Friday, October 15, 2010

Officially back to work again!

Bismillah

Kembali ke kantor lagi. Masa cuti 3 bulan bunda habis sudah. Kalo dipikir 3 bulan itu kayanya cukup lama ya, tapi kalo dilewatin sama anak2 huhu gak kerasa banget. Yah jalani saja, Berharap bunda dan anak2 bisa secepatnya nyaman dengan rutinitas yang baru ini. Harus semangatt!!

Bunda mau cerita seputar asi buat fatha. Alhamdulillah sejauh ini fatha masih asi saja dan bunda pun berharap bisa eksklusif 6 bulan, eksklusif setahun (disamping MPASI) dan lanjut 2 tahun. Amin.

Ngeliat pengalaman bunda dulu yang gagal eksklusif-in zikra 6 bulan, bunda pun lebih banyak antisipasi kali ini. Bunda merah asi sejak fatha umur sebulan kurang 2 hari. Memang rumah deket, kalo kepepet bisa pulang sebentar jalan kaki cuma butuh waktu 3 menit saja. Tapi untuk jaga2 aja, kalo bunda tiba2 harus rawat inap lagi seperti jaman zikra dulu dan stok asi gak cukup karna merah sekenanya, mau gimana? Well gak ada yang mengharapkan dirinya sakit sih ya, tapi buat jaga2 nih, demi asi eksklusif. Seenggaknya berusaha lebih baik lah bunda kali ini.

Stok sehari sebelum mulai ngantor ada 60 botol (@100cc). Jadi total 6liter lah. Gak nyangka juga bisa dapet segini. Tadinya ekspektasi bisa ngumpulin 30 botol aja udah bagus banget. Etapi Allah kasi kemudahan banget, 100cc bisa terkumpul perharinya, kadang bisa nyampe 150cc. Jumlah perhari itu kadang bisa dalam sekali perah, kadang 2-3 kali perhari.

Ternyata merah asi asal konsisten gak sesusah bayangan bunda. Jujur biar kata anak udah 2, urusan nyetok asi sedini mungkin ini baru pertama kali bunda terapkan. Intinya buat nyetok ini adalah memulai sedini mungkin dan belajar memancing LDR (Let Down Refleks). Kalo sekali merah dapetnya cuma dikit (misal 50cc saja), bunda set waktu lagi buat merah lagi di hari yang sama. Hasil perahannya tinggal digabung aja sebelum naik ke freezer.

Alhamdulillah, semoga selalu ada stok sampe fatha 6 bulan, kalo bisa sih sampe setahun. Udah setahun gak merah lagi gak papa deh, kan bisa dibantu UHT hehe. Senengnya pas ngantor ada stok difreezer. Bunda pun berasa aman dan nyaman, kapan tau harus pergi ninggalin fatha, gak pusing karna asi udah ready dikulkas. Dengan keteraturan kuantitas asi juga lebih terjaga. Gak bener deh kalo dipompa asinya abis, yang ada malah makin banyak. Ahh semoga asi bunda lancar terus deh ya, biar fatha bisa disusuin sampai 2 tahun, aminn.

Ket foto: karena ruangan freezer yang semakin penuh, maapkan pemandangan yang tidak enak ya. Maklum ukuran freezer yang pas2an hihi.

5 comments:

  1. dilanjut sampai 2 thn saja bunda merahnya:) selamat bekerja kembali ya

    ReplyDelete
  2. Subhanallah bunda..banyak sekali harta karunnya...Yakin pasti bisa kok sampe 6 bulan.dengan stock seperti itu dan rajin MERAH ASI....

    ReplyDelete
  3. Hati saya selalu mak cess kalau lihat foto kulkas penuh dengan stok ASIP. Ikut senang Bun, Fatha punya persediaan ASIP sebanyak itu. Dengan semangat dan niat yang tulus, Insya Allah Fatha bisa mendapat ASI sampai 2 tahun. Semangat!!! :-)

    ReplyDelete
  4. ciyeee... keren bgt nih evy.. semangat ya buuuu :D

    ReplyDelete
  5. wuuiihh keren .. jadi terinspirasi nih .. semangat terus bun ..

    ReplyDelete

 

The House of DoVy SetyaWijayas Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates