Friday, December 03, 2010

Merah ASI pake Tangan vs Medela Mini Electric

Bismillah


Dari dulu banget pas ngumpulin asi perahan jaman zikra, bunda gak pake tool apa2. Dengan kata lain merah asi pake tangan. Waktu itu bunda dikasitau seorang teman kalo ini adalah cara merah yang terbaik. Jadi belajar merah asi pertama kali langsung pake tangan. Selama merah buat zikra pun begitu, gak berpindah ke tool apa2.


Pas hamil fatha bercita2 lah pengen merah asi pake BP (breastpump). Dari hasil baca2 dan denger dari temen plus sodara, pengen banget punya Medela Mini Electric aka minel. Yes, review si BP yang satu ini emang bagus. Mikir2 enak banget tuh kalo punya minel, gak pegel tangannya. Tapi yang terjadi eng ing eng, dasar si bunda ini tipe mak irit, ngeluarin uang 650ribuan buat si minel ini beraatt banget. Yang ada pas jalan ke itc kuningan belanja keperluan bayi selalu si minel ini diundur2 belinya. Ntar ajalah, ntar ajalah. Sampe udah brojol lahiran pun gak jadi dibeli juga ahahaha *ketawa miris*. Seperti yang udah ditebak akhirnya pun merah dilanjutkan pake tangan lagi. Dan akhirnya karna kebutuhan pun seperti gak ada habisnya, bunda pun mencoret si minel ini dari list keperluan yang mesti dibeli dan menjadikannya wish list saja hahha.


Wishlist ini bunda tujukan buat sepupu2 bunda yang mau kasi kado hehe. Udah pesimis gak bakal dikasi dan bunda juga waktu udah sampe ke pikiran ‘ya sudahlah, toh bisa juga pake tangan’. Dan akhirnya eng ing eng, dapat juga dari sepupu bunda. Minel punya dia yang baru dipake beberapa kali tapi langsung gak kepake karna dia (sayangnya) berenti merah. Sedih sih kalo denger ceritanya tapi ya sudah dia sudah berusaha yang terbaik buat anaknya. Alhamdulillah rejeki fatha nih (apa rejeki emaknya hehe).


Dan gimana selanjutnya? Serukah si BP minel ini? Jadi makin banyakkah produksi asi? Jangan tanya!!! Karena sampe sekarang pun bunda belom make juga si minel ini *dasar emak katro haha*. Ternyata karna ribet buat mulainya, mesti nyuci dan sterilin dulu alatnya sebelom dipake, bunda selalu dan selalu lagi merah pake tangan lagi. Belum lagi mesti belajar2 dulu, nyoba2 dan cari2 posisi yang pas. Trus yang malah kepikiran, sakit gak ya payudara dipakein si minel ini? Hahaha emak jadul bener emang si bunda ini. Tapi bener deh, dipikir2 lagi enakan merah pake tangan kemana2. Apalagi kalo udah biasa yah. Mari kita list saja kalo begitu.


Plus :

  • Gak repot dengan acara cuci dan steril, cukup cuci tangan pake sabun aja.
  • Praktis karna kalo mau merah diluar rumah gak perlu bawa alat merah aka si BP itu. Tinggal bawa coolerbag, botol kaca dan blueice saja.
  • Hemat, gak keluar uang. Tangan kan udah ada dari sononya sejak lahir haha.

Minus :

  • Pegel, lumayan bikin lengan jadi lebih berotot (ini plus apa minus yak?)
  • Gak bisa multitasking (langsung kedua PD kiri dan kanan diperah) karna 2 tangan kepake full buat 1 PD hehe. Konon katanya kalo PD dibarengi merahnya (pastinya harus pake BP lah ya biar bisa merah duo begitu) bisa lebih banyak dari biasa dapetnya.


Tapi alhamdulillah so far, seneng2 aja sih pake tangan ini. Stok asi saat ini masih gak jauh beda sama yang pertama kali bunda mulai kerja, 62 botol. Freezernya pas2an, apa boleh buat. Yang penting produksi asi jalan terus. In the end, bunda nyaman banget merah pake tangan ini. Kalo tangan pegel, stop sebentar. Praktis dan gak ribet. Sip banget kan?


Buat yang mau belajar merah pake tangan, bisa belajar dari sini. Nemu video ini diblog salah seorang temen, Mama ZK. Check it out:)

7 comments:

  1. aku punya medela aja males merah,enakan alvin dibawa2 hehehe males

    ReplyDelete
  2. Gw mah dulu kalo meres pake pompa yang manual Mba. Dapet kado alat pompa elektrik 9lupa merknya apa), ga pernah dipake karena emak2 kacrut kaya gw ini takut kesetrum. Huahaha, katro buangets kan alesannya?!?!

    Btw ada duren tanda persahabatan buat Bang Zikra & Fatha dari Zahia. kalo ada waktu tolong diambil yah Bun awardnya :-) Thanks

    ReplyDelete
  3. hehehe enakan pake tangan ya bun .. aku juga dulu gitu pake tangan lebih praktis gak usah cuci & steril .. apalagi kalo di kantor bisa abi swaktunya cuma buat cuci steril.. cuma ya itu pegel & aku malah sampe kapalan .. hahhaha

    ReplyDelete
  4. Aku teteup milih manual medela, hehe.. ntar mau coba manual avent ah anak kedua. Emang malesnya luar biasa sih kalo mau mompa. tapi demiii yah demiiii...

    ReplyDelete
  5. aku juga dulu pake Medela mini elektric, pas baru2 enak juga, tapi pas anak dah mulai makan (usia 6 bln), produksi asi kalo pake medela agak2 seret..dan akhirnya lebih MANTAB pake tangan dech.....

    ReplyDelete
  6. Kalau saya tetep pewe merah pakai tangan. Kalau sudah terbiasa gak ada rasa pegel deh :-)

    ReplyDelete
  7. bener nih mom. saya juga perah tangan. praktis dan gak ribet. kalo pakai alat2 begitu, kudu sterilisasi bla..bla..bla.. ribet banget.
    aku pernah dipinjemi ipar, yg manual lah. duh... seret2 keluarnya dan dikit banget. malah pakai tangan lancar banget.

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates