sepertinya. Batuknya masih kenceng dan flunya juga masih deres. Dan yang memperparah sekarang, fatha gak begitu semangat nenen. Dia lagi gak bisa diam. Sekarang diumurnya 6bulan 12hari, fatha udah mulai ngerangkak 1-2 langkah dan berhasil berdiri sendiri setelah manjatin ayah/bundanya. Jadi kalo suasananya gak hening, fatha gak mau nenen. Pasti maunya sradak sruduk. Dan mungkin juga karna pernapasannya yang tersendat bikin dia ogah nenen. Selain (berusaha sebisa mungkin) kasi asi yang banyak, bunda juga udah uapin fatha (caranya: naro air panas dibaskom, tetesin minyak kayu putih/telon trus ditaro deket fatha duduk. Ulang berkali2), sedot ingusnya pake nose cleaner, tetesin breathy kala dia sepertinya lagi susah napas plus balurin dada+punggungnya pake Transpulmin BB.



Sepertinya virusnya masih kuat dan betah tinggal dibadannya. Uci dari pekanbaru dateng hari rabu kemaren, dan yep, tiap sebentar ngerecokin bunda buat ke dokter. Ya Allah, bukannya bunda gak sayang fatha, tapi bunda pengen yang terbaik buat dia. Biar dia bangun sistem imun sendiri dulu mumpung masih seger kayak biasa, tapi uci keep reminding me to take fatha to the doctor asap. Dibilang bunda tegalah, gak sayang anaklah, hiks sedih banget kalo udah dikatain begitu. Tapi ya sudahlah, sama emak sendiri ini gak usah masukin ati. Uci ternyata masih super panikan, hiks. Pusing 7 keliling deh.


Jadi uci berhasil membuat bunda berjanji, kalo sampe hari ini (hari jumat) fatha gak juga baikan, harus dibawa ke dokter malam nanti. Oke deh, sepertinya jadi nih ke dokter, fatha masih batuk aja. Buat bunda ke dokter gak masalah (orang dibayarin kantor ayah ini hehe), tapi minum obatnya yang masalah. Takut obatnya membawa dampak gak baik bagi tubuhnya terutama sistem imunnya. Bunda pengen fatha bisa melawan sakitnya sendiri, kecuali dia keliatan lemes dan gak aktif seperti biasanya. Memang batuknya mengganggu pendengaran uci banget. So I promise myself, till that medicines is seriously needed, I’ll keep them save (out of range). Anak bandel yah bunda ini, tapi bunda cukup fair ahh. InsyaAllah yang bunda kasi memang yang terbaik buat fatha. Bunda gak parnoan kok sama obat. Kalo anaknya memang kliatan perlu, ngapain bunda ngotot mau sok2an bisa sembuh sendiri pake asi? Pokoknya ngeliat tingkah laku fatha aja.


Ada apa dengan abang zikra? Yah gegara si abang ini deh si ade jadi ketularan. Si abang yang memang kmaren abis batpil serius (sampe rewel banget dan ended up with antibiotik) gak bisa banget dijauhin dari adenya. Kalo dijauhin jadi nangis2 dan rewel banget (sampe tereak2), bikin parno emaknya banget. Yah pasrah lah bunda dengan hasilnya. Dan sekarang abang zikra udah mendingan, si ade malah yang sakit. Abang ngeliat adenya sakit jadi bantuin bunda ngerawat adenya. Tiap bentar ambilin nose cleaner biar bunda sedot ingusnya ade, sambil bilang gini ‘ga papa adek, ini bunda nih’ (harusnya ‘ini abang nih’ gitu ya), trus ngambilin baju ade buat dipakein ke adenya, bilang ‘ini bajunya bagus ni’ (maksudnya supaya bunda pakein ade dengan baju pilihan dia gitu). Tiap bunda makein si nose cleaner ke ade, abangnya slalu nenangin bilang ‘gak papa ade, gak papa ade. Itu obat tuh’. Gimana bunda mau ngejauhin zikra coba (biar udah mendingan tapi batuknya masih nyisa sesekali), dia manis banget ke adenya. Bunda terharu biru lah *emak lebay yes*


Indahnya menjadi ibu, alhamdulillah bisa ngerasain momen seperti ini. Cepat sembuh ya zikra dan fatha. Semoga kalian berdua selalu dalam lindungan Allah ya nak, amin, doa bunda dan ayah selalu.

10 comments:

  1. yang sabar ya bunda .. mang agak susah kalo mo ngehome treatment ada ortu yang notebene lebih pengalaaman & duluan dalam merawat anak .. ikutin kata hati aja .. bunda lebih tau apa yg di butuhkan fatha & si abang .. cepet sembuh ya ade ma abang .. kiss kiss

    ReplyDelete
  2. hmmm.. setuju kata bunda farras. ikut kata hati aja. memang agak susah juga kalo beda pandangan ma ortu sendiri. mungkin karena rasa worry nya yang tinggi juga kali yaa.. jadinya nyarani ASAP ke dokter.

    cepet sembuh yaa zikra n fatha...

    jadinya gimana jeng, ke dokter kah?

    ReplyDelete
  3. Cepet sembuh ya Fatha. Zikra hebat euy jadi abang yg bertanggung jawab ya :)

    ReplyDelete
  4. sama bun, aku juga dulu begitu, apalagi shishil itu cucu pertama dari ortuku jadi bener2 panik deh kalo shishil sakit, langsung ribut nyuruh ke dokter. Tapi ya aku tetep coba kasih home treatment dulu, dan alhamdulillah sih ga lama sembuh, hehehe...

    Bunda yg sabar ya, abang zikra dan ade fatha pasti ga lama lagi sembuh :)

    ReplyDelete
  5. @bunda farras,
    iya bun. aku dalam hal ini beruntung, karna tinggal jauh dari ortu. tapi ya itu, kalo pas dateng ngeliat cucunya sakit suka ga sabar kalo ga cepet2 dibawa ke dokter:(

    @desy,
    jadi ma ke dokternya, tapi obatnya sampe sekarang belum diminumin:p tiap ditanya udh minum obat belum, aku jawabnya udah (dosa nih demi kebaikan anak).
    tapi insyaAllah fatha dalam tahap penyembuhan, tinggal dikit lagi nih batuknya. doain yaa:)

    @ke2nai,
    makasi bunda chie doanya:)

    @herien,
    amin, makasi ya bun shisil. aku juga berusaha HT dulu selama anak2 masih 'terlihat' normal:)

    ReplyDelete
  6. Yupe, setuju sama ibu2 yang lain. Ikuti kata hati Bun. Semoga Fatha dan Zikra segera sembuh ya :-)

    ReplyDelete
  7. terharu yah kalo ngelihat anak kita kayak gitu ..ngelihat si sulung jadi lebih "dewasa" setelah punya adik

    ReplyDelete
  8. oh ya.. semoga dah sembuh. memang gitu ... kalo yg satu sakit, yg lain juga gampang tertular. sabar2 yah bun

    ReplyDelete
  9. Mba evy, maap yah ekye baru mampir kesini lagi. Inet di rumah ampir 3 minggu bo diblokir. Waaaahhhh gimana sekarang kondisi 2 jagoan ganteng? Dah sembuh belom?

    Sama Bun, Uti Zahia juga kalo Zahia sakit pasti nyuruh cepet2 berobat ke dokter. Tapi gw mah secara ga pengen Zahia sedari dini minum obat2an, yah ngebandel. Alhamdulillah so far beberapa kali demam dihajar pake ASI bisa sembuh dalam 2-3 hari.

    Bener Bun, ikuti kata hati. Insya Allah kita tau apa yang terbaik untuk anak2 kita *bukannya sotoy dan kaga mo ngikutin saran ortu loh yaaaa*

    Oya Bun, mo ngasih tau ada lomba di blog keluargazulfadhli. Sok mangga kalo mo ikutan, gampang ko. ditunggu yah partisi-sapinya. Tengkiu :-)

    ReplyDelete
  10. @bundit,
    alhamdulillah much better, smoga bentar lagi sembuh total. makasi ya bun:)

    @yenni,
    iya ma, terharu ya ngeliat anak tiba2 jadi dewasa gitu ke adiknya. makasi ya mom yen, kiss buat crystal dan angie:*

    @bunda susan,
    hehe gpp kok bun, makasi ya:) alhamdulillah sekarang dua2nya udah baikan, udah ceria lagi seperti biasa:) kiss zahia:*

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates