Friday, December 24, 2010

Fatha, sebulan menuju S1 asix dan start mpasi

Bismillah

Aduh telat banget nih postingnya yang harusnya tanggal 9. Yes, ini karna internet dikantor mati, jadi nunggu deh. Setelahnya berlanjut dengan kerempongan urusan domestik karna bu ipah (yang cuci strika plus jagain fatha selama bunda kerja) suaminya kecelakaan, jadi bunda gak bisa siapin postingan ini secepatnya. Internet dirumah udah wassalam, kita switch ke tv kabel hehe. Lumayan kan, daripada inet dirumah gak pernah kepake lagi, mending distop dan langganan tv kabel yang paling murce.


Nah mari ngebahas si kecil bunda yang sudah 5 bulan ini. Alhamdulillah senang campur deg2an nih bunda. Senang karna sebentar lagi fatha lulus asi eksklusif 6 bulan (insyaallah ya, cita2 bunda banget nih) dan deg2an karna bentar lagi makan sementara persiapan belom beres juga.
Mulai dengan perkembangan fatha di bulan ke 4+ dulu deh. Ini dia :
- Tengkurep lalu balik lagi telentang, udah lancar blas. Walo speednya belum high, tapi udah mahir alhamdulillah. Mulai seneng guling2 keliling tempat tidur. Apalagi kalo abangnya lagi maen dan muter2in tempat tidur, pasti si ade ini kepancing ngikutin si abang.
Ada ceritanya nih. Fatha mulai lancar tengkurep umur 4 bulan seminggu. Ngebalikin badannya belom lancar, gak tau kenapa jadi ogah2an padahal umur 3bulan+ sempat bisa balik badan beberapa kali abis ditengkurepin. Nah yang pas dia mau pinter ngebaliknya nih, umur 4 bulan 2 minggu, fatha sempet anget sehari. Sempat was2 karna dibuku sehatnya dr. wati (Q&A Smart Parent for Healthy Children) bunda baca buat anak umur 3-6 bulan kalo panasnya diatas 38.5’ mesti dilariin ke rumah sakit. Wajar kan kalo mendadak cemas si bunda? Tapi alhamdulillah angetnya fatha mentok di suhu 37.6’ dan cuma sehari. Dan besoknya surprise ngeliat dia beberapa kali bisa balikin badan abis tengkurep.
- Udah bisa pelan2 ngesot maju dan mundur dalam posisi tengkurep. Tumpuan dipindahin ke tangan kalo mau mundur, kalo mau maju biasanya fatha nungging dulu trus dorong badan pake kakinya. Hehhe suka lucu dan gemes sendiri ngeliatnya.
- Udah mantep megang apapun yang disentuhnya dan pasti setelahnya dimasukin ke mulut. Salah satu tanda siap makan kan? Hehe sabar ya nak.
- Lagi seneng ngisep jempol kakinya.
- Seneng banget angkat2 kepalanya waktu lagi baring telentang. Kayanya curious banget ngeliat apa yang ada dibawah kakinya. Oiya gak angkat kepala doang sih, kaki juga diangkat barengan. Mau duduk ya nak?
- Sudah imunisasi DPT dan HIB yang pertama. BB per tanggal 9 (tepat 5 bulan) 7705gr, TB 67 cm.

Ini video (amatiran) tengkurep dan balik badannya. Bunda norak slalu standby dengan kamera dan video dari HPnya. Tapi karna ngerekam dari HP gambarnya jadi gelap, sayang banget hiks:(



Gimana persiapan mpasi buat fatha? Masih ala kadar banget. Kalo alat masak sih yang basic2 udah ada alhamdulillah. Yang bunda lagi concern banget sekarang ini justru adalah metode dan menunya. Bunda baru kenalan sama metode baru Baby-Led Weaning (BLW). Ngutip dari thread blw di TUM, blw adalah salah satu metode MPASI yang goalnya untuk gradually weaning bayi dari full milk-diet to solid-diet. Dimetode blw ini, bayinya in a way, milih sendiri untuk makan apa dan berapa banyaknya. Bedanya sama mpasi secara tradisional adalah bayi tidak dikasih puree atau bubur2an. Bayinya langsung dikasi makanan yang soft-cooked gitu.

Menarik banget sih blw ini. Apalagi sekarang fatha lagi getol2nya masukin semua yang bisa dipegangnya ke mulut. Bakalan cocok sama sistem blw ini kayaknya. Suka marah2 sendiri kalo dia gak bisa masukin apa yang udah dipegang karna keburu diambil bundanya hehe. Masalahnya sekarang, bunda belum fixed sama menu dan worried karna bunda kerja senin-jumat. Kalo makan sama si minan kok rasanya setengah hati ya. Takut minan gak ngerti mesti ngapaian sekiranya fatha kenapa2 semisal (amit2) sampe keselek. Nah kan, gini deh bunda. Gak nyampe sebulan lagi fatha makan, bunda belum sampe dikeputusan. Haduuhh *lap kringat*.

Sementara begitu dulu. Yang jelas kalo nyobain blw apa enggak, pasti dicobain. Karena banyak banget keuntungannya pake metode ini. Tapi mungkin dibahas dipostingan sendiri aja biar gak kepanjangan. Bunda akan riset lebih dalam dan merenung lebih lama. Kapan beresnya tuh ya hihi.

Selamat ulang bulan my dear fatha. Sehat selalu dan makin pinter ya sayang :*:*:*

7 comments:

  1. Wah bentar lagi mo lulus ASI 6 bulannya yah? Moga2 bisa lanjut ampe 2 taun yah Bun :-)

    Sehat selalu Fatha Sayang. Salam buat Bang Zikra dari Zahia

    ReplyDelete
  2. mulai asik cari resep2 utk MPASI juga nih kayaknya ^^

    ReplyDelete
  3. wah adek fatha bentar lagi lulus S1 ASIX ya... congratss ya... semoga lanjut smp ke 2 tahun, aminn... sehat selalu ya sayang, tambah pinter lagi, biar bundanya makin girang, hehehe...

    ReplyDelete
  4. kalo kata orang tua, sakit nya anak balita itu biasanya lagi ngentengin / nurunin berat badan, karena ada yang akan dia bisa.

    ReplyDelete
  5. Insya Allah Fatha bisa lulus ASIX 6 bulan ya. Soal BLW, ditunggu ceritanya bun. Soalnya sangat menarik :-)

    ReplyDelete
  6. Met ulang bulan dd Fatha, wah masih rajin update status ulang bulan yach...kalo adiknya ina ngga pernah aku posting ulang bulannya....ngga tau kenapa mamanya kehabisan kata-kata utk menulis.....smoga Dd Fatha lulus ASI ekslusive nya...

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates